Berselancar di media sosial facebook sangat menyenangkan karena Anda bisa berinteraksi dengan teman. Tak jarang, orang yang jarang bertemu bisa kembali berinteraksi di platform ini. Eits tetapi ternyata, Anda tidak hanya bisa menyapa teman saja, namun juga bisa membagikan konten menarik.
Dimana ketika konten tersebut banyak disukai dan bisa bermanfaat untuk orang lain pengguna facebook bisa dengan mudah membagikannya. Anda tentu senang jika konten yang dibagikan tinggi engagement. Nah, sebagai produser konten, meskipun facebook bisa diakses selama 24 jam, namun ternyata pemilihan waktu posting cukup berpengaruh lho. Jadi kapan waktu posting facebook terbaik? Simak selengkapnya berikut ini!
Waktu Posting Facebook Terbaik
Pada dasarnya, audiens pengguna facebook itu cukup unik. Sehingga pergerakannya sangat sulit untuk diprediksi. Namun, ada beberapa tren umum yang bisa dijadikan sebagai referensi dan uji coba. Simak 3 waktu posting facebook terbaik agar konten tinggi engagement berikut ini.
1. Posting di hari kerja
Waktu posting facebook terbaik agar konten tinggi engagement adalah di hari kerja. Hal ini karena di hari kerja konektivitas orang-orang lebih tinggi dengan internet. Akses mereka mengakses media sosial lebih tinggi, apalagi ketika waktu senggang saat mereka merasa terlalu penat dengan pekerjaan dihadapannya.
Berbeda dengan hari libur, banyak orang mungkin berkegiatan di luar rumah, melakukan kegiatan sosial, mengistirahatkan tubuh setelah seminggu penuh bekerja, membereskan rumah dan berinteraksi dengan keluarga. Bahkan ada beberapa orang yang mungkin memang berniat menjauhkan diri dari media sosial.
Posting di hari kerja memiliki peluang engagement lebih tinggi, apalagi jika target pasar Anda adalah orang kantoran yang bekerja senin hingga jumat tentu akan lebih tepat sasaran. Begitu pun jika target pasar Anda anak sekolah, mereka biasanya lebih aktif ketika hari sekolah.
2. Waktu sore hari
Spesifik waktu posting facebook selain di hari kerja adalah ketika waktu sore hari. Sore hari dimana orang pulang bekerja, anak-anak selesai dengan kegiatan sekolah dan mahasiswa pulang dari perkuliahan. Mereka biasanya meluangkan waktu di sore hari untuk sedikit bersantai melepas penat setelah seharian beraktivitas.
Berbeda dengan waktu istirahat siang, waktu sore tidak banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Sehingga mereka memiliki lebih banyak waktu membaca dan memperhatikan konten Anda. Bahkan membagikannya ketika merasa bermanfaat.
3. Sebelum istirahat malam
Waktu posting facebook terbaik sebagai alternatif lainnya adalah sebelum istirahat malam. Ada tipe orang yang sangat sibuk bahkan ketika istirahat siang ataupun sekedar bersantai di sore hari, oleh karena itu pilihan lainnya adalah sebelum mereka terlelap.
Sebagian orang mengecek media sosial sebelum mereka tidur, untuk mengisi waktu sebelum mereka benar-benar terlelap. Jadi bisa menjadi pilihan Anda ketika hendak mengunduh konten yang sudah dipersiapkan.
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, audiens facebook sangat unik. Tiga waktu di atas merupakan tren umum. Namun, jika Anda ingin menemukan waktu yang lebih akurat maka bis perhatikan akun facebook Anda.
Anda lah yang lebih tahu pola audiens saat berselancar di media sosial. Anda yang tahu kebiasaan mereka, sebab setiap akun tentu memiliki target pasar yang berbeda-beda. Jadi untuk menemukan waktu yang paling tepat solusinya adalah melakukan uji coba dan analisis.
Bisa juga melakukan analisis menggunakan fitur analitik Facebook Page Insights. Facebook Page Insights adalah layanan yang digunakan untuk melihat kapan pengikut Anda paling aktif. Hal ini akan membantu Anda menyesuaikan waktu posting facebook Anda agar lebih efektif.
Perhatikan juga demografi pengikut Anda, sesuaikan dengan waktu yang mereka punyai. Misalnya, Anda membuat konten untuk masyarakat Indonesia, maka perhatikan pembagian waktu negara ini. Beda jika konten Anda ditujukan untuk masyarakat dunia, jamnya disesuaikan dengan masyarakat dunia.
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Engagement Konten
Waktu posting konten memang menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi engagement, tetapi tentunya ada faktor lain. Apa saja faktor lainnya? Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi engagement konten yang wajib Anda tahu.
1. Relevansi dengan audiens
Faktor-faktor yang mempengaruhi engagement konten salah satunya adalah relevansi dengan audiens. Pembaca akan membaca dan memperhatikan konten Anda ketika ia merasa topik yang disampaikan sesuai dengan dirinya.
Oleh karena itu, menentukan target pasar dengan jelas dan melakukan analisis pasar adalah kunci utama. Ketika Anda sudah mengetahui target pasar maka akan lebih mudah menentukan topik, pembicaraan dan tema yang sesuai. Misalnya, target pasar Anda adalah anak muda, maka tulisan mengenai gaya hidup, dan tren tentu sangat disukai.
2. Kualitas konten yang dihasilkan
Faktor lainnya supaya konten Anda tinggi engagement adalah kualitasnya. Apabila teks, gambar dan video memiliki kualitas yang terbaik maka akan banyak yang memperhatikan dan membagikannya. Hingga konten viral dan ditonton banyak orang.
Konten yang berkualitas adalah konten yang bermanfaat untuk orang banyak. Bisa berupa tips, intisari, motivasi dan lain sebagainya. Jika pun iklan maka kemas iklan dengan lebih menarik misalnya menggunakan storytelling. Sehingga orang yang membaca mendapatkan manfaat lain dari sekedar membaca iklan promosi saja.
3. Visual yang menarik
Selain kualitas secara isi, kualitas secara visual juga jadi penentu. Misalnya Anda memproduksi konten video maka Anda harus memperhatikan visual video seperti pengambilan gambar, konsistensi gambar dan tone warna.
Jika dalam bentuk gambar, maka usahakan desainnya yang menarik. Menggunakan warna yang sesuai dengan tema dan mencantumkan logo. Berbeda jika konten berbentuk teks, usahakan rapi dan terbebas dari kesalahan tulisan.
4. Konsistensi posting
Ini adalah salah satu faktor yang bisa membuat engagement Anda menjadi tinggi, ya konsistensi soal posting konten. Hal ini karena jadwal posting yang teratur dan konsisten membuat banyak orang tertarik untuk mengikuti Anda, apalagi jika topik yang dibahas relevan dengan apa yang ia cari.
Posting secara konsisten juga menunjukkan bahwa Anda terpercaya, hal ini karena kepercayaan membaca bisa meningkat ketika Anda bisa menjelaskan apa yang menjadi pertanyaannya. Dari pihak facebook sendiri memberikan algoritma yang bagus kepada akun yang konsisten mengunggah konten.
5. Interaksi dengan pembaca
Terakhir, faktor yang bisa meningkatkan engagement naik adalah konten yang bisa menimbulkan interaksi dengan pembaca. Entah interaksinya pro maupun kontra. Interaksi yang tinggi ini berpotensi membuat unggahan Anda direkomendasikan oleh facebook agar dibaca lebih banyak orang.
Anda mungkin bisa membuat semacam quiz, pertanyaan, opini atau sekedar menyapa saja. Interaksi sederhana namun konsisten sangat disukai. Apalagi jika Anda merespon komentar mereka, pembaca tentu akan sangat senang dan merasakan kedekatan emosional. Nah, berikut di atas merupakan 3 waktu posting facebook terbaik agar konten tinggi engagement beserta faktor lainnya yang membuat engagement naik. Setelah mengetahui rahasianya saatnya praktik. Bisa lakukan uji coba terlebih dahulu untuk menemukan waktu terbaik akun Anda. Selamat mencoba!