Lompat ke konten

Contoh Ide Usaha Makanan Ringan Serba 1000 yang Menguntungkan

Usaha Makanan Ringan Serba 1000

Ide usaha makanan serba 1000 sangat banyak berseliweran di internet karena banyak pula orang mencarinya dengan tujuan mendapatkan keuntungan meskipun dijual dengan harga super terjangkau. Contoh makanan ringan serba 1000, misalnya gorengan, aneka kerupuk dan keripik, olahan aci, dan lain sebagainya. Anda pun bisa coba menjualnya di lingkungan sekitar rumah, pusat keramaian, maupun di area sekolah di mana lokasi-lokasi tersebut supaya dapat membantu meningkatkan penjualan.

Tertarik memulai usaha makanan serba 1000? Cobalah ide jualan makanan ringan 1000-an dan serba 500 yang menguntungkan ini.

1. Keripik Tahu

Contoh usaha makanan ringan serba 500 yang pertama adalah keripik tahu. Sesuai namanya, keripik ini terbuat dari olahan kedelai, yaitu tahu yang diberi bumbu, tepung, lalu digoreng sampai kering dan renyah. 

Apabila tertarik memulai usaha ini, Anda bisa mencobanya dengan memotong tipis satu buah tahu persegi menjadi beberapa bagian. Tak ada salahnya juga bereksperimen dengan meniru beberapa resep di internet lalu memodifikasinya supaya memiliki ciri khas tersendiri. Kemudian Anda bisa menjual keripik tersebut dengan harga 500-1000 rupiah saja per bungkusnya.

2. Mie Lidi Bumbu

Siapa yang tidak tahu mie lidi? Sejak dahulu, makanan ringan berbahan dasar mie dengan aneka bumbu pedas, gurih, manis satu ini sangat populer karena harganya murah. Apalagi jajanan unik ini banyak dijajakan di sekolah ataupun warung kelontong karena banyak anak menyukainya.

Mie lidi bumbu merupakan ide usaha makanan ringan serba 1000 yang menguntungkan dan patut dicoba. Cara pembuatannya pun terbilang mudah, bahkan modalnya sangat ringan. Anda bisa coba menitipkannya di toko kelontong, warung makan, atau di kantin sekolah untuk dijual.

3. Makaroni Pedas

Selain mie lidi, ide jualan makanan ringan 1000an lainnya adalah makaroni pedas. Meskipun hanya makaroni goreng sederhana berbumbu pedas saja, faktanya banyak orang menyukainya karena murah dan enak. Bahkan bisa juga dijadikan sebagai topping aneka hidangan seperti seblak, mie instan, baso aci, nasi putih hangat, dan lain sebagainya.

Jika hendak memulai usaha ini, Anda bisa coba membeli bahannya di supplier khusus supaya harganya lebih murah. Kemudian cara menjualnya adalah dengan menitipkannya di warung makan, kantin, rumah makan, ataupun warung sembako.

4. Kerupuk Seblak

Bisnis kerupuk seribuan yang patut dicoba dijual, yakni kerupuk seblak dengan ciri khas bumbunya berempah dan cita rasa pedasnya khas. Banyak orang menyukainya karena rasa pedas gurihnya memanjakan lidah, bahkan dijadikan sebagai topping untuk macam-macam makanan berat.

Usaha makanan serba 1000 ini berupa kerupuk seblak ini bisa coba Anda jual ke warung makan, restoran, ataupun menitipkannya di sekolah. Jika hendak mengemasnya dalam ukuran besar lalu dipasarkan secara online di marketplace pun tak ada salahnya.

5. Tahu Walik

Tahu walik mungkin tidak termasuk kategori jajanan paling populer seperti mie lidi dan makaroni pedas. Namun di beberapa daerah, olahan tahu isi aci goreng ini cukup populer karena harganya murah meriah, yakni biasa dijual dengan harga 1000 rupiah saja per bijinya. Biasanya disajikan dengan cocolan sambal bangkok atau sambal kecap.

Memulai ide jualan makanan ringan 1000an berupa tahu walik ini patut dipertimbangkan karena menguntungkan meskipun harganya sangat terjangkau. Menjajakannya dengan gerobak atau secara rumahan pun bisa dilakukan.

6. Telur Gulung

Telur gulung termasuk contoh usaha makanan ringan serba seribu, yang sejak dahulu sudah populer karena banyak peminatnya. Olahan telur goreng digulung ini biasa disajikan dengan saus dan kecap. Namun saat ini, cukup sering juga disajikan bersama mayones, saus barbeque, dan sebagainya.

Memulai usaha makanan serba 1000 seperti ini sebenarnya tidak susah, hanya saja butuh teknik khusus supaya bisa membuat telur gulung dengan bentuk sempurna. Menjajakannya bisa dalam bentuk gerobak keliling, dijadikan sebagai bisnis di kontrakan atau rumah, lalu menjualnya seharga seribu rupiah per tusuk.

7. Martabak Mini

Membeli martabak ukuran reguler mungkin termasuk mahal bagi sebagian orang, sehingga tak ada salahnya mencoba membuat ide jualan makanan ringan 1000an ini, yaitu martabak mini. Ukurannya memang lebih kecil (kira-kira sebesar kue lumpur) dengan topping seadanya, biasanya potongan pisang, meses coklat, keju, selai buah, dan gula.

Membuat martabak mini pun tergolong mudah dan bisa dilakukan menggunakan bahan-bahan sederhana, seperti tepung terigu, telur, gula, dan pengembang. Martabak mini dengan topping biasa dijual dengan harga Rp1.000 sampai Rp2.000 saja.

8. Aneka Gorengan

Gorengan merupakan cemilan paling populer masyarakat Indonesia, sehingga tak heran jika mudah sekali menemukannya di mana-mana. Gorengan sangat enak jika dinikmati selagi hangat saat waktu santai, apalagi jika sambil ngobrol bersama. 

Orang-orang pun membeli gorengan tidak hanya satu atau dua biji saja, tetapi dalam jumlah banyak. Maka dari itu, gorengan termasuk contoh usaha makanan ringan serba 500 dan 1000an yang cukup menguntungkan.

Macam gorengan yang bisa coba dijual, antara lain tahu petis, tempe mendoan, cireng, singkong goreng, bakwan, dan lainnya. Anda bisa menjualnya seharga 500-1000 rupiah per biji tergantung jenisnya.

9. Dimsum Mini Seribuan

Contoh usaha makanan ringan serba 1000 lainnya adalah dimsum mini, yang biasanya dijual 1000-1500 per bijinya. Akhir-akhir ini, olahan makanan khas Kanton tersebut sedang populer di Indonesia, namun biasa dijual 2000an rupiah sampai 3000an per bijinya. Apabila hendak memberikan harga lebih murah kepada konsumen, Anda bisa coba menjual dalam ukuran mini (lebih kecil) agar bisa dinikmati oleh berbagai kalangan.

10. Cilung (Aci Digulung)

Jajanan cilung (aci digulung) bentuknya mirip dengan telur gulung, hanya saja isinya berupa aci yang dibalut dengan telur. Rasa gurih dan kenyalnya banyak disukai oleh berbagai kalangan, jadi tak heran jika cemilan sederhana ini tak pernah sepi peminatnya.

Cilung saat ini banyak dijual seharga 1000an per tusuknya, atau bahkan bisa lebih murah. Apabila tertarik memulainya, Anda bisa coba menjualnya sebagai sampingan di rumah sambil mengurus keluarga, ataupun memakai gerobak keliling di sekitar area sekolahan.

11. Kacang Bawang

Usaha makanan ringan serba 500 berikutnya adalah kacang bawang. Meskipun sederhana, cemilan murah ini sangat cocok dijadikan sebagai tambahan topping ataupun hanya dimakan biasa sebagai kudapan karena rasanya gurih dengan aroma khas bawang yang enak.

12. Kue Pukis

Selanjutnya, kue pukis juga termasuk usaha makanan ringan serba 500 yang rasanya manis serta bertekstur lembut. Jajanan kaki lima ini sangat nikmat jika dimakan saat sedang hangat-hangatnya.

Jajanan kaki lima kue pukis biasa dijual dengan harga 300-500 rupiah per bijinya. Bahkan ada yang dijual per porsi seharga 10.000 rupiah isi 12-15 biji kue pukis. Tertarik menjualnya?

13. Kerupuk Peyek

Ide bisnis kerupuk seribuan yang patut dicoba yaitu kerupuk peyek, biasanya dijadikan sebagai pendamping saat makan makanan berat tertentu seperti nasi pecel, dan olahan nasi lainnya ataupun sebagai cemilan biasa sehari-hari. Jenis topping peyek yang biasa dijual misalnya kacang, ikan teri, daun jeruk, undur-undur, dan udang. 

Bisnis kerupuk seribuan ini termasuk awet, jadi apabila ada stok belum terjual masih bisa disimpan. Bingung bagaimana memasarkannya? Anda bisa meletakkannya di berbagai warung makan.

14. Kerupuk Tengiri

Jualan kerupuk tengiri juga merupakan bisnis kerupuk seribuan yang menguntungkan. Sangat enak dimakan bersama hidangan makanan berat seperti nasi, maupun dimakan sebagai cemilan biasa sehari-hari.

Kerupuk ikan tengiri ini banyak disukai orang karena punya rasa yang khas, yaitu ikan tengiri namun tidak amis. Menjualnya dengan harga 1000an lalu dititipkan di warung makan atau toko kelontong adalah ide menarik.

15. Pisang Coklat

Pisang coklat adalah jajanan kaki lima yang cukup populer di masyarakat, biasanya juga disebut piscok. Cemilan pisang dengan rasa manis coklat ini juga dibanderol dengan harga hanya 500-1000 per rollnya. Meskipun hanya seribuan, namun hasilnya cukup menguntungkan.

Jika Anda hendak memulai bisnis ini, cobalah menjajakannya ke kantin sekolah atau menjualnya di depan rumah. Apabila memungkinkan, membuatnya dalam bentuk paket frozen adalah ide yang menarik.

Itulah beberapa contoh usaha makanan ringan serba 1000 yang menguntungkan dan bisa dicoba sebagai bisnis rumahan sampingan.

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.