Lompat ke konten

Peluang Franchise Dear Butter: Syarat, Modal, Cara Daftar

Franchise Dear Butter

Dear Butter merupakan sajian kuliner berupa croffle atau singkatan dari croissant waffle, dengan tambahan topping di atasnya untuk menambah cita rasanya supaya semakin unik sekaligus mempunyai ciri khas tersendiri Sejak awal pendiriannya, outletnya pasti selalu ramai oleh pembeli dan bahkan croffle yang terjual dalam sehari dapat mencapai ribuan buah. Bisa dibayangkan, bukan berapa banyak omset yang didapatkan dalam sehari?

Melihat peluangnya yang terlihat cukup menarik, apalagi jajanan hits tersebut termasuk banyak disukai oleh masyarakat, terutama muda-mudi. Nah, kira-kira apakah pemilik Dear Butter membuka peluang usaha franchise untuk brandnya tersebut? Jika penasaran, coba simak penjelasan lengkapnya melalui bahasan artikel kali ini.

Tentang Dear Butter

Perkembangan bisnis kuliner yang semakin pesat, menghadirkan berbagai jenis makanan dan minuman unik yang variasinya selalu ada saja. Salah satu produk kuliner hits yang populer di Indonesia adalah sajian croffle yang merupakan croissant dijadikan waffle (di-press menggunakan alat pembuat waffle). 

Salah satu brand kuliner lokal yang menyajikan croffle sebagai menu utama yaitu Dear Butter, di mana brand satu ini memang populer atau banyak diketahui oleh muda mudi di Indonesia. Penjualannya dalam sehari pun bisa mencapai ribuan potong croffle, sehingga tidak bisa diragukan lagi bahwa semua produk dari brand populer ini memang termasuk laris manis karena keunikannya. Tak hanya itu saja, harganya pun termasuk lumayan terjangkau dengan bahan-bahan premium.

Pemilik Dear Butter adalah Bobby Handoko, beliau mendirikan brand tersebut pada bulan Februari 2021 dan hingga saat ini masih bertahan karena produknya mempunyai ciri khas unik jika dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Bedanya yaitu pada produknya dioleskan selai yang resepnya memakai buatan sendiri supaya rasanya lebih mempunyai ciri khas. Bobby Handoko menjual crofflenya seporsi mulai harga 27 ribu rupiah hingga 80 ribu tergantung variasi menunya, cukup terjangkau, bukan?

Tujuan Bobby Handoko menghadirkan croffle yakni karena sebelumnya croffle kebanyakan dijual di mall-mall dengan harga yang cukup mahal. Oleh karena itu, Bobby membuat produknya dengan harga relatif terjangkau namun kualitasnya premium supayatetap dapat dinikmati oleh masyarakat di berbagai kalangan.

Syarat Mendaftar Franchise Dear Butter

Brand kuliner Dear Butter mempunyai peminat cukup banyak karena rasanya yang memang enak sekaligus unik, jadi tak heran apabila dalam sehari brand kuliner populer satu ini mampu menjual sekitar ribuan potong. Mengingat banyaknya minat serta penjualan, kira-kira apakah pemilik brand croffle populer ini akan membuka kesempatan bagi pihak lainnya untuk membuka franchise?

Saat ini sudah terhitung sebanyak kurang lebih 50 gerai Dear Butter tersebar di berbagai kota di Indonesia, di mana perkembangannya sangat pesat hanya dalam waktu 6 bulan saja akibat tingginya antusiasme masyarakat. Banyaknya cabang gerai tersebut menunjukkan bahwa produk-produk croffle dari brand populer tersebut memang mempunyai banyak peminat. Apa saja kira-kira syarat mendaftar franchise Dear Butter?

Sayangnya, pemilik Dear Butter itu sendiri masih belum memberikan informasi terkait kemitraan untuk masyarakat secara terbuka. Hal ini karena Bobby Handoko selaku pemilik brand masih ingin mengelolanya sendiri bersama tim, jadi masih belum memutuskan untuk membuka franchise secara resmi.

Mengapa Bobby Handoko masih ingin mengelola brandnya sendiri dan tidak memutuskan untuk membuka franchise brandnya untuk masyarakat umum? Hal ini karena beliau tetap ingin mempertahankan kualitas produk crofflenya supaya selalu terjamin.

Setelah mengetahui fakta bahwa informasi mengenai syarat dan harga franchise Dear Butter belum ada secara resmi dari pemilik brandnya, mungkin jika Anda tertarik menjalankan usaha franchise dapat melihat contoh lainnya di website Magnate. Banyak contohnya, bahkan ada pula waralaba dengan harga terjangkau yang bisa dicoba.

Modal untuk Membuka Franchise Dear Butter

Berdasarkan penjelasan pada poin sebelumnya, brand croffle populer tersebut masih belum mengumumkan secara resmi mengenai jalinan kemitraan dengan masyarakat umum. Sebaiknya tunggu saja pernyataan resmi dari Bobby Handoko selaku pemilik brand, atau mungkin dapat menghubungi mereka melalui @dearbutter.id untuk akun instagram resmi (sudah ada centang biru). Akun verified tersebut telah memiliki ratusan ribu pengikut, pantau terus postingannya supaya mungkin sewaktu-waktu mendapatkan informasi resmi terkait kemitraan.

Apabila memang informasi mengenai harga franchise Dear Butter beserta persyaratannya resmi dibuka, kemungkinan bisnis croffle populer ini mematok harga kemitraannya mulai puluhan hingga seratus juta rupiah. Hal ini karena saat memanggang croffle membutuhkan energi listrik karena peralatannya menggunakan elektronik, sehingga daya konsumsi listriknya semakin besar. Kendala seperti ini menjadikan brand croffle tersebut memilih untuk terus memperbaiki kekurangannya sekaligus mempertahankan kualitas produknya.

Perkiraan Keuntungan Franchise Dear Butter

Telah dijelaskan bahwa pemilik Dear Butter masih belum memutuskan untuk membuka peluang franchise bagi masyarakat umum, sehingga apabila ada gerai baru masih di bawah kontrol pemiliknya supaya kualitas dan mutunya tetap terjamin atau tidak berubah. Namun tahukan Anda berapa perkiraan keuntungannya jika dihitung dalam sehari?

Perkiraan keuntungan penjualan croffle bisa mencapai jutaan rupiah. Harga jualnya mulai 27-80 ribu rupiah tergantung varian croffle dan jumlah isinya, kemudian sausnya sendiri seharga 6 ribu rupiah. Bayangkan apabila dalam sehari terjual 500 porsi seharga 27 ribu, maka perkiraan keuntungan penjualannya yaitu 13,5 juta rupiah.

Keuntungan 13,5 juta tersebut hanya dalam hitungan perhari, kemudian dalam sebulan bisa mencapai sekitar 400-500 juta rupiah. Besarnya omset tersebut belum dipotong dengan biaya operasional seperti listrik, sewa bangunan, gaji karyawan, dan sebagainya.

Apa saja varian menu yang disajikan? Ini macam menu croffle dan toppingnya.

  • Choco crunch
  • Blueberry cream cheese
  • Strawberry cream cheese
  • Strawberry jam
  • Almond maple
  • Salted caramel
  • Classic cheddar
  • Herb cheddar

Mungkin saat ini varian menunya masih cukup sedikit. Oleh karena itu, Bobby Handoko selaku pemilik brand croffle populer tersebut masih terus bereksperimen sekaligus berusaha mengembangkan varian produknya supaya semakin bervariasi dengan tetap mempertahankan kualitasnya.

Apabila tertarik membeli croffle dari Dear Butter, dapat langsung mendatangi gerainya di sekitar domisili Anda atau mungkin membelinya langsung melalui aplikasi food delivery. Jika belum ada gerainya di domisili Anda, maka tunggulah sampai mereka membuka outlet baru. Selalu pantau akun instagram resmi mereka guna mendapatkan informasi mengenai lokasi cabang.

Cara Daftar Franchise Dear Butter

Cara daftar serta informasi harga franchise Dear Butter hingga saat ini belum ada informasi resmi dari pemiliknya. Oleh karena itu, sebaiknya tunggu sampai rilis informasi terkait kemitraannya. Apabila mempunyai kritik dan saran, dapat mengunjungi highlight Instagram @dearbutter.id, terdapat nomor WhatsApp Customer Service guna menyampaikan kritik, saran, maupun keluhan.

Mengingat Dear Butter masih belum membuka kemitraan resmi dan masih dikelola secara mandiri oleh pemiliknya bersama tim, masih ada kesempatan kemitraan lain yang dapat dicoba, mulai Franchise Sabana Fried Chicken, Janji Jiwa, hingga Es Teh Poci. Cek selengkapnya hanya di Magnate sekarang, ya!

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.