Lompat ke konten

Cara Menangkap Peluang Usaha dengan Jeli

Cara Menangkap Peluang Usaha

Peluang usaha adalah suatu ide agar bisnis memiliki kesempatan untuk berkembang secara lebih baik serta mendapatkan keuntungan. Hal ini sangat perlu dimaksimalkan ketika merintis bisnis, tujuannya supaya bisa bersaing dengan kompetitor lainnya.

Pasti terdapat banyak cara mendapatkan keuntungan lebih saat berbisnis. Apalagi, sebenarnya peluang bisnis ada di mana-mana. Jadi, tergantung bagaimana sebagai pelaku bisnis bisa menangkap peluang tersebut.

Apabila melihat sekaligus memperhatikan peluang bisnis dengan cermat, pasti ada prospek bagus yang bisa mendatangkan keuntungan. Banyak cara menangkap peluang usaha, selanjutnya tinggal bagaimana dapat mengelolanya supaya mendatangkan keuntungan lebih dan mampu bersaing dengan kompetitor lainnya.

Setiap pelaku bisnis punya kesempatan yang sama dalam hal menangkap peluang dalam hal bisnis. Meskipun sempat mengalami kegagalan, ketahuilah bahwa di luar sana banyak harapan agar tujuan utama sebuah bisnis dapat tercapai.

Tidak ada usaha yang instan, jadi pasti terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui agar dapat mencapai tujuan. Hindari terlalu banyak berprasangka buruk kemudian sampai muncul rasa mudah menyerah. Terlalu berprasangka buruk justru dapat mempengaruhi pikiran, akibatnya usaha Anda tidak akan berkembang sama sekali dan hanya berhenti di tempat yang sama.

Maka dari itu, para pelaku bisnis wajib tahu tentang cara menangkap peluang usaha dengan jeli. Begini penjelasan sekaligus tipsnya.

Apa yang Dimaksud Dengan Menangkap Peluang Usaha?

Menangkap peluang usaha adalah melihat sebuah ide di sekitar yang berpotensi meningkatkan perkembangan bisnis secara lebih baik, sebagai cara mendapatkan lebih banyak keuntungan sekaligus mampu bersaing dengan kompetitor. Menangkap peluang usaha bisa dimulai dari hal-hal sederhana, salah satunya melihat keadaan lingkungan sekitar.

Kapan Peluang Usaha Itu Muncul?

Peluang usaha sebenarnya bisa muncul kapan saja dan di mana saja, bahkan dari hal-hal yang tidak disadari sebelumnya. Adanya peluang tersebut biasanya muncul dari diri sendiri, orang lain atau lingkungan sekitar, latar belakang pendidikan, bahkan konsumen.

1. Diri sendiri

Peluang yang muncul dari diri sendiri biasanya dipengaruhi oleh potensi, minat, kebiasaan pribadi, maupun keahlian pada bidang tertentu. Adanya kesempatan seperti ini dapat dikembangkan dengan mencari tahu tentang diri sendiri, kemudian mengaplikasikannya secara konsisten, tidak mudah menyerah, dan komitmen tinggi.

2. Orang lain atau lingkungan sekitar

Peluang bisnis bisa juga muncul dari orang lain atau lingkungan sekitar, misalnya tetangga, keluarga, orang terdekat, maupun kondisi pada suatu lingkungan. Kemunculannya dilakukan dengan cara pengamatan secara jeli dan medetail.

Contoh munculnya peluang usaha dari orang lain atau lingkungan sekitar, antara lain usaha orang tua, kebutuhan masyarakat, maupun tingkatan ekonomi dan pasaran lingkungan sekitar tempat tinggal. Apalagi ketika ada perubahan kondisi lingkungan, hal ini juga bisa menjadi suatu peluang yang dapat dianalisa demi kepentingan bisnis Anda.

3. Latar belakang pendidikan

Latar belakang pendidikan bisa dikatakan sebagai peluang dalam usaha. Sebab adanya latar belakang pendidikan menentukan keahlian, wawasan, juga pengalaman seseorang dalam berwirausaha seseorang.

Misalnya latar pendidikan Anda adalah seorang sarjana pertanian. Maka, peluang usaha yang bisa Anda ambil berkaitan dengan background seputar pertanian atau perkebunan, misalnya bisnis hidroponik, berjualan tanaman hias, jasa pembibitan, berjualan pupuk kompos, dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara Menangkap Peluang Usaha?

Strategi menangkap peluang usaha perlu dilakukan supaya bisnis dapat berkembang sekaligus meningkatkan keuntungannya. Begini cara melakukannya.

1. Lakukan riset bisnis pada produk di suatu daerah

Strategi menangkap peluang usaha yaitu dengan cara melakukan riset bisnis pada produk di suatu daerah.. Cara ini dilakukan untuk melihat seberapa besar produk tersebut dibutuhkan oleh masyarakat.

Melakukan riset bisnis sebagai strategi menangkap peluang bisnis bisa dilakukan dengan mencari produk melalui kata kunci di Google Trend. Dari sanalah Anda bisa melihat tren perkembangan produk tersebut pada daerah tertentu.

Melalui Google Trend tersebut, Anda bisa memikirkan strategi cara untuk meningkatkan penjualan dan bersaing dengan kompetitor. Sehingga, sangat penting bagi para pelaku usaha untuk melakukan riset jenis produk seperti ini supaya mengetahui minat masyarakat.

2. Cobalah menyerap peluang usaha dari sebuah masalah orang lain di sekitar

Orang lain pasti membeli suatu produk karena keinginan maupun kebutuhan. Sehingga, adanya bisnis merupakan suatu hal penting untuk memenuhi kebutuhan sekaligus keinginan banyak orang.

Jadi, strategi menangkap peluang bisnis yaitu dengan melihat kondisi wilayah sekitar supaya bisa menemukan kebutuhan dan minat masyarakat. Misalnya ketika di daerah tersebut banyak mahasiswa rantau, Anda bisa membuka usaha warung makan dengan harga murah juga banyak variasi menunya.

3. Coba belajar dari orang lain yang lebih ahli

Selanjutnya strategi menangkap peluang bisnis juga perlu dilakukan dengan cara belajar dari orang lain yang lebih ahli, misalnya pebisnis yang usahanya sudah sukses. Tujuannya supaya Anda bisa belajar dari pengalaman orang lain lalu dijadikan motivasi maupun menerapkan strategi baru untuk meningkatkan perkembangan bisnis pribadi.

Mengambil peluang bisnis bukan berarti menjiplak usaha orang lain. Akan tetapi, menerapkan strategi bagaimana dia mampu merintis usahanya hingga sukses. 

Penting juga mencoba menerapkan ATM (amati, tiru, modifikasi). Hal ini sebaiknya perlu dilakukan supaya bisnis yang dijalankan tidak benar-benar sama persis. Anda harus menambahkan ciri khas tertentu supaya orang lain mengenal produk Anda berbeda dari lainnya.

4. Analisis kelemahan kompetitor

Selanjutnya, dalam berbisnis juga perlu dilakukan analisis tentang kelemahan kompetitor atau pesaing. Hal tersebut sangat berguna karena dapat mempelajari informasi tentang pesaing ketika hendak menjalankan usaha serupa.

Cara mencari kekurangannya bisa melalui ulasan di internet, rasa, kemasan, sosial media, dan lain-lain. Apabila sudah mendapatkan kelemahan pesaing, langkah selanjutnya yaitu menjadikan kelemahan tersebut sebagai kelebihan dari produk Anda.

5. Selalu usahakan mengikuti tren

Tren pasti selalu berkembang seiring perkembangan zaman. Jadi, apabila ingin menerapkan strategi menangkap peluang usaha harus bisa membaca trend yang sedang terjadi sekaligus mengikutinya agar tak terkesan ketinggalan zaman.

Cara ini efektif karena mempromosikan usaha melalui konten sosial media juga perlu terlibat dalam suatu trend. Mencari trend dapat dilakukan melalui fitur explore pada aplikasi sosial media. Sebab di sana banyak referensi yang bisa dijadikan sebagai cara menangkap peluang untuk usaha.

6. Selalu catat kegagalan maupun perkembangan bisnis

Mencatat kegagalan maupun perkembangan perkembangan bisnis sangatlah penting karena bisa mengetahui seberapa berkembang usaha Anda saat ini. Sehingga, adanya catatan tersebut Anda bisa menemukan strategi lain bagaimana cara untuk menemukan peluang usaha demi mencapai tujuan bisnis.

Mencatat kegagalan pun diperlukan meskipun kenyataan tersebut terasa menyakitkan. Catatan dari kegagalan berguna untuk menganalisis kesalahan, kekurangan, maupun hal yang perlu diperbaiki supaya usaha dapat lebih baik lagi.

7. Manfaatkan kecanggihan teknologi dengan baik

Kecanggihan teknologi mempermudah melakukan segala hal, misalnya keberadaan ponsel pintar, laptop, komputer, maupun peralatan elektronik lainnya. Memanfaatkan segala kecanggihan teknologi tersebut dengan baik dapat membantu menangkap peluang untuk usaha.

Lakukan riset dan promosi menggunakan kecanggihan sosial media di ponsel pintar, laptop, maupun komputer. Cara ini dinilai lebih efektif dan efisien karena bisa mendapatkan informasi secara lebih cepat dan akurat.

Jadi, seperti itulah cara menangkap peluang usaha dengan jeli. Sebenarnya, peluang tersebut bisa ditemukan di manapun, asalkan cermat dalam mencarinya melalui diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Jangan lupa untuk menerapkan strategi yang tepat supaya dapat mengembangkan bisnis dengan baik.

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.