Lompat ke konten

12 Contoh Label Makanan yang Menarik, Beserta Penjelasannya

contoh label makanan

Label makanan yang menarik menjadi salah satu faktor pertimbangan konsumen untuk membeli produk Anda. Sebab hal ini adalah sesuatu yang akan dinilai oleh calon konsumen pertama kali saat melirik pada produk. Karena sebelum membayarnya, konsumen tentunya tidak akan diperbolehkan untuk mencicipi rasa makanan.

Oleh karena itu, sebisa mungkin buatlah label makanan yang bisa mempengaruhi calon konsumen untuk membeli produk Anda. Pikirkan dengan matang label yang tepat, pastikan juga label yang dibuat telah memuat informasi yang lengkap terkait dengan produk yang hendak dipasarkan.

Banyak sekali jenis makanan yang tentunya membutuhkan berbagai jenis label. Seperti apa contoh label makanan yang menarik? Yuk simak 12 contohnya di bawah ini!

1. Jajanan ringan

Contoh yang pertama adalah label atau etiket jajanan ringan, untuk yang satu ini biasanya label yang digunakan simpel. Hanya memuat informasi jenis produk, rasa, tanggal kadaluarsa dan tempat produksi beserta nomor yang bisa dihubungi. Berikut contoh label makanan berupa jajanan ringan.

Intan snack

Supaya lebih mudah karena biasanya jajanan ringan memiliki banyak rasa maka dibuatlah kolom yang mudah diisi untuk mengidentifikasi rasa dari makanan yang ada pada bungkus tersebut.

2. Baso aci 

Selanjutnya adalah etiket untuk jenis makanan baso aci yang dikemas dalam kemasan siap pakai. Nah, untuk menarik konsumen potensial maka packaging produk biasanya transparan sehingga terlihat isinya. Kemudian ditempeli label seperti di bawah ini.

Baco Asi Nagih

Jika diperhatikan, maka komponen label yang ada pada produk berikut ini adalah nama, jenis produk, cara penyajian dan kata-kata promosi. Pemilihan warna juga tidak bisa sembarangan, Anda bisa memilih warna yang enak dilihat mata. Tidak terlalu mencolok dan juga tidak pucat. Sehingga lebih mudah dalam menerapkan strategi pemasaran.

3. Tahu bakso

Contoh label makanan selanjutnya adalah tahu bakso. Dengan nama tahu bakso barokah, label yang satu ini menampilkan visual yang cukup baik. Dengan adanya sampel tahu dan juga sambal hal ini dapat menggugah selera calon konsumen yang membayangkan menyantap produk satu ini.

Tahu bakso barokah

Supaya lebih menarik, Anda bisa menambahkan informasi lain seperti komposisi, saran penyajian, manfaat yang diperoleh dari produk tersebut dan informasi jumlah produk apabila kemasan tidak transparan. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan konsumen pada produk Anda sehingga kemudian membeli.

4. Cilok

Cilok menjadi salah satu jajanan yang digemari oleh masyarakat. Oleh karena itu saat ini makanan yang satu ini dimodifikasi supaya bisa dimasak di rumah, sehingga penyajiannya biasanya setengah matang. Konsumen tinggal mengukusnya di rumah. Nah, berarti cilok membutuhkan etiket pada kemasannya. Berikut contoh label makanan untuk cilok.

Cilok Pandawa

Pemilihan warna yang cukup baik yaitu kuning sangat menarik perhatian calon konsumen. Pada label ini dicantumkan mengenai nama produk, kata-kata promosi, komposisi, cara memasak dan informasi pelengkap lainnya. Mungkin bisa jadi inspirasi Anda untuk menciptakan label milik perusahaan Anda sendiri.

5. Keripik pisang

Selanjutnya, terdapat contoh label makanan ringan yaitu keripik pisang.Yang menarik dari label di bawah ini karena memuat informasi lengkap mengenai produk. Mulai dari nama produk, jenisnya, komposisi, berat hingga nomor kontak produsen.

Mengapa dalam label diperlukan nomor yang bisa dihubungi? Sebab hal ini akan bermanfaat apabila pelanggan hendak melakukan pembelian ulang. Misalnya, ketika mencoba produk Anda, konsumen merasa senang, cocok dan puas akan makanan yang disajikan. Biasanya nanti ia akan melakukan pemesanan ulang, sehingga untuk memudahkan bisa dicantumkan nomor kontak yang bisa dihubungi segera. Berikut contoh label keripik pisang yang bisa dijadikan referensi jika Anda hendak menjual produk yang sama. 

Keripik pisang

6. Sambal

Selanjutnya adalah label makanan untuk sambal. Biasanya sambal dikemas dengan kaleng kaca kecil. Sehingga tekstur dan warna sambal terlihat dan bisa menggugah selera konsumen untuk membelinya. 

Anda juga bisa mencantumkan komposisi sambel, perlihatkan kepada konsumen bahwa bahan-bahan yang Anda gunakan untuk produk ini merupakan bahan berkualitas sehingga bisa meyakinkan konsumen untuk membeli sambal Anda. Nah, untuk contoh label makanan berupa sambal, Anda bisa lihat di bawah ini.

Sambal Andaliman Mamak

7.  Abon 

Tak hanya sampai disitu saja, banyak sekali jenis makanan yang membutuhkan label. Salah satunya adalah abon. Abon banyak digemari karena sangat praktis digunakan sebagai lauk.

Supaya lebih meningkat penjualannya, Anda bisa menciptakan label makanan yang menarik pembeli. Anda bisa mencantumkan informasi umum, kemudian kata-kata promosi yang menarik dan juga komposisi bahan pembuatan supaya konsumen percaya. Bisa juga ditambahkan logo halal supaya meyakinkan pembeli yang beragama muslim untuk membeli produk abon.

Abon spesial Mamike

8. Makanan nusantara

Dengan semakin berkembangnya zaman, makanan nusantara yang biasanya hanya bisa dinikmati dalam waktu tertentu kemudian bisa lebih panjang dengan proses yang melibatkan teknologi yang canggih.

Setelah disterilkan, makanan nusantara kemudian dikemas dan juga dipasangi dengan label. Nah, supaya lebih menarik usahakan bagian tertentu dalam kemasan bisa terlihat produknya sehingga konsumen mengetahui secara fisik isi produk. Contoh food label untuk masakan nusantara adalah sebagai berikut.

Ayam Singgang

9. Madu

Madu biasanya juga dikemas dalam kaleng kecil dari kaca saat dipasarkan. Anda bisa memilih warna-warna menarik perhatian untuk membuat etiket untuk madu sehingga menarik. 

Tambahkan keterangan sehingga meyakinkan bahwa produk madu tersebut murni dan alami. Karena kebanyakan orang mencari madu murni banyak khasiatnya. Supaya lebih meyakinkan tambahkan khasiat madu yang dirasakan dari konsumsi secara rutin. Berikut contoh untuk makanan berupa madu.

Madu murni

10. Ayam goreng

Mayoritas masyarakat Indonesia sangat menyukai ayam goreng. Untuk acara resmi, biasanya ayam goreng disajikan dengan box dimana pada box tersebut diberi label sebagai identitas produk.

Label atau etiket tersebut bisa Anda buat dengan semenarik mungkin. Anda bisa mencantumkan nama produk, komposisi, tanggal expired, saran penyajian, bagaimana menyimpannya dan juga label halal. 

Ayam goreng

11. Brownies

Kali ini contoh etiket makanan yang bisa dijadikan sebagai inspirasi adalah label dari brownies. Brownies ini merupakan salah satu makanan manis disukai oleh anak-anak begitupun orang dewasa.

Untuk brownies, Anda bisa memilih desain etiket manis dan lucu. Tetapi pastikan informasi yang harus ada sudah tercantum dengan benar. Gunakan packaging mendukung label Anda. Berikut contoh label brownies.

X qcvT8YmB9S5atpC8syNxpL4sFtLd6G UVxm6VLs044YAX1U3SezcOxevR PyKIabwdNjq7ajreICoZXwQ6UI4gLObT9884z2rvTwpMs7 ExOVf1WVwdG2UwMXeaY2jo2sR61Ik4t hFFnPKdCDb0

12. Cireng 

Terakhir, adalah label untuk cireng. Anda bisa memperhatikan secara seksama mengenai pemilihan warna untuk label. Masuk dengan produk yang hendak dijual. Misalnya makanan pedas, biasanya identik dengan warna merah, gurih identik dengan warna kuning dan masih banyak lagi permainan warna yang bisa Anda pelajari.

Untuk produk seperti cireng, berikut contoh yang mungkin bisa menginspirasi Anda. Untuk desainnya bisa disesuaikan dengan selera dan target pasar Anda. Sehingga sesuai dan tepat sasaran.

3dXjDwoidoIgafLIkGOT0KVETfVg52sJ1j2GjKB jutZ3F3SkEg Zu8uVCfen2cjfqBdleQdfmJ9zZ8A53M2hv88X2jdU0aH4yQPcKCcKSxnXHNlQy5Srxv6YzfYxdikXgF

Nah, berikut di atas merupakan 12 contoh label makanan yang bisa menjadi inspirasi Anda menciptakan label makanan Anda sendiri. Nah, kini saatnya giliran Anda membuat milik Anda sendiri sehingga bisa merepresentasikan produk Anda. Selamat mencoba!

nv-author-image

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota Ayun adalah mahasiswa ekonomi tingkat akhir di UPN Veteran Yogyakarta yang tertarik menulis dengan tema ekonomi dan finansial.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.