Lompat ke konten

Cara Berjualan di Shopee Food Beserta Syarat dan Keuntungannya

Cara berjualan di shopee food

Saat ini, berjualan di e-commerce menjadi salah satu strategi penjualan yang cukup efektif, apalagi untuk bisnis kuliner. Salah satu platfrom e-commerce yang sudah terkenal di kalangan masyarakat adalah Shopee Food. 

Shopee merupakan situs elektronik untuk kebutuhan komersial yang didirikan pada 2009, sedangkan Shopee Food merupakan inovasi aplikasi yang dilakukan oleh Shopee. Melalui aplikasi ini, seseorang dapat melakukan transaksi jual beli beragam jenis makanan melalui gadget dalam genggaman di manapun dan kapanpun. Sehingga bisa mendapatkan keuntungan. 

Nah, lalu bagaimana cara berjualan di Shopee Food? Berikut penjelasannya, syarat serta keuntungannya!

Syarat Berjualan di Shopee Food

Sebelum melakukan penjualan, Anda perlu mendaftar menjadi merchant terlebih dahulu. Nah, ada beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan sebelum mendaftar. Simak baik-baik informasi mengenai syarat berjualan di Shopee Food berikut ini!’

Bagi bisnis individu/perseorangan

  • Kartu identitas berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau KITAS.
  • Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah (NPWPD)
  • Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (SPPKP)
  • Foto buku rekening pribadi

Bagi bisnis yang sudah berbadan hukum 

  • Kartu identitas berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau KITAS
  • NPWPD
  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) 
  • Akta pendirian usaha
  • Surat keterangan domisili
  • Foto buku rekening perusahaan 

Cara Mendaftar Merchant di Shopee Food

Setelah dokumen persyaratan tadi sudah siap, maka Anda bisa mulai mendaftar menjadi merchant di Shopee Food. Simak langkah-langkah mendaftarnya di bawah ini:

1. Mengisi formulir pendaftaran merchant

Formulir pendaftaran merchant ShopeeFood

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengisi formulir pendaftaran merchant secara lengkap dan benar. Untuk formulir pendaftarannya Anda bisa mengaksesnya disini. Anda bisa juga melakukannya dengan mendownload aplikasi Shopee Food Partner dan melakukan pendaftaran yang sama disana.

Pengisian formulir ini menjadi penting sebagai langkah awal untuk menjadi merchant. Ini salah satu pertimbangan juga apakah bisnis yang Anda punya memenuhi kriteria merchant di aplikasi layanan pengantaran makanan.

2. Mengisi alamat email dan nomor handphone

Masukkan alamat email dan nomor HP di formulir

Langkah selanjutnya adalah mengisi alamat email dan nomor handphone.

Setelah mengklik formulir pendaftaran Shopee Food, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengisi terlebih dahulu mengenai alamat email dan nomor handphone. Pastikan keduanya benar dan aktif digunakan ya, sebab akan dihubungi oleh pihak layanan pengantaran makanan tersebut jika dibutuhkan.

3. Mengisi detail alamat dan lokasi bisnis

Lanjutan pengisian data merchant

Setelah mengisi email dan nomor handphone, selanjutnya adalah mengisi mengenai alamat dan lokasi bisnis secara detail. Pada bagian ini, jangan sampai keliru mengisikannya ya, sebab akan menjadi patokan utama bagi driver ketika membeli makanan dari outlet Anda.

Jika bisnis Anda belum muncul di pilihan lokasi di formulir, Anda bisa pilih opsi lainnya dan mengetik secara manual alamat lengkap lokasi bisnis Anda.

4. Mengisi informasi pribadi Anda

Upload KTP dan informasi pribadi

Langkah selanjutnya adalah mengisi bagian informasi pribadi dan jenis bisnis. Informasi pribadi berupa KTP dan nomor rekening. 

5. Mengisi nama dan jenis usaha

Mengisi nama dan jenis usaha

Setelah beberapa langkah di atas, Anda dapat mengisi nama dan jenis usaha yang Anda tekuni. Pastikan mengisinya dengan benar. Setelahnya, pilih jenis usaha yang ditekuni. Anda bisa menyatukannya dalam sebuah folder yang berisi informasi mengenai outlet Anda. Jika memiliki outlet lebih dari satu, silahkan isikan juga semua outlet yang Anda punya.

6. Mengisi bentuk bisnis

Pengisian informasi bentuk bisnis

Langkah berikutnya adalah mengisi bentuk bisnis. Bentuk bisnis ini bisa bermacam-macam lho, Anda bisa sesuaikan dengan yang Anda punya. Bentuk bisnis ini juga menjadi patokan dalam mewakili kondisi usaha Anda.

7. Upload menu dan foto outlet 

Upload menu dan foto outlet
Form upload foto di pendaftaran

Terakhir, adalah mengisikan dengan lengkap menu pada bisnis yang sedang dijalani serta foto outlet yang Anda punya. Usahakan menggunakan resolusi foto yang tinggi agar terlihat lebih menarik. Jangan lupa juga untuk memfoto dengan jelas dan benar outlet Anda supaya mudah ditemukan.

8. Konfirmasi pendaftaran merchant

Konfirmasi pendaftaran merchant

Jika semua tahap sudah dilakukan, Anda bisa melakukan konfirmasi pendaftaran dengan mengklik tombol kirim. Sebelumnya Anda akan diminta mencentang bahwa Anda sudah memahami dengan baik syarat dan ketentuan menjadi merchant di layanan pengantaran makanan ini.

Untuk langkah selanjutnya untuk berjualan, Anda akan memperoleh, perkembangan pendaftaran, informasi dan arahannya melalui email yang sudah Anda daftarkan pada formulir. 

Nah, berikut tadi merupakan cara menjadi merchant di salah satu layanan pengantaran makanan ini. Anda bisa mulai mempersiapkan dokumen dan mulai mendaftar agar bisnis Anda bisa berkembang dan dijangkau oleh banyak orang. 

Keuntungan Berjualan di Shopee Food

Beberapa keuntungan yang Anda peroleh ketika memutuskan menjadi merchant Shopee Food adalah sebagai berikut:

Pengguna Shopee Sangat Banyak

Shopee menjadi salah satu aplikasi startup yang memiliki lebih dari 100 juta pengunduh di Play Store. Ini bisa menjadi potensi besar bagi Anda yang ingin melakukan ekspansi bisnis, menjangkau konsumen lebih luas lagi. 

Bisa dibayangkan calon konsumen yang menunggu kehadiran Anda. Apalagi Shopee Food ini merupakan fitur utama yang ditawarkan oleh Shopee, meskipun masih terbatas pada wilayah tertentu saja.

Terdapat banyak diskon

Dengan menjadi merchant dari penyedia layanan makanan, Anda bisa memiliki kesempatan untuk mengikuti segala kegiatan atau event diskon yang sering mereka adakan.

 Shopee Food termasuk salah satu layanan penyedia makanan yang sering mengadakan diskon besar-besaran lho, bahkan diskon hingga 50  untuk para pengguna baru yang tentunya sangat menarik.

Kemudahan dalam bertransaksi

Keuntungan selanjutnya adalah kemudahan dalam melakukan transaksi, baik antara Anda dengan konsumen maupun dengan pihak Shopee sendiri. Biasanya layanan pengantar makanan seperti ini memang memiliki fitur yang mempermudah pembayaran dengan dompet digital.

Shopee Food memiliki Shopeepay sebagai dompet digitalnya sendiri. Ini tentu akan mempermudah konsumen dalam bertransaksi. Selain itu, pencairan dana Anda akan sangat mudah dilakukan lho, bahkan bisa langsung dikirimkan ke bank. Nah, fitur ini bisa Anda dapatkan apabila sudah mengaktifkan Shopeepay sebagai metode pembayaran.

Menjangkau pelanggan dari berbagai kalangan 

Pengguna layanan pengantaran makanan yang satu ini menjangkau berbagai kalangan lho, tidak hanya anak muda saja. Bahkan para ibu juga kerap menggunakannya. 

Ini menjadi potensi besar yang harus Anda manfaatkan dengan baik. Anda bisa menjangkau berbagai kalangan untuk menjadi pelanggan setia hanya dengan bekerja sama menjadi merchant dengan Shopee Food.

Mengurangi budget promosi

Menjadi merchant Shopee Food artinya produk Anda akan terpajang di aplikasi layanan pengantaran makanan. Produk tersebut akan dipromosikan habis-habisan oleh pihaknya. Apalagi jika produk Anda dapat menyajikan hidangan terbaik dan menarik minat pelanggan untuk membeli.

Dengan begitu Anda bisa mengurangi budget promosi secara pribadi atau bahkan meniadakannya. Biaya promosi tersebut dapat digunakan untuk hal lain yang lebih bermanfaat, seperti merenovasi outlet, atau melakukan inovasi produk.

Berikut tadi merupakan syarat, cara menjadi merchant serta berbagai keuntungan bekerjasama dengan Shopee Food. Anda bisa langsung mencobanya jika sudah melakukan persiapan. 

Jika Anda masih memiliki pertanyaan terkait hal ini, segera tanyakan langsung kepada pihaknya melalui call center Shopee Food. Selamat mencoba!

nv-author-image

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota Ayun adalah mahasiswa ekonomi tingkat akhir di UPN Veteran Yogyakarta yang tertarik menulis dengan tema ekonomi dan finansial.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.