Lompat ke konten

7 Jenis Konten Instagram yang Menarik dan Interaktif

Jenis Konten Instagram yang Menarik dan Interaktif

Media sosial merupakan platform di mana dapat melakukan interaksi dengan orang lain secara virtual. Adanya interaksi media sosial biasanya juga tidak jauh dari konten yang diunggah. Tanpa adanya konten, biasanya belum tentu terjadi hal tersebut.

Keberadaan media sosial tidak hanya digunakan sebagai ajang eksistensi diri pribadi, tetapi juga bagi para pelaku bisnis agar bisa memperkenalkan produk dagangannya kepada masyarakat secara lebih luas. Hal ini karena penyebarannya tak hanya lebih luas, tetapi juga cepat karena saat ini sudah banyak orang aktif menggunakan platform tersebut untuk mencari informasi.

Salah satu platform sosial media yang banyak digunakan yaitu Instagram. Banyak para pelaku bisnis menggunakan Instagram karena selain penggunanya banyak, juga memiliki banyak fitur menarik untuk mendukung perkontenan produk. Apalagi bisa dilakukan secara gratis, namun tetap bisa menjangkau konsumen lebih banyak.

Dalam hal perkontenan Instagram, membuat ide konten menarik sangat penting bagi kelanjutan bisnis. Orang-orang pasti menyukai isi feeds, story, IGTV, maupun reels yang menarik, rapi, dan konsisten. Sehingga, engagement pengunjung virtualnya perlahan dapat meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

Lalu, konten seperti apa yang dapat menarik banyak pengunjung virtual? Berikut ini jenis-jenis ide konten Instagram yang menarik dan interaktif supaya bisa meningkatkan audience engagement.

1. Konten Giveaway

Konten giveaway cukup sering kita temukan di sosial media, salah satunya Instagram. Konten giveaway yaitu hal yang dilakukan oleh suatu brand atau akun sosial media untuk menarik minat audiens dengan cara memberikan hadiah. Biasanya, audiens diminta untuk melakukan syarat-syarat tertentu agar bisa mendapatkan hadiahnya, misalnya berkomentar, mention, like, follow, share, dan lainnya.

Giveaway ini sangat ampuh digunakan sebagai strategi promosi untuk meningkatkan minat para pengunjung virtual. Apalagi jika syarat-syarat mendapatkan hadiahnya tidak terlalu rumit, tentu orang-orang akan semakin tertarik untuk mencobanya.

Produk sebagai bahan giveaway bisa bermacam-macam disesuaikan dengan budget para pelaku bisnis. Jadi, apabila hendak menggunakan strategi giveaway, berikanlah hadiah paling diminati oleh masyarakat maupun bisa juga menghadiahkan produk unggulan di usaha Anda supaya semakin menarik.

2. Konten Kuis

Contoh konten Instagram yang menarik minat pengunjung virtual sekaligus interaktif berikutnya yaitu kuis. Beberapa kali mungkin Anda tak sengaja menemukan sebuah konten berisi kuis lalu mengisinya karena sedang memiliki waktu luang atau sedang santai.

Menarik minat pengunjung dengan membuat konten kuis, bisa dibilang cukup efektif karena seolah menantang mereka menjawab pertanyaan dengan benar. Apalagi, cara seperti ini dinilai lebih interaktif sebab mengajak pengunjung berinteraksi secara virtual. Apabila Anda memiliki budget lebih, tidak ada salahnya memberikan hadiah menarik kepada mereka yang telah menjawab dengan benar di kolom komentar postingan Instagram supaya semakin menarik minat orang banyak.

Isi dari konten kuis bisa berupa pertanyaan pilihan ganda, tebak kata, tebak gambar, dan lain sebagainya. Bisa juga disesuaikan dengan jenis produk dagangan pada usaha Anda supaya mereka semakin mengenal produk tersebut.

3. Konten Perbandingan Suatu Produk, Barang, dan Lainnya

Selanjutnya contoh konten Instagram menarik bagi banyak orang yaitu tentang perbandingan tentang suatu produk, barang, jasa, profesi, maupun lainnya. Konten perbandingan selain mampu menarik minat para pengunjung virtual, juga dapat menambah ilmu maupun memecahkan rasa penasaran dari para audiens.

Konten perbandingan contohnya jika bisnis Anda berbasis teknologi, bisa dengan membandingkan tipe laptop berbeda series. Apabila memiliki usaha berbasis makanan, bisa dengan mengutarakan perbedaan antara jenis bahan yang digunakan pada makanan.

Ide konten perbandingan bermacam-macam, bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Maksimalkan unggahan konten tersebut melalui Instagram story, reels, IG TV, maupun postingan feeds supaya semakin menarik pengunjung. Buat semenarik dan serapi mungkin karena hal tersebut merupakan salah satu kunci konten disukai oleh audiens.

4. Konten Interview Bersama Tokoh Terkenal

Konten interview bersama tokoh terkenal biasanya juga sangat disukai oleh audiens karena jadi tahu tentang cerita hidup dan mendapatkan motivasi dari tokoh tersebut. Orang terkenal yang bisa diundang sebagai penarik pengunjung, misalnya selebgram, orang penting di suatu merek atau mungkin di bisnis Anda sendiri, maupun orang berpengaruh pada suatu bidang relevan dengan brand Anda.

Contohnya ketika menjalankan bisnis kuliner. Maka, cobalah mengundang food vlogger terkenal di daerah Anda lalu melakukan interview bersamanya. Melalui cara ini, banyak orang pasti semakin penasaran dan tertarik untuk melihat konten tersebut.

Anda dapat mengunggahnya melalui IGTV, reels, maupun rangkuman postingan dengan foto-foto. Selain itu, konten tersebut dapat dijadikan sebagai promosi secara halus atau soft selling supaya orang-orang jadi tertarik untuk membeli produk Anda.

5. Konten Tanya Jawab melalui Instagram Story

Konten tanya jawab selain menarik, juga tergolong interaktif karena melakukan interaksi pada audiens meskipun secara virtual. Ide konten seperti ini dapat dilakukan melalui postingan Instagram story karena terdapat fitur Question and Answer (QnA) untuk tanya jawab.

Melalui konten QnA, pengunjung bebas bertanya apapun tentang produk maupun usaha Anda. Adanya fitur tanya jawab tersebut dapat dimanfaatkan supaya pengunjung dapat lebih mengetahui tentang produk yang Anda jual karena mereka bisa bertanya langsung. 

Menjawab pertanyaan dari para penanya tidak perlu melulu dilakukan secara serius. Menyelipkan candaan juga tidak ada salahnya agar mereka tidak bosan karena terlalu monoton. Jawaban informatif dan interaktif tetapi tidak terlalu serius dapat menarik audiens untuk terus mengikuti konten Anda di sosial media, khususnya Instagram.

6. Konten Kutipan yang Memainkan Emosi Pengunjung Virtual

Konten berupa kutipan atau quotes, juga menjadi konten menarik dan interaktif karena mampu memainkan emosi para pengunjung virtual. Apalagi jika kutipan tersebut sangat sesuai dengan keadaan mereka, sehingga mereka akan membagikannya kepada orang lain.

Isi konten kutipan bisa berupa motivasi, keuangan, diet, maupun lainnya. Selain itu, Anda juga bisa membuat kutipan memainkan emosi orang lain, misalnya tentang percintaan, perasaan galau, kebahagiaan, dan lain-lain.

Mengunggah ide konten berupa kutipan atau quotes sangat disarankan karena jika menarik pasti akan mendapatkan banyak like dan share. Sehingga, buatlah kutipan menarik namun mudah dipahami oleh orang lain.

Isi kutipan sebaiknya dibuat semenarik mungkin serta usahakan juga kekinian atau mengikuti perkembangan zaman. Tujuannya supaya banyak orang memberikan like dan melakukan share pada postingan tersebut.

7. Konten Mengikuti Tren atau Sedang Populer

Dalam hal perkontenan Instagram, hal paling penting yaitu selalu mengikuti tren atau sesuatu yang sedang populer. Cara ini sangat efektif karena mampu menarik engagement para audiens secara lebih cepat.

Mengikuti tren memang tidak akan ada habisnya, sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai ide perkontenan Instagram. Ketika mengikuti tren, pastikan lebih berhati-hati. Sebaiknya buatlah konten yang relevan dengan produk dan brand Anda, lalu jangan pernah menjelekkan produk lain secara berlebihan maupun menggunakan kata-kata tidak pantas.

Banyak cara memviralkan produk dengan baik, tanpa harus berlebihan menjatuhkan kompetitor lain melalui sebuah tren. Cara mengetahui tren saat ini, Anda bisa menjelajahnya melalui fitur explore di Instagram. Kemudian maksimalkan unggahannya melalui story, IGTV, reels, maupun postingan feeds.

Jenis konten Instagram yang menarik dan interaktif tersebut dapat Anda coba untuk mengenalkan bisnis Anda kepada masyarakat secara lebih luas dan efektif. Tips penting membuat konten, yaitu pastikan unggahannya menarik, interaktif, juga rapi.

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.