Lompat ke konten

Perbedaan Financial Statement dan Financial Report  (Plus Contoh)

perbedaan financial statement dan financial report

Anda mungkin sering mendengar istilah financial statement dan financial report dalam dunia akuntansi. Atau mendengarnya ketika sedang bekerja di sebuah perusahaan. Kedua istilah tersebut memang tidak asing digunakan. 

Sayangnya, orang-orang yang sering menggunakan istilah di atas seringnya menganggap bahwa keduanya sama. Padahal kedua istilah tersebut jelas memiliki kegunaan yang berbeda. Apa perbedaan financial statement dan financial report.

Berikut penjelasan mengenai apa itu financial report, financial statement, dan perbedaan financial statement dengan financial report. Yuk simak sampai akhir!

Apa Itu Financial Statement?

Financial statement adalah laporan keuangan perkembangan bisnis yang dapat menunjukkan kondisi keuangan perusahaan secara detail dan terperinci. Segala informasi terkait posisi keuangan perusahaan, kinerja karyawan, dan segala perubahan posisi neraca keuangan sudah lengkap dalam financial statement. 

Laporan ini dibuat untuk diketahui oleh pihak-pihak yang berkepentingan agar mengetahui mengenai kondisi perusahaan. Misalnya untuk seorang manajer, maka laporan ini berfungsi untuk pengambilan keputusan perusahaan. Keputusan untuk menambah modal, mengambil investasi dan lain sebagainya.

Dalam laporan ini juga tercermin apa saja yang sudah dilakukan oleh pihak manajemen terhadap sumber daya yang dimiliki. Sehingga segala gerak-gerik manajer juga dapat diawasi. Sehingga setelah adanya laporan ini, keputusan penggantian manajemen bisa dilakukan apabila kinerjanya dirasa kurang optimal.

Terdapat empat jenis diantaranya adalah laporan posisi keuangan perusahaan, kumpulan catatan atas laporan keuangan, laporan jika ada perubahan ekuitas perusahaan, dan arus kas. Berikut penjelasannya:

  • Laporan posisi keuangan, merupakan laporan yang berisi mengenai dimana kondisi harta perusahaan, modal yang dipunyai, serta kewajiban yang harus dibayarkan oleh perusahaan dalam periode tertentu. Laporan posisi keuangan digunakan melihat laba usaha dan untuk menganalisis arus kas pada periode kedepannya sehingga perusahaan bisa bersiap-siap menyiapkan sejumlah dana untuk periode selanjutnya.
  • Kumpulan catatan atas laporan keuangan adalah catatan kasar mengenai transaksi perusahaan yang memiliki tambahan sebagai penjelas informasi keuangan yang telah ada.  Berfungsi apabila terjadi perbedaan laporan keuangan, dapat ditelusuri penjelasannya pada catatan yang telah dibuat.
  • Laporan perubahan ekuitas atau modal, adalah laporan yang menunjukkan posisi dan jumlah modal yang dipunyai perusahaan. Jadi diketahui penambahan atau pengurangan modal yang dipunyai setelah digunakan perusahaan beroperasi.
  • Laporan arus kas, merupakan laporan yang menunjukkan keluar masuknya uang kas dari berbagai transaksi yang dilakukan oleh perusahaan. 

Apa Itu Financial Report?

Berbeda dengan jenis laporan sebelumnya, financial report adalah laporan keuangan perusahaan yang merupakan hasil sampingan dari adanya kegiatan produksi sebagai laporan pendukung financial statement. Yaitu laporan yang ditambahkan informasi tambahan yang berhubungan dengan pelaporan yang ada.

Informasi tersebut menyangkut sistem akuntansi keuangan perusahaan. Salah satu contohnya adalah informasi mengenai sumber daya perusahaan yang masih tersedia. Untuk tujuannya sendiri, financial report bertujuan untuk memberikan berbagai macam informasi untuk investor, maupun pihak pemberi hutang hingga pihak yang membutuhkan.

Selain itu, laporan ini juga menjadi tambahan pertimbangan saat hendak membuat suatu keputusan. Karena memuat informasi sumber daya ekonomi maka kemudian dapat dilihat kepemilikan atas sumber daya perusahaan serta berbagai perubahan saat digunakan. 

Terakhir, tujuan laporan ini juga berfungsi untuk menaksir arus kas yang masuk pada sebuah perusahaan dalam periode tertentu. Beberapa contoh dari financial report adalah profil perusahaan, data lengkap mengenai perusahaan, laporan kinerja keuangan, dan ikhtisar saham. Penjelasannya sebagai berikut:

  • Profil perusahaan, merupakan penjelasan atau penjabaran mengenai perusahan yang dibuat secara ringkas serta dapat menggambarkan perusahaan secara keseluruhan.
  • Data lengkap perusahaan merupakan kumpulan informasi yang menyangkut perusahaan secara lengkap, baik dari segi keuangan, aset dan sebagainya.
  • Laporan kinerja perusahaan, merupakan pelaporan atas kinerja yang telah dilakukan perusahaan dalam periode tertentu sehingga dapat dinilai baik dan buruknya kinerja perusahaan supaya di periode selanjutnya dapat dilakukan evaluasi.
  • Ikhtisar saham, adalah merupakan grafik yang menunjukkan kinerja saham perusahaan meliputi bagaimana pergerakan saham, berapa posisi tertinggi harga saham, posisi terendah dan penutupan serta volume transaksi saham harian.

Perbedaan Financial Statement dan Financial Report

Setelah mengetahui pengertian kedua istilah di atas, maka Anda bisa menarik kesimpulan mengenai perbedaan financial statement dan financial report. Apa saja perbedaannya? Berikut penjelasannya!

Perbedaan makna 

Perbedaan financial statement dan financial report secara dasar terletak pada makna atau artinya. Setelah membaca penjelasan di atas, maka sudah jelas bahwa financial statement merupakan laporan yang mengabarkan mengenai kondisi perusahaan dalam keuangannya.

Sedangkan, financial report merupakan laporan output lainnya dari perusahaan yang bisa mendukung perusahaan. Dari pengertian atau definisi maka sudah jelas sekali perbedaan antara keduanya.

Perbedaan jenis

perbedaan financial statement dan financial report terletak pada jenis laporannya. Jika financial statement memiliki empat jenis laporan yaitu laporan keuangan, laba rugi, neraca dan arus kas perusahaan.

Maka financial report memiliki beberapa jenis laporan yang tentunya sangat berbeda dengan jenis laporan sebelumnya. Contohnya adalah profil perusahaan, ikhtisar saham, data lengkap mengenai perusahaan dan laporan kinerja perusahaan.

Jika dilihat maka perbedaan antara jenis keduanya, terletak pada bentuknya. Jenis financial statement biasanya lebih ke penghitungan akuntansi, sedangkan istilah satunya lebih kepada data perusahaan.

Perbedaan tujuan 

Perbedaan financial statement dan financial report terletak juga pada perbedaan tujuan. Financial statement bertujuan untuk mengetahui kondisi keuangan sebuah perusahaan atau bisnis. Data ini yang bisa menjadi evaluasi perusahaan untuk diperbaiki di periode kemudian.

Sedangkan, financial report bertujuan untuk mengetahui informasi mengenai perusahan yang dijadikan sebagai pengambilan keputusan, misalnya untuk investor, untuk mengambil keputusan apakah hendak memberikan uangnya kepada perusahaan tersebut. Atau untuk kreditu berguna untuk melihat jejak rekam perusahaan dalam meminjam uang. Apakah perusahaan bisa dengan amanah membayar pinjaman dengan rutin dan lancar.

Perbedaan sifat

Perbedaan financial statement dan financial report juga terletak pada sifatnya. Seluruh laporan financial statement biasa nya bersifat terbuka. Semua orang bisa mengaksesnya. Sehingga dalam penyusunannya dibuat mudah dimengerti dan lebih sederhana. Investor, kreditor hingga masyarakat luas dapat mengaksesnya. 

Berbeda dengan financial report yang bisanya hanya diketahui oleh pihak internal perusahaan. Sebab jika tersebar, akan sangat berbahaya untuk perusahaan. Maka biasanya tidak ada publikasi laporan financial report untuk masyarakat umum. 

Nah, berikut di atas merupakan penjelasan mengenai pengertian kedua istilah, dan perbedaan financial statement dengan financial report. Kedua laporan penting untuk pengembangan dan kemajuan perusahaan. Sehingga harus dibuat dengan biak, rapi dan disiplin.

Dengan memiliki pelaporan keuangan yang baik, rapi dan disiplin perusahaan akan lebih mudah untuk maju karena dapat diorganisir dengan baik dan lebih mudah mengatasi berbagai kecurangan atau pun tindak kejahatan dalam perusahaan. Jika Anda hendak memulai bisnis dari nol, Anda harus terlebih dahulu mengetahui informasi laporan di atas, supaya pelaporan dalam perusahaan Anda lengkap dan baik.

nv-author-image

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota Ayun adalah mahasiswa ekonomi tingkat akhir di UPN Veteran Yogyakarta yang tertarik menulis dengan tema ekonomi dan finansial.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.