Lompat ke konten

Cara Memulai Usaha GoFood Rumahan (2022)

Usaha GoFood Rumahan

Memulai usaha kuliner rumahan melalui GoFood dapat membantu mendatangkan banyak pelanggan sekaligus mengembangkan bisnis sendiri. Mendaftarkannya di GoFood membuat bisnis kuliner Anda jadi lebih dikenal, sehingga membantu pula untuk meningkatkan penghasilan.

GoFood adalah fitur aplikasi untuk melakukan pesan antar makanan yang dinaungi oleh GoJek. Adanya fitur tersebut membantu para pelaku bisnis kuliner rumahan semakin dikenal luas oleh masyarakat.

Akhir-akhir ini khususnya selama masa pandemi, banyak orang lebih suka memesan makanan secara online karena tidak perlu mengantri lama di tempat sekaligus mengurangi kontak fisik dengan orang lain, serta banyak potongan harga setiap kali memesan lewat aplikasi. Maka dari itu, mengembangkan usaha kuliner rumahan dan bekerjasama dengan GoFood tidak ada salahnya dilakukan, sebab dapat membantu menjangkau konsumen secara lebih luas.

Keuntungan memulai usaha GoFood rumahan tak membutuhkan biaya sewa tempat. Sehingga, lebih menghemat biaya sewa tempat karena dilakukan di rumah sendiri.

Pendaftaran menjadi partner GoFood melalui GoBiz tidak dikenakan biaya tambahan. Simak cara memulai usaha GoFood rumahan berikut ini.

Cara Memulai Usaha Go Food Rumahan

Memulai usaha GoFood rumahan bisa dilakukan melalui aplikasi GoBiz. Pendaftarannya mudah dan tidak dipungut tambahan biaya apapun, hanya tinggal mendaftar, menunggu proses verifikasi, lalu aktivasi bisnis kuliner. GoBiz mengharuskan pelaku usaha memberikan komisi sebesar 20% ditambah Rp1.000, kedengarannya cukup besar dan kurang menguntungkan, meski begitu dapat mendatangkan banyak pelanggan nantinya.

Apabila tertarik mendaftar menjadi partner GoFood melalui aplikasi GoBiz, keuntungannya yaitu bisa mengatur seberapa besar promo dan potongan harga, serta jam buka tempat makan sesuai dengan kehendak sendiri. Simak cara memulainya di sini.

1. Pendaftaran

Tahap pertama adalah pendaftaran, di mana pada tahapan ini para pelaku usaha diminta untuk menginstall aplikasi GoBiz terlebih dahulu sebelum mendaftarkan diri menjadi mitra GoFood.

  • Selanjutnya, siapkan beberapa dokumen seperti KTP, NPWP, nomor rekening pemilik usaha kuliner (untuk pencairan dana usaha), e-mail aktif, nomor handphone aktif, surat pernyataan otorisasi (apabila nomor rekening tidak sama dengan nama pemilik asli), serta kartu keluarga apabila KTP dan NPWP rusak atau tak terbaca.
  • Setelah kelengkapan dokumen sudah terpenuhi, tahap berikutnya yaitu melanjutkan mendaftarkan usaha kuliner rumahan sebagai partner GoFood melalui aplikasi GoBiz.
  • Klik menu Daftar GoBiz lalu pilih jenis pendaftaran berupa Usaha Milik Pribadi. Lengkapi data dengan dokumen-dokumen yang sudah disiapkan.

Sebaiknya KTP tidak pernah dipakai untuk mendaftar sebagai mitra GoFood sebelumnya. Selain itu, pastikan fotonya jelas, tidak buram, dan tidak rusak.

Mengenai rekening bank untuk pencairan dana hasil usaha, apabila terdapat perbedaan nama dengan KTP, Anda dapat mencantumkan nama dan nomor rekening pemilik buku tabungan atau rekening koran dari bank tersebut.

  • Isi rincian tentang usaha kuliner Anda, antara lain nama usaha dan NPWP (opsional). Cantumkan lokasinya secara detail dan tepat tanpa menggunakan emoji atau simbol tertentu. Nama bisnis tidak boleh menggunakan huruf kapital seluruhnya, kecuali memang nama brandnya demikian.
  • Klik simpan. Selanjutnya isi Informasi Outlet Usaha yang memuat tentang detail lokasi dan patokannya. Pada pengisian data ini Anda diminta untuk memotret lokasi usaha dari luar.

Pastikan sebelum mengunggah foto lokasi outlet dan pencantuman lokasi membaca panduannya terlebih dahulu agar menghindari terjadinya masalah saat pengisian data. Usahakan pula fotonya tidak buram, pencahayaannya tepat dan jelas.

  • Proses pendaftaran yang terakhir yaitu mengisi pilihan layanan di aplikasi GoBiz. Pilihan layanannya, antara lain GoFood, GoPay, dan POS. Beri centang pada pilihan sesuai dengan kebutuhan.

2. Verifikasi

Setelah melalui tahap pendaftaran, selanjutnya Anda melewati proses verifikasi. Proses verifikasi oleh pihak GoBiz ini waktunya kurang lebih dua hari kerja.

  • Jika data yang telah diupload sudah disetujui dari pihak GoBiz selama dua hari kerja, setelah itu melanjutkan prosesnya ke tahap aktivasi layanan atau produk.
  • Apabila terdapat kesalahan saat pengunggahan data atau ada dokumen tak terbaca, ada notifikasi dari pihak GoBiz melalui e-mail mengenai data mana yang harus diperbaiki. GoBiz memberikan waktu untuk memperbaiki sebanyak maksimal tiga kali selama 14 hari kerja. Namun jika data ditolak, nantinya pasti diberitahu mengenai alasan lengkap penolakannya. 

3. Aktivasi

Jika semua data sudah lengkap dan diterima dari pihak GoBiz untuk menjadi partner GoFood, Anda dapat melanjutkan proses aktivasi.

  • Meskipun sudah masuk ke proses aktivasi untuk usaha makanan rumahan, namun pada layanan GoPay membutuhkan waktu hingga tujuh hari kerja proses verifikasinya, sedangkan layanan POS sudah aktif secara langsung.
  • Selanjutnya jika sudah selesai melewati tahap verifikasi, Anda bisa langsung mengatur profil usaha kuliner, daftar menu, serta jam operasional restoran.

Itulah proses mendaftarkan usaha kuliner rumahan menjadi mitra GoFood. Cukup mudah, bukan? Pada poin selanjutnya, Anda boleh membaca mengenai jenis menu rumahan seperti apa yang cocok dan laku keras jika dijual melalui aplikasi GoFood.

Makanan Rumahan Yang Cocok Dijual di Go Food

Makanan rumahan sebenarnya bisa saja dijual di GoFood, apalagi tidak dipungut biaya pendaftaran sepeserpun. Ini adalah beberapa contoh menu yang cocok dijual melalui GoFood.

1. Rice bowl

Ricebowl atau nasi dalam kemasan paper cup bowl. Menu makanan satu ini sangat populer dan mudah ditemukan di aplikasi GoFood.

Banyak orang suka memesan rice bowl karena praktis namun mengenyangkan dan sangat cocok disantap saat jam makan siang atau malam. Pilihan lauknya pun beragam, mulai dari ayam, ikan, sayur, daging, telur, dan lain sebagainya tergantung restoran masing-masing.

Anda bisa mencoba menjual rice bowl dengan berbagai isian, maupun menyediakan paket bundling bersama satu gelas minuman. Beri packaging menarik dan aman agar tidak mudah tumpah ketika dibawa oleh driver saat hendak menuju lokasi konsumen.

2. Mie ayam cup

Selanjutnya, ada mie ayam cup juga termasuk makanan paling populer dijual di GoFood. Selain praktis penyajiannya, makanan ini biasanya memiliki berbagai varian topping menarik untuk dikonsumsi.

Mie ayam termasuk mudah proses pembuatannya, jadi tak ada salahnya jika dicoba dijual di GoFood. Sebaiknya saat menjualnya dalam kemasan cup dan kuahnya dipisah saja supaya mie tidak gampang mengembang dan menghindari risiko tumpah.

3. Salad buah dan sayur

Hingga kini, salad buah ataupun menu sehat salad sayur masih banyak digemari. Rasanya yang segar dan menyehatkan, sehingga cocok sekali dijadikan sebagai sarapan ataupun hidangan penutup.

Salad buah dan sayur bisa dijalankan sebagai usaha GoFood rumahan. Anda bisa mengemasnya dalam cup plastik lalu diberi tambahan alat makan seperti sendok ataupun garpu. Lalu sediakan pilihan dressing salad dipisah atau digabung.

4. Aneka snack

Apabila melihat GoFood, banyak sekali makanan ringan atau snack dijual. Snack yang biasa dijual di GoFood, misalnya gorengan, tahu walik, seblak, donat, baso aci, roti manis, keripik, dan lain sebagainya.

Menjual snack secara online dengan GoFood partner mampu mendatangkan lebih banyak pelanggan. Apalagi mereka kebanyakan langsung membeli banyak, terutama jika diberikan banyak diskon menarik.

5. Dessert box

Makanan penutup dessert box hingga kini masih banyak sekali peminatnya. Ditambah lagi saat ini banyak bisnis dessert box menjamur di mana-mana.

Anda bisa memulai usaha dessert box hanya menggunakan modal kecil. Apabila bergabung sebagai partner GoFood, pasti terlalu lama jika harus membuatnya dari awal saat muncul pesanan. Sebagai upaya mengakalinya, Anda bisa membuat beberapa stok berbagai ukuran untuk beberapa hari dan jangan lupa update stok ketika menu sedang kosong.

Begitulah cara memulai usaha GoFood rumahan. Segera bergabung menjadi partner GoFood melalui GoBiz agar semakin melebarkan sayap bisnis kuliner Anda.

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.