Lompat ke konten

Apa Itu Shopkeeper? Berikut Pengertian dan Tugasnya

Shopkeeper

Shopkeeper adalah pekerjaan yang berhubungan dengan penjagaan warung, toko, ataupun kedai. Jenis pekerjaan seperti ini nantinya berhubungan pula dengan pemberian pelayanan terbaik kepada para pelanggan, bertanggung jawab terhadap stok barang, sampai perihal keamanan toko tersebut. Lowongan kerjanya pun sebenarnya banyak tersebar dan hampir semua jenjang pendidikan maupun jurusan bisa menjadi seorang shopkeeper.

Penasaran apa itu shopkeeper? Ini dia pengertian serta tugas dan tanggung jawab seorang penjaga toko.

Apa Itu Shopkeeper?

Shopkeeper adalah pekerjaan yang mengharuskan seseorang memegang tanggung jawab untuk menjaga toko, warung, maupun kedai. Apabila diterjemahkan dari Bahasa Inggris, shopkeeper berarti penjaga toko. Sehingga tugasnya nantinya berhubungan dengan pelayanan pelanggan sampai menjaga keamanan outletnya.

Toko atau ritel merupakan tempat di mana barang-barang kebutuhan masyarakat dijual, dan biasanya di setiap daerah pasti memiliki tempat tersebut. Pihak ritel biasanya menyimpan stok barang dan uang hasil penjualannya di tempat khusus yang aman supaya tidak mudah diutak atik oleh sembarang orang. Oleh karenanya, itulah salah satu tugas shopkeeper yaitu menjaga aset toko supaya tetap aman sekaligus memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada para konsumen.

Maka dari itu, seorang shopkeeper memang harus memiliki kriteria khusus, misalnya berpenampilan menarik dan ramah. Tujuannya supaya bisa menarik calon konsumen untuk berbelanja, bahkan memungkinkan untuk membuat mereka kembali lagi berbelanja di tempat tersebut karena menerima pelayanan yang baik. Jadi tak heran apabila profesi sebagai shopkeeper ini sangat penting bagi perkembangan usaha ritel serta minat para pembeli.

Tugas dan Tanggung Jawab Shopkeeper

Tidak hanya bertugas menjaga toko dan melayani di balik meja kasir saja, sebagai seorang penjaga toko, ada beberapa tugas dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Simak uraiannya pada poin-poin berikut ini.

1. Menyambut kedatangan konsumen

Tugas shopkeeper yang pertama tentu saja menyambut kedatangan konsumen dengan ekspresi ramah. Menyambut mereka dengan senyuman dan tutur kata yang sopan, lalu bersikap santun. Hal sederhana seperti itu mampu memberikan kesan tersendiri dan merasa dihargai, sehingga konsumen merasa nyaman ketika berbelanja dan bertransaksi di toko tersebut.

Mungkin penerapan hal sederhana seperti menyambut pelanggan secara ramah seringkali diabaikan, baik oleh pegawai lama maupun baru. Bagaimanapun juga, sikap ramah, sopan santun, senyum, dan sabar sangat diperlukan guna menarik minat calon pembeli untuk berbelanja di toko tersebut.

2. Memberikan informasi mengenai promo dan diskon

Memberikan informasi mengenai promo dan diskon yang sedang berjalan juga termasuk tugas dan tanggung jawab shopkeeper. Misalnya saat itu sedang ada potongan harga setiap pembelian 2 liter minyak goreng, maka informasikan hal seperti itu kepada pelanggan. Tujuannya agar mereka membeli barang lebih banyak, di mana hal seperti ini dapat membantu menaikkan penjualan, apalagi siapapun sangat suka dengan potongan harga.

Tak hanya memberikan informasi seputar promo dan diskon menarik yang sedang berlaku saja. Seorang penjaga toko juga mempunyai tugas memberikan informasi penting yang lainnya ke konsumen, misalnya pembuatan kartu member, paket bundling, program donasi, dan lain sebagainya. Maka dari itu, seorang shopkeeper sebaiknya memiliki cara berkomunikasi yang baik agar segala informasi tersampaikan dengan baik kepada pembeli.

3. Memberikan pelayanan kepada konsumen

Shopkeeper bertanggung jawab memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada konsumen, baik secara tatap muka langsung maupun melalui sosial media dan panggilan telepon. Maka dari itu, penjaga toko diharuskan mampu berkomunikasi dengan baik, memiliki sopan santun, serta kesabaran supaya mampu melayani pelanggan sebaik mungkin. 

Karakter setiap pembeli berbeda-beda, jadi seorang penjaga toko harus pandai pula dalam mengendalikan emosi. Terutama jika menghadapi pembeli cerewet yang selalu menanyakan stok barang dan promo. Jadi jika menekuni pekerjaan ini, Anda pun harus paham mengenai segala informasi penting yang ada di toko, termasuk promo dan diskon saat itu supaya bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pelanggan.

4. Menjaga keamanan sekaligus kebersihan toko

Tugas dan tanggung jawab lainnya adalah berusaha menjaga keamanan sekaligus kebersihan toko. Menjaga keamanan termasuk perihal hasil penjualan pada saat shift sampai pemeriksaan stok gudang secara rutin. Kemudian tugas lainnya juga menjaga supaya area toko tetap bersih agar pelanggan nyaman berbelanja sudah merupakan aktivitas shopkeeper sehari-harinya.

Penjagaan keamanan ini sangat penting, apalagi tidak jarang banyak ditemui pengunjung nakal yang menyelundupkan barang dari etalase ke pakaian atau barang bawaan mereka. Itulah pentingnya keberadaan CCTV di setiap sudut tempat, tujuannya supaya bisa memantau pergerakan mencurigakan pengunjung. Jadi, jika ada sikap mencurigakan sebaiknya langsung ditegur secara tegas agar kejadian tersebut tidak terulang kembali.

5. Mampu menjawab segala pertanyaan konsumen

Setiap konsumen memiliki karakter berbeda-beda, bagaimanapun juga sebagai penjaga toko harus mampu menghadapi mereka dengan penuh kesabaran dan tetap bersikap sopan santun. Apalagi jika menghadapi orang yang suka bertanya-tanya tentang promo menarik, meminta potongan harga, dan lainnya.

Sebagai shopkeeper, Anda harus memiliki pemahaman tentang apa saja hal penting yang memang harus diketahui. Hal ini agar nantinya jika ada pembeli bertanya, penjaga toko mampu menjawab semua pertanyaan tersebut dengan baik agar mereka tidak kebingungan. Bayangkan apabila tak mampu menjawabnya, justru membuat mereka jadi bingung serta merasa tidak nyaman.

6. Menerima segala informasi dengan baik

Biasanya, ada saja hal penting seperti dokumen/surat maupun orang-orang dengan tujuan tertentu yang datang ke toko. Maka, seorang shopkeeper harus bisa menerima segala informasi penting tersebut agar bisa disampaikan kepada pemilik toko karena bisa saja hal tersebut berpengaruh terhadap perkembangan usaha ritel itu.

7. Memantau stok barang

Tugas shopkeeper berikutnya, yaitu memantau stok barang di gudang, termasuk produk-produk yang mulai mendekati kadaluarsa untuk dipisahkan. Memantau stok ini sangat penting untuk menghindari konsumen mengambil barang rusak atau sudah memasuki masa kadaluarsa.

Selain itu, rutin mengecek stok barang dapat membantu mengetahui barang apa saja yang harus dibeli stoknya kembali. Jadi usaha ritel tidak akan kekurangan barang karena kehabisan persediaan. Hal ini sudah menjadi aktivitas shopkeeper sehari-hari.

Gaji Shopkeeper

Sudah memahami tugas dan tanggung jawab shopkeeper? Lalu selanjutnya mari membahas tentang gaji shopkeeper secara umum pada poin ini.

Sebenarnya, gaji shopkeeper rata-rata Rp3.223.964 tergantung perusahaan dan daerah penempatannya. Gaji tersebut juga disesuaikan dengan jam kerja serta jobdesc yang harus dilakukan. Meskipun kedengarannya sedikit, di beberapa usaha ritel juga memberikan bonus kepada karyawannya dilihat berdasarkan performa kerjanya.

Di Mana Lowongan Shopkeeper Dapat Ditemukan?

Tertarik bekerja sebagai shopkeeper setelah membaca uraian penjelasan di atas? Anda bisa mencoba melamar pekerjaan tersebut melalui beberapa platform pencari kerja, contohnya Glints, LinkedIn, Jobstreet, sosial media, ataupun bertanya langsung terhadap pemilik usaha ritel tersebut.

Lowongan penjaga toko biasanya lebih banyak dibagikan di sosial media seperti Instagram dan Facebook. Anda bisa mencoba bergabung ke grup pencari kerja di Facebook maupun mengikuti akun Instagram khusus pencari kerja untuk mendapatkan informasi lowongan shopkeeper.

Kriteria untuk mengisi lowongan sebagai penjaga toko pada umumnya, yaitu berpenampilan menarik, ramah, mampu bekerja secara shift, kemampuan komunikasi baik, dan siap bekerja di bawah tekanan. Jenjang pendidikan untuk mengisi lowongan tersebut biasanya bervariasi, rata-rata minimal pendidikan SMA sampai diploma dan sarjana. Jika Anda sudah memenuhi kriteria tersebut, cobalah melamar pekerjaan tersebut!

Itulah informasi seputar pekerjaan penjaga toko, termasuk tugas dan tanggung jawab, serta gajinya. Tertarik dengan pekerjaan ini meskipun belum punya pengalaman jadi shopkeeper?

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.