Lompat ke konten

Tugas dan Tanggung Jawab Crew Alfamart serta Info Gajinya

Tugas dan Tanggung Jawab Crew Alfamart

Alfamart adalah salah satu jenis swalayan yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, bahkan keberadaannya sudah tersebar hampir di seluruh daerah. Alfamart hadir di tengah-tengah masyarakat guna menyediakan berbagai barang kebutuhan supaya orang-orang tak perlu jauh-jauh untuk berbelanja, apalagi produk yang dijual bisa dibilang lumayan lengkap. Banyaknya cabang di mana-mana, membuat swalayan satu ini membutuhkan karyawan berupa crew store untuk mendukung jalannya bisnis ritel tersebut, seperti apa kira-kira tugasnya?

Crew Alfamart memiliki peranan penting. Jadi mari menyimak ulasan berikut ini tentang tugas dan tanggung jawab crew Alfamart beserta info gajinya pada artikel ini.

Pengertian Crew Store

Crew store adalah mereka yang bertugas sebagai shopkeeper di sebuah swalayan atau toko sesuai jobdesk masing-masing. Jadi, crew store Alfamart adalah orang-orang yang bekerja di Alfamart menggunakan sistem shift untuk melayani para pelanggan di swalayan tersebut, serta melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

Bekerja sebagai crew store Alfamart bagus untuk memulai perkembangan karir, apalagi banyak benefit ditawarkan kepada para pegawainya. Benefit jika bekerja sebagai crew Alfamart, antara lain mendapatkan gaji pokok, tunjangan, bahkan uang lembur. Sehingga tak heran apabila banyak orang yang mengincar pekerjaan ini, meskipun banyak orang berkata bahwa seleksinya cukup sulit dan ketat.

Benefit atau keuntungan yang didapatkan memang sangat menggiurkan, namun sebelum melamar pekerjaan tentu saja ada persyaratan dan kualifikasi yang diberikan. Beberapa contoh syaratnya, yakni tidak bertato, tidak bertindik, pandai berkomunikasi, serta memiliki kondisi sehat jasmani dan rohani. Tertarik memulai karir sebagai crew Alfamart dengan benefit yang ditawarkan?

Tugas dan Tanggung Jawab Crew Alfamart

Bekerja sebagai shopkeeper di minimarket memang memiliki tantangan tersendiri, apalagi jika sudah memiliki nama besar seperti Alfamart. Tidak hanya melayani pembeli saja, berikut ini adalah macam tugas dan tanggung jawab crew Alfamart yang perlu diketahui.

1. Bertugas sebagai pramuniaga

Tugas crew store Alfamart yang pertama yaitu sebagai pramuniaga atau shopkeeper. Biasanya pramuniaga banyak dibutuhkan laki-laki karena fisiknya lebih kuat, tetapi tidak menutup kemungkinan juga Alfamart merekrut perempuan. Tugasnya, antara lain menjaga kebersihan toko sekaligus gudang, membantu pekerjaan kasir, melayani konsumen, mempersiapkan promo, sampai menjaga keamanan toko.

Meskipun tugas-tugasnya bisa dibilang berat dan banyak, namun menjadi pramuniaga memiliki peranan penting bagi kelangsungan bisnis ritel minimarket tersebut. Tak perlu khawatir pula, sebab tugas crew store Alfamart sebagai pramuniaga tidak dilakukan sendiri, melainkan bersama tim supaya lebih efektif dan dapat menciptakan solidaritas antar anggota.

2. Menjaga kasir

Tugas dan tanggung jawab crew Alfamart adalah menjaga kasir dan uang di dalam mesin kasir agar aman dan terhindar dari pencurian. Biasanya, jobdesk satu ini dilakukan oleh crew berjenis kelamin perempuan karena dianggap lebih teliti dan hati-hati dalam mengelola keuangan. Meskipun begitu, tak menutup kemungkinan dilakukan oleh pegawai laki-laki, terutama jika kondisi minimarket sedang ramai, sehingga membutuhkan bantuan tambahan.

Sebagai penjaga kasir, tidak hanya berperan menjaga uang di dalamnya saja dan melayani transaksi pembeli. Tetapi juga melaksanakan tugas kasir Alfamart lainnya, yakni memberikan informasi seputar promo dan diskon yang sedang berlangsung. Selain itu, juga harus teliti dalam merekap data penjualan selama shift, agar tidak ada selisih nominal uang dalam jumlah besar.

Tugas kasir Alfamart ini termasuk krusial. Sebab jika ada kesalahan perhitungan keuangan dengan nominal besar, maka kerugian sekaligus kekurangan uangnya harus diganti oleh kasir yang saat itu sedang bertugas,

3. Menjaga keamanan serta kebersihan minimarket

Menjaga keamanan serta kebersihan minimarket merupakan tugas dan tanggung jawab crew Alfamart. Kebersihan toko termasuk hal paling penting karena berkaitan dengan kenyamanan pengunjung toko saat berbelanja. Tugas tersebut meliputi kebersihan lantai di dalam dan luar toko, maupun kamar mandi (jika ada).

Selain itu, crew Alfamart juga harus memperhatikan keamanan di toko, apalagi kerap kali ditemui pengunjung curang yang sering menyelundupkan barang di balik pakaian ataupun di dalam tas. Hal ini sangat penting guna menghindari kerugian yang dibebankan kepada crew bertugas saat itu. Caranya adalah dengan sering memantau CCTV dan memperhatikan langsung gerak gerik pengunjung mencurigakan.

4. Mempersiapkan promo yang akan berlangsung

Tugas crew store Alfamart lainnya yaitu mempersiapkan promo yang akan berlangsung. Pelaksanaan tugas ini tidak dilakukan secara individu, melainkan bersama tim untuk berdiskusi mengenai teknik sekaligus strategi promosi terbaik agar menarik pengunjung. Contohnya yaitu memakai banner dan membuat timeline khusus.

5. Melayani pembeli

Crew Alfamart adalah pramuniaga atau shopkeeper, sehingga tugasnya pasti melayani pembeli. Maka, dibutuhkan sikap cepat tanggap dan sigap untuk menjawab berbagai pertanyaan pengunjung. Apalagi karakteristik pembeli bermacam-macam, jadi juga dibutuhkan kesabaran ekstra dalam menghadapi berbagai karakter tersebut.

Tak jarang ditemui pembeli cerewet yang suka bertanya-tanya maupun meminta diskon seenaknya. Menghadapi karakter orang demikian membutuhkan kesabaran ekstra, jadi mau tidak mau harus dilayani seramah mungkin dan tetap tersenyum agar tidak menimbulkan kekecewaan dari pengunjung.

Melayani mereka harus dengan rasa setulus hati dan senyum. Bayangkan apabila Anda melayani mereka seadanya dan tidak tahu menahu saat ditanya oleh pembeli, hal ini tentu menyebabkan outlet memiliki reputasi buruk nantinya.

6. Melakukan pengecekan stok barang

Tugas crew store adalah melakukan pengecekan stok barang di gudang sekaligus memeriksa barang yang hampir memasuki masa expired di etalase. Pengecekan ini perlu dilakukan agar tahu mana stok yang sudah harus disediakan lagi, dan mana yang perlu dipisahkan.

Rutin melakukan pengecekan stok barang yakni menghindari terjadinya kelangkaan produk, apalagi jika pasti dicari konsumen seperti sembako misalnya. Selain itu juga menghindari supaya konsumen mendapatkan barang baru dan tidak mendekati kadaluarsa. Dalam hal ini, crew harus teliti dan jeli ketika memeriksanya, lalu menghubungi pihak supplier untuk menyediakan stok baru.

7. Membongkar dan menyusun barang dari supplier

Selanjutnya, tugas crew store adalah membongkar dan menyusun barang dari supplier. Biasanya tugas seperti ini dilakukan oleh beberapa pegawai laki-laki karena membutuhkan tenaga fisik kuat untuk mengeluarkan barang dari truk kontainer. Apalagi stok tersebut biasanya dikemas dalam kardus atau krat besar, jumlahnya banyak, dan cukup berat.

Perkiraan Gaji Crew Alfamart

Setelah mengetahui apa saja tugas dan tanggung jawab crew Alfamart, mari kita membongkar perkiraan gaji crew store Alfamart. Perkiraan gaji per bulannya bisa berbeda setiap pegawai, tergantung dari penempatannya, yakni mulai Rp1.700.000 sampai Rp4.000.000 tergantung UMR daerah masing-masing.

Gaji crew store Alfamart belum termasuk tunjangan dan uang lemburan tambahan yang merupakan benefit apabila Anda berhasil bergabung menjadi crew store minimarket tersebut. Tertarik untuk berkarir di sini?

Jika Anda tertarik menjadi crew store Alfamart, caranya yaitu mempersiapkan berkas sesuai persyaratan atau kualifikasi tertera. Orang-orang berkebutuhan khusus (disabilitas) pun dapat mengisi posisi tersebut, sebab Alfamart memang membuka kesempatan seluas-luasnya bagi para pencari kerja.

Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja pada posisi tersebut dengan melihat E-recruitment Alfa pada link ini. Lakukan registrasi terlebih dahulu supaya dapat mengaksesnya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan pengetahuan seputar tugas dan tanggung jawab crew Alfamart beserta informasi gajinya.

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.