Lompat ke konten

Peluang Franchise Teh Tong Tji & Cara Membuka Standnya

Franchise teh Tong Tji

Saat ini selain membuka usaha dengan brand sendiri, Anda juga bisa berbisnis menjual brand makanan atau minuman ternama. Metode penjualan ini disebut dengan nama franchise

Franchise atau waralaba adalah cara berbisnis dengan membeli hak terhadap merek dagang tertentu. Dengan franchise Anda akan memperoleh produk yang sama dari bisnis yang telah tersedia, dan bahan baku untuk memasarkan produk tersebut.

Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji 

Kios Tong Tji
Sumber: batasmedia.co

Bisnis makanan dan minuman memang tidak ada matinya. Apalagi minuman dingin yang menyegarkan masih selalu menarik minat masyarakat. Saat ini sudah banyak sekali pilihan minuman kekinian yang berlomba memikat hati konsumen potensial.

Mulai dari berbagai macam es kopi, jus, boba hingga yogurt selalu menjadi incaran banyak orang saat hari sedang terik-teriknya. Hal ini terbukti dengan munculnya berbagai inovasi baru pada bisnis minuman hingga aplikasi pesan antar dipenuhi dengan berbagai varian minuman menyegarkan.

Meski banyak inovasi minuman kekinian, es teh tetap menjadi salah satu minuman menyegarkan yang tidak pernah ditinggalkan. Es teh memiliki tempat tersendiri di hati penikmatnya. Sebab aroma khas dan rasa yang tidak bisa digantikan dengan minuman kekinian yang saat sedang naik daun.

Salah satu brand merek dagang es teh yang terkenal dan melegenda di Indonesia adalah Tong Tji. Tong Tji sudah melakukan ekspansi bisnis besar-besaran dengan membuka bisnis berupa gerai dan booth. 

Apabila dilihat dari laman resminya, Tong Tji memang belum membuka kerjasama dalam bentuk franchise, hal ini dikarenakan komitmen untuk menjaga kualitas rasanya. Namun Anda bisa bekerjasama dengan metode lain, seperti dengan bagi hasil, sponsorship dan lain-lain.

Peluang bisnis ini cukup menjanjikan, sebab disukai oleh segala kalangan. Baik anak kecil maupun orang dewasa, semuanya menyukai minum es teh. Bahkan meminum teh bisa menjadi salah satu bagian aktivitas harian yang tidak bisa terlewatkan.

Keunggulan membuka usaha mitra Tong Tji adalah sebagai berikut:

  • Disukai semua kalangan. Teh selalu memiliki tempat di hati penikmatnya. Bahkan meski di tengah banyaknya minuman kekinian yang bermunculan. Apalagi teh yang melegenda seperti merk tong tji. Tentunya banyak orang yang sudah mengetahuinya dan percaya dengan kualitasnya.
  • Kualitasnya diakui. Teh tong tji merupakan brand yang sudah terkenal dengan teh premium yang menggunakan jasmine asli tanpa perasa dan pengawet buatan.
  • Memiliki banyak variasi. Selain menjual teh original, saat ini Tong Tji telah memiliki varian the lain yang tidak kalah dengan berbagai minuman kekinian saat ini seperti the Macchiato, Latte Series, Oolong Tea dan masih banyak varian lainnya.
  • Praktis dan mudah untuk pemula. Jika Anda ingin membuka usaha, namun belum memiliki keahlian tertentu, maka mitra tong tji bisa menjadi solusinya. Sebab dengan membuka usaha ini, Anda sudah memiliki berbagai perlengkapan dan siap berbisnis.

Modal Awal Membuka Usaha  Teh Tong Tji

Meski Tong Tji sendiri belum menyediakan kerjasama dalam bentuk franchise, pihaknya tetap membuka kesempatan ekspansi bisnis sebesar-besarnya. Jadi Anda tetap bisa membuka stan atau booth untuk berjualan. Fasilitas yang bisa didapatkan adalah sebagai berikut:

  • 1 buah teko air plastik
  • 1 buah baskom plastik
  • 1 stel seragam baju & topi
  • 1 buah teko elektrik
  • 2 buah jerigen kapasitas 5 liter
  • Spanduk MMT 
  • Drink jar
  • Dispenser ekstra hot
  • Meja penjualan 
  • Bahan baku teh 
  • 700 cup gelas sebagai modal awal

Berbagai fasilitas di atas dapat Anda peroleh dengan modal mulai 3 juta saja. Selain fasilitas tersebut, Anda juga akan memperoleh pelatihan dan display pembuatan teh Tong Tji supaya rasa dan kualitasnya tetap terjaga.

Modal tersebut tergolong sangat terjangkau bagi pemula yang baru akan membuka bisnis. Karena dengan modal tersebut, Anda sudah disediakan fasilitas dan pelatihan sehingga siap untuk berjualan.

Cara Membuka Usaha Teh Tong Tji

Setelah membaca berbagai keterangan di atas, Anda pasti dapat menangkap peluang membuka usaha dengan mitra teh Tong Tji. Beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum membuka usaha mitra adalah sebagai berikut:

  • Sudah memiliki tempat usaha. Sebelum menghubungi pihak Tong Tji Anda harus menyiapkan terlebih dahulu lahan yang hendak Anda jadikan tempat usaha. Karena boothnya yang fleksibel, Anda bisa berjualan di tempat mana saja yang menurut Anda strategis. Seperti di pertokoan dekat kampus, teras rumah atau pun di berbagai event dan car free day.
  • Menyediakan modal. Persiapkan terlebih dahulu modal yang hendak digunakan untuk membuka usaha ini. Sehingga setelah pendaftaran di setujui Anda bisa langsung membuka bisnis dan mulai memperoleh keuntungannya.
  • Melakukan pendaftaran kerjasama. Nah, setelah kedua syarat siap, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran mitra dengan pihak perusahaan.

Nah, untuk pendaftarannya sendiri, hingga 2022, belum ada informasi resmi yang melampirkan tatacara maupun paket kerjasama yang ditawarkan. Namun tidak perlu khawatir, Anda tetap bisa bekerjasama dengan cara-cara berikut ini berikut ini:

1. Menghubungi call center Tong Tji

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk membuka waralaba Tong Tji adalah menghubungi call center perusahaan untuk menyampaikan maksud Anda. Anda bisa menghubungi call center dengan di (0283) 356200.

Sebelumnya, pastikan handphone sudah terisi pulsa, setelah diangkat, Anda bisa langsung mengutarakan maksud dan tujuan Anda. Nanti dari pihak perusahaan akan memberikan respond an cara lebih lanjut untuk bermitra dengannya.

2. Mengirim email

Cara kedua adalah dengan mengirimi permintaan mitra melalui email. Email perusahaan Tong Tji adalah tehtong tji@gmail.com. Anda bisa mengirimkan pesan kepada pihak perusahaan bahwa Anda hendak membuka mitra usaha dengan Tong Tji. 

Untuk permintaan via email ini, biasanya aka nada jeda waktu tunggu permintaan Anda direspon. Jika permintaan disetujui, Anda akan dihubungi pihak perusahaan langsung untuk membicarakan lebih lanjut mengenai prosedur dan cara lanjutan pendaftaran mitra dengan perusahaan Tong Tji.

3. Mendatangi kantor pusat

Jika Anda berdomisili Tegal, maka cara praktis yang bisa dilakukan adalah mendatangi langsung kantor pusat perusahaan Tong Tji yang beralamatkan Jl. Ahmad Yani 142-144 Tegal, Jawa Tengah.

Anda bisa mengutarakan maksud dan niat membuka mitra usaha atau pun sponsorship, karena perusahaan membuka ekspansi bisnis, maka Anda akan disambut dengan baik dan ramah. Jadi tidak perlu khawatir memperoleh sambutan yang kurang baik.

Nah, berikut tadi berbagai penjelasan dari waralaba Tong Tji. Jangan sia-siakan kesempatan untuk segera membuka usaha dan mendatangkan keuntungan yang menggiurkan. Segera persiapkan diri agar terhindar dari berbagai penyebab usaha mengalami kegagalan.

Saat ini sudah banyak booth Tong Tji yang dibuka di berbagai daerah, mulai dari area sekitar kampus, hingga gang kecil. Hal ini membuktikan bahwa waralaba ini memang terbukti mendatangkan keuntungan. Sehingga banyak diburu oleh para pebisnis. Tidak mau ketinggalan memperoleh manfaat bisnisnya? Yuk segera daftarkan diri Anda menjadi kitra waralaba teh Tong Tji dan mulai mencoba peruntungan Anda di dunia bisnis minuman.

nv-author-image

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota Ayun adalah mahasiswa ekonomi tingkat akhir di UPN Veteran Yogyakarta yang tertarik menulis dengan tema ekonomi dan finansial.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.