Lompat ke konten

7 Syarat Menjadi Manajer Perusahaan Yang Wajib Dimiliki

Syarat menjadi Manajer Perusahaan

Menjadi manajer perusahaan mungkin posisi idaman bagi sebagian besar karyawan. Namun perlu diketahui, tidak mudah untuk menempatkan diri pada posisi tersebut. Selain harus memenuhi kualifikasi khusus pada suatu perusahaan, juga harus memiliki kemampuan tertentu serta profesional dalam pekerjaan.

Seorang manajer perusahaan berarti dia adalah pemimpin bagi bawahannya di perusahaan tersebut. Selain memiliki kemampuan leadership atau kepemimpinan, juga harus memiliki kemampuan baik dalam hal kerjasama tim. Sebab, tujuan hanya dapat dicapai ketika mampu mengelola tim dengan baik sekaligus memecahkan masalah bersama.

Banyak karyawan menghalalkan segala cara untuk menraih kenaikan jabatan sebagai manajer perusahaan, namun tak memiliki kemampuan dalam hal kerjasama tim dan kepemimpinan. Memang membutuhkan perjuangan tak main-main demi mendapatkan posisi tersebut, bahkan setelahnya pasti akan mengemban tanggung jawab yang sangat besar.

Namun bukan berarti Anda tak bisa melakukannya, hal paling penting cobalah mengembangkan kemampuan atau skill, khususnya kepemimpinan agar bisa mencapai posisi sebagai manajer perusahaan.

Apabila tertarik untuk menduduki posisi tersebut, Anda perlu mengetahui syarat menjadi manajer perusahaan yang wajib dimiliki supaya lebih siap.

1. Memiliki Kemampuan Baik dalam Hal Berkomunikasi

Syarat pertama menjadi manajer perusahaan yaitu wajib memiliki kemampuan baik dalam hal berkomunikasi. Hal tersebut sangat penting karena membangun komunikasi bersama tim atau bawahan dengan baik supaya dapat menyampaikan sesuatu seperti masalah maupun pendapat.

Selain itu, pentingnya memiliki kemampuan komunikasi yang baik supaya dapat membangun hubungan baik dengan orang lain, seperti relasi bisnis dan klien. Meskipun Anda memiliki sifat pendiam, tetap utamakan membangun komunikasi baik kepada orang lain supaya mampu mencapai tujuan bersama maupun perihal memecahkan masalah dalam pekerjaan.

Ketika terjadi masalah pada perusahaan, daripada menyelesaikannya sendiri, sebaiknya hal ini dikomunikasikan bersama tim. Menyelesaikannya sendiri sama saja dengan egois karena seolah tak membutuhkan bantuan orang lain.

Jadi, seorang manajer perusahaan sudah seharusnya memiliki kemampuan baik dalam hal berkomunikasi dengan orang lain. Jika terdapat masalah maupun memiliki pendapat lebih baik segera disampaikan. 

Apabila Anda memiliki kemampuan tersebut, maka dapat dipastikan bahwa Anda memiliki jiwa sebagai pemimpin dalam suatu perusahaan. Sebab dengan adanya komunikasi yang baik, berarti sudah siap dalam hal memimpin anak buah.

2. Memiliki Sikap Tanggung Jawab

Memiliki sikap tanggung jawab terhadap apapun, khususnya pekerjaan adalah syarat menjadi seorang manajer perusahaan yang wajib dimiliki. Tidak semua orang mampu mengemban tanggung jawab besar, sehingga harus benar-benar matang ketika ingin mendapatkan posisi tersebut. Jangan semata-mata menginginkannya hanya karena jumlah gajinya lebih besar daripada menjadi karyawan dan staf biasa.

manajer perusahaan harus mampu bertanggung jawab, dengan mampu menetapkan standar kerja yang baik bagi timnya. Bahkan, harus selalu membangun komunikasi dengan baik bersama tim supaya tidak terjadi perbedaan pemahaman antar anggota lalu berujung buruknya kinerja.

Tak hanya itu, manajer harus mampu mengawasi performa kinerja anggota timnya supaya bisa tercapai visi misi dan tujuan bersama. Bahkan, harus mampu menjadi seorang pemimpin yang baik agar tercipta lingkungan kerja disiplin.

Jangan lupa, tanggung jawab seorang manajer perusahaan juga sering melakukan coaching dan memberikan feedback kepada anak buahnya. Tujuannya agar mampu membangun komunikasi baik antar anggota tim.

3. Memiliki Kemampuan dalam Hal Kerjasama Tim yang Baik

Manajer berperan penting sebagai pemimpin dalam suatu tim di dalam suatu perusahaan. Sehingga, ketika Anda menginginkan menempati posisi tersebut maka wajib memiliki kemampuan dalam hal kerjasama tim yang baik.

Kerjasama tim yang baik dapat diperoleh dengan cara membangun komunikasi bersama para staf. Meskipun sedang menghadapi banyak masalah setiap harinya, jika mampu melakukan kerjasama bersama orang lain, justru dapat semakin mudah menyelesaikannya karena semua tugas dibebankan bersama.

Menjadi pemimpin bukan berarti Anda bebas menyuruh-nyuruh anak buah secara egois. Hal ini sama artinya Anda tak memiliki kemampuan dalam hal bekerja sama dengan orang lain. Meskipun menduduki jabatan sebagai manajer perusahaan pun juga harus mampu membagi tugas secara adil dan tidak seenaknya menyuruh orang lain.

Selain itu, jadilah motivator bagi anak buah, namun jangan memaksa dengan melakukan toxic positivity, jadi tetaplah berusaha peduli sekaligus kenali mereka dengan baik. Tujuannya supaya mereka mempunyai keinginan kuat agar bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan baik serta mengurangi rasa tertekan dalam bekerja.

4. Mampu Bersikap Disiplin dan Tegas dalam Memimpin Bawahan

Sudah tak perlu dipertanyakan lagi bahwa seorang manajer perusahaan harus mampu bersikap disiplin dan tegas dalam memimpin bawahan. Bukan berarti menjadi manusia gila hormat, namun adanya sikap disiplin dan tegas diperlukan supaya bawahan tidak menyepelekan Anda.

Bangunlah sikap disiplin dengan menerapkan standar kerja tinggi dan waktu kerja teratur. Namun jangan menjadi pemimpin haus jabatan serta seenaknya menyuruh, misalnya meminta anak buah bekerja di luar jam kantor atau ketika cuti. Sebab hal tersebut bukanlah penerapan sikap disiplin.

Sikap disiplin bagi seorang manajer perusahaan yaitu mampu menghargai orang lain, menghargai waktu, serta selalu menaati segala peraturan tertulis maupun tidak tertulis. Maka dari itu, manajer juga tak boleh melarikan diri dari tanggung jawab apabila melanggar aturan, jadi harus sanggup apabila diberikan sanksi.

Bersikap tegas kepada bawahan dan diri sendiri juga penting supaya dapat mencapai hasil baik saat bekerja. Bukan berarti semena-mena, tetapi tidak bimbang, ragu, atau mudah goyah ketika berpendapat maupun memutuskan sesuatu.

Menerapkan sikap disiplin seperti itu dapat menjadi sebuah contoh baik bagi para anak buah. Sebab ketika mereka melihat pemimpinnya mampu bersikap disiplin, akan menjadi motivasi untuk bisa bersikap serupa.

5. Kepribadian atau Interpersonal Baik

Selanjutnya, syarat menjadi manajer perusahaan yang wajib dimiliki yaitu memiliki kepribadian atau interpersonal baik. Sebab, karyawan pasti menyukai pemimpin dengan kepribadian baik dan mampu bergaul dengan siapa saja, termasuk bawahan.

Maka dari itu, jangan pernah gila jabatan, contohnya bersikap arogan atau selalu menyombongkan diri, bersikap egois, dan memerintah orang lain seenaknya. Siapapun tak menyukai sikap pemimpin seperti itu.

Jadi, meskipun Anda menempati posisi sebagai manajer perusahaan, tetap hargailah anak buah atau bawahan. Sering mengajak mereka mengobrol ringan dapat membuat Anda semakin mengenal kepribadian mereka, sehingga mereka lebih senang karena punya pemimpin dengan kepribadian sederhana sekaligus mampu mengayomi bawahannya.

Jangan berusaha membangun interpersonal baik saat hendak mengincar posisi sebagai manajer perusahaan saja. Mulailah dari diri sendiri, dan jadilah manusia bermanfaat serta mampu mengayomi orang lain tanpa merasa terpaksa.

6. Memiliki Kemampuan dalam Hal Memecahkan Masalah

Seorang manajer dalam suatu perusahaan dituntut wajib memiliki kemampuan perihal memecahkan masalah. Sebab, masalah dalam pekerjaan merupakan makanan sehari-hari yang harus dihadapi.

Manajer perusahaan harus cerdas dalam melakukan analisa suatu masalah supaya dapat menemukan solusi untuk menyelesaikannya. Sehingga, seorang pemimpin tidak boleh ragu ataupun goyah pada keputusan yang telah dibuatnya. Keraguan justru tak akan menyelesaikan masalah apapun.

Setiap pemecahan masalah pasti memiliki risiko tersendiri. Maka, seorang manajer perusahaan harus berani mengambil risiko dan menyederhanakan suatu masalah supaya dapat lebih mudah diselesaikan.

7. Memiliki Ambisi sekaligus Visi Misi untuk Memajukan Perusahaan

Syarat menjadi manajer perusahaan lainnya, yaitu wajib memiliki ambisi sekaligus visi misi untuk memajukan perusahaan. Artinya, seorang manajer harus mempunyai gambaran bagaimana perusahaan tersebut dalam beberapa waktu mendatang.

Menjadi manajer perusahaan haruslah memiliki kecerdasan untuk berpikir mengenai cara memajukan suatu perusahaan. Sehingga, wajib berambisi agar dapat mencapai visi misi tersebut.

Maka dari itu, manajer harus punya pandangan mengenai cara memajukan perusahaan, bukan hanya mengembangkan karir pribadi saja. Selain itu, juga harus bisa memikirkan tentang kemajuan tim agar bisa mencapai visi misi tersebut.

Seorang manajer perusahaan sudah pasti mengemban tanggung jawab besar sekaligus harus mampu menyelesaikan permasalahan dengan baik agar tercapai tujuan bersama suatu perusahaan. Oleh karena itu, apabila Anda memiliki ketujuh kriteria tersebut, maka dipastikan Anda siap menjadi seorang manajer.

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *