Lompat ke konten

Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri

Gambar bertuliskan "Adverstising and Promotion" dengan sub-gambar bertuliskan "Promotion", "Bilboard", "Mobile Ad", dan "Targeting".

Salah satu indikator keberhasilan sebuah bisnis adalah dikenalnya produk atau layanan perusahaan oleh masyarakat luas, tak terkecuali masyarakat luar negeri. Produk yang sudah dikenal dan diterima konsumen luar negeri berarti menunjukkan adanya kualitas terbaik yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan. 

Selain itu, pemasaran ke luar negeri juga sebagai bentuk ekspansi bisnis yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan. Namun, ternyata pemasaran bisnis ke luar negeri bukanlah hal yang mudah. Ada strategi dan cara yang harus diperhatikan agar target pasar dan konsumen tercapai maksimal.

Penasaran bagaimana caranya? Mari simak informasi mengenai cara memasarkan produk ke luar negeri di bawah ini!

1. Optimalkan Penggunaan Aplikasi E-Commerce

Di tengah-tengah zaman yang serba digital sekarang ini, salah satu cara efektif untuk mempromosikan bisnis adalah melalui aplikasi online, seperti e-commerce. E-commerce ini adalah aplikasi tempat terjadinya transaksi jual-beli antara penjual dan pembeli. Umumnya, aplikasi ini memungkinkan penjual dari berbagai daerah dan bahkan negara lain sekalipun untuk mempromosikan barangnya.

Itulah mengapa tidak heran jika sekarang banyak konsumen yang dengan mudah membeli barang dari negara lain, seperti Cina. Hal sama pun dapat Anda lakukan melalui e-commerce internasional, seperti Amazon, Alibaba, eBay, dan masih banyak lagi. 

Apabila Anda memanfaatkan aplikasi internasional tersebut, Anda sudah difasilitasi dengan metode pembayaran beragam serta jasa kirim terjamin. Dengan begitu, konsumen pun tidak akan bingung mengenai pengiriman produk beserta biaya kirimnya karena sudah diatur oleh pengembang aplikasi. 

2. Maksimalkan Promosi di Sosial Media

Cara yang tidak boleh ketinggalan untuk memasarkan produk ke luar negeri adalah dengan memanfaatkan sosial media, seperti TikTok, Instagram, Twitter, dll. Banyaknya pengguna sosial media menjadikan target konsumen perusahaan Anda lebih luas dan beragam. 

Seluruh pengguna dari berbagai penjuru dunia bisa melihat dan membeli produk Anda secara langsung. Ditambah lagi jika Anda membuat kontek sosial media yang menarik dan menunjukkan ciri khas perusahaan. 

Salah satu upaya agar akun dan konten sosial media bisnis Anda dilirik oleh konsumen luar negeri adalah dengan menggunakan tagar (hashtag) dan kata kunci tertentu. Anda bisa menyematkan hashtag sesuai jenis produk bisnis atau kata kunci yang sedang tren saat itu. 

Biasanya, pengguna bisa melihat informasi dari berbagai akun melalui hashtag atau kata kunci tersebut. Jadi, informasi mengenai bisnis dan produk Anda pun akan lebih dikenal oleh konsumen yang lebih luas. Sungguh menguntungkan, bukan? 

3. Pasang Iklan di Platform Digital

Zaman sekarang, mempromosikan produk tidak harus dengan memasang iklan di baliho, stasiun televisi, atau radio. Cara tersebut memang masih eksis dan terbilang efektif. Namun, tidak semua perusahaan bisa melakukannya karena selain membutuhkan biaya yang banyak, proses pembuatannya pun cukup menyita waktu. 

Maka dari itu, salah satu solusi efektif adalah dengan memasang iklan di platform digital, seperti Instagram Ads, TikTok Ads, Google Ads, dan sebagainya. Jika Anda pernah membuka situs atau aplikasi sosial media dan muncul rekomendasi produk tertentu, itulah fungsi dari fitur tersebut. 

Keunggulan dari iklan digital ini adalah proses pendaftaran dan pembuatannya cukup mudah. Umumnya, iklan digital sudah berintegrasi dengan aplikasi lainnya. 

Misalnya, Anda ingin mengiklankan produk melalui Facebook Ads, tetapi juga ingin menampilkannya di aplikasi Instagram. Hal ini bisa terwujud karena Facebook dan Instagram berasal dari satu pengembang yang sama, yaitu Meta. 

Selain itu, harga pemasangan iklan pun cukup terjangkau. Jadi, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam hanya untuk memasang iklan!

4. Promosikan Produk melalui Email Resmi Bisnis

Sebagai pelanggan, pernahkah Anda mendapatkan email promosi dari perusahaan tertentu? Jika pernah, email tersebut adalah salah satu bentuk upaya promosi agar produk bisnis lebih dikenal oleh masyarakat luas. 

Biasanya, Anda akan mendapat email penawaran dari perusahaan apabila pernah mendaftarkan diri pada program keanggotaan (membership), giveaway, atau penawaran lainnya. Perusahaan meminta kesediaan pelanggan untuk dikirimkan informasi mengenai promosi atau produk terbaru melalui email. Jika pelanggan setuju, perusahaan akan mengirimkan email promosi tersebut ke alamat email yang sudah ditulis oleh pelanggan. 

Namun, strategi ini harus Anda perhatikan dengan seksama penggunaannya. Umumnya pelanggan akan menganggap email penawaran perusahaan adalah spam atau hal yang tidak penting. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa mengatur jadwal pengiriman penawaran agar intensitasnya tidak terlalu sering. Manfaatkan momen-momen tertentu, seperti holiday season, tanggal kembar, dan sebagainya. 

5. Buat Website Bisnis Mandiri

Untuk mencapai konsumen luar negeri, Anda tidak bisa hanya memasarkan produk melalui satu platform saja. Diperlukan pengembangan lainnya seperti membuat website bisnis mandiri untuk menampilkan produk, layanan, atau informasi lainnya terkait perusahaan. 

Anda tidak perlu khawatir jika tidak memiliki latar belakang IT. Pasalnya, sekarang sudah banyak tersedia template website yang bisa digunakan secara gratis atau berlangganan. Jadi, Anda hanya harus memikirkan isi konten dalam website dan biarkan pengembang yang mengurus tentang bahasa pemrograman, server, dan sebagainya. 

Apabila memiliki website bisnis mandiri, kemungkinan konsumen luar negeri mengunjungi situs perusahaan terbuka lebar. Ditambah lagi jika Anda memaksimalkan penggunaan kata kunci berbasis SEO (search engine optimization) dan menyediakan informasi produk dalam bahasa internasional, yaitu bahasa Inggris. 

Website bisnis ini juga bisa dimaksimalkan dengan menyediakan opsi pemesanan produk bagi konsumen luar negeri. Dengan begitu, konsumen tidak akan bingung lagi harus bertransaksi dari mana. 

6. Jalin Mitra Bisnis di Negara Lain

Cara terakhir yang bisa diterapkan adalah menjalin mitra bisnis di negara lain. Apabila Anda ingin ekspansi bisnis ke luar negeri, Anda bisa bekerja sama dengan agensi atau bisnis tertentu yang memiliki jaringan distribusi kuat. 

Mitra bisnis ini dapat membantu perusahaan dalam memasarkan dan mendistribusikan produk ke pelanggan potensial di luar negeri. 

Nah, demikianlah beberapa cara memasarkan produk ke luar negeri yang bisa Anda lakukan. Penting untuk diingat bahwa mengenalkan produk bukanlah hal yang mudah sehingga harus dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan. Tentukan dan gunakan strategi yang tepat agar produk Anda bisa lebih dikenal.

Lusita Amelia

Lusita Amelia

Lusita adalah penulis artikel profesional yang mampu menyajikan informasi yang relevan dan berguna bagi pembaca pada topik bisnis.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *