Anda ingin pindah kerjaan? Maka sebaiknya Anda mulai pindah kerja ketika Bulan Januari atau tahun baru tiba. Mengapa demikian? Simak informasi lengkapnya berikut ini:
1. Januari Adalah Bulan Untuk Memulai Hal yang Baru
Umumnya, orang akan melakukan evaluasi terhadap keputusan dan gaya hidupnya selama satu tahun belakangan di bulan Desember. Setelah evaluasi dilakukan, maka tentunya akan ada aksi yang dilancarkan. Nah, aksi ini dilakukan di Bulan Januari.
Misalnya, pada Bulan Desember akan ada evaluasi tahunan dari perusahaan. Dalam evaluasi tersebut akan terlihat siapa karyawan yang akan naik jabatan dan siapa yang tidak. Maka dari itu, tidak heran kalau di bulan ini akan ada banyak posisi yang kosong ditinggal resign oleh pemilik yang sebelumnya yang tidak puas dengan kebijakan perusahaan dan karir mereka. Kesempatan ini dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan pekerjaan baru.
2. Desember Tutup Buku, Januari Mulai Dibuka Lagi
Seperti yang telah disebutkan di atas, pada Bulan Desember, umumnya perusahaan akan melakukan evaluasi atau review tahunan. Review ini tidak hanya akan mengulas kinerja tenaga kerja terkait tetapi juga keputusan bisnis perusahaan secara keseluruhan, termasuk perekrutan tenaga kerja baru dan anggaran baru.
Apabila perusahaan memperkirakan akan ada lebih banyak tenaga kerja yang dibutuhkan dalam satu tahun mendatang. Dengan demikian, HR akan diminta untuk menyebarkan iklan lowongan kerja yang mana hal ini berarti kesempatan untuk Anda masuk ke perusahaan akan semakin besar.
3. Mengisi Posisi yang Kosong
Tidak hanya akan ditinggal oleh pemiliknya resign, posisi kosong yang ada di sebuah perusahaan juga disebabkan oleh adanya kenaikan jabatan dan lowongan tersebut memang sudah kosong selama beberapa bulan.
Misalnya, sebelumnya A adalah staff sales. Di Bulan Desember, A naik jabatan menjadi sales supervisor. Maka, mau tidak mau perusahaan harus mengisi posisi yang ditinggalkan oleh A dengan orang lain. Nah, disinilah kesempatan Anda untuk menjadi staff sales di perusahaan tersebut tercipta.
4. Proses Melamar Kerja Adalah Proses yang Lama
Biasanya, dibutuhkan waktu 3 sampai 6 bulan lamanya untuk seseorang benar-benar bisa bekerja di tempat baru. Hal ini karena untuk mendapatkan pekerjaan tersebut, orang itu harus melamar ke berbagai perusahaan terlebih dahulu dan melalui serangkaian proses, mulai dari seleksi berkas, interview hingga medical check up.
Oleh sebab itu, ketika Anda mulai melamar pekerjaan di Bulan Januari, setidaknya pada Bulan Maret atau April Anda sudah bisa bekerja di perusahaan baru. Selama beberapa bulan ini, Anda tetap bisa bekerja di perusahaan lama Anda tetapi Anda juga harus tahu kalau biasanya berpindah dari satu perusahaan lainnya itu biasanya membutuhkan pemberitahuan minimal sebulan sebelum Anda resmi keluar.
5. Backlog Hiring
Menjelang tutup tahun, biasanya perusahaan akan menutup proses hiring juga. Hal ini berakibat pada beberapa posisi yang seharusnya diisi menjadi kosong menunggu anggaran tahun baru. Baru setelah anggarannya keluar pada tahun baru, perusahaan membuka posisi itu lagi. Hal ini tentunya akan membuat peluang Anda untuk diterima di sebuah perusahaan akan menjadi lebih besar.
6. Kompetisi Lebih Rendah
Salah satu keuntungan melamar pekerjaan di Bulan Januari adalah potensi jumlah pesaing yang lebih rendah. Hal ini karena di Bulan Desember dan awal Januari ada banyak hari libur yang mana hal ini berarti semakin sedikit orang yang melamar kerja dan semakin rendah pula tingkat kompetisi yang akan Anda hadapi. Dengan demikian, jika Anda fokus pada proses lamaran kerja tersebut pada hari-hari libur seperti ini, maka peluang Anda untuk diterima juga akan semakin besar.
Tips Melamar Kerja di Tempat Baru
1. Perbaharui CV
Saat ingin berpindah kerja di perusahaan lain, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memikirkan skill dan pengetahuan apa saja yang Anda peroleh selama 1 tahun ini di perusahaan lama Anda dan memasukkannya ke dalam CV. Setelah itu, pastikan Anda memilih lowongan kerja yang sesuai dengan skill yang Anda cantumkan di CV tersebut.
Pastikan juga Anda membuat CV yang ATS friendly. ATS atau applicant tracking system adalah software yang digunakan oleh perusahaan untuk memeriksa CV calon kandidat berdasarkan kata kunci-kata kunci tertentu untuk memudahkan proses seleksi. Oleh sebab itu, penting Anda membuat CV yang bisa dipindai menggunakan sistem ini.
2. Perbaharui profil linkedin
LinkedIn adalah media sosial khusus profesional yang ingin mencari kerja atau mencari kandidat yang tepat untuk mengisi posisi kosong di perusahaannya. Anda bisa menggunakan media sosial ini sebagai “CV berjalan Anda” dengan mengunggah segala sesuatu terkait pekerjaan dan pendidikan di sini.
Sebelum melamar kerja baik itu melalui platform ini juga maupun melalui platform lain, Ana bisa memperbaharui profil LinkedIn ini baik itu dengan menambah badge “open to work” di bagian foto maupun dengan mengubah posting dan data pendidikan. Hal ini penting, sebab tidak jarang perusahaan juga menggunakan profil LinkedIn ini untuk memeriksa latar belakang dan kapabilitas kandidat.
3. Meminta rekomendasi kolega
Sebelum mendaftar ke sebuah perusahaan, sebaiknya Anda juga meminta rekomendasi dari kolega. Rekomendasi dari kolega ini bisa Anda letakkan di bagian bawah profil LinkedIn atau CV dan juga bisa Anda gunakan sebagai referensi ketika Anda mendaftar di perusahaan tempat kerja kolega tersebut.
Referensi dari kolega ini bermanfaat supaya ketika ingin mengetahui diri Anda lebih lanjut, perusahaan dapat bertanya kepada kolega tersebut. Kolega ini bisa berupa mantan atasan Anda di kantor sebelumnya, dosen ketika Anda kuliah atau rekan kerja dan teman kuliah Anda.
4. Melamar pada hari dan jam yang tepat
Selain pada bulan yang tepat, beberapa penelitian juga menyarankan untuk melamar kerja pada hari dan jam yang tepat. Dilansir dari BBC Indonesia, beberapa penelitian yang dilakukan di Eropa dan Amerika Serikat berkesimpulan bahwa para pelamar kerja sebaiknya mengirim lamaran pada hari Selasa mulai dari jam 10.00-11.00 siang supaya lebih mudah dilirik oleh staff HRD. Hal ini karena jam-jam tersebut merupakan waktu dimana HRD sedang bekerja dan menatap layar komputer. Tapi terlepas dari jam unggah ini, pastikan Anda tetap membuat cover letter (surat lamaran dalam bentuk dokumen maupun badan email) yang menarik recruiter dan CV yang ATS Friendly supaya bisa lebih mudah disortir oleh mesin.