Lompat ke konten

Pengertian dan Tugas Supervisor Restoran serta Perkiraan Gajinya

Tugas Supervisor Restoran

Supervisor restoran adalah sebuah jabatan yang memegang tanggung jawab untuk mengawasi segala kegiatan operasional di suatu tempat makan sekaligus memastikan semua kegiatan berjalan dengan baik sesuai SOP (Standard Operating Procedure). Keberadaan supervisor restoran sangat penting pula karena membantu meringankan tugas manajer perihal mengatur pegawai di bawah kendalinya.

Menjadi supervisor harus siap memegang tanggung jawab besar sebagai seorang pemimpin supaya bisa menciptakan lingkungan kerja yang baik. Ini adalah uraian lengkap mengenai tugas supervisor restoran serta perkiraan gajinya.

Pengertian Supervisor Restoran

Supervisor restoran adalah seseorang yang memiliki wewenang untuk mengawasi, mengatur, serta memastikan bahwa kegiatan operasional di suatu usaha kuliner berjalan dengan baik sesuai harapan dan SOP yang berlaku. Tugas dan wewenang seorang supervisor restoran, yakni teknis dan non teknis, sehingga tak bisa sembarang orang bisa memegang jabatan tersebut karena peranannya sangat penting bagi kelangsungan bisnis kuliner tersebut.

Sama seperti supervisor lainnya, supervisor F&B memiliki lebih banyak tugas dan tanggung jawab yang harus selalu siap dijalankan, meskipun jabatannya lebih tinggi dibandingkan pegawai lainnya (cooker, helper, kasir, dan lainnya). Jabatannya berada di bawah manajer, jadi segala laporan harus dipertanggung jawabkan kepada manajer restoran.

Tak hanya itu, seorang supervisor restoran pun harus memiliki kemampuan berkomunikasi dan kerjasama tim yang baik, serta harus bisa menjadi teladan bagi pegawai lainnya. Sebab tanpa adanya kemampuan dasar tersebut, anak buahnya jadi enggan menaati SOP yang berlaku, tak bisa mencapai tujuan bersama, serta menimbulkan ketidaknyamanan dalam lingkungan kerja.

Tugas Supervisor Restoran

Sebagai seorang supervisor restoran, tak hanya bertugas mengawasi dan memastikan kegiatan operasional bisnis kuliner berjalan lancar sesuai harapan. Berikut ini adalah tugas supervisor restoran yang perlu diketahui.

1. Memberikan arahan kepada pegawai restoran

Seorang supervisor di suatu usaha kuliner harus bisa memberikan arahan kepada para pegawainya supaya bekerja sesuai dengan SOP (Standard Operating Procedure) yang berlaku. Jadi hal ini sangat penting guna meminimalisir terjadinya kecurangan (fraud) di lingkungan kerja, menumbuhkan solidaritas antar pegawai, serta menciptakan suasana positif di lingkungan kerja.

Tugas supervisor F&B yaitu memastikan bahwa seluruh karyawan di restoran tersebut paham dengan pekerjaannya. Maka, Anda pun harus secara jelas menyebutkan apa saja tugas masing-masing pegawai sekaligus melakukan pengendalian internal agar seluruh kegiatan operasional restoran bisa berjalan secara semestinya.

Selain itu, membuat perencanaan jangka panjang dan pendek juga penting dilakukan. Hal ini bertujuan agar bisa membuat strategi serta teknik baru untuk memajukan bisnis kuliner tersebut.

2. Menumbuhkan semangat bekerja pegawai

Tugas supervisor restoran yaitu harus bisa menumbuhkan semangat kerja pegawainya. Meskipun sudah mengarahkan sesuai jobdesk masing-masing pegawai, jangan lupa membuat memotivasi mereka agar bisa melakukan pekerjaan dengan semangat.

Menumbuhkan semangat bekerja bisa dilakukan dengan memberikan mereka motivasi, memuji hasil kerja keras, serta membangun sikap optimis untuk mencapai target bersama. Dengan begitu, mereka jadi merasa harus lebih baik lalu memiliki loyalitas terhadap perusahaan sekaligus atasannya.

3. Melakukan pengawasan dan evaluasi kinerja pegawai restoran

Supervisor restoran memiliki tugas untuk melakukan pengawasan dan evaluasi kinerja pegawai restoran. Melakukan pengawasan berarti harus tahu apa saja yang terjadi di restoran, bagaimana target para pekerja, serta memastikan kegiatan operasional berjalan semestinya sekaligus mencapai target yang sudah direncanakan sebelumnya.

Apabila terjadi permasalahan maupun tidak bisa mencapai target yang diharapkan, sesegera mungkin supervisor restoran harus melakukan evaluasi guna memperbaiki kesalahan agar tidak terulang kembali di kemudian hari. Nantinya, seluruh laporan mengenai bisnis restoran sampai penilaian kinerja pegawai akan diserahkan kepada manajer, jadi sebaiknya tidak melakukan manipulasi data dalam bentuk apapun.

4. Membantu pekerjaan manajer restoran

Tugas supervisor restoran adalah membantu pekerjaan manajer restoran, perihal pengawasan sekaligus membantu memimpin para pegawai. Jadi, harus mampu memahami situasi di lapangan agar bisa memberikan laporan pertanggung jawaban yang jelas kepada manajer.

Menjadi seorang supervisor F&B berarti harus mampu bertindak tegas dan bijak dalam melakukan apapun, juga harus dapat memberikan solusi terhadap segala permasalahan yang terjadi di restoran. Karena tugasnya juga membantu pekerjaan manajer, maka supervisor pun harus bisa menjadi pemimpin yang baik bagi anak buahnya tanpa bersikap seenaknya.

5. Membuat pengaturan jadwal shift sebaik mungkin

Pengaturan jadwal shift karyawan merupakan tugas supervisor restoran. Pengaturan jadwal shift ini meliputi jam dan hari kerja, jadi sebaiknya dibuat sebaik mungkin serta mencegah supaya tidak bertabrakan.

Selain itu, supervisor harus tahu bagaimana kondisi restoran pada momen tertentu, contohnya saat momen liburan tiba. Apakah di hari itu restoran tetap buka lalu menambah jumlah karyawan shift, atau tetap libur agar karyawan bisa istirahat? Hal-hal seperti ini harus diatur jadwalnya sebaik mungkin, tentunya perlu melibatkan manajer serta atasan lainnya untuk mengambil keputusan terbaik.

6. Melakukan pengecekan dan persediaan bahan

Pengecekan daftar pesanan serta persediaan bahan harus dilakukan secara berkala. Terutama jika stok dapur hampir habis, maka seorang supervisor harus gerak cepat untuk menambah stok ulang sesuai kebutuhan.

Apabila sedang kehabisan stok saat di tengah-tengah jam operasional restoran, maka supervisor harus memberikan arahan kepada para pegawai untuk memberitahukan kepada konsumen jika ada menu yang sedang kosong. Misalnya dengan cara menempel stiker, mencoret di kertas pesanan, serta memberitahu konsumen langsung saat memesan.

7. Melakukan rekap absensi serta penggajian karyawan

Tugas supervisor restoran lainnya yaitu melakukan rekap absensi serta penggajian karyawan. Maka dari itu, sebagai pengawas harus tahu bagaimana kinerja pegawainya dilihat dari absensinya, ada izin atau tidaknya, maupun alasan mereka mengajukan izin. Tugas lainnya yaitu perlu membuat laporan penggajian karyawan untuk diserahkan kepada pihak HR atau divisi bagian penanganan gaji.

8. Menangani komplain pelanggan

Apabila bekerja di bidang kuliner, khususnya restoran tak jarang menemui komplain dari pelanggan yang merasa tidak puas. Maka, seorang pengawas wajib tahu bagaimana cara menangani komplain tersebut secara bijak.

Berapa Gaji Supervisor Restoran?

Menjadi seorang supervisor restoran memang mengemban tugas sekaligus tanggung jawab besar karena berhubungan dengan kelangsungan bisnis restoran tersebut. Banyaknya pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan gajinya, yakni rata-rata gaji supervisor sebesar Rp3.233.815 – Rp5.675.362 per bulan tergantung di mana penempatan dan daerahnya.

Cara Menjadi Supervisor Restoran

Menjadi seorang pengawas pada bisnis bidang kuliner, tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang dan harus memiliki kemampuan serta pengalaman khusus. Begini cara menjadi supervisor restoran.

1. Memiliki kemampuan komunikasi baik

Tak dipungkiri lagi bahwa seorang pengawas restoran wajib memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Tujuannya supaya mampu memberikan arahan secara jelas kepada anak buahnya. Selain itu komunikasi yang baik juga penting agar bisa menghadapi segala permasalahan di lapangan, misalnya komplain pelanggan, maupun keluhan karyawan.

2. Mampu bekerja sama dengan tim

Seorang supervisor mengemban tanggung jawab besar di perusahaan, jadi wajib mempunyai kemampuan kerjasama tim. Hal ini sangat penting agar bisa menghadapi berbagai permasalahan sekaligus memberikan solusi terbaik pada setiap kendala. Selain itu, kemampuan kerjasama tim tersebut juga penting untuk membangun loyalitas pegawai supaya dapat mencapai tujuan bersama.

3. Memiliki sertifikat khusus sekaligus pengalaman pada bidang F&B

Supervisor adalah pengawas kegiatan operasional restoran, jadi tak sembarang orang dapat melakukannya. Sebab harus berpengalaman dalam bidang bisnis kuliner atau F&B, dan sebaiknya memiliki sertifikat khusus untuk membuktikan keterampilan tersebut.

Jadi tak heran apabila ditemui lowongan sebagai supervisor yang mewajibkan pelamarnya memiliki pengalaman pada bidang terkait, bahkan mempunyai sertifikat khusus. Jika tertarik bekerja bidang ini untuk mendapatkan posisi tersebut, sebaiknya memulai karir dari awal sebagai staf, kemudian secara bertahap meningkatkan kinerja.

4. Kualifikasi jenjang pendidikan

Kriteria lainnya seorang supervisor restoran, kebanyakan kualifikasi untuk jenjang pendidikannya adalah sarjana (S1). Jarang sekali ditemui jenjang pendidikan diploma apalagi SMA.

Itulah pengertian dan tugas supervisor restoran serta perkiraan gajinya. Tertarik meniti karir di bidang bisnis kuliner untuk mendapatkan jabatan tersebut?

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.