Lompat ke konten

Ide Kemasan Ramah Lingkungan untuk Bisnis

Anda memiliki sebuah perusahaan di bidang F&B? Atau sekedar ingin menyelenggarakan acara dan butuh kemasan yang menarik untuk souvenir atau makanan? Tenang, tidak perlu khawatir. Kini ada banyak ide kemasan ramah lingkungan yang bisa Anda gunakan untuk membungkus, menyimpan makanan dan souvenir. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Paper Bowl

Sumber: Gamepack

Paper bowl adalah kemasan ramah lingkungan yang cocok untuk Anda yang menjual atau menyediakan makanan berkuah, seperti soto, seblak atau rawon. Hanya saja, pastikan suhu makanan yang ada di dalam kemasan ini tidak terlalu panas, supaya tidak tembus ke luar wadah. Paper bowl cocok untuk digunakan dalam berbagai acara, mulai dari hajatan, hingga menjual makanan. 

2. Food Pail

JdpSA3kAsT4B20SBcG8SBWNWZ5QMW0JkYXLaXGSX6MvQEAyfC7155uwhDHr1uER bM0X2WoZBH

Sumber Risepack

Bosan dengan bungkus makanan yang gitu-gitu aja? Cobalah ide kemasan ramah lingkungan yang satu ini. Food pail memang seringkali digunakan untuk membungkus cemilan sejenis popcorn atau kentang goreng. Namun pada dasarnya, bungkus makanan dari kertas ini juga bisa digunakan untuk membungkus makanan jenis apapun asalkan tidak berkuah. 

3. Snack box

EjW7XzCGh0r3INGwNAA0 qDlR6uyC gRydJpTmG8y6A0CmR8bOafhLJfEXwgxeD 0YwV2iay2H88x3jsiYLU5tGB5Q1XbNzVtzciRJsDxnZ0mWcVkD i

Sumber: Indotrading

Salah satu jenis kemasan yang terbuat dari bahan alami yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat indonesia adalah snack box. Biasanya, kardus makanan ini digunakan untuk wadah makanan saat acara selamatan, pernikahan maupun acara-acara kerakyatan lainnya. Hanya saja, tidak banyak orang yang tahu kalau snack box ini bisa didesain sesuai keinginan dan masih banyak juga orang yang tidak memiliki akses ke percetakan yang menyediakan layanan desain untuk kertas yang satu ini. 

4. Gable Box

4OdO 9HmPd70Fuo0hXhX9PRC1 BbCvbbBLsrpG48b46nkPFscw0J6kQsonmUZAGw5nuuQdogyx9VMFX63GBe AL oEEq2dtdXCXvgh JPuzQCcbmX4adSON06kPzBPyCMIqkz4Fn6GHygRqupg8TbHE

Anda membutuhkan kemasan ramah lingkungan yang terkesan premium dan mudah dibawa kemana-mana? Gable box solusinya. Dengan desain mirip tas seperti ini, gable box tidak hanya bisa diisi lebih banyak makanan atau kue, tetapi juga bisa ditenteng sebagaimana tas pada umumnya atau digantungkan di gantungan depan motor untuk mempermudah cara membawa. Tidak hanya plain seperti contoh gambar di atas, gable box juga bisa didesain sesuai dengan keinginan Anda. 

5. Carton Box

GgFfU4FuQvVXKZ56Bc8icv6l Sc5xf3ykwEKKiQOvi2J2hNvzQ6mI0xeqAOITX9CHcNL6PA1TcxZYaBDZekqwqeGzFFsxofN92VOUEAJw2J3Su5wgxHifx0oH6dHNTVHOXcySxU6W

Sumber: Asia Pulp and Paper

Perusahaan Anda membutuhkan kemasan yang cukup untuk meletakkan makanan dalam jumlah besar? Atau digunakan untuk meletakkan produk selain makanan, seperti baju misalnya? Maka carton box seperti gambar di atas adalah pilihan yang tepat. Carton box umumnya terdiri dari beberapa ukuran, sehingga Anda bisa memilih kotak yang paling sesuai dengan ukuran produk Anda. 

Ide kemasan ramah lingkungan yang satu ini tidak hanya ramah lingkungan karena terbuat dari kertas (lebih mudah didaur ulang dan mengalami dekomposisi), tapi juga karena pelanggan bisa menggunakannya kembali setelah produk Anda sampai di rumah mereka. 

6. Biofoam

g5oPpbTGGfN3IFM5H7K901DhSQ2oaE2G uK0SiIHOZyyVPMt3UbkNWznqHOGQ86uAtVY4EK8Nb5IWXMKsMzBdlEz08z3lD5r5T6vQ4WD5 Y0pvT11EjbbT1NZBTdDMUwtzOs2lSuoCS03gL8GvQ1om4

Alih-alih menggunakan styrofoam untuk membungkus makanan, Anda bisa menggunakan biofoam. Biofoam adalah alat untuk membungkus makanan yang terbuat dari serat-serat tumbuhan, sehingga lebih mudah didekomposisi oleh bakteri dan memiliki struktur yang kuat. Hanya saja, kemasan ini tidak bisa digunakan untuk menyimpan makanan dalam waktu lama. 

7. Beeswax Wrap

SjykD5wzLkOgGO24Dk Mvevn5CcUFmwtSR7w9nEnKh1ApiUQ6 BtFWmEQOYaYLX3sWaLib7JEr5ejb6nDWUp7wQMQODnQARs8Om8tCFHgdYNl9z7XEs3dV2JFNFAVLoYL6lNhpAI9gI9 wvKhLVOyOM

Sumber: Canva

Salah satu ide kemasan ramah lingkungan yang bisa Anda coba adalah beeswax wrap yang terbuat dari kain yang telah dilumuri dengan lilin lebah. Caranya mudah, Anda tinggal mengambil kain bekas yang tidak digunakan, lalu lumuri kain tersebut dengan lilin lebah, kemudian disetrika. Setelah agak kaku, kain ini bisa Anda bentuk sesuai keinginan. 

Beeswax wrap berguna untuk menyimpan bahan makanan segar, seperti cabe, tomat dan lain sebagainya. Makanan segar yang dibungkus menggunakan kain ini bisa tahan hingga berhari-hari dalam suhu ruangan. Tingkat ketahanan ini tentunya akan semakin besar jika Anda menyimpan bahan-bahan tersebut di kulkas. Namun, Anda perlu ingat kalau sewaktu-waktu lilin lebah ini bisa mencair, sehingga pastikan Anda sering menyetrika kain ini. 

8. Anyaman Rotan

9B1YAkZ7DvNBvDJY73J3z6KHFyBDjof2XgG9kwyZCppa08YwAY4IAK ebmtnwvmSnJEsTADmWoPDQfTjKgAnlGa 31iUT6BCjIL0bfqAjPGo2HWw7LUZXwaa e0SHRNPO6GwXRX3AZkT6bdGcwMcD Q

Sumber: Canva

Perusahaan Anda menjual produk tradisional yang memiliki kesan eksklusif? Menjual batik tulis misalnya? Maka, Anda bisa membungkusnya dengan kemasan khusus yang menyiratkan makna tradisional, eksklusif dan ramah lingkungan juga. Salah satunya adalah dengan kotak anyaman rotan seperti gambar di atas. 

Selain cantik dan ramah lingkungan, kotak tersebut juga dapat digunakan lagi dan dapat menyiratkan nilai-nilai perusahaan Anda sebagai produsen dari produk yang ada di dalamnya.

9. Kotak Kayu

HSCF2VAMtKAZ da8rkWGfE7kESI7rSDqhTHVgH2Xx9fxbnwpz7tTiQrlAttevnrqdvvVmwYMIc7 1LMc1IX EB1rxNreHFPu3T0

Sumber: Tokopedia

Buat kemasan produk Anda tampak lebih elegan dan eksklusif menggunakan kotak kayu. Tidak hanya tahan lama dan cocok untuk digunakan untuk mengirim barang-barang mahal, kotak kayu ini juga dapat digunakan kembali dan dapat dihias sesuai dengan citra perusahaan Anda seperti gambar di atas. 

10. Besek

RwQg5vzj zIDEj9htArOSOCFdQW4s1XLgt9WDwDJgScPy4LcvulVYAW9oy uLfxwDlwprg6r53muI7o09eGu7N ZUvGOP7NqKUS3AsRzT4f Wvg pzNQMKM6Ho7ERaD2rFnzK38FaeDrBDsBwbE Pcg

Sumber: Titan Baking

Meskipun terlihat sangat tradisional, namun besek atau kotak yang terbuat dari anyaman bambu terbukti dapat digunakan untuk menyimpan makanan selama beberapa hari. Tidak heran kalau wadah ini hingga kini masih banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, misalnya sebagai wadah gudeg. 

Tidak hanya tersedia dalam bentuk dan pola warna dasar seperti gambar di atas, kini gudeg juga sudah banyak dikreasikan, baik itu menggunakan pita, ukurannya diubah sesuai kebutuhan hingga warnanya dibuat warna warni. 

11. Kotak Bambu

Mls3TU1VnPl29RkhRlE0v p S3sXB9X tz3Is pRTQuJlT5NR9utognM36QG86q5PdRW73n03hlMrw1kzy5oDK o4HOal4tf8WVBgSC8nSHG0jOUGOa6IGLpOwfQOdMuahGjOIbtm0 DP0GI65EOA s

Sumber: Alibaba

Jika besek terbuat dari serat-serat pada bambu yang dianyam, maka kotak bambu ini terbuat dari batang bambu yang telah dibersihkan dan dicat ulang. Hasilnya, kotak ini mampu terlihat cantik, natural dan bisa awet. Biasanya, kotak ini digunakan sebagai kemasan produk-produk bubuk atau krim, seperti kosmetik, bumbu dapur atau sambal. Buat kemasan produk Anda terlihat lebih eksklusif menggunakan kotak bambu ini. 

12. Paper Bag

qUqEeMXhO4DEtvqVEiyHQjgqvDGhqoxH2s43MxhuFYqcaQV

Sumber: Canva

Tidak lengkap rasanya apabila menyebut ide kemasan ramah lingkungan dengan tanpa menyebut paper bag. Sebab saat ini paper bag sudah banyak digunakan oleh berbagai brand, termasuk brand ternama, seperti starbuck. Tas ini tidak hanya ramah lingkungan dan bisa digunakan lagi, tetapi apabila dilengkapi dengan desain yang pas juga bisa tampak cantik dan elegan. 

Hanya saja kekurangannya, pastikan Anda tidak meletakkan makanan berkuah atau minuman di dalamnya, sebab lambat laun cairan dari makanan dan minuman tersebut akan meresap di bagian bawah tas dan membuatnya bocor. 

Menggunakan kemasan ramah lingkungan untuk produk Anda tidak hanya akan membuat produk tersebut tampak cantik, tetapi juga akan menunjukkan nilai-nilai perusahaan Anda yang mendukung aktivitas ramah lingkungan. Gunakan ide kemasan di atas, supaya bisnis Anda bisa lebih maju.

nv-author-image

Farichatul Chusna

Farichatul Chusna merupakan salah satu finalist PKM-Kewirausahaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional tahun 2016. Selama menjadi mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM, Chusna aktif mencari dan mengeksekusi ide bisnis yang menarik dan inovatif.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *