Lompat ke konten

8 Contoh Visi Misi Perusahaan Makanan

Contoh visi misi perusahaan

Contoh visi misi perusahaan bisa Anda amati pada perusahaan besar yang sudah mampu melebarkan sayapnya hingga menjadi bisnis kuliner raksasa. Selain business plan, salah satu hal yang penting dibuat sebelum mendirikan sebuah perusahaan adalah menentukan visi dan misi perusahaan.

Visi dan misi penting untuk menentukan bagaimana perusahaan kemudian akan berjalan ke depan. Sebab dengan keduanya, tim yang bekerja dalam perusahan mengetahui titik fokus dan apa yang hendak dicapai. Ini juga diperlukan ketika perusahaan makanan Anda ingin berkembang menjadi besar sehingga menemukan investor yang tepat. 

Anda mungkin berpikir bahwa visi dan misi merupakan satu hal yang sama. Nah, apa sih sebenarnya perbedaan antara keduanya? apa sebenarnya misi? apa pengertian visi? Pada artikel ini akan dibahas mengenai contohnya perusahaan, pengertian dan cara membuatnya. Yuk simak!

8 Contoh Visi Misi Perusahaan Makanan 

Sebelum masuk pada pembahasan mengenai pengertian visi misi, berikut contoh visi misi perusahaan makanan yang bisa dijadikan inspirasi untuk membuat milik perusahaan Anda sendiri.

1. Perusahaan mie instan 

Jika Anda berniat untuk membuka bisnis mie instan, maka berikut contoh visi misi perusahaan yang bisa menjadi referensi.

Visi:

“Menyajikan mie instan yang sehat dengan bahan berkualitas alami yang disukai oleh semua kalangan, sehingga bisa dinikmati bersama keluarga.”

Misi:

“Membangun perusahaan yang menjadikan mie terbaik pilihan yang bisa dikenal oleh dunia, mengenalkan cita rasa khas Indonesia.”

2. Perusahaan donat

Berbeda dengan mie instan, untuk contoh visi misi perusahaan donat biasanya bisa Anda lihat di bawah ini.

Visi:

“Menyajikan donat yang empuk, lembut dengan rasa mewah  cocok di lidah orang Indonesia. Selalu menggunakan produk berkualitas baik dan memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh pelanggan.”

Misi:

“Mengenalkan donat berkualitas agar dikenal oleh seluruh dunia sehingga disukai oleh semua kalangan. Menjadi perusahaan donat terlezat nomor 1 di Indonesia.”

3. Perusahaan ayam goreng

Jika Anda hendak membuka perusahaan ayam goreng, maka berikut contoh visi misi perusahaan untuk perusahaan yang bisa Anda jadikan referensi adalah sebagai berikut.

Visi:

“Menjadi merek ayam goreng terbaik di seluruh kota. Selalu memberikan pelayanan terbaik dan menggunakan bahan terbaik untuk menyajikan produk terbaik disukai oleh konsumen.”

Misi:

“Menjadi perusahaan nomor 1 yang menyajikan ayam goreng terlezat serta disukai oleh masyarakat Indonesia dari segi rasa, pelayanan, dan kualitas.”

4. Perusahaan makanan ringan

Banyak sebenarnya jenis makanan yang bisa dijadikan bisnis dan membangun perusahaan, salah satunya adalah makanan ringan. Jika Anda tertarik membuka bisnis makanan ringan, berikut contoh visi misi perusahaan untuk bisnis Anda.

Visi:

“Menjadi perusahaan yang menyajikan makanan ringan dengan kualitas tinggi dan disukai oleh hampir semua kalangan, baik anak-anak, orang dewasa maupun orang tua.”

Misi:

“Menjadi perusahaan nomor satu di Indonesia yang menyajikan makanan ringan terbaik dengan rasa terlezat, sehingga bisa membawa nama Indonesia mempelopori snack lokal menjadi internasional.”

5. Perusahaan kue dan dessert box

Berjualan kue dan dessert bisa menjadi bisnis yang cukup menjanjikan.Apalagi jika dengan strategi pemasaran dessert box. Sebab disukai oleh semua kalangan karena rasanya yang manis cocok untuk makanan penutup. Berikut contoh visi misi perusahaan kue dan dessert.

Visi:

“Menyajikan kue yang lembut, lezat,dan cocok dijadikan sebagai makanan penutup apa pun cemilan yang praktis dan mengenyangkan untuk menemani perjalanan Anda kapanpun dan dimanapun.”

Misi:

“Menjadi perusahaan penghasil kue dan dessert terlezat, selalu memberikan pelayanan yang ramah dan menjaga loyalitas pelanggan.”

6. Perusahaan masakan nusantara

Banyak sekali sebetulnya jenis masakan nusantara yang lezat dan menarik minat pelanggan. Maka tak heran, banyak juga orang yang berbisnis dan membangun perusahaan yang memproduksi masakan nusantara, mulai dari bakso, mie ayam, seblak dan masih banyak lagi. Contoh milik perusahaan yang menjual masakan nusantara adalah sebagai berikut.

Visi:

“Menyajikan masakan nusantara yang bercita rasa khas Indonesia dengan rempah alami dan berkualitas sehingga menjaga resep warisan leluhur untuk anak cucu kita.”

Misi:

“Mengenalkan masakan nusantara dengan cita rasa ke mata dunia, menjadikan masakan Indonesia disukai oleh semua lidah sehingga mengharumkan nama bangsa Indonesia.”

7. Perusahaan pizza dan burger

Berbeda dari contoh sebelumnya, kali ini contoh visi dan misi perusahaan pizza dan burger yang bukan merupakan makanan asal Indonesia. Bagaimana ya kira-kira visi dan misinya?

Visi:

“Menyajikan burger sehat, lezat dan berkualitas baik setiap harinya.”

Misi:

“Menjadi perusahaan burger terlezat yang menyajikan makanan cepat saji disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia, mengenalkan burger sebagai makanan yang lezat untuk seluruh masyarakat Indonesia.”

8. Perusahaan sayur dan bahan makanan

Terakhir, jika Anda ingin membuka bisnis sayur dan bahan makanan. Maka contoh visi dan misi yang bisa digunakan adalah seperti di bawah ini.

Visi:

“Menjual hana sayur segar pilihan dengan kualitas terbaik yang dirawat dengan sekuat tenaga demi menghasilkan sayuran untuk keluarga.”

Misi:

“Menjadi perusahaan penghasil pangan berkualitas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.”

Apa Itu Visi Perusahaan

Visi perusahaan adalah sebuah rangkaian kata yang memuat di dalamnya bagaimana perusahaan hendak memiliki impian, cita-cita, nilai dan filosofis sehingga menjelaskan bagaimana prose produksi, pemasaran yang tepat, dan sasaran pemasaran produk dari perusahaan yang dijalankan.

Visi juga biasa disebut dengan tujuan masa depan, dimana perusahaan akan dibawa. Tidak hanya itu, bagaimana perusahaan dijalankan juga akan terpengaruhi oleh visi perusahaan tersebut.

Apa Itu Misi Perusahaan 

Berbeda dengan visi, misi merupakan langkah-langkah yang dilakukan oleh perusahaan untuk mencapai misi yang telah dirangkai sebelumnya. Sehingga ketika menjalankan bisnis, ada langkah nyata untuk membuat cita-cita menjadi terwujudkan.

Biasanya visi bisa diwujudkan dengan aksi yang terlihat yang bisa dilakukan setiap harinya sehingga menunjukkan progress perusahaan.

Bagaimana Cara Membuat Visi dan Misi Perusahaan?

Setelah mengetahui mengenai pengertian antara visi dan misi, Anda pasti sudah bisa membedakan antara visi dan misi. Sehingga sudah ada gambaran untuk membuatnya untuk bisnis milik Anda sendiri.

Nah, ikuti langka-langkah di bawah ini untuk membuat visi dan misi milik Anda sendiri.

Tentukan tujuan perusahaan

Langkah pertama adalah menentukan tujuan utama bisnis didirikan. Sebenarnya apa sih yang menjadi dasar kegelisahan Anda terhadap permasalahan yang ada pada pangan di Indonesia sehingga Anda memutuskan membangun bisnis Anda sendiri.

Anda bisa mulai dengan mempertanyakan “mengapa” memutuskan membangun bisnis sendiri. Alasan terkuat bisa Anda jadikan sebagai visi dan misi.

Saring dan tuangkan dalam kata-kata

Dari sekian banyak tujuan, Anda harus memilih tujuan yang paling baik. Jika ANda memiliki banyak tujuan, pilih yang paling baik diantaranya. Yang sekiranya dapat mencakup semua tujuan yang Anda punya.

Kemudian tuangkan dalam serangkaian kata, anda mungkin membutuhkan waktu lama untuk memikirkan ini. Serangkaian kata tersebut kemudian bisa Anda jadikan visi perusahaan makanan Anda.

Rumuskan langkah nyata menjadi misi

Setelah merumuskan visi, selanjutnya Anda bisa memikirkan langkah-langkah untuk mencapai tujuan Anda dengan langkah-langkah nyata. Yang kemudian disebut dengan misi.

nv-author-image

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota Ayun adalah mahasiswa ekonomi tingkat akhir di UPN Veteran Yogyakarta yang tertarik menulis dengan tema ekonomi dan finansial.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.