Lompat ke konten

Franchise Chatime: Cara Beli, Harga, Kelebihan, Kekurangan

Franchise Chatime

Chatime adalah brand minuman populer asal Taiwan yang telah berdiri sejak tahun 2005. Meskipun akhir-akhir ini banyak sekali brand minuman serupa bermunculan di Indonesia, eksistensi Chatime tidak menurun karena mampu berinovasi sekaligus bersaing dalam bisnis Food and Beverage. Gerainya pun sudah tersebar luas di seluruh dunia, sebanyak lebih dari 2500 cabang tersebar di negara Indonesia, China, Vietnam, Malaysia, Inda, Kanada, Australia, dan Amerika Serikat.

Chatime baru masuk Indonesia pada tahun 2011, tepatnya di Living World Mall, Alam Sutera, Tangerang. Dibawa oleh Grup Kawan Lama Sejahtera, setelahnya lisensi resminya berada pada tangan PT. Food Beverages Indonesia, sehingga pihak tersebut memiliki kuasa untuk membuka dan menutup cabang atau gerai brand minuman ini. Kini, perusahaan pemegang lisensi Chatime telah membuka sekitar 275 gerai di Indonesia.

Keberadaan Chatime di Indonesia memang banyak disukai oleh berbagai kalangan, sehingga banyak orang bertanya-tanya bagaimana cara menjalin kemitraan dengan brand tersebut. Maka, mari mengulik tentang franchise Chatime mengenai cara membeli, harganya, kelebihan, bahkan kekurangannya. Sebab prospeknya sangat bagus dan eksistensinya pun tidak pernah pudar meskipun kini banyak sekali pesaing yang menjual produk serupa.

Simak uraian berikut ini mengenai franchise Chatime beserta cara beli, harga, kelebihan, dan kekurangannya.

Cara Beli Franchise Chatime

Akibat eksistensinya yang tak pernah pudar tersebut, banyak orang khususnya pengusaha bertanya-tanya mengenai cara beli franchise Chatime di Indonesia. Tentu saja hal ini melihat juga berdasarkan prospeknya yang memang menjanjikan keuntungan, serta selalu berinovasi terhadap setiap produknya dan tak takut bersaing meskipun banyak sekali kompetitornya. Apalagi keberadaan brand minuman populer ini faktanya memang tidak tersebar di seluruh daerah di Indonesia, sehingga, peminat untuk bisnis franchisenya pun juga pasti banyak.

Namun sayangnya, seperti franchise Mie Gacoan di mana pihak manajemen dari PT. Food Beverages Indonesia tidak memberikan informasi pasti mengenai boleh atau tidaknya membeli franchise Chatime secara resmi dari pemilik hak tunggalnya tersebut. Namun kemudian ada pernyataan dari pihak manajemen dari perusahaan pemegang lisensi resmi tersebut juga bahwa ternyata franchise Chatime tidak tersedia di Indonesia. 

Akan tetapi tak perlu khawatir, apabila Anda memiliki dana lebih, bisa mendaftarkan diri guna membuka gerai di luar negeri. Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, Anda bisa membeli franchise Chatime Internasional dengan membayar sebesar US$150.000 dan minimal deposit sebesar US$50.000. Nantinya dengan membayarkan sebanyak US$150.000 tersebut, diharapkan omset yang bisa didapatkan juga tak kalah tinggi, yakni US$98.000, sangat menarik, bukan?

Meskipun omsetnya terlihat sangat menggiurkan, bukan berarti Anda hanya perlu menyiapkan dananya saja, tetapi juga persiapan lainnya. Membuka gerai dari franchise Chatime Internasional membutuhkan pengurusan berkas cukup rumit, bahkan perlu mencari lokasi yang tepat untuk membangunnya. Tak hanya itu, peralatan dan perlengkapan untuk membuat minuman, serta menentukan konsep gerainya pun perlu dilakukan banyak pertimbangan agar bisnis dapat berjalan lancar.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, maka sebaiknya pertimbangkan baik-baik sebelum membuka gerai franchise Chatime Internasional. Sebab di Indonesia, Anda tidak dapat membuka gerai Chatime karena bukan pemilik tunggal dari lisensi resminya tersebut.

Harga Franchise Chatime

Banyak orang dan pengusaha bertanya-tanya mengenai cara beli dan harga franchise Chatime, namun sayangnya dari pihak manajemen Chatime Indonesia tidak menyediakan kemitraan waralaba untuk umum. Sehingga, untuk saat ini jika Anda berminat, belum ada izin untuk menjalin kerjasama dengan brand minuman populer tersebut. Namun tak perlu khawatir, sebab Anda tetap bisa membukanya di luar negeri.

Harga franchise Chatime Internasional di luar negeri sebesar US$150.000 dengan deposit minimal US$50.000, sehingga diharapkan pendapatan atau omsetnya adalah sebesar US$98.000. Anda bisa mendapatkan informasi ini dengan mengirimkan pesan ke kontak tertera di website Chatime resminya. Tujuannya supaya mengetahui prosedur atau tata cara mendirikan franchise brand tersebut.

Sedangkan, apabila hendak bertanya mengenai franchise Chatime Indonesia sebaiknya cobalah menghubungi kontak resmi mereka di website. Jika jawabannya menyatakan bahwa tidak ada jalinan kemitraan bisnis, mungkin Anda bisa mencari waralaba lain yang sama-sama menguntungkannya dan berprospek besar. Bisa juga mencoba peruntungan bergabung ke waralaba Chatime Internasional di luar negeri.

Kelebihan Franchise Chatime

Seperti telah diketahui berdasarkan poin sebelumnya, bahwa Chatime telah ada di Indonesia sejak tahun 2011 dengan lisensi resmi PT Food Beverages Indonesia sebagai pemilik hak tunggal. Sehingga, pihak tersebut punya hak dalam melakukan pembukaan dan penutupan gerai.

Ini adalah beberapa kelebihan franchise Chatime yang perlu diketahui.

1. Tidak pernah sepi

Mungkin Anda pernah berkali-kali melihat orang lain di sekitar membawa gelas minuman dari Chatime, atau melihat banyaknya penjualan mereka di aplikasi online delivery food yang mencapai ribuan penjualan? Setelah ditelusuri, gerainya juga tidak pernah sepi pembeli, selalu saja ada pembeli setiap harinya.

Seandainya Chatime memperbolehkan menjalin kemitraan franchise di Indonesia, tentunya punya prospek dan keuntungan besar. Inilah yang membuat Chatime sangat menjanjikan, apalagi peminatnya sangat banyak tersebar di berbagai daerah dan tidak pernah sepi pembeli. 

2. Banyak varian menu minuman

Chatime tidak pernah bosan berinovasi dengan menunya, sebab tak ingin ketinggalan dibandingkan kompetitornya. Meskipun telah mengeluarkan banyak varian menu, kualitas minumannya tetap dipertahankan, sehingga pelanggan tidak akan kecewa dan mengulang pembelian di kemudian hari.

Tak hanya itu, menariknya bahwa Chatime sejak dulu menyajikan minuman bertopping macam-macam, mulai dari boba, grass jelly, aloe vera, red beans, pudding, dan lainnya. Adanya topping pada minuman menjadikan Chatime ini pelopor minuman boba dan banyak pelaku bisnis minuman jadi terinspirasi.

Kekurangan Franchise Chatime

Di balik beberapa kelebihannya, tentu Chatime pun memiliki kekurangan. Ketahuilah beberapa kekurangan franchise Chatime berikut ini.

1. Tidak ada jalinan kemitraan untuk Chatime di Indonesia

Seperti pada penjelasan di poin sebelumnya, telah diketahui bahwa Chatime Indonesia tidak membuka peluang untuk menjalin kemitraan waralaba. Sehingga meskipun Anda berminat, saat ini belum bisa membuka gerai tanpa seizin pemilik lisensi resminya.

Akan tetapi, jika berminat bertanya-tanya lebih jauh mengenai franchise Chatime, sebaiknya menghubungi website resmi mereka. Anda bisa mengirimkan pesan pada kontak tersedia di website tersebut.

2. Belum tersebar merata di Indonesia

Chatime memang memiliki banyak peminat dari berbagai daerah, namun sayangnya keberadaannya masih belum merata di Indonesia. Padahal, banyak sekali orang menginginkan keberadaan Chatime bisa menyebar ke berbagai daerah agar tidak perlu pergi jauh-jauh mencarinya.

Berdasarkan penjelasan mengenai franchise Chatime, mungkin Anda tidak bisa membelinya di Indonesia. Akan tetapi, jika ingin mengetahui informasinya lebih lanjut, hubungi Chatime pada website resmi mereka.

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.