Lompat ke konten

Cara Daftar Bantuan PNM Mekar Online Serta Syaratnya

Bantuan PNM Mekar

Sebagai pedagang atau pelaku UMKM, tentunya Anda ingin usaha Anda terus berkembang, salah satunya dengan terus menambah permodalan. Maka dari itu sudah selayaknya pemerintah memberi dukungan penuh atas hal ini.

Turut andil dalam membantu usaha kecil, bantuan PNM ini dibagikan oleh pemerintah agar pada pedagang kecil dapat bertahan menghadapi situasi pandemi Covid-19 yang memporak-porandakan perekonomian bahkan di berbagai sektor.

Nah, bagi Anda yang merupakan pedagang, atau pelaku UMKM bisa mengajukan bantuan PNM Mekar ini agar usaha Anda terus maju dan bisa menghasilkan keuntungan lebih banyak sehingga lebih sejahtera. Sekaligus supaya usaha Anda terus bisa bertahan menghadapi perekonomian yang sedang sulit karena adanya wabah pandemi.

Tapi sebelum mengajukannya, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu mengenai bantuan PNM Mekar. Simak artikel berikut ini karena akan dijelaskan secara detail mengenai bantuan PNM Mekar!

Apa Itu Bantuan PNM Mekar?

Hibah PNM Mekar merupakan program yang berada di bawah naungan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM bekerja sama dengan pemerintah agar menjadi solusi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui pemberian modal supaya UMKM terus berkembang.

Untuk besaran bantuannya adalah sebesar Rp1,2 juta rupiah. Pemberian modal ini dibagi menjadi 4 tahap, sehingga cair setiap tiga bulan sekali. Nah, selama pandemik ini dari tahun 2021 bantuan sudah turun, kemudian di tahun 2022 dilanjutkan.

Siapa Penerima Bantuan PNM Mekar?

Setelah mengetahui mengenai bantuan tersebut, maka Anda pasti kemudian berpikir siapa saja sebenarnya yang berhak menerima bantuan ini. Nah, berikut kriteria dan persyaratan seseorang bisa memperoleh bantuan yang satu ini:

  1. Merupakan nasabah yang aktif melakukan berbagai transaksi di PNM Mekar. Artinya sudah sering melakukan simpan pinjam usaha, kemudian juga membayar simpanan wajib dan sebagainya.
  2. Memiliki usaha mikro, untuk persyaratan usaha mikro ini tidak terbatas. Anda bisa mengajukan usaha yang beragam, bisa makanan, minuman, pakaian dan lain sebagainya.
  3. Bukan merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS), Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan POLRI. Atau pun keluarganya.
  4. Tidak sedang mengakses KUR atau Kredit Usaha Rakyat.
  5. Apabila seorang pengusaha tercatat sebagai penerima bantuan dari pemerintah, maka sebelumnya harus menjadi anggota Mekar supaya dapat melakukan pencairan bantuan tersebut.

Jika Anda memiliki kriteria seperti di atas, besar kemungkinan Anda bisa menerima bantuan yang satu ini. Jika bukan dari pemerintah, Anda bisa melakukan pengajuan lho. Jadi tidak perlu khawatir apabila tidak masuk dalam daftar dari pemerintah, karena selama memenuhi kriteria di atas Anda tetap bisa memperoleh bantuan.

Syarat Pendaftaran PNM Mekar 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa penerima harus merupakan salah satu nasabah PNM Mekar. Sehingga Anda harus mendaftar terlebih dahulu sebagai anggota mekar. Berikut syarat pendaftarannya. Simak baik-baik ya!

  1. Seluruh program  hanya diperuntukkan untuk perempuan yang masuk dalam daftar keluarga prasejahtera dan sedang menjalankan usaha ultra mikro.
  2. Untuk mengajukan pinjaman  Anda memang  tidak akan dimintai agunan secara fisik, namun sebagai jaminan terdapat tanggung jawab berkelompok. Biasanya akan diadakan Persiapan Pembiayaan dan Pertemuan Kelompok Mingguan (PKM) supaya seluruh nasabah lancar dalam membayar pinjamannya.
  3. Untuk membentuk kelompok, syarat minimal adalah 10 orang sebagai nasabah.
  4. Dari 10 orang itu harus ada ketua, yang tugasnya melakukan koordinasi serta menertibkan pembayaran pinjaman setiap anggotanya.
  5. Setiap kelompok wajib melakukan Pertemuan Kelompok Mingguan (PKM) sebagai sarana pembayaran setiap anggotanya.

Jadi alur untuk mendaftar bantuan untuk UKM, adalah menjadi nasabahnya terlebih dahulu. Nah, karena sudah dijelaskan, Anda sudah sedikit memahami soal tata cara menjadi nasabahnya. Selanjutnya tinggal melakukan pendaftaran sebagai calon penerima bantuan PNM Mekar.

Cara Daftar Bantuan PNM Mekar

Cara daftar bantuan cukup mudah. Sebelumnya persiapan dokumen di bawah ini:

  1. Data diri, termasuk diri nama lengkap, NIK, alamat tempat tinggal, jenis usaha, dan nomor telepon aktif yang bisa dihubungi
  2. Memiliki surat keterangan usaha 
  3. Dokumen pendukung lainnya seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK)

Sedangkan langkah untuk mengajukannya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan seluruh dokumen yang diperlukan. Mulai dari KTP, KK dan surat keterangan usaha. Untuk surat keterangan usaha sendiri, Anda bisa membuatnya secara mandiri dengan ditandatangani oleh Ketua RT/RW setempat.
  2. Datangi lembaga terkait yang paling dekat dengan rumah Anda. Sampaikan bahwa Anda hendak melakukan pengajuan bantuan PNM Mekar.
  3. Berbagai dokumen di atas yang sudah disiapkan bisa langsung diserahkan pada lembaga yang bisa mengajukan usul nama penerima bantuan PNM Mekar. Tentunya sebelumnya telah memastikan bahwa Anda sudah menjadi salah satu nasabahnya.
  4. Pengajuan selesai, tinggal menunggu apakah pengajuan berhasil sehingga nama Anda dimasukkan sebagai usul calon penerimanya atau tidak.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa untuk bantuan khusus UKM, berbeda dengan pinjaman biasa yang sering dilakukan di PNM Mekar. Karena bantuan ini merupakan hibah, bukan pinjaman. Sehingga Anda tidak perlu melakukan pengembalian.

Untuk lembaga-lembaga yang bisa jadi tujuan Anda mengusulkan diri terdapat 4, yaitu:

  1. Dinas terkait yang memiliki tanggungjawab terhadap kesejahteraan koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UMKM). 
  2. Beberapa koperasi yang sudah memiliki badan hukum
  3. Kementerian atau lembaga terkait
  4. Perusahaan pembiayaan atau bank yang sudah legal atau berada di bawah naungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Anda bisa mengajukan salah satu dari lembaga yang disebutkan di atas. Pengajuan yang dibuat bisa saja disetujui dan bisa juga gagal. Namun tidak ada salahnya mencoba apabila Anda memang merasa sulit untuk mengembangkan usaha. Setelah melakukan pengajuan maka langkah berikutnya adalah melakukan pengecekan apakah nama Anda masuk dalam jajaran penerima bantuan untuk UKM ini.

Pengecekan bisa dilakukan secara manual melalui website resmi PNM Mekar, atau bisa juga melalui bank terkait. Bank yang menanganinya di antaranya adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Negara Indonesia (BNI). 

Setelah pengumuman resmi pemerintah keluar dan dipastikan bahwa Anda masuk ke dalam jajaran penerimanya. Maka Anda bisa langsung melakukan pencairan, uang tersebut bisa Anda gunakan untuk menambah modal sehingga usaha Anda bisa terus bertahan dan berkembang dan menyejahterakan Anda dan keluarga. Juga busa menemukan peluang usaha lain sebagai tambahan.

Nah, berikut di atas merupakan penjelasan lengkap mengenai apa itu PNM Mekar, syarat penerimanya, syarat daftar dengan detail dan cara mengajukan bantuan yang satu ini.

Bagi Anda yang memang membutuhkan segera bisa mencoba, tetapi bagi Anda yang masuk kriteria sebisa mungkin untuk tidak ikut mendaftar. Hal ini supaya bantuan yang diberikan memang benar tepat sasaran kepada masyarakat prasejahtera. Sehingga bisa sedikit membantu meringankan beban mereka. Hindari melakukan kecurangan, karena hal itu hanya akan merugikan diri Anda sendiri di kemudian hari dan justru bisa menghambat bisnis Anda karena ketidakjujuran. Selamat mencoba!

nv-author-image

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota Ayun adalah mahasiswa ekonomi tingkat akhir di UPN Veteran Yogyakarta yang tertarik menulis dengan tema ekonomi dan finansial.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.