Lompat ke konten

7 Cara Mempromosikan Usaha yang Ampuh dan Unik

Cara mempromosikan usaha

Promosi adalah sebuah strategi yang dilakukan untuk menginformasikan mengenai produk yang dijual kepada target pasar. Dalam dunia bisnis, promosi yang ampuh dan unik penting untuk dilakukan agar dapat menarik calon konsumen akhirnya membeli produk Anda.

Dengan kemajuan zaman yang semakin pesat, cara promosi yang dilakukan semakin beragam dan unik. Apalagi dengan adanya sarana media sosial, promosi menjadi semakin mudah dan dapat menjangkau pangsa pasar yang luas.

7 Cara Mempromosikan Usaha Ampuh dan Unik

Nah, berikut beberapa inspirasi cara mempromosikan usaha yang ampuh serta unik sebagai referensi bagi Anda pebisnis pemula:

1. Mengadakan Give Away

Cara promosi ampuh dan unik yang pertama adalah mengadakan giveaway. Cara promosi ini yang akhir-akhir ini dilakukan oleh para pebisnis pemula dengan memanfaatkan media sosial karena tidak biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. 

Dengan mengadakan giveaway, Anda cukup menyediakan beberapa produk untuk dibagikan secara gratis dengan imbal balik Anda dapat mempromosikan produk dengan jaringan yang luas serta mengetahui apakah target pasar sudah sesuai. 

Misalnya, Anda mempunyai bisnis cuci sepatu. Anda bisa membuat giveaway berupa layanan cuci gratis sepatu untuk 5 orang pemenang yang beruntung dan memenuhi syarat. Syarat yang diberikan bisa beragam, seperti membagikan postingan ke teman-temannya, mention teman di kolom komentar, mengikuti lama media sosial Anda dan masih banyak lagi. Ini termasuk salah satu strategi digital marketing.

2. Memberi Diskon Produk dengan Efektif

Diskon atau potongan harga memang ampuh dalam menarik minat calon pembeli. Namun demikian, bukan berarti ketika memberi diskon Anda harus mengalami kerugian karena memberi diskon yang berlebihan dan tidak efektif.

Diskon yang efektif adalah diskon yang dapat menjangkau target pasar dan mendatangkan banyak pelanggan baru. Namun jika diskon tersebut tidak memberikan efek long term artinya potongan harga belum efektif.

Teknik potongan harga yang ampuh digunakan seperti memberi diskon pada hari tertentu yang benar-benar spesial seperti saat hari valentine, akhir tahun dan sebagainya. Memberi diskon dengan syarat yang sesuai dengan target pasar juga bisa menjadi salah satu pilihan, misalnya Anda menjual produk perlengkapan bayi lalu Anda memberikan potongan khusus untuk ibu muda yang baru memiliki anak pertama.

3. Menggandeng Influencer 

Cara promosi unik dan ampuh selanjutnya adalah dengan menggandeng influencer untuk produk Anda. Saat ini sudah banyak sekali influencer media sosial yang bersedia melakukan kerjasama untuk mempromosikan usaha. Tinggal bagaimana kita memahami para pengikut mereka dan menyesuaikan dengan target pasar.

Biasanya influencer sudah memiliki skenario dan trik untuk menjual barang sesuai dengan kekhasannya masing-masing. Ada yang menggunakan cara lucu, review product jujur hingga video pendek yang membuat calon konsumen penasaran.

4. Menjadi Sponsor Event atau Pertandingan

Menjadi sponsor event atau pertandingan bisa menjadi salah satu cara promosi efektif dan unik untuk melakukan branding secara praktis.Ketika memberikan dukungan berupa bantuan biaya, usaha Anda akan memperoleh citra baik dan keterlibatan merek. Dengan begitu orang akan memberikan pujian dan mulai tertarik dengan barang yang Anda jual.

Cara promosi dengan sponsor ini memang perlu pertimbangan lebih dalam yang sesuai dengan target pasar Anda, sehingga promosi efektif. Misalnya Anda menjual produk berupa penyewaan alat musik, maka Anda bisa menjadi sponsor dari berbagai festival atau konser musik.

5. Memasang Baliho Anti Mainstream

Meskipun promosi di media sosial cukup ampuh, promosi dengan memasang baliho ternyata juga bisa menjadi ide promosi yang unik. Sebab baliho dapat dilihat secara langsung oleh orang-orang yang melewati tempat tersebut dan berpotensi sesuai dengan target pasar yang Anda punya.

Tentunya dalam memasang baliho perlu ide-ide baru yang anti mainstream. Seperti desain baliho yang tidak biasa, dan menggunakan slogan yang menggelitik. Dengan begitu orang-orang akan merasa tertarik membaca bahkan membagikan gambar dari baliho yang Anda buat, sehingga menjangkau lebih banyak calon pembeli.

6. Memberi Apresiasi atas Loyalitas Pelanggan

Cara promosi selanjutnya yaitu dengan memberi apresiasi kepada pelanggan yang memiliki loyalitas pada usaha. Selain membuktikan komitmen untuk memberi pelayanan terbaik, cara promosi ini akan ampuh dilakukan sebab pelanggan yang diistimewakan akan membagikannya ke teman-temannya atau ke media sosialnya. Biasanya mereka melakukan hal ini dengan senang hati dan jujur tanpa keterpaksaan.

Bentuk apresiasi ini sendiri bisa beragam, bisa dalam bentuk memberikan produk secara gratis, memberi potongan harga khusus, memberi voucher belanja atau pemberian jasa gratis. 

Misalnya Anda membuka usaha salon, kemudian untuk mengapresiasi pelanggan, Anda bisa memberikan layanan salon gratis untuk kedatangan ke-10, sehingga hal ini akan membuat pelanggan menjadi loyal dan bisa memberikan informasi ini ke orang lain.

7. Membuat Konten Visual 

Terakhir, cara promosi unik dan ampuh yang perlu dicoba adalah membuat konten-konten media sosial yang memvisualkan produk Anda. Seperti review produk secara jujur atau hanya menunjukkan kualitas dan bagaimana cara pemakaian produk Anda.

Konten visual  unik dan menggambarkan produk dengan baik akan menarik minat konsumen untuk membeli. Misalnya Anda menjual produk berupa baju, Anda bisa membuat konten visual berupa baju ketika dipakai oleh model, review kualitas dan bahan baju atau cara perawatan baju.

Cara Memperkenalkan Produk Baru

Ketika sedang mulai membuka usaha, bagaimana Anda memperkenalkan produk kepada calon pembeli menjadi penting. Sebab ini akan mempengaruhi branding dan penjualan pada sebuah usaha. 

Nah, berikut cara memperkenalkan produk baru yang bisa dilakukan:

1. Kenali pasar dan target pasar

Hal pertama yang harus dilakukan untuk dapat memperkenalkan produk dengan baik adalah mengetahui mengenai pasar dan targetnya. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai pasar dan target pasar, agar dapat mengetahui celah berupa keunggulan dan kelemahan produk Anda dan kompetitor.

2. Menciptakan kesan yang baik

Selanjutnya adalah menciptakan kesan  baik atas produk Anda ke calon pembeli. Seperti mendesain kemasan yang menarik atau memberi pelayanan  ramah, sehingga menciptakan kesan dan dapat diingat oleh calon pembeli.

3. Memberikan produk secara gratis (free trial)

Untuk pengusaha pemula, dalam memperkenalkan produk, Anda mungkin perlu membagikan barang secara gratis. Selain agar produk Anda dikenal, cara ini juga ampuh untuk menarik konsumen dengan kualitas produk yang Anda punya. Dengan menunjukkan kualitas terbaik, konsumen pasti akan kembali untuk membeli produk Anda.

4. Mencari lokasi store strategis

Pemilihan lokasi toko menjadi salah satu pertimbangan dalam memperkenalkan produk. Pastikan lokasi Anda mendukung  dalam mempromosikan produk, apalagi produk-produk yang baru dan belum memiliki pelanggan.

Nah, berikut di atas merupakan cara mempromosikan produk unik dan ampuh serta cara mempromosikan produk baru. Bagaimanapun konsistensi Anda dalam mempromosikan produk menjadi hal utama penentu keberhasilan teknik marketing. Selamat mencoba!

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota Ayun adalah mahasiswa ekonomi tingkat akhir di UPN Veteran Yogyakarta yang tertarik menulis dengan tema ekonomi dan finansial.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *