Lompat ke konten

10 Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga yang Punya Anak Kecil

Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga yang Punya Anak Kecil

Ibu rumah tangga, khususnya yang punya anak kecil, sebaiknya mencari bisnis yang tidak terlalu terikat waktu. Hadirnya si kecil mungkin membuat Anda sedikit sibuk karena harus mengurusnya, tetapi di sisi lain mungkin Anda ingin memiliki tambahan penghasilan sendiri, bukan? Maka dari itu, tidak ada salahnya menjalankan bisnis kecil-kecilan dari rumah.

Banyak sekali ide bisnis dengan waktu fleksibel dapat dicoba dilakukan, mulai yang tanpa modal dan sampai membutuhkan modal dalam jumlah tertentu. Hasil usahanya pun bisa dijadikan sebagai tambahan penghasilan di samping nafkah dari suami maupun sebagai modal untuk membuka usaha yang lebih besar nantinya. Anda bisa mencobanya mulai dari berjualan untuk orang-orang di sekitar rumah, maupun secara online.

Berikut ini adalah ide usaha untuk para ibu rumah tangga yang punya anak kecil:

1. Bisnis Tanaman Hias

Mengingat bahwa saat ini sudah banyak orang menyukai gaya hidup penuh estetika, adanya tanaman hias dalam dan luar ruangan pun menjadi sangat penting karena menjadi nilai keindahan. Adanya peluang usaha tersebut bisa dicoba dimanfaatkan, apalagi jumlah peminat tanaman hias kini semakin bertambah. Apalagi adanya benda tersebut bukan hanya sebagai nilai estetika saja, tetapi membuat suasana lingkungan menjadi lebih segar dan asri.

Apabila Anda pun menyukai berkebun, meskipun memiliki anak kecil usaha sampingan untuk para ibu ini dapat dilakukan secara fleksibel. Sebab tidak setiap jam harus melakukan penyiraman dan perawatannya, tergantung dari jenis tanamannya. Cobalah menjualnya dalam jumlah kecil maupun besar, atau bisa juga menerima jasa sewa.

2. Membuka Pesanan Katering dan Jajanan

Memiliki anak kecil bukan alasan wanita tidak boleh berbisnis atau menjadi pengusaha. Menjadi wanita mandiri dapat membawa berbagai keuntungan dan manfaat, baik bagi diri sendiri maupun keluarga. Oleh karena itu, tidak ada salahnya apabila mencoba membuka usaha sampingan, yaitu katering dan jajanan sederhana.

Cara menarik banyak pembeli, dapat dengan mempromosikannya melalui sosial media maupun mulut ke mulut melalui keluarga dan tetangga. Selain itu, bukalah sistem pre-order untuk mengatasi pesanan dadakan. Contoh makanan bisa dijual, misalnya ceker pedas, bakso bakar, olahan ayam, sayur, dan lain sebagainya.

3. Menjadi Dropshipper

Usaha sampingan ibu rumah tangga selanjutnya, yaitu dropshipper. Bisnis dropship ini banyak dijalankan oleh sebagian orang karena sistemnya mudah, bahkan gratis alias tanpa modal. Para ibu  yang memiliki anak kecil pun bisa melakukannya karena waktu pelaksanaannya sangat fleksibel dan bisa dilakukan meskipun dari rumah.

Banyak barang bisa dijual melalui sistem dropship, misalnya baju muslim, daster, kerudung, perlengkapan bayi, peralatan dapur, dan lain sebagainya. Maka dari itu, hal ini membuat bisnis dropship termasuk peluang usaha ibu rumah tangga dengan keuntungan lumayan menjanjikan sekaligus menambah penghasilan sampingan.

4. Berjualan Pulsa dan Paket Internet

Peluang usaha khusus para ibu yang sudah memiliki anak kecil sangat beragam, salah satunya berjualan pulsa dan paket data internet. Waktunya sangat fleksibel, bisa dilakukan sembari mengurus anak maupun melakukan berbagai pekerjaan rumah. Apalagi sebagian besar orang pasti membutuhkan pulsa serta paket data internet karena saat ini memang sudah era digital.

Menjalankan usaha sampingan menjual pulsa dan paket internet, mempromosikannya bisa ke tetangga dan keluarga terlebih dahulu. Kemudian bisa juga melalui teman masa sekolah, ataupun kenalan lainnya guna menjaring lebih banyak pelanggan. Di samping itu, Anda juga bisa menjual fasilitas lainnya seperti tiket perjalanan, token listrik, voucher game, dan lain-lain karena juga pasti dibutuhkan.

5. Berjualan Kue Kering

Memiliki hobi membuat jajanan, khususnya kue kering? Cobalah jadikan sebagai usaha sampingan yang sangat menguntungkan. Terutama ketika bulan ramadhan, biasanya banyak orang mencari kue kering untuk suguhan ketika merayakan lebaran bersama keluarga. 

Meskipun tidak punya hobi membuat kue kering, Anda tetap bisa menjualnya dengan mendapatkan barangnya melalui supplier terpercaya, lalu dijual kembali kepada konsumen. Peluang usaha ibu rumah tangga ini memang sangat menjanjikan, jadi guna menghindari kerugian sebaiknya terapkan sistem pre order dan promosi sangat gencar. Bisnis ini pun dapat dilakukan secara fleksibel meskipun punya anak kecil.

6. Menjalankan Usaha Kos-kosan atau Kontrakan

Menjalankan bisnis kos-kosan ataupun rumah kontrakan merupakan usaha sampingan para ibu yang punya anak kecil dengan keuntungan sangat menjanjikan. Keduanya bisa dimulai tanpa modal maupun menggunakan modal dalam jumlah tertentu. 

Jika hendak memulainya tanpa modal, beragam cara bisa dilakukan, misalnya menyewakan beberapa kamar di rumah pribadi, meminjam di bank, maupun sebagai makelar untuk mengiklankan rumah dan kos kosong. Peluang usaha ibu rumah tangga tersebut meskipun terdengar menjanjikan karena sebagai investasi masa depan, namun tetap harus bersikap tegas kepada penghuninya. Selain itu, jika ingin memulainya dengan kepemilikan sendiri sebaiknya mengumpulkan modal terlebih dahulu karena biayanya cukup banyak.

7. Membuat Kerajinan Tangan untuk Dijual

Membuat kerajinan tangan untuk dijual, bisa menjadi usaha sampingan ibu rumah tangga dengan keuntungan cukup menjanjikan. Bahan-bahannya pun relatif murah dan mudah ditemukan di sekitar kita. Banyak pula tutorial mengenai bagaimana cara membuat kerajinan unik untuk ditiru sekaligus dimodifikasi.

Meskipun tidak perlu membuka toko fisik, kerajinan tangan dapat dijual di toko online melalui marketplace maupun sosial media. Jika berniat memulainya, Anda juga bisa menyediakan fitur custom order bagi konsumen. Gencarkan promosi dengan konten apik supaya lebih banyak orang tertarik membelinya.

Contoh kerajinan tangan misalnya aksesoris kerudung, strap masker, wadah tisu home made, gantungan dream catcher, dan lain sebagainya. Bahan-bahan dan modalnya pun relatif, jadi tergantung pada ketersediaan masing-masing.

8. Menjual Jasa di Berbagai Situs Freelance

Memiliki kemampuan dan bakat sangat disayangkan jika tidak disalurkan dengan baik, khususnya para ibu yang sudah memiliki anak kecil. Cobalah usaha sampingan ibu rumah tangga berupa menjual jasa di situs freelance. Apalagi jika Anda memiliki kemampuan dalam bidang kepenulisan, fotografi, desain grafis, dan sebagainya.

Menjadi ibu tidak ada salahnya menjadi pekerja lepas atau freelancer supaya mendapatkan penghasilan tambahan di luar nafkah dari suami. Peluang usaha sebagai seorang freelancer, dapat dilakukan secara fleksibel sambil mengurus anak yang masih kecil.

Banyak situs freelance dapat diakses untuk mencari macam-macam proyek. Jangan lupa mencantumkan portofolio profesional agar klien percaya untuk menggunakan jasa Anda.

9. Membuka Jasa Menjahit

Tidak semua orang mampu menjahit, sehingga kebanyakan dari mereka mempercayakannya kepada para penjahit. Apabila Anda memiliki kemampuan dalam menjahit ataupun permak, cobalah usaha sampingan ibu rumah tangga tersebut.

Jasa menjahit memang membutuhkan keterampilan khusus untuk memperbaiki pakaian ataupun celana sobek, maupun melakukan permak. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda memiliki keterampilan menjahit lalu membuka bisnis jasa ini di rumah. Pelaksanaannya pun lebih fleksibel dan bisa dilakukan sembari menjaga si kecil.

10. Berjualan Frozen Food

Aneka olahan frozen food banyak diminati karena praktis untuk dijadikan berbagai olahan makanan. Anda bisa menjualnya sebagai reseller maupun membuat brand sendiri, misalnya aneka jenis nugget, sosis, daging beku, dan sebagainya. Tentunya, usaha sampingan ibu rumah tangga dengan berjualan frozen food jarang sepi pengunjung.

Selain membuat brand sendiri, tidak ada salahnya juga untuk bergabung dengan kemitraan atau waralaba. Sebab mereka sudah memiliki nama besar dan Anda tinggal membayar modal lalu menjalankannya saja.

Itulah ide usaha sampingan ibu rumah tangga yang punya anak kecil. Selamat mencoba, manakah yang membuat Anda tertarik?

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.