Lompat ke konten

7 Trik Memasarkan Produk Yang Jarang Diketahui Orang

Kumpulan kertas bertuliskan "Marketing", "Business", "Strategy", "Advertising", dan sebagainya.

Untuk memaksimalkan penjualan, pengusaha perlu menerapkan trik pemasaran yang tepat agar produk atau layanan banyak dikenal pelanggan lebih luas. Dengan lebih dikenal, produk bisnis Anda pun akan banyak yang mencobanya dan direkomendasikan ke orang lain.

Agar usaha tersebut bisa berjalan dengan baik, berikut ada 7 trik memasarkan produk yang jarang diketahui orang. Mari simak informasi lebih lengkapnya di bawah ini!

1. Berpartisipasi dalam Event Besar

Trik pertama yang bisa diterapkan adalah dengan berpartisipasi dalam acara (event) besar tertentu. Acara besar di sini berupa bazaar, festival, dan acara lainnya. Dengan mengikuti acara tersebut, Anda bisa mengenalkan produk atau layanan bisnis ke pelanggan yang belum mengenal produk atau layanan usaha. 

Sekarang ini, Anda dapat mencari informasi terkait pelaksanaan event dengan mudah melalui internet, media sosial, dan platform lainnya. Selain itu, dengan mengikuti event, Anda juga tidak harus mengeluarkan biaya terlalu tinggi untuk membayar lapak tempat jualan. 

Biasanya, pihak penyelenggara acara sudah mematok harga tertentu secara terjangkau agar para pengusaha bisa menjajakan produk atau layanan bisnisnya. 

2. Memanfaatkan Program Afiliasi

Pernahkah Anda mendengar tentang program afiliasi? Jika belum, sederhananya program ini menawarkan kesempatan kepada para reseller untuk memasarkan produk atau layanan milik perusahaan dengan sistem komisi. Dengan kata lain, perusahaan bekerja sama dengan pelanggan atau reseller untuk menggaet sebanyak mungkin calon pelanggan melalui komunitas yang terbentuk tersebut.

Beberapa waktu belakangan ini, platform e-commerce terbesar Shopee menyediakan program afiliasi untuk para penggunanya. Para pengguna bisa mendaftarkan diri dan membagikan link produk yang sudah ditentukan. Pengguna ini pun bisa memasarkan produk dengan berbagai macam cara, seperti pemberian produk gratis, penyampaian informasi menarik, dan masih banyak lagi. 

3. Maksimalkan Pembuatan Konten Kreatif & Interaktif

Pada zaman serba digital sekarang ini, penggunaan sosial media sudah menjadi aktivitas sehari-hari setiap orang. Ditambah lagi dengan banyaknya aplikasi video dan foto yang membuat penyampaian informasi semakin menarik. Hal ini tidak boleh dilewatkan oleh pengusaha sebagai sarana pemasaran produk atau layanan. 

Anda, sebagai pengusaha, bisa membuat konten kreatif dan interaktif menggunakan sosial media seperti Instagram, Twitter, TikTok, dan lain-lain. Anda dapat memanfaatkan fitur kuis, video, polling, dan sebagainya untuk menjalin hubungan personal dengan calon pelanggan. 

Dengan begitu, Anda pun bisa mengetahui kebutuhan pelanggan dan membangun brand awareness kepada para pelanggan. 

4. Pemasaran melalui Chat Personal

Walaupun terkesan konvensional, pemasaran melalui pesan personal juga ternyata masih cukup efektif dalam memasarkan produk. Ditambah lagi, sekarang aplikasi pesan singkat seperti WhatsApp sudah menyediakan fitur-fitur bagi para pebisnis agar bisa berinteraksi dengan pelanggan lebih efektif. 

Pihak perusahaan bisa mengirimkan informasi seputar potongan harga produk atau layanan, bertanya lebih detail tentang kebutuhan warga, meminta feedback, dan masih banyak lagi. Adanya pemasaran melalui pesan personal ini bisa bantu tingkatkan pendapatan dan juga kepercayaan pelayanan bagi para pelanggan. 

5. Potongan Harga dan Promo pada Hari-Hari Tertentu

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan promo pada hari-hari tertentu, seperti Harbolnas, tanggal kembar, tanggal gajian, dan sebagainya. Pebisnis yang memberi potongan harga pada hari-hari tersebut berupaya menarik minat pelanggan agar tertarik membeli produk atau layanan bisnis. 

Selain itu, biasanya platform e-commerce juga ikut turut serta memeriahkan hari-hari tersebut dengan memberikan layanan, seperti gratis biaya pengiriman, voucher diskon, dan sebagainya. Jadi, trik ini bisa sangat bermanfaat baik bagi pengusaha maupun bagi pelanggan. Pengusaha bisa memasarkan produknya lebih luas lagi dan pelanggan pun mendapatkan harga produk secara terjangkau dan berkualitas. 

6. Beradaptasi dengan Tren yang Berlangsung

Penyebaran informasi sekarang ini sangat mudah dijangkau oleh siapa pun. Ditambah lagi dengan adanya tren yang berlangsung dalam periode waktu tertentu yang menggambarkan kondisi yang terjadi. Misalnya, tren TikTok dance challenge, tren live streaming, chatbot, dan masih banyak lagi. 

Anda bisa coba belajar mengikuti tren tersebut agar peluang bisnis dikenal lebih banyak orang semakin terbuka lebar. Misalnya, Anda ingin mengikuti tren live streaming. Nah, Anda dapat coba menjual produk atau layanan bisnis dengan melakukan siaran langsung di sosial media, misalnya TikTok atau aplikasi e-commerce lainnya. 

7. Menggunakan Gimmick Marketing dan Clickbait

Sebagai konsumen, pernahkah Anda tertarik membeli produk atau layanan bisnis tertentu karena terpengaruh konten yang dibuat perusahaan tersebut? Jika iya, berarti Anda sudah berhasil dipengaruhi oleh strategi gimmick marketing dan clickbait oleh perusahaan tersebut. 

Gimmick marketing ini bisa berupa pembuatan poster nyeleneh, video menarik, dan sebagainya. Selain itu, tidak ada salahnya juga Anda menerapkan judul clickbait pada konten bisnis yang dibuat. Namun, pastikan informasi yang disampaikan pada judul dan isi tetap sesuai, ya!

Nah, itulah 7 trik memasarkan produk yang jarang diketahui orang untuk bisa diterapkan pada bisnis Anda. Anda bisa menerapkan trik yang sesuai kebutuhan perusahaan guna meningkatkan pendapatan bisnis.

Lusita Amelia

Lusita Amelia

Lusita adalah penulis artikel profesional yang mampu menyajikan informasi yang relevan dan berguna bagi pembaca pada topik bisnis.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *