Lompat ke konten

Cara Banjir Orderan di WhatsApp Plus Tipsnya

Cara banjir orderan di WhatsApp

Mendapatkan banyak order di WhatsApp bisa dilakukan bahkan untuk seorang pemula, asal Anda mengetahui triknya dan menerapkannya dengan baik. Kemudahan teknologi telah membawa kita ke zaman dimana seluruh aktivitas dimudahkan olehnya. Salah satunya adalah berbelanja.

Jika dahulu, ketika orang-orang hendak berbelanja harus datang ke toko fisik, memilih dan kemudian membayar. Maka kini, pembelian maupun penjualan bisa dilakukan melalui gadget dan aplikasi yang sudah tersedia. 

Salah satu aplikasi chatting yang juga dapat digunakan sebagai media promosi agar penjualan Anda laku keras adalah WhatsApp. WhatsApp bisa menjadi media penghubung antara Ada dan calon konsumen.

Berikut cara banjir orderan di WhatsApp plus tipsnya yang wajib Anda terapkan supaya mendapatkan banyak keuntungan. Simak dan terapkan pada bisnis Anda!

1. Gunakan metode storytelling

Cara pertama yang bisa Anda terapkan agar banjir orderan di WhatsApp adalah menggunakan metode promosi storytelling. Metode pemasaran storytelling ini merupakan cara beriklan tanpa membuat konsumen merasa sedang melihat iklan. 

Biasanya, metode ini menggunakan pengalaman atau cerita dari konsumen dengan masalahnya kemudian Anda memberikan solusi dari permasalahan tersebut. Misalnya, dari keluhan calon konsumen, Anda melihat bahwa banyak sekali yang mengeluhkan kerak kamar mandi yang sulit dihilangkan.

Jangan langsung menawarkan produk, Anda bisa mencoba produk Anda  terlebih dahulu. Kemudian memberikan testimoni penggunaannya dengan foto atau video. Kemudian memasangnya di status WhatsApp, atau mengirimnya langsung kepada konsumen. 

Anda bisa membujuk calon konsumen tanpa sadar, misalnya mengatakan bahwa Anda juga memiliki masalah yang sama dan dengan produk tertentu bisa hilang. Kemudian calon konsumen biasanya akan bertanya di mana Anda membeli, berapa harganya dan informasi lainnya, disitu Anda baru bisa masuk untuk mempromosikan produk Anda kepada konsumen.

Cara ini sangat ampuh karena calon konsumen tidak akan melewatkan promosi Anda sebab barang tersebut memang dibutuhkan. Coba terapkan metode ini apabila Anda ingin banjir orderan dan meraup banyak keuntungan.

2. Pastikan ada Call to Action di setiap promosi

Cara banjir orderan di WhatsApp yang lain adalah dengan memastikan bahwa selalu ada Call to Action di setiap Anda melakukan promosi. Call to Action merupakan salah satu strategi marketing di mana promosi menggunakan kata-kata atau frasa promosi di WhatsApp yang biasanya hanya pendek namun mengundang ajakan yang spesifik.

Menurut Hubspot, metode Call to Action ini bisa meningkatkan potensi pelanggan melakukan pembelian hingga 121%. Jadi jangan pernah melewatkan call to action  saat melakukan promosi. Hal ini cukup sederhana namun akan berdampak banyak.

Contoh call to action misalnya ketika Anda membuat status berupa promosi produk Anda melalui status WhatsApp atau menghubungi langsung pelanggan Anda, nah Anda bisa menambahkan frasa sederhana seperti “Segera beli dengan di link berikut” atau “Yang tertarik bisa langsung chat”. 

Hal ini supaya konsumen mengetahui bagaimana cara membeli apabila ia memang benar-benar tertarik dengan produk Anda. Juga memudahkan konsumen karena lebih mudah dalam pemesanan. Menggunakan cara ini siap-siap banjir orderan dan mendapatkan banyak keuntungan.

3. Selalu konfirmasi ulang pada konsumen potensial

Jika Anda memiliki konsumen potensial yang sudah bertanya-tanya mengenai produk namun tidak juga segera membeli. Anda mungkin harus melakukan konfirmasi ulang. Konfirmasi ini bertujuan menanyakan kepada konsumen apakah jadi membeli produk Anda atau tidak, sekaligus mempromosikan kembali produk Anda.

Tetapi sebagai catatan jangan terlalu sering melakukan konfirmasi, sebab hal itu akan mengganggu konsumen. Usahakan sekali saja melakukan konfirmasi ulang, namun di waktu yang tepat, seperti Anda sedang mengadakan diskon.

Sehingga Anda bisa sekaligus menginformasikan bahwa untuk memberi barang yang ia butuhkan, bisa menggunakan diskon tertentu. Jadi konsumen akan berpikir ulang dan pada akhirnya tertarik untuk melakukan pembelian.

Hal ini juga bisa sebagai pengingat, sebab banyak sekali calon konsumen potensial yang tertarik namun sedang dalam kondisi tertentu seperti sedang sibuk, atau repot kemudian lupa untuk melanjutkan pembelian, misal hanya menyimpan gambar saja, atau hanya mengisi formulir pemesanan namun belum bayar.

Pastikan saat melakukan konfirmasi ini, Anda sopan dan ramah. Juga sabar menghadapi segala reaksi calon konsumen. Karena pelayanan yang baik membuat seseorang merasa nyaman dan tanpa enggan kembali membeli di toko Anda.

4. Bergabung dengan grup yang sesuai target pasar

Pada WhatsApp banyak sekali grup bentukan berdasarkan komunitas yang memiliki kecintaan, atau hobi yang sama. Grup inilah yang bisa Anda jadikan sebagai media promosi, karena pastinya anggota dalam grup banyak dan mungkin di antaranya adalah calon konsumen Anda.

Ikuti grup yang sesuai dengan target pasar Anda, misalnya produk yang dijual adalah peralatan masak. Anda bisa mengikuti grup yang isinya merupakan ibu-ibu rumah tangga, atau anak muda yang memiliki hobi memasak. 

Atau jika Anda menjual berbagai jenis sepeda, karena target pasarnya adalah para bapak, maka Anda bisa mengikuti grup bapak-bapak tersebut untuk melakukan penawaran sepeda. Bisa juga pada grup pecinta sepeda. Tinggal bagaimana Anda menentukan target pasar.

Sebagai catatan, hindari terus menerus melakukan promosi. Sesekali  juga harus melakukan ramah tamah, saling menyapa sesama anggota grup atau menanggapi anggota grup lainnya yang berjualan. Jadi tidak hanya motif berjualan saja, Anda bisa juga berteman dengan calon konsumen potensial. Hal ini bisa juga digunakan sebagai mini riset apa saja sebenarnya produk yang mereka butuhkan.

5. Perluas jaringan kontak WhatsApp Anda

Cara banjir orderan di WhatsApp selanjutnya adalah dengan memperluas jaringan kontak WhatsApp Anda. Supaya jika sedang melakukan promosi, entah itu secara langsung atau melalui storytelling banyak yang menontonnya. 

Sehingga lebih banyak yang tertarik dan akhirnya membeli. Namun jika kontak sedikit, ya otomatis hanya sedikit yang melihat dan hanya sedikit yang melakukan pembelian. Anda bisa menyimpan kontak teman atau konsumen sebanyak-banyaknya menggunakan WhatsApp khusus bisnis.

Manfaatkan jaringan yang luas tersebut untuk melakukan promosi, Anda bisa menjadwalkan promosi misalnya berapa kali dalam seminggu, kemudian memberikan diskon pada waktu tertentu yang tentunya tidak merugikan diri sendiri dan juga menunjukkan pada konsumen proses pembuatan produk apabila membuatnya secara mandiri. 

Nah, berikut di atas merupakan 5 cara agar orderan di WhatsApp banyak yang bisa diterapkan supaya bisnis semakin maju dan berkembang. Sebagai catatan, semua konsumen tentu menyukai pelayanan yang ramah. Jadi apa pun metode promosi yang dilakukan, pastikan tetap menggunakan pelayanan yang ramah dan sopan.

Selalu utamakan kepentingan konsumen dan kebutuhannya. Maka dengan otomatis konsumen akan merasa nyaman dan tidak akan ragu untuk kembali membeli barang-barang kebutuhannya kepada Anda. Sehingga akan terus menerus kebanjiran orderan. Selamat mencoba cara di atas untuk bisnis yang lebih berkembang!

nv-author-image

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota Ayun adalah mahasiswa ekonomi tingkat akhir di UPN Veteran Yogyakarta yang tertarik menulis dengan tema ekonomi dan finansial.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.