Lompat ke konten

7 Aplikasi Keuangan Android Offline dengan Fitur Lengkap

Aplikasi Keuangan Android Offline

Pesatnya perkembangan teknologi masa kini, membuat hampir semua aspek kehidupan jadi serba praktis, salah satunya dalam hal pengaturan sekaligus perencanaan keuangan. Dahulu, ketika mengatur perencanaan budget harian, evaluasi finansial bulanan, dan sejenisnya mungkin masih dilakukan secara manual lewat buku tulis dan tabel excel. Namun saat ini, hanya bermodalkan ponsel pintar saja pun bisa saja!

Aplikasi pencatatan keuangan pribadi di Android masih banyak yang tersedia offline sekaligus gratis, jadi penggunaannya tak membutuhkan koneksi internet maupun paket data. Tentu saja aplikasi keuangan offline sangat membantu para penggunanya, sebab sangat praktis dan dapat diakses kapan saja tanpa terbatas sinyal.

Cukup banyak aplikasi catatan keuangan harian offline di Android yang dapat diakses secara gratis. Ini rekomendasinya dari kami!

1. Money Manager Expense & Budget

Money Manager Expense & Budget

Aplikasi pencatatan keuangan pribadi di Android, rekomendasi pertama yaitu Money Manager Expense & Budget. Ciri khas logonya berwarna merah dengan gambar celengan babi, Anda bisa mengunduhnya di Play Store. Sesuai tema kali ini, Money Manager Expense & Budget termasuk gratis dan dapat diakses tanpa internet.

Tampilan Money Manager ini cenderung simpel dan nyaman ketika dilihat. Selain itu, Anda bisa memilih mode gelap atau terang sesuai kebutuhan masing-masing. Fitur-fitur di dalamnya termasuk lumayan lengkap, ada catatan pemasukan, pengeluaran, grafik, serta diagram.

Dengan mengunduh aplikasi tersebut, Anda dapat mengetahui secara rinci berapa jumlah pendapatan serta pengeluaran harian. Bahkan bisa dikategorikan secara cash maupun akun bank agar lebih detail. Anda bisa menambah sekaligus mengatur kategori pemasukan dan pengeluaran sendiri sesuai kebutuhan, misalnya untuk laundry, gaji, bonus lembur, budget makan, dan lain sebagainya.

2. AndroMoney – Expense Track

AndroMoney - Expense Track

Selanjutnya, AndroMoney – Expense Track termasuk salah satu aplikasi catatan keuangan harian gratis di Android yang dapat digunakan tanpa paket data internet. Lebih dari 1 juta pengguna Android telah mengunduh AndroMoney untuk membantu pencatatan keuangan pribadi mereka. Sehingga tak perlu ragu mengunduhnya guna membantu Anda mengatasi berbagai permasalahan finansial, terutama bagi Anda yang susah sekali menabung karena sering lupa ke mana uang dibelanjakan.

AndroMoney menghadirkan tampilan user interface yang nyaman sekali dilihat, sehingga dapat dioperasikan oleh pemula. Tak hanya itu, fitur di AndroMoney bisa dibilang cukup lengkap mulai dari mencatat pengeluaran serta pemasukan harian, hingga laporan grafik finansial dalam periode waktu tertentu. Menariknya lagi, meskipun dapat digunakan secara offline tanpa internet, Anda juga bisa memindahkannya ke Google Docs atau mengkonversinya dalam bentuk tabel excel.

3. Money Lover

Money Lover

Sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan Money Lover, yakni aplikasi pencatatan keuangan gratis yang aksesnya tak harus membutuhkan koneksi internet. Money Lover sudah dipercaya pengguna Android untuk mengatur finansial mereka secara praktis sejak tahun 2017, sehingga tak heran telah menjadi pilihan terbaik pengguna untuk membantu perihal finansial mereka.

Dengan menggunakan Money Lover, pencatatan laporan finansial harian dapat dilakukan secara praktis, bahkan dapat membantu Anda mengontrol pengeluaran supaya tidak boros. Sebab di Money Lover tersedia fitur-fitur lengkap berupa savings, budget, dan event yang ketiganya mempunyai fungsi masing-masing. Tak perlu lagi mencatat financial report secara manual dengan buku kas besar atau membawa laptop, cukup dengan aplikasi ini semua hal tersebut dapat dilakukan secara lebih mudah.

Manfaatkan fitur pembatasan anggaran jika Anda termasuk susah menabung dan susah mengatur uang gajian sendiri. Nantinya ketika mengaktifkan fitur tersebut, Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa pengeluaran telah melebihi batas.

4. Mobills Budget

Mobills Budget

Sama seperti aplikasi keuangan pribadi lainnya, Mobills Budget juga menyediakan fitur pencatatan laporan finansial harian secara rinci. Dapat diakses tanpa memakai data internet, tetapi fitur lainnya bisa dibilang lumayan lengkap dengan tampilan user interfacenya termasuk ringan. Anda bisa menjadikannya sebagai salah satu pilihan terbaik sebagai pengatur finansial sehari-hari.

Mobills Budget mempunyai fitur unggulan berupa pengaturan pengingat untuk membayar tagihan tepat waktu (lewat notifikasi pop up), sehingga Anda tak perlu lagi khawatir akan telat membayarnya. Laporan keuangan di Mobills Budget dapat disajikan berupa grafik, tabel, dan dalam bentuk teks sesuai kebutuhan.

Mencatat pemasukan dan pengeluaran melalui Mobills Budget, mudah sekali dilakukan. Datanya bisa di-backup sekaligus disimpan pada cloud storage, jadi bisa di-restore ketika Anda mengganti ke perangkat lain. Unduh Mobills Budget di Play Store untuk membantu segala keperluan finansial!

5. Monefy – Money Manager

Monefy - Money Manager

Aplikasi keuangan Android offline yang fiturnya lengkap selanjutnya adalah Monefy – Money Manager. Monefy terbilang lumayan ringan, bahkan sudah banyak diunduh oleh banyak pengguna Android di seluruh dunia, sehingga tak perlu ragu lagi jika mengunduhnya di perangkat pintar Anda.

Monefy mempunyai sejumlah fitur unggulan seperti dapat melakukan pencatatan keuangan di dua akun terpisah, jadi bisa lebih baik dalam melakukan manajemen finansial pribadi. Pelacakan pemasukan serta pengeluaran dana pun dilakukan oleh aplikasi Monefy secara rinci, jadi nantinya Anda akan tahu ke mana uang tersebut dihabiskan serta didapatkan. Bahkan, nantinya juga mengetahui ke kategori apa pengguna paling banyak menghabiskan dana hariannya. Kategori yang dibuat bisa berupa makanan, transportasi, laundry, pendidikan, kesehatan, dan lain-lain.

Tak sampai situ saja, menariknya lagi Monefy mampu disinkronisasi datanya dan disimpan di penyimpanan seperti Dropbox, Google Drive, dan sejenisnya. Masih ragu mengunduh Monefy?

6. Daily Expenses 3: Personal Finance

Daily Expenses 3: Personal Finance

Mencari aplikasi keuangan Android pribadi yang ringan dan fiturnya lengkap? Cobalah mengunduh Daily Expenses 3: Personal Finance di perangkat Android sekarang! Fiturnya terbilang lengkap karena bisa membuat laporan keuangan dari periode harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan.

Keunggulan lainnya dari Daily Expenses 3: Personal Finance adalah dapat diatur kata sandi supaya tak sembarang orang dapat membukanya. Fitur tersebut tentu saja sangat berguna apabila penggunanya memang tak suka jika laporan finansial pribadinya dilihat oleh orang lainnya. Tanpa menguras paket data internet, Daily Expenses 3: Personal Finance tak ada iklan yang mengganggu kenyamanan penggunaan aplikasi tersebut, tertarik mencobanya?

7. Cash Droid

Cash Droid

Terakhir, aplikasi keuangan Android offline terbaik yaitu Cash Droid, penggunanya pun lumayan banyak dengan rating juga lumayan bagus. Hal inilah yang membuat Cash Droid dapat dijadikan sebagai pilihan alternatif untuk membantu manajemen finansial pribadi maupun dalam skala keluarga kecil. Aplikasi ini cocok diunduh, terlebih jika tak mempunyai memori penyimpanan terlalu banyak di HP.

Dengan Cash Droid, pengaturan finansial dapat dilakukan dengan baik. Pembuatan laporan keuangannya pun bisa dilakukan secara rinci, baik mulai pengeluaran, pemasukan, dan sebagainya. Manfaatnya, dapat membantu mengatur arus finansial supaya tidak terlalu boros dan masih bisa menabung dengan baik.

Aplikasi keuangan Android offline di atas bisa dicoba diunduh di smartphone, terlebih memang fiturnya bisa dibilang lumayan lengkap agar bisa mengatur arus finansial. Unduh sekarang! 

Selain keuangan pribadi, lihat juga rekomendasi aplikasi keuangan masjid terbaik sekaligus gratis di Magnate!

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.