Lompat ke konten

Cara Melamar Kerja di Kelurahan atau Kecamatan Lengkap dengan Dokumennya

Cara Melamar Kerja di Kelurahan atau Kecamatan

Bekerja adalah impian bagi para pencari kerja, sehingga berbagai peluang dicoba untuk memperoleh pekerjaan terbaik. Apabila Anda termasuk salah satu orang yang mencari peluang tersebut, maka tak ada salahnya mencoba melamar sebagai pegawai di kelurahan ataupun kecamatan.

Pekerjaan di kelurahan atau kecamatan terutama sangat cocok bagi siapapun yang aktif di organisasi Karang Taruna. Menariknya, menjadi pegawai di sana merupakan suatu upaya pengabdian di kampung halaman dengan cara menyumbang karya.

Tentunya, menjadi pegawai kecamatan ataupun kelurahan pasti memperoleh penghasilan tetap. Tertarik mencoba peluang ini? Lihat tata cara melamar kerja di kelurahan atau kecamatan, lengkap disertai dokumen persyaratannya!

Gambaran Lowongan Pekerjaan di Kelurahan atau Kecamatan

Mengambil peluang untuk menjadi pegawai di kelurahan/kecamatan bukanlah hal buruk. Sebab pekerjaan di sana dapat dijadikan sebagai upaya untuk mengabdikan diri ke kampung halaman. Sehingga sangat cocok dijalankan oleh siapapun yang senang terlibat dan aktif di organisasi seperti Karang Taruna.

Melamar kerja di kelurahan dan kecamatan dapat dilakukan oleh lulusan minimal SMA sampai gelar Diploma/Sarjana. Sama seperti pegawai lainnya, pegawai yang bekerja di sana pun diberi gaji tetap setiap bulannya. 

Gaji yang diterima biasanya berkisar antara Rp2.022.200 sampai Rp3.820.000 karena termasuk PNS Golongan II. Sedangkan untuk PNS Golongan IV memperoleh gaji pokok sebesar Rp3.044.300 sampai Rp5.901.200 per bulannya. Pendapatan yang diterima masih belum termasuk tunjangan lainnya.

Tugas yang dilakukan jika nantinya Anda bekerja di kantor kecamatan ataupun kelurahan tak sebatas melakukan pengarsipan data dan administrasi. Justru nantinya akan banyak terjun ke lapangan untuk melaksanakan pemberdayaan masyarakat setempat. Itulah mengapa, pekerjaan ini cocok dijalani jika Anda senang bersosialisasi di masyarakat.

Lowongan pekerjaan di kelurahan/kecamatan sama seperti lowongan pekerjaan pada umumnya, yakni hanya dibuka pada waktu tertentu atau jika terdapat kekosongan posisi. Apabila Anda berniat melamar ke sana tetapi belum buka lowongan, tak masalah jika menyerahkan berkas lamarannya kepada pegawai di sana maupun mencari tahu informasi lebih lanjut tentang hal tersebut.

Syarat Melamar Kerja di Kelurahan atau Kecamatan

Meskipun gambaran lowongan pekerjaan di kelurahan dan kecamatan kelihatannya cukup menarik, namun Anda tetap harus mengikuti seleksi masuk agar bisa diterima kerja di sana. Tentunya adapun syarat melamar kerja di kelurahan atau kecamatan yang harus dipenuhi, ini daftar berkas serta persyaratannya.

  • Pria/wanita lulusan SMA, Diploma, atau Sarjana
  • Usia minimal 18 tahun dan maksimal 30 tahun saat melamar pekerjaan
  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di kelurahan/kecamatan setempat
  • Fotokopi/scan KTP
  • Fotokopi/scan ijazah terakhir
  • Fotokopi/scan transkrip nilai terakhir
  • Surat lamaran dan resume
  • Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup
  • Pas foto 4×6
  • Nomor telepon/HP aktif
  • Alamat email aktif

Cara Melamar Kerja di Kelurahan atau Kecamatan

Melamar pekerjaan sebagai pegawai di kelurahan/kecamatan memiliki peluang menarik, terutama jika Anda memiliki minat berkontribusi langsung untuk pemberdayaan masyarakat setempat. Sudah mulai mempersiapkan dokumen persyaratannya? Coba simak beberapa cara melamar kerja di kelurahan atau kecamatan di bawah ini.

1. Program magang di kecamatan/kelurahan

Cara melamar kerja di kelurahan atau kecamatan bisa melalui program magang. Pada umumnya, instansi pemerintahan seperti ini menyediakan program magang bagi pelajar jenjang SMA maupun SMK. Bahkan jurusan tertentu pada jenjang Diploma dan Sarjana pun diperbolehkan magang untuk memperoleh pengalaman ataupun data tugas akhir di sana.

Melalui program magang, Anda tak hanya memperoleh pengalaman kerja saja. Akan tetapi juga penilaian langsung dari pegawai di instansi tersebut. Apabila hasil penilaiannya baik, maka peluangnya besar bisa diterima sebagai pegawai tetap di sana.

Oleh karena itu ketika berniat mengikuti program magang, sebaiknya kuatkan niat dan lakukan pekerjaan dengan sebaik-baiknya. Bagaimanapun juga, instansi maupun perusahaan pasti tidak senang jika ada anak magang yang bermalas-malasan dan tidak maksimal kinerjanya.

2. Melamar posisi secara mandiri

Selain lewat jalur program magang, cara melamar kerja di kecamatan atau kelurahan bisa juga secara mandiri. Artinya, Anda harus datang langsung ke kantor instansi pemerintahan daerah setempat kemudian menyerahkan langsung berkasnya saat dibuka lowongan pekerjaan.

Apabila melamar sebagai pegawai kelurahan ataupun kecamatan secara mandiri, maka harus aktif mencari informasi melalui pegawai di kantor instansi pemerintahan tersebut. Tak ada salahnya bertanya langsung kepada petugas di sana.

Ketika sedang ada kekosongan posisi, cobalah menyerahkan dokumen persyaratan serta surat lamaran dan lakukan follow up untuk menanyakan ketersediaan lowongan kerja jika diperlukan.

3. Melamar lewat jalur tes CPNS dan PPPK

Melamar kerja di instansi pemerintahan melalui jalur tes CPNS dan PPPK sudah merupakan hal yang umum. Tes masuk CPNS dan PPPK biasanya dibuka dalam setahun 2-3 kali, namun saat ini akan dipertimbangkan sebanyak 6 kali dalam setahun.

Mengingat persaingan menjadi PNS termasuk tinggi, maka Anda harus mempersiapkan semuanya matang-matang untuk mengikuti seleksi masuk. Mulailah mempelajari materi-materi untuk tes masuk supaya dapat bersaing secara sehat dengan peserta lainnya.

Selain mempersiapkan diri menghadapi tes, pahami pula formasi di instansi pemerintahan. Apabila sudah memahami bagaimana formasinya, maka lebih mudah mencari kemungkinan serta peluang diterima untuk menempati posisi yang dituju.

4. Jalur relasi/kenalan

Banyak orang mengatakan bahwa relasi sangat penting dan dibutuhkan ketika sedang mencari pekerjaan. Pernyataan ini benar, sebab adanya relasi atau kenalan yang bekerja di suatu tempat memudahkan seseorang mendapatkan pekerjaan karena direkomendasikan.

Begitu pula di instansi pemerintahan seperti kecamatan dan kelurahan, jalur masuk menjadi pegawainya bisa jadi melalui relasi. Cara memperoleh relasi agar direkomendasikan menjadi pegawai kecamatan ataupun kelurahan, yakni aktif sebagai anggota organisasi daerah setempat, salah satunya Karang Taruna.

Akan tetapi jika Anda bukan termasuk aktif di organisasi pemuda seperti Karang Taruna, bisa dengan aktif berkontribusi dalam kegiatan-kegiatan di kampung halaman. Setelah itu, bangunlah relasi yang baik dengan orang-orang yang bekerja di kecamatan maupun kelurahan.

Menjadi pegawai di kelurahan/kecamatan jalur relasi kedengarannya memang paling mudah dibandingkan jalur masuk lainnya. Meskipun begitu, ketika seseorang merekomendasikan Anda maka Anda pun harus bisa bertanggung jawab atas kepercayaan dari orang yang merekomendasikan tersebut. 

Contoh Surat Melamar Kerja di Kelurahan atau Kecamatan

Sebenarnya, surat melamar kerja di kelurahan dan kecamatan sama seperti surat lamaran pada umumnya. Lihat contohnya di bawah ini untuk referensi!

SURAT LAMARAN KERJA

Kulon Progo, 16 Juni 2023

Perihal : Lamaran Kerja

Lampiran : 6 lembar

Kepada Yth.,

Bapak/Ibu Kepala Kecamatan Wates, Kulon Progo

di tempat

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama lengkap : Dewi Tama

Tempat, tanggal lahir : Wates, 1 September 1996

Alamat : Jl. ABC No. 123, Kecamatan Wates, Kulon Progo

Nomor telepon : 0895XXXXXXXX

Email : dwtm@mail.com 

Dengan ini, saya mengajukan lamaran kerja untuk posisi yang tersedia di Kecamatan Wates. Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan tim di Kecamatan Wates dan berkontribusi dalam pembangunan masyarakat setempat.

Latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja saya adalah sebagai berikut:

  1. Pendidikan terakhir: Sarjana Ekonomi dari Universitas Islam Indonesia (2018-2022), IPK 3.81.
  2. Pengalaman Kerja: Kantor Kecamatan Wates, Pegawai Magang (November 2021-Januari 2022)

Menjadi pegawai magang di Kantor Kecamatan Wates, Kulon Progo pada bagian administrasi dan keuangan. Bertugas mengelola laporan serta pengarsipan data keuangan daerah Wates menggunakan Microsoft Excel dan Microsoft Word serta software pendukung lainnya.

Saya memiliki komitmen yang kuat untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Saya percaya bahwa dengan pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki, saya dapat berkontribusi secara positif dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab di Kecamatan Wates.

Bersama surat ini, saya juga melampirkan dokumen-dokumen yang diperlukan, yaitu:

  1. Daftar riwayat hidup
  2. Surat lamaran
  3. Fotokopi ijazah terakhir
  4. Fotokopi transkrip nilai
  5. Fotokopi KTP
  6. Pas foto terbaru

Saya sangat berharap agar Bapak/Ibu Kepala Kecamatan dapat memberikan kesempatan kepada saya untuk mengikuti proses seleksi lebih lanjut. Saya siap untuk menghadiri wawancara atau tes apapun yang diperlukan untuk menunjukkan kemampuan dan dedikasi saya.

Demikianlah surat lamaran ini saya sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Dewi Tama

Cara melamar kerja di kelurahan atau kecamatan di atas semoga dapat dipahami. Pelajari penyusunan surat lamarannya seperti pada contoh di atas, kemudian persiapkan diri Anda dan berkas-berkas yang dibutuhkan. Semoga membantu!

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

2 tanggapan pada “Cara Melamar Kerja di Kelurahan atau Kecamatan Lengkap dengan Dokumennya”

    1. Wah, maaf kak kalau itu kurang tahu. Coba minta surat rekomendasi dari sekolah lalu di setorkan ke kantor camat. Mungkin akan dapat reply.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *