Lompat ke konten

Cara Melamar Kerja di McD dan Syaratnya

Cara melamar kerja di McD

Untuk melamar kerja di McD ternyata mudah, Anda hanya perlu memenuhi syarat yang sudah ada agar bisa diterima. Sama seperti perusahaan pada umumnya, McD atau McDonald yang merupakan salah satu restoran cepat saji terbesar di dunia juga membuka lowongan pekerjaan untuk merekrut karyawan.

Restoran yang sudah berdiri sejak 1955 di California, Amerika Serikat ini menerima karyawan baik yang full time  atau pekerja penuh harian maupun yang part time  atau pekerja paruh waktu. Ada banyak posisi yang ditawarkan mulai dari kasir, crew, dan pelayan.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk bekerja di restoran ini, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu syarat dan cara melamar kerja di McD supaya bisa diterima menjadi bagian darinya. Berikut syarat dan cara melamar kerja di McD dengan mudah.

Syarat Melamar Kerja di McD

McD menjadi perusahaan yang memiliki restoran cepat saji terbesar bukan tanpa alasan. Selain berkomitmen memberikan hidangan yang lezat dengan bahan terbaik, McD juga cukup selektif dalam memilih siapa yang bergabung menjadi timnya.

McD selalu mengedepankan nilai-nilai perusahaan, setiap karyawannya akan merasakan rasa kekeluargaan dan pertemanan serta lingkungan kerja yang baik. Tak hanya itu, ketika bekerja disana, Anda juga bisa merasakan adanya jenjang karir sehingga tidak terpaku pada satu level pekerjaan saja. 

Misalnya di awal Anda melamar sebagai crew, kemudian dengan kinerja yang diberikan Anda dipromosikan menjadi manager. Bahkan bukan sesuatu yang mustahil Anda memiliki karir sebagai seorang financial konsultan.

Penasaran apa saja syarat melamar pekerjaan di McD, berikut persyaratan melamar pekerjaan di McDonald:

  • Pria/Wanita 
  • Merupakan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
  • Berusia maksimal 26 tahun 
  • Bersedia untuk bekerja pada shift yang sudah ditentukan termasuk di hari libur 
  • Mempunyai kemampuan dan keterampilan komunikasi dengan baik
  • Memiliki penampilan yang menarik, bersemangat, percaya diri penuh, kreatif dan sabar
  • Memastikan bahwa kondisinya sehat jasmani dan rohani
  • Dapat bekerja sama dalam tim 

Sementara untuk persyaratan dokumen, Anda bisa menyiapkan dokumen berikut ini:

  • Foto ukuran 3×4 atau 4×6 
  • Fotokopi KTP
  • Surat keterangan sehat
  • Surat lamaran 
  • Curriculum Vitae (CV)
  • SKCK
  • Sertifikat pendukung lainnya (pengalaman kerja, dan lain-lain)

Sekilas memang tidak ada yang istimewa pada persyaratan yang disebutkan di atas. Namun perlu diketahui bahwa McD benar-benar selektif dalam memilih karyawannya. Jadi bagi Anda yang memang berniat masuk menjadi bagian dari crewnya, pastikan seluruh persyaratan dapat terpenuhi dengan baik.

Cara Melamar Kerja di McD

Untuk melamar pekerjaan di McDonald, Anda bisa melihat informasi mengenai pembukaan lowongan pekerjaan melalui website, media sosial atau pun portal loker yang sudah tersedia dan bisa diakses dengan mudah. 

Sebelumnya, Anda perlu menyesuaikan terlebih dahulu mengenai lowongan pekerjaan tersebut apakah sudah sesuai dengan kebutuhan Anda, full time  maupun part time. McD memang menerima karyawan yang bekerja paruh waktu khusus untuk karyawan di bagian crew. Jadi untuk Anda yang masih mahasiswa, bisa bekerja di McD dengan cara bekerja paruh waktu.

Jika sudah menemukan lowongan pekerjaan yang buka di McDonald, maka cara melamar kerja di McD yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Persiapkan seluruh berkas yang dibutuhkan. Sebelum mengajukan lamaran pekerjaan, pastikan terlebih dahulu seluruh berkas dan persyaratan sudah terpenuhi. Sehingga kemungkinan Anda lolos dalam seleksi karyawan lebih besar.
  2. Anda bisa melakukan proses lamaran secara online melalui situs website McDonald’s dan mencari cabang yang Anda inginkan atau bisa juga mengirim berkas yang sudah disiapkan ke Sumber Daya Manusia McDonald’s yang merupakan waralaba. 
  3. Nah, apabila lamaran Anda melalui website diterima, maka Anda akan dihubungi oleh manajer regional melalui telepon kemudian mengatur jadwal untuk wawancara. Jika merupakan waralaba, Anda akan dihubungi manajer toko untuk selanjutnya melakukan wawancara.
  4. Saat proses wawancara berlangsung, pastikan Anda mengikutinya dengan baik. Banyak sekali tips wawancara yang bisa Anda baca sebelum melakukannya. Pastikan Anda jujur dan terbuka saat wawancara berlangsung.
  5. Jika setelah proses wawancara berlangsung Anda memenuhi kualifikasi, maka Anda akan dihubungi kembali. Anda akan dijadwalkan untuk mengikuti training sebelum bekerja.

Di beberapa pembukaan lowongan, jika kandidat pelamar lebih besar dari posisi yang diminta, bisa saja diadakan tes tulis, untuk mencari kandidat yang terbaik. Peserta terbaik itulah yang kemudian akan dihubungi untuk melakukan proses wawancara.  

Untuk bagaimana teknis wawancara, tergantung pada toko atau pun distrik masing-masing. Sehingga tidak ada aturan baku. Bisa saja wawancara kelompok atau pun satu-satu. 

McD sangat selektif dalam memilih karyawannya, sehingga seluruh proses seleksi pegawai yang dilakukan benar-benar diawasi betul supaya seluruh karyawan yang masuk memang benar-benar sudah memenuhi kualifikasi yang sudah ditentukan.

Gaji Kerja di McD

Untuk masalah gaji, Anda tidak perlu khawatir. Sebab untuk crew McD sendiri Anda akan mendapatkan gaji dengan kisaran Rp2,6 juta jika bekerja secara penuh, sedangkan untuk pekerja paruh waktu kisarannya mulai Rp0,5 juta hingga 1,6 juta, tergantung pada shift yang diambil.

Tips Diterima Bekerja di McD

Anda sudah mengetahui mengenai persyaratan dan cara melamar pekerjaan di McD. Selanjutnya berikut beberapa tips supaya lamaran yang sudah diajukan bisa diterima.

Pastikan berkas lengkap dan Anda memenuhi kualifikasi

Pada seleksi tahap awal yaitu seleksi berkas, manajer akan memeriksa apakah kandidat yang melamar memenuhi kualifikasi dan berkasnya lengkap. Apabila Anda tidak memenuhi satu saja persyaratan, maka bukan tidak mungkin Anda akan langsung dicoret dari daftar. Misalnya Anda hanya lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau umur Anda lebih dari 26 tahun.

Persiapkan seleksi tulis

Seperti yang disebutkan, beberapa pembukaan lowongan pekerjaan di McD kadang mensyaratkan seleksi tulis. Nah, Anda perlu mempersiapkannya. Mulai dari belajar mengenai materinya, mencari-cari contoh soal dan mencoba untuk menjawabnya. Pastikan setidaknya Anda sudah memiliki bekal yang cukup untuk seleksi tulis.

Berlatih wawancara 

Karena terdapat seleksi wawancara, Anda bisa mempersiapkannya. Seperti berlatih wawancara dengan simulasi bersama keluarga atau teman. Ini berfungsi agar Anda bisa mengurangi rasa gugup menjawab berbagai pertanyaan yang ada. Kontrol juga emosional Anda supaya tidak terbata-bata saat berbicara dan lancar saat proses wawancara nanti.

Anda juga bisa mencoba menjawab berbagai pertanyaan yang biasanya diajukan saat seleksi wawancara. Banyak sekali contoh pertanyaan yang ada di internet bisa dijadikan sebagai bahan latihan. Jadi banyak-banyaklah berlatih wawancara!

Minta izin orang tua dan berdoa

Misalnya Anda seorang mahasiswa dan ingin melamar di McD sebagai part time crew maka jangan lupa untuk meminta izin orang tua. Supaya dipermudah dan bisa diterima bekerja di sana. Jangan lupa juga berdoa agar Anda bisa diterima setelah melewati berbagai proses seleksi karyawan di atas. 

Nah, berikut di atas merupakan syarat dan cara melamar kerja di McD bagi Anda yang penasaran mengenai proses perekrutan karyawan restoran tersebut atau memang berniat untuk mendaftar menjadi karyawan. Selamat mencoba, semoga diterima!

nv-author-image

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota Ayun adalah mahasiswa ekonomi tingkat akhir di UPN Veteran Yogyakarta yang tertarik menulis dengan tema ekonomi dan finansial.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.