Lompat ke konten

7 Konsep Warung Makan Unik yang Bisa Ditiru

Konsep warung makan unik

Berbicara mengenai bisnis di bidang kuliner, maka pasti tidak ada habisnya. Selalu ada inovasi baru yang unik dan menarik. Tidak hanya pada variasi produk, konsep tempat usahanya pun kini mulai bermunculan ide-ide baru. Salah satunya pada konsep warung makan unik.

Bila Anda memiliki usaha warung makan, mungkin konsep dengan ide baru yang unik serta kekinian bisa dicoba supaya bisnis ada dapat terjaga kelangsungannya. Sebab semakin hari semakin banyak bisnis kuliner yang muncul, artinya semakin banyak pesaing Anda dalam bidang ini.

Berikut tujuh konsep warung makan unik yang bisa Anda jadikan referensi bagi Anda yang baru memulai usaha, dan sebagai pembaharuan bagi Anda yang sudah terjun di bidang ini:

1. Konsep Warung Makan Unik dalam Kolam Ikan

warung makan dengan kolam

Konsep unik yang pertama adalah konsep warung makan dalam kolam ikan. Mungkin ini masih terdengar asing di telinga Anda, karena memang belum banyak yang menggunakannya. Tapi dari keunikannya, konsep warung ini bisa Anda coba untuk menarik perhatian calon konsumen.

Dengan konsep unik ini, pengunjung dapat menikmati hidangan di tempat dengan melepas alas kakinya dan merasakan sensasi baru ketika kakinya digigit oleh ikan-ikan kecil. Desain mejanya pun dibuat agak tinggi, supaya ketika Anda tidak ingin terlalu lama kaki terendam air, Anda dapat mengangkatnya di atas sanggahan.

Untuk meniru konsep ini, Anda cukup menyiapkan tempat yang cukup luas untuk disulap menjadi kolam ikan, tidak perlu terlalu dalam, cukup di atas mata kaki orang dewasa. Kemudian Anda bisa mengisinya dengan ikan-ikan sejenis koi dan garra rufa. Memang ini membutuhkan desain khusus, tetapi sebanding dengan keuntungan yang bisa Anda peroleh ketika konsep ini disukai pelanggan.

2. Konsep Warung Makan Unik Tema Tradisional

warung lumboeng

Konsep kedua adalah kedai dengan desain tradisional. Konsep ini mungkin bukan sesuatu yang baru, tetapi sangat menarik untuk dicoba. Sebab memiliki penggemar fanatik sendiri. Segmentasinya dalam kalangan orang-orang kota yang ingin mendapatkan suasana desa yang sudah lama tidak diperolehnya.

Untuk meniru konsep ini Anda cukup mendesain interior warung makan Anda dengan desain rumah-rumah zaman dahulu. Begitu juga dengan peralatan makan yang digunakan, usahakan menggunakan alat-alat makan dengan desain tradisional. Anda juga bisa menambahkan berbagai atraksi kesenian daerah untuk menarik lebih banyak pengunjung.

3. Konsep Rumah Makan Unik Tema Industrial

cafe tema industrial

Jika Anda memiliki target pasar kalangan muda atau milenial maka konsep restoran industrial kekinian ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Konsep industrial identik dengan bangunan setengah jadi yang dibiarkan terekspos dengan suasana pabrik. Konsep seperti ini biasanya menggunakan tone warna putih dan abu-abu.

Konsep ini disukai sebab elok dilihat dan cocok dijadikan sebagai spot foto. Selain itu dengan konsep ini, Anda juga dapat meminimalisir budget untuk membangun warung makan Anda, karena dalam pembuatannya hanya setengah jadi,

Anda bisa meniru konsep unik yang satu ini dengan membangun rumah makan Anda setengah jadi, membiarkan bangunannya tidak selesai. Kemudian menata berbagai furniture yang minimalis dan senada. Jangan lupa beri akses lampu besar yang identik dengan suasana pabrik.

4. Konsep Warung Makan Unik dengan View Alam

warung dengan view alam

Konsep kedai unik selanjutnya adalah konsep warung makan dengan view alam yang terbentang luas. Bisa berupa hamparan sawah hijau atau perbukitan menorah yang cantik. Selain karena keunikannya, orang-orang akan tertarik datang sebab tempatnya yang asri dan sejuk. Juga biasanya dijadikan tujuan wisata kuliner.

Untuk konsep satu ini, mungkin Anda perlu riset yang mendalam untuk memilih tempat usaha yang Anda bangun. Usahakan tempat Anda membangun memang di daerah dengan view alam yang cantik dan unik, sehingga dapat mengundang banyak pengunjung. 

5. Konsep Warung Makan Unik ‘Open Kitchen’

konsep open kitchen

Selanjutnya, konsep restoran dengan ‘open kitchen’ cukup menarik perhatian. Konsep ini adalah konsep dimana Anda memperlihatkan proses mengolah makanan yang disajikan untuk para pembeli. Proses memasak bisa seperti menggoreng dan membakar hidangan Anda. Biasanya juga dilengkapi dengan sedikit atraksi memasak yang menarik perhatian pelanggan.

Konsep ini memang sudah mulai digunakan oleh restoran-restoran. Menariknya, setiap jenis makanan tentunya memiliki cara olah yang berbeda sehingga tetap membuat penasaran pengunjung. Selain itu, ini juga bisa menjadi bentuk transparansi warung makan dalam pengolahan makanan adalah yang berkualitas baik, sehat dan diproses dengan cara yang benar.

Untuk konsep ini, Anda cukup menata warung makan Anda dengan dapur yang terbuka tanpa sekat. Sehingga pelanggan yang datang dapat melihat langsung dapur dan proses Anda ketika memasak. Rekomendasi konsep unik ini patut dicoba karena pasti mendatangkan banyak pembeli.

6. Konsep Warung Makan Unik di Aliran Sungai

warung di aliran sungai

Jika Anda berencana membuka atau membuka cabang baru untuk restoran Anda, maka pilihan konsep warung makan di aliran sungai ini bisa jadi pilihan. Memang konsep ini masih tergolong baru, namun ternyata memiliki peminat cukup banyak lho. Sebab biasanya dijadikan sebagai tujuan wisata kuliner dan tempat refreshing. Apalagi jika pemandangan di sekitarnya indah akan menjadi nilai plus sekaligus pemasaran yang lebih mudah.

Anda bisa membuka usaha warung makan konsep ini di aliran sungai yang dipastikan aman dan jernih. Cukup sediakan meja dan kursi yang cukup kokoh dan makanan dengan rasa yang lezat, warung makan Anda kebanjiran pelanggan.

7. Konsep Warung Makan Unik ‘Food Truck’

food truck

Konsep unik terakhir adalah kedai dengan konsep ‘food truck’. Food Truck atau truk makanan berjalan sebuah kendaraan yang difungsikan untuk menjual berbagai macam makanan. Untuk menarik simpati masyarakat, Anda bisa mendesain food truck ini dengan desain yang lucu atau pun minimalis. Sesuaikan dengan target pasar Anda.

Selain konsepnya yang unik, food truck juga memiliki kelebihan berupa bisa dibawa berjalan kemana saja. Sehingga Anda bisa mendatangi dimana biasanya calon pembeli yang masuk target pasar Anda berada. Selain itu juga modal yang dikeluarkan lebih kecil apabila dibandingkan modal untuk membangun sebuah restoran.

Untuk memiliki warung makan dengan tema ini, Anda cukup membeli kendaraan dengan kapasitas besar dan menyulapnya dengan desain yang Anda mau, sesuai target pasar Anda. Tentunya juga melengkapinya dengan berbagai perabotan dan peralatan masak.

Nah, berikut tadi merupakan tujuh konsep kedai unik dan bisa Anda tiru dan terapkan di bisnis Anda. Tentunya disesuaikan dengan target pasar dan kondisi di daerah Anda.

Ingat, konsep sebenarnya menjadi faktor kesekian mendatangkan pelanggan. Cita rasa dan kualitas tetaplah menjadi nomor satu. Oleh karena itu, dengan konsep seperti apapun, utamakan rasa dan kualitas yang Anda berikan adalah yang terbaik. Sehingga dapat membuat pembeli merasa puas dan suatu saat kembali atau bahkan menjadi pelanggan di usaha milik Anda. Selamat mencoba!

nv-author-image

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota Ayun adalah mahasiswa ekonomi tingkat akhir di UPN Veteran Yogyakarta yang tertarik menulis dengan tema ekonomi dan finansial.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.