Lompat ke konten

Faktor yang Dapat Menghambat dan Mendorong Bisnis

faktor yang dapat menghambat

Faktor yang dapat menghambat dan mendorong dalam bisnis bisa berasal dari mana saja. Bisa dari dalam atau faktor internal bisnis maupun faktor eksternal atau faktor dari luar bisnis. Memang, jatuh bangun dalam sebuah bisnis merupakan sesuatu yang wajar terjadi. Karena sejatinya, bisnis  bisa bertahan dan terus maju dengan terus berinovasi.

Untuk menghindari bisnis terhambat, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu faktor apa saja yang bisa menghambatnya. Sebaliknya, untuk bisa membuatnya terus maju, Anda juga perlu mengetahui faktor apa saja yang bisa mendorong. 

Nah, berikut daftar faktor yang dapat menghambat dan mendorong dalam bisnis. Yuk simak sampai akhir!

Faktor yang Dapat Menghambat BisnisĀ 

Ada beberapa faktor yang dapat menghambat bisnis Anda, faktor tersebut bisa dari dalam maupun luar. Tetapi faktor ini biasanya tidak disadari oleh pemiliknya ternyata bisa menghambat. Apa saja? Berikut daftarnya.

1. Berjalan tanpa visi dan misi

Faktor yang dapat menghambat bisnis yang pertama adalah bisnis yang berjalan tanpa visi dan misi. Meski terlihat sederhana, dalam bisnis, visi dan misi merupakan sesuatu yang sangatlah penting. Karena dengan adanya visi dan misi, orang-orang dalam menjalankannya mengerti arah kemana bisnis ini harus dibawa. Sehingga segala upaya dan strategi yang diterapkan memiliki satu tujuan yang pasti.

Visi dan misi dalam bisnis merupakan alasan utama sebagai dasar bagaimana perusahaan akhirnya dibuat. Serangkaian tujuan tersebut bisa menjadi penghambat apabila tidak ditentukan sejak awal. Karena tidak tahu arah perusahaan.

2. Tidak mau berinovasi

Faktor yang dapat menghambat bisnis lainnya. Bagaimanapun, berbisnis adalah bagaimana otak kita berpikir untuk berinovasi menciptakan produk-produk yang dibutuhkan dan disukai konsumen dan calon konsumen. Bisnis merupakan pemikiran dinamis, yang harus bisa berubah dengan cepat menyesuaikan dengan permintaan pelanggan.

Jika suatu bisnis, tidak mau melakukan inovasi. Maka ini merupakan faktor yang bisa menghambat bisnis tersebut menjadi lebih maju. Bisnis yang lebih suka berada di zona nyaman tanpa melakukan perubahan akan kewalahan bertahan di era perubahan serba cepat. Sehingga inovasi dan kreativitas sangat dibutuhkan dalam hal ini.

3. Kurang kemampuan dalam teknologi

Kurang kemampuan dalam teknologi juga menjadi faktor yang dapat menghambat bisnis. Di zaman yang serba cepat dengan perubahan dalam sekejap, teknologi menjadi sesuatu yang sangat penting untuk dikuasai. Sebab persaingan bisnis semakin ketat karena semua kanal internet saat ini bisa digunakan sebagai media promosi dan berjualan. Tentu bagi bisnis yang tidak menguasai teknologi, akan terjadi stagnasi.

Karena hampir semua orang sudah melakukan transaksi dengan metode baru didukung penuh oleh kecanggihan teknologi. Kebiasaan masyarakat sudah berubah, yang tadinya senang mengunjungi toko offline. Saat ini lebih suka berbelanja di rumah melalui gadgetnya. Tentunya dengan segala kecanggihan sistem pembayaran menggunakan e-wallet dan scan barcode.

4. Target pasar yang tidak mengerucut

Target pasar yang kurang tepat bisa jadi hambatan besar dalam bisnis. Sebab dalam penentuannya, apabila terlalu luas, atau tidak mengerucut pada satu golongan, akan sulit sekali untuk melakukan promosi dan penyesuaian produksi. Target pasar yang terlalu luas membuat bisnis menjadi bingung menentukan identitasnya.

Hal ini  kemudian bisa menjadi faktor yang dapat menghambat bisnis Anda secara perlahan, karena sudah kehilangan identitas dan jati diri produk. Yang kemudian secara lama-lama orang juga akan bingung dalam memahami tujuan diproduksinya produk Anda. 

5. Tidak loyal terhadap pelanggan 

Pelanggan atau pembeli sangat menyukai berbagai bentuk loyalitas perusahaan terhadap kesetiaan pelanggannya. Bahkan hadiah sekecil apapun, pelanggan akan tetap suka menerimanya. Dalam bisnis, loyalitas tentunya perlu untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Bisnis yang tidak peduli dengan pelanggannya, lama kelamaan akan kehilangan banyak konsumen potensial. Yang membuat bisnis kemudian mengalami kemunduran, dan lebih fatal bisa gulung tikar. Oleh karena itu perhatikan selalu kebutuhan konsumen.

6. Memiliki pelayan yang buruk

Pelanggan juga suka sekali dilayani dengan baik. Karena sejatinya pelanggan adalah raja, maka ia tentunya sangat suka untuk dilayani dengan ramah dan sepenuh hati. Jadi jika Anda hendak membuka bisnis, pastikan bahwa orang-orang yang berada sebagai kasir, pelayan dan jabatan lain yang bersinggungan langsung dengan konsumen memiliki sifat yang ramah.

Sebab sikap galak, ketus dan kurang suka sangat tidak nyaman bagi seorang pelanggan. Bahkan ada beberapa orang malas kembali lagi ke sebuah toko hanya karena pelayanan yang diberikan hanya setengah hati.

Faktor yang Dapat Mendorong BisnisĀ 

Jika ada faktor penghambat bisnis, maka tentunya ada juga faktor yang mendorong bisnis Anda. Apa saja? Berikut daftar dan penjelasannya!

1. Modal yang tersedia dengan cukup

Untuk mendirikan dan menjalankan bisnis, tentu modal menjadi sesuatu yang esensial. Sebab tanpanya, bisnis tidak bisa berjalan. Modal menjadi faktor pendorong sebab ketika tersedia modal cukup, inovasi perusahaan bisa dieksekusi dengan baik. Cara mendapatkan modal bisa dilakukan dengan berbagai upaya, tergantung kemauan pemiliknya saja.

Selain itu, segala upaya untuk memajukan perusahaan juga bisa dicukupi dengan adanya modal. Karena tanpa modal, sebaik apapun ide inovasi rasanya akan sulit dilakukan. Oleh karena itu modal tersedia dengan cukup bisa menjadi faktor pendorong bisnis Anda.

2. Sumber daya manusia yang berkualitas

Sumber daya yang berkualitas dalam sebuah perusahaan juga bisa menjadi faktor  pendorong setelah adanya modal. Mengapa demikian? Sebab dalam bisnis, kinerja seseorang menentukan keberhasilannya. Misalnya sales, ketika ia gigih dan memiliki kemampuan baik dalam berkomunikasi maka barang akan cepat terjual dan akan maju.

Sama halnya dengan kasir, pelayan dan orang-orang yang bersinggungan langsung dengan konsumen, jika mereka memiliki kualitas baik dan memahami dengan baik tugasnya, maka ia akan disukai pelanggan, kemudian pelanggan juga tidak enggan untuk kembali ke toko Anda. ini berlaku dalam penjualan baik secara offline maupun online. Karena sejatinya semua pelanggan suka pelayanan yang baik dan ramah.

3. Memiliki teknologi yang memadai 

Kelengkapan teknologi juga menjadi faktor pendorong bisnis. Karena dengan adanya teknologi, efisiensi pekerjaan dalam perusahaan menjadi lebih mudah dilakukan. Bahkan teknologi bisa menggantikan pekerjaan sederhana manusia, sehingga dapat mengurangi kuantitas pekerja untuk menekan biaya produksi.

Dengan kelengkapan teknologi yang Anda punya, berbagai jenis pekerjaan dalam bisnis akan lebih mudah dilakukan, baik dalam produksi, maupun organisir, hingga administrasi. Semua lini bidang dalam perusahaan membutuhkan teknologi untuk kelancarannya.

4. Faktor inovasi dan kreativitas bisnis

Terakhir, faktor pendorong berada pada inovasi dan kreativitas yang ada. Sebab keduanya merupakan senyawa dalam sebuah bisnis, tanpa keduanya bisnis hanya akan masuk ke dalam stagnasi dan tidak bisa berkembang dengan baik. Oleh karena itu, baiknya dalam bisnis mempunyai orang-orang yang memang senang mengamati lingkungan sekitar dan melakukan inovasi, agar bisa terus bertahan dan maju.

Nah, berikut di atas merupakan daftar faktor yang dapat menghambat dan mendorong dalam bisnis. Sebagai pebisnis, Anda tentu harus mengenalnya agar dapat menghindari atau meningkatkannya. Sehingga bisa menentukan bagaimana bisnis ini berjalan ke depannya. Selamat mencoba!

nv-author-image

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota Ayun adalah mahasiswa ekonomi tingkat akhir di UPN Veteran Yogyakarta yang tertarik menulis dengan tema ekonomi dan finansial.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.