Lompat ke konten

Cara Melamar Kerja di KFC dan Syaratnya

Cara melamar kerja di KFC

Cara melamar kerja di KFC hampir sama prosedurnya dengan melamar pekerjaan di restoran lainnya. KFC yang merupakan salah satu gerai atau restoran fast food ini ternyata memiliki banyak peminat. Apalagi masyarakat kota yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak dan menginginkan makanan yang lezat.

Produk andalan yang terjual hingga ribuan pcs per hari adalah olahan ayam crispy dengan beberapa menu pelengkap seperti kentang, nasi, burger, cola dan es krim. Tetapi tak hanya produknya yang disukai, melamar pekerjaan di KFC juga menjadi incaran banyak orang. Banyak sekali yang berbondong-bondong untuk menjadi salah satu crew di restoran cepat saji yang satu ini.

Nah, bagaimana sih syarat dan cara melamar pekerjaan di KFC, simak penjelasannya supaya lebih mudah berikut ini!

Syarat Melamar Kerja di KFC

KFC merupakan restoran cepat saji yang banyak sekali pengunjungnya setiap harinya. Oleh karena itu, dibutuhkan karyawan atau pegawai yang cekatan dan sigap untuk bekerja dengan waktu yang cepat. Karena semakin cepat dan baik pelayanannya, maka konsumen akan lebih senang dan kembali lagi.

Untuk itu biasanya persyaratan yang ada untuk melamar pekerjaan di KFC dibutuhkan seseorang yang bisa bekerja sama dalam tim sehingga pekerjaan menjadi cepat terselesaikan. Untuk syarat lengkapnya sebagai berikut. 

Syarat melamar kerja di KFC:

  1. Pria atau wanita 
  2. Memiliki tinggi badan minimal 160 cm 
  3. Berusia maksimal 24 tahun 
  4. Memiliki pendidikan minimal Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
  5. Tertarik bekerja di bidang restoran 
  6. Memiliki etos kerja dan bisa bekerja keras
  7. Bisa bekerja sesuai dengan shift  meskipun  di hari libur
  8. Bersedia untuk ditempatkan di restoran cabang mana pun yang sedang membutuhkan tenaga kerja tambahan 
  9. Dapat bekerja sama dalam tim, dan jujur

Sementara itu untuk dokumen pendukung yang harus dilampirkan saat melamar kerja:

  1. Pas foto dengan ukuran 3 x 4 berwarna 
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Fotokopi ijazah SMA 
  4. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  5. Surat keterangan sehat
  6. Surat keterangan belum menikah 
  7. CV dan surat lamaran 
  8. Dokumen pendukung lainnya (pengalaman,  dan prestasi)

Sebelum mengajukan lamaran pekerjaan, pastikan persyaratan dan dokumen pendukung sudah terpenuhi supaya proses lamaran lebih mudah diterima. Persiapkan dengan matang mengenai hal ini agar Anda bisa menjadi bagian dari crew KFC.

Cara Melamar Kerja di KFC

Melamar kerja di KFC, Anda tidak perlu khawatir mengenai jenjang karir KFC. Karena segala kerja keras dan dedikasi Anda akan dinilai dan dihargai, tak jarang Anda akan dipromosikan untuk tingkat pekerjaan yang lebih baik.

Untuk waktu pekerjaannya, Anda juga memiliki dua pilihan. Sebagai pekerja penuh harian (full time) atau pekerja paruh waktu (part time). Jadi bagi Anda seorang mahasiswa, bisa melamar untuk pekerjaan yang satu ini.

Nah, berikut cara melamar pekerjaan di KFC yang wajib Anda coba!

Cara melamar kerja di KFC melalui website resmi

Cara melamar kerja di KFC melalui website adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama, bukalah website resmi KFC untuk melamar pekerjaan yaitu pada alamat website https://kfcku.com
  2. Setelah berhasil membuka website tersebut, pergi ke halaman beranda. Kemudian pilihlah menu ‘Karir’ yang biasanya berada di pojok kanan bagian atas. Jika Anda membukanya melalui smartphone, Anda bisa memencet tombol garis tiga untuk menemukannya.
  3. Tunggu beberapa waktu, Anda kemudian akan diarahkan pada laman yang menampilkan lowongan pekerjaan yang tersedia. Tampilkan semua lowongan untuk melihat berbagai penawaran lowongan lainnya. 
  4. Jika terdapat lamaran pekerjaan yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda, segera pilih lowongan pekerjaan tersebut. Klik pada judul pekerjaan, Anda akan diarahkan pada tugas dan persyaratan melamar pekerjaan tersebut. 
  5. Apabila sudah cocok dan dipastikan sesuai dengan Anda, Anda bisa klik ‘Lamar Sekarang’.
  6. Supaya bisa masuk, Anda diwajibkan untuk membuat aun terlebih dahulu. Buat akun sama seperti ketika membuat email.
  7. Jika sudah punya akun, kemudian isilah semua formulir beserta data pendukung yang harus dimasukkan dan simpan. Setelah akun tersimpan, Anda kemudian bisa melamar pekerjaan yang diinginkan.

Jika Anda lolos dalam tahap seleksi berkas, kemudian Anda akan dihubungi oleh pihak HRD KFC. Diundang untuk melakukan sesi wawancara dan apabila lolos wawancara bisa bekerja dengan masa training atau percobaan terlebih dahulu.

Cara melamar kerja di KFC melalui website lain

Tak jarang, KFC juga membuka lowongan pekerjaan di media sosial atau website lain. Nah, untuk melamar melalui website lain, Anda bisa melihat-lihat di website lain yang sudah banyak digunakan orang seperti Glints, Linked in, Karir, Urbanhire, dan lain-lain. Cukup ikuti aturan dan cara melamar kerja di KFC, misalnya Anda diminta membuat CV terlebih dahulu atau prosedur lainnya sesuai dengan kebijakan mereka. 

Biasanya prosedurnya hampir sama, Anda akan diminta untuk membuat akun terlebih dahulu, kemudian Anda harus mencari-cari lowongan yang tersedia. Jika sudah ada yang cocok, sesuai dengan cabang terdekat KFC yang Anda mau, Anda bisa melamar dengan sebelumnya mengisi formulir dan data pendukung. Jika lolos, Anda akan dihubungi melalui nomor telepon yang dicantumkan.

Cara melamar kerja di KFC secara langsung ke gerai

Selain melalui website resmi atau website lainnya, terdapat cara melamar kerja di KFC secara langsung ke gerai yang bersangkutan. Pasalnya, gerai yang bersangkutan biasanya juga memasak lowongan pekerjaan bisa melalui media sosial seperti instagram, facebook atau twitter atau juga memasang langsung menggunakan pamphlet.

Jika terdapat lowongan pekerjaan di gerai tersebut, Anda bisa datang ke gerai dengan membawa persyaratan yang sudah ditentukan. Masukkan surat lamaran dan pendukung lainnya ke Sumber Daya Manusia atau HRD manajerial KFC. Kemudian tinggal tunggu Anda dihubungi untuk proses selanjutnya.

Gaji Crew KFC

Gaji yang diterima oleh pegawai KFC sangat beragam tergantung pada cara penghitungan gaji karyawan, tergantung posisi dan jenisnya. Untuk crew KFC sendiri kisaran gajinya berada pada angka Rp2,5 juta per bulan, namun besaran ini tergantung pada daerah gerai cabang makanan cepat saji. Artinya tetap disesuaikan dengan Upah Minimum Regional (UMR) supaya dapat menyejahterakan karyawannya.

Untuk posisi yang lain, bisa berbeda-beda besaran gajinya. Misalnya untuk cashier gajinya Rp1,5 juta/bulan, admin kisaran Rp1,5 juta/bulan, crew member (part time) kisaran Rp1,5 juta per bulan, customer service online Rp 4 juta per bulan, driver Rp2,5 juta per bulan dan masih banyak lagi posisi dengan gaji yang berbeda-beda.

Nah, berikut di atas merupakan syarat dan cara melamar pekerjaan di KFC dengan mudah. Anda bisa mulai mempersiapkan berbagai persyaratan yang ada mulai sekarang apabila memang sangat berminat. 

Pastikan semua persiapan dan dokumen pendukung sudah ada, karena tahapan berkas juga menjadi pertimbangan Anda diterima dalam suatu pekerjaan. Untuk wawancara Anda juga bisa persiapkan terlebih dahulu sehingga lancar dan siap. Selamat mencoba!

nv-author-image

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota Ayun adalah mahasiswa ekonomi tingkat akhir di UPN Veteran Yogyakarta yang tertarik menulis dengan tema ekonomi dan finansial.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.