Lompat ke konten

Mengenal Pekerjaan Crew Outlet Serta Tugas Dan Tanggung Jawabnya

crew outlet

Crew outlet adalah ujung tombak penjualan dan pemasaran sebuah brand yang cukup besar yang utamanya beroperasi di mall-mall di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, seiring dengan menjamurnya department store di berbagai daerah di Indonesia, maka semakin besar pula kebutuhan terhadap profesi ini. 

Lantas, apa sajakah tugas dari karyawan jenis ini dan berapa kisaran gajinya? Simak ulasannya berikut ini:

Apa Itu Crew Outlet?

Crew outlet adalah orang yang bertugas untuk melayani konsumen dan menjaga sebuah outlet. Kata outlet sendiri merupakan kosakata Bahasa Inggris dan memiliki banyak arti. Namun yang dimaksud disini adalah outlet yang berarti agensi atau tempat sebuah produk dipasarkan. 

Perbedaan outlet dengan toko biasa adalah umumnya outlet menjual barang-barang produksi dari perusahaan tertentu. Outlet umumnya juga menjadi sumber distribusi resmi dari brand tersebut sehingga tidak heran kalau harga barang-barang yang dijual pada toko jenis ini cukup mahal. 

Misalnya, outlet uniqlo hanya menjual baju dari produsen asal Jepang itu saja dan bukan dari brand lain. Namun demikian, tidak jarang juga outlet menawarkan diskon yang menarik untuk pembeli. 

Umumnya untuk menjadi seorang crew outlet dibutuhkan pendidikan minimal tingkat SMA dan memiliki penampilan yang rapi. Meskipun demikian, dibutuhkan skill khusus dan tentu saja kejujuran untuk bisa menjadi seorang karyawan yang baik. 

Tugas Dan Tanggung Jawab Crew Outlet

Walaupun tidak memiliki kriteria pendidikan khusus, namun tugas dan tanggung jawab karyawan ini  juga banyak. Berikut ini beberapa tugas dan tanggung jawab crew outlet:

1. Melayani konsumen

Tugas utama crew outlet adalah melayani konsumen dengan sepenuh hati. Dalam hal ini, mereka harus membangun komunikasi yang baik dengan konsumen sehingga konsumen potensial tersebut tertarik untuk membeli barang dari outlet dan kalaupun konsumen tersebut merupakan pelanggan lama, maka mereka bertugas untuk mempertahankan konsumen tersebut. 

Lalu, bagaimana cara melayani konsumen dengan baik? Misalnya dengan membantu konsumen memilih produk dengan tersenyum, membantu konsumen mendefinisikan produk yang diinginkan hingga menjawab keluhan konsumen dengan baik dan solutif. 

2. Menjaga outlet

Tugas kedua seorang crew outlet adalah menjaga outlet dari hal-hal yang tidak diduga entah itu pencurian, kebakaran atau yang lainnya. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab untuk menata barang dagangan yang masuk dan kebersihan tampilan outlet. Sebab, kebersihan outlet juga menjadi kunci agar konsumen tertarik untuk mampir. 

3. Mencatat barang yang keluar masuk outlet

Sebagai penjaga outlet, tugas seorang crew juga mencatat barang dagangan yang masuk toko atau terjual. Mereka wajib mencatat hal ini tidak hanya ketika pembelian berlangsung, tetapi juga wajib merekap penjualan sehari sekali dan sebulan sekali (stock opname).

Tujuannya adalah supaya jaga-jaga supaya tidak ada barang yang hilang, salah hitung dan lainnya. Proses ini juga memudahkan tim akunting untuk mencatat penjualan bulanan. Selain itu, biasanya crew outlet juga mendapatkan bonus dari hasil penjualan yang sudah mencapai tingkat tertentu. 

4. Membantu memasarkan produk

Seringkali perusahaan menawarkan diskon dan program marketing tertentu kepada konsumen. Nah, disini crew outlet berperan sebagai tim marketing juga dengan cara memasang berbagai materi promosi di outlet, menyebarkan flyer kepada konsumen dan tentu saja dengan menjelaskan produk yang sedang diskon kepada konsumen dengan baik dan benar. 

Skill Yang Dibutuhkan Crew Outlet

Anda ingin bekerja di bidang ini? Maka beberapa skill yang harus Anda kuasai:

1. Skill komunikasi yang baik

Seperti yang disebut di atas bahwasanya salah satu tugas crew outlet adalah berkomunikasi dengan konsumen potensial. Oleh karena itu, penting bagi mereka untuk membangun skill komunikasi yang baik. Supaya konsumen tertarik untuk membeli barang yang dijual. 

Dalam hal ini, mereka juga harus mengetahui rincian masing-masing produk yang dijual sehingga bisa membantu konsumen memilih produk. Hal ini secara tidak langsung juga menggambarkan kalau perusahaan terkait melatih staf mereka dengan baik sehingga konsumen percaya terhadap kualitas pelayanan perusahaan tersebut. 

2. Skill pembukuan sederhana

Crew outlet juga wajib bisa pembukuan sederhana. Setidaknya untuk mencatat barang yang keluar masuk toko dengan demikian mereka bisa mencatat barang yang masuk atau terjual dengan baik. Hal ini tentunya akan membantu mereka untuk mengklaim bonus apabila mereka telah mencapai target penjualan. 

3. Berpenampilan menarik

Crew outlet diharuskan untuk berpenampilan menarik supaya konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut. Khususnya apabila produk itu terkait dengan kecantikan atau kesehatan. 

Bahkan tidak jarang outlet barang tertentu meminta crew untuk berpakaian sedemikian rupa sehingga mereka tidak hanya memberikan kesan yang menarik, tetapi juga memberikan gambaran mengenai barang-barang yang dijual di outlet tersebut. 

4. Menjaga kualitas produk

Outlet tidak hanya menjual pakaian atau kosmetik saja. Salah satu bentuk outlet adalah restoran khususnya restoran yang bersistem franchise. Crew outlet yang bekerja pada outlet jenis ini mau tidak mau harus menjaga kualitas produk agar sesuai dengan yang disyaratkan oleh pihak perusahaan. 

Oleh karena itu, biasanya mereka diharuskan untuk menempuh pelatihan selama beberapa minggu terlebih dahulu sebelum mereka resmi bekerja. Hal ini penting karena restoran franchise ini umumnya tersebar di berbagai daerah dan memiliki basis konsumen yang kuat sehingga apabila ada perbedaan rasa antara satu outlet dengan yang lainnya, bisa jadi konsumen kehilangan kepercayaan terhadap kualitas makanan yang disajikan oleh perusahaan. 

Perkiraan Gaji Crew Outlet

Dilansir dari laman indeed.com rata-rata gaji crew outlet di Indonesia khususnya di Jakarta dan Tangerang adalah sebesar Rp. 2.600.000.  Meskipun tampak tidak begitu besar, namun tidak jarang perusahaan menerapkan keuntungan lainnya untuk karyawan ini mulai dari bonus jika penjualan melebihi target, biaya makan per hari hingga asuransi. Oleh karena itu, saat Anda melamar posisi ini, pastikan perusahaan tersebut menawarkan keuntungan lain ini juga.

nv-author-image

Farichatul Chusna

Farichatul Chusna merupakan salah satu finalist PKM-Kewirausahaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional tahun 2016. Selama menjadi mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM, Chusna aktif mencari dan mengeksekusi ide bisnis yang menarik dan inovatif.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.