Lompat ke konten

Cara Bergabung Franchise Menantea, Beserta Harganya

Cara Bergabung Franchise Menantea

Bisnis minuman akhir-akhir ini sedang naik daun karena banyak diminati oleh muda-mudi karena selain menyegarkan, varian rasanya pun juga bermacam-macam. Apalagi belakangan ini juga banyak bermunculan banyak franchise minuman kekinian, salah satunya yaitu Menantea. Kemunculan Menantea memiliki ketertarikan tersendiri bagi masyarakat Indonesia, terutama anak-anak muda karena produknya punya ciri khas.

Menantea adalah brand minuman yang fokus pada berbagai jenis olahan teh buah dan dipadukan oleh macam-macam topping menarik, antara lain boba, jeli, dan lain sebagainya. Saat ini, franchise cabang brand minuman populer ini sudah merambah hampir di setiap kota di Indonesia. Sehingga, menjadikan franchise Menantea sebagai salah satu bisnis yang mampu mendatangkan kesuksesan besar mengingat banyak sekali peminatnya dari berbagai kalangan, khususnya anak muda.

Tertarik bergabung pada bisnis kuliner ini? Ini adalah penjelasan mengenai cara bergabung franchise Menantea beserta harganya.

Sekilas Tentang Menantea

Mengulik tentang brand Menantea memang sangat menarik, apalagi akhir-akhir ini sedang naik daun. Jerome Polin dan Jehian merupakan owner dari bisnis franchise Menantea, berhasil merilis bisnis minuman ini pada April 2021. Saat ini bahkan telah memiliki sebanyak 173 toko tersebar di 63 kota di Indonesia karena melihat betapa antusiasnya masyarakat terhadap produk-produk minuman.

Jerome Polin Sijabat dan Jehian Panangian Sijabat, keduanya sukses besar memperkenalkan produk tersebut kepada masyarakat Indonesia. Apalagi semua varian tehnya sangat kekinian, sehingga banyak orang menyukainya, bahkan ada pun produk makanan ringan dijual di sana.

Awal mula adanya bisnis ini, yaitu karena Jerome Polin bersama teman-temannya iseng meracik minuman dari teh untuk dijadikan sebuah konten. Sampai akhirnya berhasil merilis brandnya sendiri, yaitu produk minuman teh berbagai varian yang rasanya sudah disesuaikan dengan lidah orang  Indonesia supaya bisa dinikmati oleh siapapun dari berbagai kalangan.

Alasan dibalik Jerome Polin mengembangkan sayapnya di bidang bisnis kuliner karena ia merasa bahwa dirinya belum tentu terus berada di atas jika menjadi seorang konten kreator. Bahkan, Jerome terinspirasi mendirikan bisnis franchise brandnya sendiri dari drama Korea, yakni Itaewon Class. Pada drama tersebut diceritakan bahwa tokoh utamanya berkemauan keras mendirikan franchise restoran, sehingga akhirnya owner Menantea tersebut jadi termotivasi untuk membangun usahanya sendiri.

Demi kesuksesan bisnis Menantea, Jerome dan Jehian menggandeng beberapa orang profesional. Orang profesional tersebut, antara lain Sylvia Surya (founder Kopi Soe), Bisma Adi Putra (Konsultan bidang F&B Indonesia), serta Hendy Setiono (founder bisnis waralaba Baba Rafi Enterprise).

Dibalik kesuksesan bisnis waralabanya tersebut, Jerome Polin juga selalu konsisten menerapkan visi dan misinya, yakni menikmati teh buah secara lebih modern. Itulah hal yang membuat bisnis ini unik dan banyak disukai masyarakat karena kesegaran setiap varian rasanya.

Selain itu, Menantea selalu mengedepankan kecanggihan teknologi selama menjalankan usaha kuliner tersebut. Ketika stok di tokonya sedang tipis, akan diberikan pemberitahuan ke manager toko atau PIC dengan sistem Low Stock Alert. Pengawasan dan penyetokan bahan baku pun menggunakan teknologi, bahkan pelatihan untuk pegawainya pun rutin dilakukan agar tetap menjaga kualitas produk Menantea.

Cara Bergabung Franchise Menantea

Melihat peluang usaha dari brand Menantea yang sedang populer, tentu bisnis waralaba ini tidak ada salahnya dicoba guna mendapatkan penghasilan tambahan. Apalagi, usaha waralaba cocok bagi Anda jika tak ingin menjalankan bisnis benar-benar dari nol, sebab Menantea sudah banyak dikenal.

Sebenarnya tidak ada syarat khusus untuk bergabung sebagai mitra Menantea, namun hal paling penting yaitu Anda hanya perlu menyediakan tempat untuk outletnya. Waralaba atau franchise Menantea terdiri dari dua tipe, yaitu outlet standar dan autopilot.

Kedua tipe outlet tersebut memiliki perbedaan. Pada outlet tipe standar, semua biaya yang dikeluarkan belum termasuk peralatan membuat teh dan makanan, serta sewa tempat, namun semua keuntungan nantinya menjadi milik mitra. Sedangkan tipe autopilot memiliki biaya lebih mahal, tetapi sudah termasuk peralatan membuat teh serta makanan, dan ada sistem bagi hasil sebesar 50% kepada pihak manajemen Menantea.

Cara bergabung franchise Menantea milik Jerome Polin dan Jehian, yaitu Anda hanya perlu mengirimkan pesan melalui instagram resminya (@menantea.toko) untuk mendapatkan informasi secara lebih lanjut. Peluang bisnis ini terbuka sangat lebar, apalagi saat ini mereka sedang menargetkan untuk membuka cabang sebanyak-banyaknya.

Harga Franchise Menantea

Seperti pada penjelasan poin sebelumnya, bahwa harga bisnis franchise Menantea berbeda karena terdiri dari dua tipe, yaitu outlet standar dan outlet autopilot. Pada tipe standar, biaya franchisenya sebesar 125 juta. Sedangkan tipe autopilot, biayanya sebesar 175 juta rupiah.

Perlu diketahui pula, semua biaya tersebut masih belum termasuk sewa lahan untuk tempat usaha. Jadi, Anda tetap mencari lahan sewanya sendiri untuk menjalankan bisnis waralaba Menantea tersebut. Berikut ini adalah rincian harga franchise Menantea beserta waktu balik modalnya.

Tipe outlet standar

  • Harga franchise 125 juta rupiah. Semua ini belum termasuk biaya sewa tempat usaha, peralatan membuat teh, dan peralatan memasak makanan.
  • Apabila hendak menambah peralatan sendiri, maka dikenakan biaya tambahan sebesar 50 juta rupiah.
  • Semua keuntungan penjualan menjadi milik mitra Menantea. Jadi, pada tipe outlet standar tidak ada sistem bagi hasil kepada pihak manajemen Menantea seperti pada outlet autopilot.
  • Balik modal diperkirakan hanya dalam kurun waktu 6 hingga 10 bulan saja.

Tipe outlet autopilot

  • Harga franchise sebesar 175 juta rupiah. Semua harga ini sudah termasuk peralatan pembuat teh dan peralatan memasak. Meskipun begitu, biaya sewa tempat usaha tidak termasuk dalam paket kemitraan ini.
  • Terdapat sistem bagi hasil kepada pihak manajemen Menantea sebesar 50%. Sehingga keuntungan yang didapatkan tidak sepenuhnya milik mitra.
  • Balik modal usaha diperkirakan dalam waktu 9 hingga 20 bulan.

Itulah rincian mengenai paket kemitraan tipe outlet standar dan autopilot. Hendak memilih paket kemitraan Menantea manapun, prospeknya juga besar karena brand viral ini banyak digandrungi oleh anak-anak muda di Indonesia. Selain itu, jika bergabung kemitraan Menantea, perkiraan omzet didapatkan, yakni sebesar 35 juta hingga 50 juta rupiah setiap bulannya.

Variasi menu Menantea yang ditawarkan pun bermacam-macam, dan tentunya cocok di lidah orang Indonesia. Varian menu tehnya, antara lain Pure Tea Series, Signature Series, Milk Tea, Fruit Tea, dan Irrational Tea Series.

Pure Tea Series adalah varian teh original atau murni tanpa susu, sedangkan Milk Tea Series yaitu teh dengan tambahan susu. Varian Pure Tea Series, antara lain Prinia Tea dan Oolong Tea. Sedangkan varian Milk Tea Series, antara lain Oolong Milk Tea, Vanilla Milk Tea, Oreo Milk Tea, Oolong Brulee, Nutealla, dan Rose Milk Tea.

Signature Series adalah varian rasa teh dengan nama-nama unik yang dibuat oleh Jerome. Varian teh tersebut, meliputi Inteagral (berisi topping royal honey boba) dan Mantappu Tea (Prinia Orange Lychee Tea dengan topping Cheese Cloud).

Fruit Tea yaitu berbagai macam teh buah. Varian teh buah tersebut, meliputi Prinia Orange Lychee Tea, Fresh Oolong Peach Jelly Tea, Apple Kerinci Tea, dan Refresh Fruit Green Tea.

Irrational Tea Series merupakan minuman teh dengan rasa unik dari Menantea. Varian tehnya, yakni Sea Salt Rose Matcha Latte, Menantea Sunset, dan Jasmine Royal Crumble.

Tak hanya minuman saja, Menantea juga memiliki produk makanan ringan untuk dinikmati bersama tehnya. Menu cemilan dari Menantea, yaitu Potato and Chicken dengan pilihan saus Honey Mustard (manis), Spicy Huha (pedas), dan Say Cheeze (keju).

Franchise Menantea ini sangat menguntungkan jika dijalankan. Apabila ingin menjangkau pelanggan lebih banyak, Anda dapat coba bergabung menjadi mitra Shopee Food maupun aplikasi food delivery lainnya.

Prospek Bisnis Franchise Coffee Shop

Akhir-akhir ini, bisnis franchise minuman sedang naik daun di kalangan anak muda. Tak terkecuali coffee shop, di mana peminatnya semakin lama semakin bertambah. Maka dari itu, hampir setiap mata memandang, terdapat warung kopi dan cafe di mana-mana dengan macam-macam konsep dan jenis menu minuman kopi unik.

Prospek bisnis franchise coffee shop pun bisa dibilang sangat menjanjikan. Hal ini karena banyak orang dari berbagai kalangan melakukan bermacam-macam aktivitas di tempat tersebut sambil minum kopi, misalnya meeting, bekerja, nongkrong, dan sebagainya. Sehingga, bisnis coffee shop ini sangat menjanjikan apabila dijalankan dengan benar.

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.