Lompat ke konten

Cara Memasarkan Produk agar Diterima di Masyarakat

Ilustrasi seseorang sedang menulis "Prmotion" diikuti berbagai kata lainnya, seperti "Plan", "Strategy", dll.

Pada awal menjalankan sebuah bisnis, produk atau layanan yang ditawarkan bisa saja belum dikenal atau diterima masyarakat. Ada beberapa sebab hal ini terjadi dan salah satunya adalah dibutuhkannya penyesuaian terhadap produk yang baru diluncurkan oleh sebuah perusahaan. 

Maka dari itu, agar produk bisnis Anda bisa diterima di masyarakat, diperlukan strategi pemasaran yang tepat. Strategi tersebut bertujuan untuk mengenalkan produk bisnis ke khalayak umum dan tentunya bersaing dengan kompetitor lainnya. 

Agar tidak salah langkah, mari simak beberapa cara memasarkan produk agar diterima di masyarakat untuk bisnis Anda di bawah ini!

1. Tentukan dan Pahami Target Konsumen Bisnis

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan target konsumen bisnis Anda. Target konsumen di sini berkaitan dengan rentang umur konsumen, preferensi konsumen, jenis kelamin, dan ketentuan lainnya disesuaikan kebutuhan bisnis.

Misalnya, perusahaan Anda menjual produk kebutuhan bayi. Tentu target konsumen perusahaan secara umum adalah ibu rumah tangga yang harus memenuhi kebutuhan anak mereka. 

Apabila target sudah ditentukan, Anda juga perlu memahami kebutuhan dan pola konsumsi konsumen. Mari ambil contoh dari produk kebutuhan bayi tersebut. Setelah melakukan analisis dan pencarian informasi, diketahui bahwa ibu rumah tangga sekarang berada di rentang usia 25–40 tahun yang gemar bermain sosial media.

Dari hasil analisis tersebut, perusahaan bisa mengambil langkah untuk mempromosikan produk melalui sosial media agar informasi tersampaikan dengan tepat. 

2. Maksimalkan Sosial Media sebagai Media Promosi

Di era serba digital seperti sekarang ini, hampir semua individu mulai dari anak-anak hingga orang dewasa memiliki akun sosial media. Sosial media sudah seperti menjadi aktivitas sehari-hari yang tidak bisa dilepaskan. Maka dari itu, Anda sebagai pemilik bisnis harus melihat fenomena ini sebagai sebuah peluang untuk mempromosikan produk. 

Namun, menggunakan sosial media sebagai media promosi juga bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar informasi Anda tersampaikan dengan maksimal.

Dalam sosial media, Anda perlu menyiapkan desain poster produk yang menarik, memanfaatkan fitur iklan seperti Instagram Ads, Facebook Ads, dsb, serta berinteraksi dengan calon konsumen secara intensif. 

Konsumen akan mengenal produk bisnis Anda jika dikemas dalam penampilan yang menarik, mulai dari pengambilan gambar produk, desain, hingga pemilihan kata-kata promosi. Dengan begitu, konsumen juga dapat mengetahui ciri khas bisnis Anda dan tertarik untuk membeli dan menggunakan produk bisnis. 

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan sosial media untuk memberikan informasi tambahan sekaligus mempromosikan produk bisnis. Misalnya, Anda menjual produk kesehatan. Anda bisa membuat thread (utas) di Twitter sambil menyematkan foto, video, atau informasi seputar dunia kesehatan yang berkaitan dengan manfaat dari produk bisnis Anda. 

3. Sediakan Contoh (Sample) Produk

Cara yang tidak kalah penting dalam pemasaran produk ke masyarakat adalah menyediakan contoh produk kepada pelanggan. Mengapa hal ini penting? Hal ini lantaran pelanggan akan bisa mengenali dan menyesuaikan terlebih dahulu apakah mereka cocok dengan produk bisnis Anda atau tidak. 

Misalnya, perusahaan Anda menjual produk parfum. Anda dapat menyediakan botol parfum yang sudah dibuka agar pelanggan bisa mencium bau parfum tersebut terlebih dahulu. 

Lalu, bagaimana jika pemasaran dilakukan secara online? Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa menuliskan deskripsi bau parfum secara rinci di bagian deskripsi. Selain itu, Anda juga dapat mengirimkan sample parfum berukuran kecil kepada pelanggan yang melakukan transaksi. Jadi, pelanggan pun dapat mencoba variasi parfum lainnya selain yang mereka beli.

Cara ini cukup efektif dan menguntungkan bagi kedua pihak. Bahkan, pelanggan bisa memutuskan untuk membeli kembali produk Anda dengan cara ini, loh!

4. Atur Teknik Pemasaran yang Menarik

Promosi produk memang tidaklah mudah. Maka dari itu, perusahaan perlu mengatur teknik pemasaran yang menarik agar pelanggan penasaran dan ingin mencoba produk yang dijual. Bagaimana caranya? 

Mengingat hampir semua masyarakat sudah memiliki akses internet cukup memadai, tidak ada salahnya jika Anda menerapkan digital marketing. Anda dapat memasarkan produk melalui website perusahaan, memasang iklan, dan juga sosial media. 

Misalnya, Anda ingin perusahaan Anda menjadi rekomendasi teratas di mesin pencarian (contoh: Google) ketika pelanggan memasukkan kata kunci yang pas. Untuk mencapai tujuan tersebut, Anda dapat memaksimalkan SEO (search engine optimization). Singkatnya, SEO ini berfungsi untuk membantu mesin pencarian menampilkan situs terpercaya sesuai kata kunci yang dimasukkan. 

Selain itu, Anda juga bisa memasang iklan yang menarik dengan berbagai teknik dan ciri khas perusahaan. Contohnya, Anda dapat memaksimalkan penggunaan sosial media, seperti Instagram Reels, untuk membuat konten video. Video tersebut dapat disertai penyampaian informasi terkait produk Anda.

5. Kolaborasi dengan Tokoh Terkenal

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi melihat tokoh-tokoh terkenal, seperti artis, influencer, atau selebgram, memasarkan produk bisnis tertentu. Cara ini bisa jadi alternatif agar produk bisnis Anda semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Pasalnya, para tokoh terkenal tersebut umumnya sudah memiliki pengikut sosial media lebih dari belasan ribu bahkan hingga ratusan ribu. Ditambah lagi, produk Anda akan dipromosikan oleh tokoh yang berpengaruh dan dipercaya oleh masyarakat. Hal ini akan menjadi nilai tambah bagi bisnis Anda agar bisa diterima di masyarakat. 

Namun, dalam bekerja sama dengan para tokoh terkenal ini, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal. Perhatikan kontrak kerja yang diajukan dan cari tokoh yang sesuai jenis bisnis.

Misalnya, bisnis Anda menjual produk kecantikan. Promosi akan lebih tersampaikan apabila tokoh yang diajak kerja sama memang ahli di bidang kecantikan dan sering menyampaikan informasi seputar kecantikan. 

6. Tawarkan Berbagai Promo atau Diskon Menarik

Cara yang terakhir ini terbilang cukup efektif untuk memasarkan produk agar diterima di masyarakat. Pasalnya, umumnya konsumen senang terhadap produk yang menawarkan berbagai promo atau diskon. Ditambah lagi, jika Anda menambahkan kesan penawaran terbatas atau limited edition

Secara tidak langsung, konsumen akan terpacu dan tergiur dengan harga terjangkau tersebut dan memutuskan untuk membelinya. Dari hal tersebut, konsumen setelahnya akan memutuskan apakah produk tersebut cocok untuk mereka atau tidak. 

Itulah beberapa cara memasarkan produk agar diterima di masyarakat. Sudahkah Anda menerapkan salah satunya? Jika belum, sekarang adalah saat yang tepat untuk mulai gencar memasarkan produk bisnis Anda agar lebih dikenal oleh khalayak umum.

Lusita Amelia

Lusita Amelia

Lusita adalah penulis artikel profesional yang mampu menyajikan informasi yang relevan dan berguna bagi pembaca pada topik bisnis.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *