Lompat ke konten

Contoh Usaha Kecil-kecilan Untuk Pelajar

Contoh Usaha Kecil-kecilan untuk Pelajar

Tidak ada salahnya apabila masih berstatus pelajar menjalankan usaha kecil-kecilan. Selain bisa mendapatkan uang jajan tambahan, melakukan bisnis saat masih sekolah dapat melatih jiwa entrepreneurship sekaligus kemandirian.

Usaha kecil-kecilan ini dapat dijalankan ketika waktu luang, sehingga tidak akan mengganggu kegiatan belajar. Khususnya untuk pelajar SMP dan SMA, di mana pada masa tersebut rasa ingin mencoba sesuatu sangat tinggi. Apalagi jika mengelolanya konsisten dan berkelanjutan, memungkinkan bisnis tersebut dapat berkembang menjadi lebih besar suatu hari nanti.

Akan tetapi, masih banyak pelajar SMA maupun SMP takut menjalankan bisnis. Beberapa alasan terbesarnya, yaitu kekurangan modal usaha, takut barang tidak laku, atau bahkan takut tidak diizinkan oleh orang tuanya. Padahal dalam memulainya bisa dengan sisa uang tabungan maupun menggunakan barang di sekitar.

Penasaran apa saja bisnis yang bisa dijalankan oleh pelajar, baik SMP dan SMA? Beberapa contoh berikut ini merupakan usaha kecil-kecilan untuk pelajar.

1. Berjualan Pulsa, Voucher, dan Paket Internet

Contoh usaha kecil-kecilan pertama yang bisa dilakukan khusus murid SMA dan SMP adalah berjualan pulsa, voucher, serta paket internet. Bisnis ini sangat cocok dijalankan oleh pelajar karena kebutuhan akan ketiga hal tersebut tak mungkin tidak dibutuhkan pada zaman serba digital seperti sekarang ini. Selain itu, modal yang dikeluarkan pun tidak besar.

Meskipun keuntungan dari berjualan pulsa, voucher, dan paket internet tidak terlalu besar, tetapi lumayan Anda bisa mendapatkan harga termurah untuk bisa digunakan secara pribadi. Cara memulai bisnis ini, yaitu dengan mendaftarkan diri di agen pulsa terdekat.

2. Membuka Toko Online

Banyak pelajar mengelola usaha kecil-kecilan berupa toko online agar bisa mendapatkan uang jajan tambahan. Biasanya mereka berperan sebagai reseller ataupun dropshipper. Bisnis ini sangat cocok untuk pelajar karena modal yang dibutuhkan relatif tidak besar, bahkan bisa saja gratis.

Pada zaman sekarang, hampir semua kegiatan bisa dilakukan secara daring, salah satunya belanja. Membuka toko online merupakan sebuah peluang bisnis besar untuk melatih jiwa kewirausahaan. Tak perlu khawatir jika hanya punya modal minim dan tak punya toko fisik, sebab usaha ini hanya bermodalkan HP dan internet saja saat memulainya.

Namun, hal penting dari usaha online shop ini adalah strategi pemasaran. Gunakan promosi yang tepat agar bisa menaikkan penjualan produk. Jadi, tak perlu ragu melakukannya, sebab banyak keuntungan jika menjalankan toko online.

3. Bisnis Kuliner Sederhana

Punya hobi memasak tetapi juga ingin mendapatkan penghasilan tambahan? Cobalah untuk memulai bisnis kuliner kecil-kecilan. Selain menjalankan hobi, Anda juga bisa mendapatkan uang jajan tambahan dari keuntungan berjualan makanan.

Tidak perlu menjual makanan rumit seperti cake, pastry, masakan padang, ataupun menu-menu restoran. Menjual cemilan sederhana dan sedang digandrungi anak muda, misalnya takoyaki, gorengan, makaroni pedas, seblak, dan lain-lain. 

Sebelum memulai usaha ini, pastikan untuk melakukan sebuah eksperimen masakan agar mendapatkan rasa yang pas untuk dijual. Cobalah untuk memulainya dari membuat cemilan atau makanan kesukaan, ataupun yang sudah biasa dihidangkan di rumah.

Ingin mencoba hal baru? Tentu saja bisa! Apalagi banyak sekali resep cemilan sederhana bertebaran di internet yang bisa dicoba untuk bereksperimen.

4. Membuka Usaha Print dan Fotocopy Kecil-kecilan

Memulai usaha kecil-kecilan juga bisa dilakukan menggunakan peralatan di sekitar, sehingga meminimalisir keluar modal terlalu banyak. Salah satunya adalah membuka usaha print dan fotocopy kecil-kecilan di rumah.

Usaha print dan fotocopy ini banyak diminati oleh pelajar dan mahasiswa, sebab tidak semua orang memiliki printer dan dekat dengan tempat fotocopy. Sehingga, hal ini bisa dijadikan sebagai peluang bisnis agar bisa mendapatkan tambahan uang jajan.

Memulainya pun cukup mudah. Apabila sudah memiliki printer sekaligus tintanya, cukup sediakan kertas untuk melakukan pencetakan dan penggandaan file dari laptop atau komputer. Tak perlu ruangan khusus, usaha ini bisa dilakukan hanya dari rumah.

5. Menyediakan Jasa Pengetikan

Jasa pengetikan dokumen saat ini pun juga banyak diminati. Mereka yang menggunakannya biasanya tak memiliki banyak waktu untuk mengetik dokumennya sendiri, sehingga menyewa orang lain untuk melakukannya. Usaha ini cocok dijalankan oleh pelajar maupun mahasiswa karena hanya bermodal laptop saja dan aplikasinya.

Biasanya orang menyewa jasa ini tidak hanya untuk dokumen pekerjaan, bisa juga pembuatan artikel, makalah, maupun pengetikan skripsi. Tak hanya mendapatkan uang saja nantinya, Anda juga bisa semakin mengasah kemampuan dalam hal kepenulisan sekaligus mempelajari penggunaan bahasa yang baik dan benar, terutama untuk karya tulis ilmiah.

6. Menyediakan Jasa Desain Grafis

Apabila memiliki hobi dalam bidang kesenian dan desain, hal ini bisa dijadikan peluang bisnis demi mencari uang jajan tambahan untuk pelajar. Contohnya adalah menjual hasil karya sendiri, salah satunya desain grafis.

Desain grafis banyak diminati saat ini, apalagi dengan banyaknya usaha seperti UMKM, maupun toko online. Biasanya mereka membutuhkan jasa ini untuk membuat logo, poster, flyer, banner, dan lain-lain demi menunjang kebutuhan usahanya.

Selain itu, usaha desain grafis ini jika dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan, bisa menjadi portofolio. Hal ini akan menjadi nilai tambah ketika nantinya melamar pekerjaan pada bidang terkait.

7. Menjalankan Bisnis Cuci Motor

Membuat usaha kecil-kecilan berupa jasa cuci motor kedengarannya tidak menarik. Akan tetapi, ternyata banyak juga orang membutuhkan jasa ini. Apalagi saat musim penghujan, di mana kendaraan bermotor mudah sekali kotor terkena lumpur dan cipratan air di jalanan.

Usaha ini cocok dikerjakan oleh pelajar karena tidak membutuhkan terlalu banyak biaya maupun tempat khusus menjalankan usaha. Memulainya bisa di halaman rumah dan menggunakan sabun khusus mencuci kendaraan, lap, juga air bersih.

8. Bimbingan Belajar Privat

Mencari tambahan uang jajan dengan bimbingan belajar privat khusus anak SD cocok dilakukan oleh pelajar SMP maupun SMA, terutama saat akhir pekan atau ketika malam pada hari biasa. Pendapatan tambahan dari mengajar privat bisa dibilang lumayan, apalagi jika memiliki jam terbang cukup tinggi.

Apabila kesulitan mencari murid les, Anda dapat menawarkan jasa ini kepada teman-teman sekolah yang memiliki adik masih SD. Bisa juga menawarkannya kepada tetangga sekitar rumah untuk mengajari anak-anak mereka.

9. Menjual Pakaian Bekas

Usaha kecil-kecilan dengan menjual pakaian bekas, ternyata memberikan keuntungan cukup besar. Terutama jika Anda memiliki banyak sekali pakaian di lemari yang sudah tidak pernah digunakan, tetapi masih layak pakai.

Hasil dari menjual pakaian bekas tapi masih layak pakai, bisa dijadikan sebagai modal usaha awal untuk membangun usaha lainnya. Bisa juga melanjutkan bisnis serupa, yaitu thrift shop atau usaha barang bekas layak pakai. Tidak hanya menjual pakaian saja, bisa juga barang fashion lainnya seperti sepatu, tas, dan lain-lain.

10. Jastip atau Jasa Titip

Gemar jalan-jalan sambil berburu belanjaan, tapi ingin dapat uang jajan? Cobalah melakukan bisnis jasa titip atau jastip. Usaha ini bisa dilakukan secara kecil-kecilan oleh para pelajar, bahkan tak perlu modal awal.

Bisnis jastip ini banyak dilakoni oleh anak-anak muda, terutama saat ini banyak orang malas keluar rumah meski sekedar membeli barang. Usaha ini bisa dilakukan sendiri maupun bersama teman tanpa modal awal, bahkan sambil jalan-jalan.

11. Melakukan Endorsement di Sosial Media

Memiliki banyak pengikut dan like di sosial media, serta punya rasa percaya diri di depan kamera juga bisa dijadikan peluang bisnis. Bahkan hal ini juga bisa dilakukan oleh para pelajar supaya mendapatkan tambahan uang jajan, yakni melakukan endorsement atau promosi produk.

Endorsement merupakan suatu kegiatan promosi produk tertentu demi menarik minat masyarakat untuk membelinya. Biasanya kegiatan seperti ini dilakukan orang berpengaruh, misalnya influencer, selebgram, artis, maupun orang terkenal di masyarakat.

Kedengarannya mudah dilakukan karena seolah hanya bergaya di depan kamera sambil menggunakan produk dari klien. Tak harus menjadi artis terlebih dahulu supaya bisa melakukan endorsement, Anda bisa memulai usaha ini dengan cara membangun citra baik di hadapan publik, konsisten membuat konten menarik, dan memiliki ciri khas. Selain itu, selalu gunakan kualitas konten yang baik agar menarik minat calon klien untuk menggunakan jasa endorsement dari Anda.

12. Fotografer dan Videografer

Hobi memotret ataupun membuat video dapat dijadikan sebagai usaha kecil-kecilan bagi pelajar. Apalagi jika memiliki alat pendukung seperti kamera dan tripod, tentu akan semakin mempermudah melakoni bisnis tersebut. 

Anda bisa mengunggah foto dan video menarik ke sosial media sebagai bahan portofolio agar menarik minat klien. Selain itu, mengunggahnya di aplikasi jual-beli foto seperti ShutterStock, iStockPhoto, Dreamstime, dan sejenisnya.

Cobalah menawarkan jasa sebagai fotografer ataupun videografer kepada masyarakat sekitar. Yakinkan dengan bukti portofolio bahwa menyewa jasa Anda tidak akan mengecewakan konsumen.

Itulah berbagai contoh usaha kecil-kecilan untuk pelajar SMP maupun SMA. Jadi, manakah yang membuat Anda tertarik mencobanya?

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.