Lompat ke konten

Tugas dan Tanggung Jawab Room Attendant serta Pengertiannya

Tugas dan Tanggung Jawab Room Attendant

Room attendant adalah bagian dari departemen housekeeping yang tugasnya membersihkan area kamar sesuai instruksi, menjaga kebersihannya, sampai mencatat ada atau tidaknya barang hilang dan rusak di kamar tempatnya bertugas. Biasa dipekerjakan di hotel atau kapal pesiar, bahkan mereka juga memiliki tanggung jawab lainnya, yakni merahasiakan identitas tamu apabila diminta.

Mungkin Anda cukup familiar dengan profesi tersebut, atau bisa jadi belum terlalu memahaminya? Mari membahasnya secara lebih jauh mengenai tugas room attendant beserta informasi gajinya.

Apakah yang Dimaksud Room Attendant?

Pengertian room attendant adalah suatu pekerjaan pada departemen housekeeping di bidang perhotelan yang memiliki tugas dalam menjaga kebersihan dan keamanan kamar hotel demi kenyamanan para pengunjung. Tugas staf dari departemen housekeeping ini sangat penting karena mempengaruhi citra penginapan itu sendiri, terlebih para tamu pasti memberikan penilaian, salah satunya pada kamar yang dipesannya untuk menginap.

Bisa dilihat pada aplikasi pemesanan tempat menginap seperti hotel, pasti ada review dari para pengunjung yang sudah pernah menginap di sana. Tak jarang ditemukan komentar berupa keluhan maupun pujian terhadap kamar yang pernah mereka huni sementara waktu. Nah, jadi hal inilah mengapa room attendant tugasnya perlu dilakukan semaksimal mungkin demi kepuasan tamu.

Anggota departemen housekeeping ini pun bisa dibilang paling banyak jika dibandingkan petugas hotel lainnya, apalagi jika jumlah kamarnya mencapai puluhan sampai ratusan. Banyaknya anggota tersebut dibutuhkan supaya kebersihan sekaligus kerapian kamar hotel tetap terjaga. Maka dari itu, pekerjaan seperti ini tidak boleh diremehkan karena sangat berjasa.

Melakoni pekerjaan dalam departemen housekeeping, berarti harus selalu detail dalam memperhatikan suatu hal kecil, memiliki ketekunan, dan bersikap hati-hati karena room attendant tugasnya adalah memperhatikan kelayakan sekaligus kenyamanan pada setiap kamar pengunjung. Sehingga harus sigap dalam membersihkan ruangan, sampai menyediakan kelengkapan yang dibutuhkan oleh tamu, misalnya penggantian handuk, pasta gigi, air mineral, dan lain sebagainya.

Tugas dan Tanggung Jawab Room Attendant

Pekerjaan sebagai housekeeping di bidang perhotelan memang menarik untuk dibahas, sebab berguna untuk menambah wawasan mengenai bidang tersebut. Ketahuilah tugas dan tanggung jawab room attendant pada poin-poin di bawah ini.

1. Memastikan keamanan sekaligus kenyamanan tamu (Guest safety)

Tugas room attendant yang pertama adalah perihal guest safety, yakni memastikan keamanan sekaligus kenyamanan para tamu. Pekerjaan ini mengharuskan untuk keluar masuk kamar tamu untuk melakukan pembersihan supaya tetap nyaman dihuni. Sehingga, harus memastikan bahwa para tamu tidak merasa terganggu saat petugas housekeeping melakukan tugasnya.

Biasanya, cara memastikan bahwa kamar tersebut boleh dibersihkan atau tidak bisa dilihat dari luar, misalnya tempelan di pintu ataupun melalui sensor yang dinyalakan oleh tamu untuk memberi tahu petugas housekeeping, hal paling penting adalah kamar tersebut harus kosong. Staf kebersihan hotel pun memiliki prosedur tersendiri ketika sedang melaksanakan pekerjaannya, yakni tidak boleh menyentuh apalagi mengambil barang milik tamu, serta menjalankan tugasnya sesuai instruksi tamu (jika ada permintaan khusus).

2. Menjalin hubungan baik dengan para tamu (Guest relation)

Room attendant tugasnya juga menjalin hubungan dengan para tamu atau guest relation, di mana mereka diharuskan menyapa setiap pengunjung secara ramah dan profesional. Tujuannya supaya siapapun yang menginap jadi lebih nyaman karena merasa dihargai, seperti berada di rumah sendiri. Bayangkan apabila staf housekeeping tidak menyapa secara ramah, apakah pengunjung akan merasa nyaman?

Tak hanya itu, apabila tamu sedang membutuhkan bantuan dengan cepat, maka harus siap menanganinya. Terkadang ada saja kejadian tak terduga dan tak bisa dikerjakan seorang diri, misalnya AC bocor, pemanas air tidak berfungsi, dan lain-lain. Pada kasus seperti itu, tugasnya boleh dibantu oleh departemen lain untuk mengatasi masalah tersebut.

3. Menjaga kamar hotel agar tetap bersih

Kebersihan kamar hotel merupakan salah satu hal penting dan menjadi penilaian dari para tamu, sehingga harus diperhatikan karena nantinya menjadi citra dari hotel itu sendiri. Siapapun pasti senang menginap di tempat bersih, air tidak macet, pendingin berfungsi normal, dan kualitas pelayanannya bagus. Apalagi jika tujuan menginap tersebut memang untuk menenangkan diri dan beristirahat sejenak.

Kebersihan kamar juga termasuk kamar mandi dan perlengkapannya. Contohnya adalah mengganti handuk, mengosongkan tempat sampah, merapikan tempat tidur, menyediakan pasta gigi dan sabun, serta keperluan lainnya atau sesuai permintaan.

4. Melakukan pengecekan administrasi dan memperhatikan komunikasi

Room attendant tugasnya memang melakukan kegiatan pemeliharaan pada kamar tamu agar tetap nyaman ketika dipakai beristirahat. Jadi harus paham mengenai prioritas kamar yang harus dibersihkan, misalnya dengan memperhatikan jadwal check out, ataupun melihat laporan administrasi terkait kondisi kamar agar lebih mudah melakukan pengerjaan.

Selain pengecekan jadwal tamu, tugas room attendant juga harus melakukan pelaporan kepada atasan atau pihak terkait apabila terdapat kerusakan di kamar hotel, melakukan pengisian laporan harian, melaksanakan serah terima antar shift sesuai pengawasan dari supervisor, serta pengendalian biaya operasional namun mengutamakan kualitasnya. Tugas administratif tersebut menjadi tanggung jawab masing-masing staf.

5. Menjaga kerahasiaan identitas tamu serta privasinya

Ketika sedang menginap di sebuah hotel, kerap kali ditemui para tamu yang mengajukan permintaan agar tidak diganggu maupun dicari oleh siapapun selama menginap, biasa disebut incognito. Biasanya, orang-orang yang mengajukan incognito memiliki alasan tersendiri karena ingin mendapatkan ketenangan. Jadi, misalnya ada orang lain mencari pun harus ada izin dari tamu terkait untuk bertemu, lalu pihak hotel biasanya mengatakan ‘tamu tersebut tidak ada dari daftar pengunjung kami’ untuk melakukan perlindungan.

Maka itulah tugas room attendant, yakni harus bisa menjaga kerahasiaan identitas tamu serta privasinya. Membeberkan identitas orang secara seenaknya sama saja dengan melanggar privasi, khususnya jika tamu tersebut sedang incognito. Namun, pihak hotel boleh membeberkan informasi, dengan catatan bahwa tamu tersebut telah melakukan pelanggaran yang berkaitan dengan tindakan melawan hukum, misalnya penyelundupan narkoba, obat terlarang, dan sebagainya.

Syarat Menjadi Room Attendant

Pekerjaan sebagai room attendant tugasnya memang memiliki tantangan tersendiri, apalagi setelah melihat tugas dan tanggung jawabnya pada poin sebelumnya. Apakah Anda tertarik menjalani profesi di bagian housekeeping perhotelan ini? Jika jawabannya ‘iya’, maka simaklah beberapa syarat menjadi room attendant berikut ini.

  • Selalu tepat waktu di segala kondisi
  • Berpenampilan rapi dan bersih
  • Mampu bersikap ramah dan menjaga sopan santun
  • Mampu melakukan pemeliharaan kebersihan, terutama di kamar mandi
  • Mampu menjaga privasi serta barang bawaan tamu
  • Bisa bekerja sesuai SOP dan instruksi
  • Tidak diperbolehkan memanjangkan kuku jari
  • Cukur jenggot dan kumis (pria), memakai hairnet/jaring rambut atau kerudung (wanita)

Itulah berbagai syarat yang wajib dipenuhi apabila Anda tertarik dengan pekerjaan ini. Cara melamar pekerjaan tersebut bisa mencari lowongannya melalui platform sosial media, ataupun pencarian di internet. Namun pastikan bahwa lowongan tersebut valid (bukan modus penipuan).

Gaji Room Attendant

Tugas room attendant memang lebih fokus kepada pemeliharaan kamar serta kenyamanan pengunjung selama menginap di hotel. Gaji yang ditawarkan pun sesuai dengan jobdesknya. Rata-rata gaji room attendant di Indonesia yaitu 3 juta rupiah per bulannya. Hal ini tergantung di mana dia ditempatkan.

Seperti itulah penjelasan mengenai tugas dan tanggung jawab room attendant beserta informasi lainnya. Tertarik melamar pekerjaan ini?

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.