Lompat ke konten

Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Perusahaan Yang Tidak Buka Lowongan

contoh surat lamaran kerja tanpa lowongan

Pernahkah Anda ingin bekerja di perusahaan tertentu pada posisi tertentu tapi perusahaan tersebut sedang tidak membuka lowongan pekerjaan yang Anda inginkan? Well, Anda tidak usah menunggu lowongan dibuka. Sebagai gantinya, kirimkan saja surat lamaran kerja tanpa lowongan. 

Emang bisa? Jawabannya tentu saja bisa. Surat lamaran kerja tanpa lowongan atau yang biasa disebut letter of interest adalah surat yang dikirimkan oleh pelamar kerja untuk menunjukkan rasa ketertarikan untuk bekerja di sebuah perusahaan. Anda bisa mengirimkannya ketika Anda sudah tahu mau melamar pada posisi apa atau belum. 

Keuntungan dari mengirim surat ini adalah, Anda menjadi pihak pertama yang dihubungi oleh perusahaan apabila HR perusahaan tersebut menemukan pekerjaan yang cocok untuk Anda atau ada lowongan di posisi yang Anda inginkan. 

Lalu, bagaimana cara membuat surat lamaran kerja tanpa lowongan ini? Simak beberapa contohnya berikut ini:

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Tanpa Lowongan Format 1

Tangerang, 17 Mei 2021

Hal : Lamaran pekerjaan

Kepada Yth,
Bapak / Ibu HRD

PT. Maju Jaya Sejahtera


Dengan hormat,

Saya yang bernama Katharina Sirait dalam surat ini bermaksud untuk melamar sebagai koordinator marketing atau posisi lain yang dibutuhkan di PT. Maju Jaya Sejahtera. Sebelumnya, saya telah bekerja selama 2 tahun sebagai staff digital marketing di PT. Ambar Kesuma Makmur. Dalam waktu tersebut, saya berhasil meningkatkan penjualan produk perlengkapan bayi XCY di Tangerang sebanyak 20% dan meningkatkan tingkat retensi konsumen sebesar 10%. Dengan prestasi tersebut, Saya berharap dapat membantu meningkatkan penjualan produk PT. Maju Jaya Sejahtera .

Berikut data singkat saya :

Nama : Katharina Sirait

Tempat / tgl lahir : Medan, 19 Oktober 1994

Pendidikan terakhir : S1 Marketing

Alamat : Jl. Palagan Ambarawa 35, Tangerang.

Telepon : 0824772579**

Email : KatharinaS@gmail.com

LinkedIn : Katharina Sirait

Status : Lajang

Sebagai pertimbangan Bapak/Ibu, berikut ini saya lampirkan beberapa dokumen pendukung:

1. Daftar Riwayat Hidup

2. Fotocopy Ijazah  Strata 1 dan Transkrip Nilai

3. Fotocopy Sertifikat TOEFL ITP dan Karyawan of The Year.

4. Fotocopy KTP

3. Pas foto terbaru

Demikian surat lamaran ini saya buat, apabila Bapak/Ibu ada beberapa hal yang ingin didiskusikan, Bapak/Ibu dapat menghubungi saya melalui nomor handphone dan email yang tertera di atas. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.     

Hormat saya,

Katharina Sirait

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Tanpa Lowongan Format 2

Tangerang, 17 Mei 2021

Hal : Lamaran pekerjaan

Katharina Sirait

0824772579**

LinkedIn: Katharina Sirait

Email: KatharinaS@gmail.com

Kepada Yth,
Bapak / Ibu HRD

PT. Maju Jaya Sejahtera


Dengan hormat,

Setelah membaca biografi dan visi misi PT. Maju Jaya Sejahtera yang disampaikan oleh Bapak Owen Kusumawan dalam majalah X pada 16 April 2022 lalu, saya, Katharina Sirait, dengan surat ini menyatakan tertarik untuk bekerja di perusahaan Bapak/Ibu sebagai koordinator marketing. 

Sebelumnya, saya telah bekerja sebagai staff digital marketing di PT. Ambar Kesuma selama 2 tahun dan menempuh pendidikan di bidang pemasaran di Universitas Rajapatni dari tahun 2014-2018. Selama masa kerja saya di PT. Ambar Kesuma, saya berhasil meningkatkan penjualan produk perlengkapan bayi dan retensi konsumen masing-masing sebesar 20% dan 10%.  Dari pencapaian tersebut, saya berhasil menjadi Karyawan of The Year pada tahun 2020 dari PT. Ambar Kesuma. 

Saya percaya bahwasanya ilmu dan pengalaman saya di dunia pemasaran dapat bermanfaat untuk membawa PT. Maju Jaya Sejahtera menuju visi dan misinya sebagai perusahaan penyedia susu formula berkualitas terbaik di Indonesia dan mencerdaskan generasi muda negeri ini. 

Dalam surat ini juga saya sertakan beberapa dokumen pendukung sebagai pertimbangan Bapak/Ibu yaitu, daftar riwayat hidup (CV), fotocopy ijazah dan transkrip, sertifikat TOEFL ITP dan Karyawan of The Year pada tahun 2020 dan pas foto 4×6. 

Demikian surat lamaran ini saya buat, apabila Bapak/Ibu ada beberapa hal yang ingin didiskusikan, Bapak/Ibu dapat menghubungi saya melalui nomor handphone dan email yang tertera di atas. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.     

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Tanpa Lowongan

1. Lakukan riset tentang perusahaan

Surat lamaran kerja yang disertai dengan riset mendalam mengenai perusahaan akan membantu surat Anda relatif lebih menonjol dibanding kandidat lain. Sebab, secara tidak langsung hal ini mengindikasikan bahwa Anda benar-benar ingin bekerja di perusahaan tersebut dan tidak hanya coba-coba saja. 

2. Lebih menonjol dengan orang dalam

Menggunakan jasa “orang dalam perusahaan” tidak selalu bermakna buruk asalkan Anda memanfaatkannya dengan benar. Cara memanfaatkan orang dalam perusahaan dengan benar adalah dengan memintanya mengoreksi surat lamaran yang ingin Anda ajukan atau bertanya kepadanya mengenai kondisi pekerjaan di perusahaan tersebut. 

Anda juga bisa mencantumkan nama rekan Anda itu di surat lamaran sebagai referensi. Tujuannya adalah supaya HR bisa tahu kepada siapa mereka bisa bertanya mengenai kapasitas Anda sebagai tenaga kerja. 

3. Masukkan nama manajer humaniora

Memasukkan nama orang yang sekiranya akan mengoreksi surat lamaran Anda akan menjadikan surat tersebut lebih terasa personal dan menonjol di hadapan perusahaan. Anda bisa mencair nama-nama tim HR di website dan LinkedIn resmi perusahaan, atau melalui laporan tahunan perusahaan tersebut (jika perusahaan publik). 

Namun jika Anda sudah mencari dan tidak ada nama leader atau manajer SDM yang bisa Anda cantumkan, maka Anda bisa menuliskan dengan Yang Terhormat Bapak/Ibu HR sebagaimana yang tertera pada dua contoh di atas.

4. Tekankan skill yang Anda miliki

Sedikit berbeda dengan surat lamaran kerja pada umumnya, pada surat lamaran kerja tanpa lowongan Anda bisa menekankan daftar skill yang sekiranya kurang berhubungan dengan posisi yang Anda incar. Khususnya apabila Anda tidak melamar untuk jabatan yang spesifik sebagaimana koordinator marketing dalam contoh di atas. 

5. Jangan lupa call to action

Call to action adalah dorongan kepada audience untuk menghubungi Anda kembali. Dalam hal ini target audience Anda adalah HR dan konteks menghubungi Anda kembali adalah untuk wawancara atau diskusi lebih lanjut mengenai skill dan profil Anda. Umumnya CTA ditulis dalam paragraf penutup. Contohnya pada kalimat:

“Apabila Bapak/Ibu ada beberapa hal yang ingin didiskusikan, Bapak/Ibu dapat menghubungi saya melalui nomor handphone dan email yang tertera di atas.”

CTA tentu akan percuma apabila Anda tidak memasukkan nomor handphone atau email yang bisa digunakan perusahaan untuk menghubungi Anda. Jadi, pastikan Anda juga tidak lupa meletakkan kedua data tersebut di bagian profil. 

Mendapat pekerjaan yang diimpikan memang bukanlah sesuatu yang mudah. Membuat surat lamaran kerja tanpa lowongan ini hanyalah salah satu diantara sekian banyak ikhtiar yang bisa Anda lakukan. Yakinkan diri Anda, kalau rejeki tidak akan pergi kemana.

nv-author-image

Farichatul Chusna

Farichatul Chusna merupakan salah satu finalist PKM-Kewirausahaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional tahun 2016. Selama menjadi mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM, Chusna aktif mencari dan mengeksekusi ide bisnis yang menarik dan inovatif.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.