Lompat ke konten

8 Contoh Visi Misi Usaha Kecil

contoh visi misi usaha kecil

Ketika hendak membuka bisnis, Anda harus menyiapkan business plan yang di dalamnya berisi visi dan misi usaha. Meskipun Anda hanya membuka usaha kecil, tetapi visi dan misi ini tetap diperlukan.

Visi dan misi yang jelas memudahkan bisnis ketika hendak berkembang. Biasanya, visi misi ini bisa menjadi penyemangat bagi karyawan untuk mencapai tujuan yang tertera di dalamnya. Sehingga secara tidak langsung juga dapat meningkatkan etos kerja. 

Berikut 8 contoh untuk visi beserta misi usaha yang bisa jadi inspirasi Anda membuatnya untuk usaha Anda sendiri!

1. Contoh Visi Misi Usaha Bakso 

Salah satu usaha kecil yang banyak diminati oleh pengusaha saat hendak membuka bisnisnya adalah bakso. Sebab bakso menjadi salah satu makanan yang disukai oleh masyarakat Indonesia, bahkan semua kalangan dari mulai anak kecil, remaja hingga orang dewasa adalah pecinta bakso. 

Visi Bisnis Bakso

Menjadikan “Bakso Kangen” sebagai usaha bakso yang maju dan berkembang  serta menghasilkan bakso dengan bahan-bahan berkualitas dan cita rasa yang lezat dan bergizi.

Misi Bisnis Bakso 

  • Selalu memberikan bakso dengan bahan-bahan berkualitas kepada konsumen 
  • Menjaga rasa bakso yang lezat setiap harinya
  • Memberikan pelayanan sepenuh hati kepada pelanggan, seluruh pelayan kami selalu ramah dan siap membantu

2. Contoh Visi Misi Usaha Catering Rumahan 

Selain bakso, biasanya orang-orang yang memiliki keahlian memasak memilih untuk membuka catering rumahan. Catering rumahan jadi bisnis yang cukup menjanjikan prospeknya meski hanya dilakukan di rumah dengan mengandalkan fasilitas dan perlengkapan rumah tangga.

Visi Bisnis Catering Rumahan 

Membawa “Catering Rahma” menjadi salah satu catering rumahan professional yang selalu memberikan masakan rumahan yang khas dengan bahan berkualitas dan tentunya terjamin kebersihan dan kesehatannya.

Misi Bisnis Catering Rumahan 

  • Menyajikan makanan khas masakan harian ibu untuk merasakan kehangatan keluarga 
  • Selalu menyajikan makanan dengan bahan-bahan berkualitas
  • Menjaga kebersihan dan kesehatan setiap suap makanan yang masuk ke dalam mulut Anda

3. Contoh Visi Misi Usaha Pakaian 

Pakaian menjadi salah satu barang yang selalu laku. Karena seseorang tidak mungkin hanya memiliki satu baju saja. Bahkan banyak orang membeli pakaian banyak-banyak meski hanya dipakai beberapa kali. Nah, dari kebiasaan ini bisa dijadikan peluang bisnis. 

Visi Usaha Pakaian 

Menjadi perusahaan pakaian dengan model yang selalu trendy, dengan material terbaik lembut dan nyaman dipakai. Juga perusahaan dengan pangsa pasar internasional dan diminati tak hanya oleh masyarakat Indonesia, namun masyarakat global. 

Misi Usaha Pakaian

  • Selalu menghasilkan pakaian dengan model terkini sehingga Anda bisa mengikuti fashion terbaru
  • Membuat pakaian yang lembut dan nyaman dipakai sehari hari
  • Memperluas pemasaran hingga dapat mencapai pasar internasional

4. Contoh Visi Misi Usaha Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan bisa berbentuk banyak, dan bisa divariasikan sesuai dengan keinginan. Bahan yang dibutuhkan pun biasanya tidak banyak, dengan bahan sederhana sudah bisa dihasilkan kerajinan tangan asal yang membuat memiliki kreativitas tinggi dan mau untuk selalu berinovasi dan mencari inspirasi. Bisnis satu ini cocok untuk ide usaha ibu rumah tangga.

Kerajinan tangan khas daerah biasanya menjadi salah satu usaha yang diminati oleh warga daerah. Supaya usaha yang dibangun tidak hanya dijual di daerah dan sekitarnya, Anda perlu mengembangkan bisnis tersebut. Salah satunya dengan membuat visi dan misi bisnis.

Visi Usaha Kerajinan Tangan 

Menjadi perusahaan penghasil kerajinan tangan terbesar yang inovatif dan selalu memberikan ide terbaik untuk menciptakan kerajinan tangan yang berbeda dari yang lain.

Misi Usaha Kerajinan Tangan 

  • Selalu melakukan inovasi pada kerajinan tangan yang dibuat
  • Menjaga orisinalitas karya, berkomitmen tidak meniru karya orang lain
  • Menggunakan bahan yang bagus, awet dan berkualitas

5. Contoh Visi Misi Usaha Kue Kering

Tak hanya usaha yang disebutkan sebelumnya, kue kering juga cukup menarik dijadikan usaha kecil-kecilan. Supaya bisa berkembang, Anda membutuhkan visi dan misi yang jelas dan visioner untuk mewujudkan tujuan tersebut. 

Hal ini supaya usaha milik Anda berbeda dengan yang lainnya. Karena di level usaha kecil banyak sekali bisnis kue kering yang bertebaran. Supaya bisa membedakan bisnis Anda dengan milik orang lain. 

Visi Usaha Kue Kering

Menjadi perusahaan kue kering nomor 1 yang selalu menyajikan kue dengan kualitas terbaik dan cita rasa lezat sehingga bisa menembus pasar global dalam penjualannya.

Misi Usaha Kue Kering 

  • Selalu memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan 
  • Menghasilkan kue kering dengan bahan premium dan berkualitas 
  • Mempertahankan cita rasa terbaik untuk memuaskan konsumen

6. Contoh Visi Misi Usaha Beras 

Menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia, beras juga bisa menjadi peluang bisnis. Karena setiap hari orang-orang akan membeli beras mentah untuk dikonsumsi hari itu atau hanya untuk persediaan saja. Pilihan bisnis beras memiliki prospek yang cukup baik.

Visi Bisnis Beras

Menghasilkan beras berkualitas terbaik, pulen dan wangi untuk mengenyangkan perut Anda dan keluarga. Menjadi perusahaan beras terbesar di Indonesia yang mencukupi untuk masyarakat Indonesia.

Misi Bisnis Beras 

  • Memperluas jaringan pasarnya
  • Menghasilkan beras berkualitas dengan proses yang menjamin mutunya 
  • Melakukan berbagai inovasi sehingga bisa menemukan beras yang terbaik

7. Contoh Visi Misi Usaha Jajanan Pasar

Selanjutnya, jika Anda tertarik membuka perusahaan jajanan pasar, Anda mungkin juga membutuhkan visi dan misi. Karena meskipun usaha kecil, Anda tetap harus membuat perencanaan bisnis dengan matang.

Jajanan pasar ini sangat diminati oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Semakin berkembangnya jenis makanan, jajanan yang satu ini sulit sekali dicari. Bahkan orang kota yang rindu dengan jajanan khas daerahnya, rela mencari untuk menikmatinya. Oleh karena itu, jajanan pasar bisa jadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan.

Visi Bisnis Jajanan Pasar 

Menyediakan berbagai jajanan khas daerah terbaik dan menjadi perusahaan terbesar dalam menyediakan jajanan pasar untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Misi Bisnis Jajanan Pasar 

  • Selalu menyediakan jajanan pasar yang lengkap 
  • Memastikan bahwa jajanan pasar yang dijual bersih, sehat dan berkualitas baik
  • Mengepakkan jaringan pasar hingga nasional

8. Contoh Visi Misi Usaha Makanan Khas Daerah

Terakhir, contoh yang akan diberikan adalah visi misi untuk makanan khas daerah. Misalnya, Anda tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan hendak berjualan gudeg, makanan khas Yogyakarta. Nah, saat membuka bisnis tersebut, Anda kemudian membuatnya.

Visi Usaha Gudeg 

Menghasilkan gudeg berkualitas dengan cita rasa khas daerah Yogyakarta, menjadi perusahaan oleh-oleh nomor 1 di Indonesia.

Misi Usaha Gudeg 

  • Menghasilkan gudeg dengan cita rasa terbaik 
  • Membuat gudeg dengan bahan-bahan berkualitas dan terjamin kesehatannya 
  • Menjadi perusahaan oleh-oleh terbesar yang diburu oleh para pelancong

Nah, berikut di atas merupakan contoh dari visi dan misi usaha kecil. Contoh di atas bisa dijadikan referensi supaya Anda bisa membuat miliki bisnis Anda sendiri. Selamat mencoba!

nv-author-image

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota Ayun adalah mahasiswa ekonomi tingkat akhir di UPN Veteran Yogyakarta yang tertarik menulis dengan tema ekonomi dan finansial.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.