Lompat ke konten

10 Usaha yang Cocok untuk Remaja Wanita

Usaha yang Cocok untuk Remaja Wanita

Wanita memiliki penghasilan sendiri sejak remaja, bukanlah suatu hal mustahil jika mau memulainya dengan niat. Salah satu cara mendapatkan penghasilan sendiri yaitu memulai bisnis atau usaha, baik itu berjualan maupun menyediakan jasa tertentu. Banyak sekali peluang usaha menarik di luar sana yang bisa dicoba khususnya untuk remaja wanita, baik itu kuliner, membuka toko online, dan sebagainya.

Seorang remaja kebanyakan sedang sibuk-sibuknya dengan tugas sekolah, namun bukannya tidak mungkin jika merintis bisnis. Banyak usaha yang cocok untuk remaja wanita dengan modal kecil serta mudah dilakukan tanpa mengganggu waktu belajar. Anda bisa mendapatkan uang jajan tambahan dari hasil menjalankan bisnis tersebut.

Berikut ini adalah rekomendasi usaha yang cocok untuk remaja wanita. Tentunya ketika menjalankannya dapat memberikan uang jajan tambahan tanpa mengganggu waktu belajar.

1. Berjualan Hijab atau Pakaian Khusus Wanita

Wanita yang menggunakan hijab

Usaha yang cocok untuk remaja wanita adalah berjualan hijab atau pakaian khusus wanita. Banyak perempuan menjalankan usaha berjualan hijab karena memiliki banyak peminat, apalagi saat ini sedang populer beberapa jenis model dan bahannya, contohnya pashmina plisket, bella square, dan lain sebagainya.

Modal menjalankan usaha jualan hijab maupun pakaian khusus wanita sebenarnya relatif tidak terlalu besar. Akan tetapi jika tak memiliki uang sebagai modalnya, Anda bisa mencoba meminta bantuan dari orang tua ataupun membuka sistem pre order (PO) agar tidak terlalu menguras banyak biaya. Pastikan memilih supplier terbaik agar mendapatkan kualitas barang terbaik pula.

2. Bisnis Kuliner

Kumpulan makanan

Bisnis kuliner semakin hari semakin banyak variasinya, bahkan peminatnya pun tak kalah banyak dari berbagai kalangan. Oleh karena itu, salah satu usaha lainnya yang cocok dijalankan oleh remaja wanita yaitu berjualan makanan atau minuman. Dijamin tak akan sepi peminat jika dilakukan dengan benar dan konsisten.

Macam-macam usaha kuliner untuk dijalankan bisa dengan makanan atau minuman populer karena lebih banyak peminatnya, misalnya dimsum, milk tea, keripik kaca gyoza, dessert box, seblak, mie pedas, dan sebagainya. Bisnis ini bisa dijalankan sendiri maupun bersama teman, modalnya pun tidak terlalu besar. Jangan lupakan pentingnya strategi pemasaran agar semakin dilirik oleh lebih banyak orang, misalnya ke teman sekolah, tetangga, ataupun keluarga.

Awal bisnis kuliner memang tidak mudah, apalagi kebanyakan bahannya cepat basi. Maka dari itu guna meminimalisir kerugian, cobalah menjalankannya dengan sistem pre order. Misalnya menjual dessert box atau makanan cepat basi lainnya, Anda baru bisa membuatnya ketika ada pemesan saja.

3. Dropship dan Reseller Online Produk Makanan atau Kecantikan

Ilustrasi dropship

Menjadi reseller atau menjalankan bisnis dropship online banyak diminati karena bisa dilakukan tanpa modal, hanya membutuhkan HP dan akses internet saja. Bisnis ini cocok untuk remaja wanita karena dapat dijalankan kapan saja dan di mana saja. Apalagi, pilihan produknya banyak untuk dijual kembali.

Anda dapat menjual beragam produk, seperti kecantikan, makanan, maupun pakaian wanita. Buatlah promosi menarik dan tertata agar dagangan cepat laku, namun pastikan bahwa toko untuk dropship dan reseller sangat terpercaya. Manfaatkan kecanggihan internet dan sosial media untuk menjangkau pasar lebih luas.

4. Membuka Jasa Les Privat

Mengajari anak privat

Membuka jasa les privat juga termasuk usaha yang cocok untuk remaja wanita karena selain dapat diatur sendiri waktunya, juga tak membutuhkan modal. Membuka les privat dapat diperuntukkan khusus anak SD maupun SMP.

Memulai usaha ini sebenarnya sangat mudah, hanya berbekal ilmu pengetahuan sekaligus ingatan mengenai pelajaran sekolah dan promosi menarik melalui mulut ke mulut. Bisa juga meminta bantuan orang tua agar mau mempromosikan jasa les privat Anda kepada teman-temannya.

Apabila Anda memiliki bakat lain selain di bidang pelajaran, misalnya musik dan kesenian, hal ini juga bisa dijadikan sebagai peluang bagus membuka les privat. Buatlah portofolio menarik sesuai bakat serta kemampuan yang dimiliki pada bidang tersebut, kemudian promosikan diri agar semakin dikenal.

5. Berjualan Pulsa dan Paket Internet

Siapapun pasti membutuhkan pulsa dan akses internet pada zaman digital seperti sekarang ini. Berjualan pulsa dan paket internet bisa menjadi bisnis menggiurkan karena cocok dilakukan oleh siapa saja, peminatnya pun pasti ada. Modalnya pun cenderung ringan, bahkan tidak akan mengganggu waktu belajar sama sekali.

Dapatkan akses berjualan pulsa melalui agen terdekat di tempat tinggal Anda. Bisa juga dengan mengunduh aplikasi konter pulsa secara online supaya lebih mudah melakukannya. Promosikan kepada teman-teman, tetangga, maupun guru di sekolah supaya punya banyak pelanggan.

Supaya tetap untung, sebaiknya bersikaplah tegas jika ada pembeli berhutang. Sebab, apabila tak mampu menolaknya justru merugikan usaha sendiri dan semakin susah mendapatkan keuntungan.

6. Menjadi Beauty Vlogger

Seorang beauty vlogger di depan kamera

Pada era digital seperti sekarang, mudah sekali bagi siapapun menjadi viral di internet. Viral bukan berarti terlibat skandal, berperilaku tidak wajar, ataupun mengundang kebencian. Banyak orang populer di internet karena memiliki bakat dan kemampuan unik sekaligus menginspirasi banyak orang.

Memiliki penghasilan dari internet dengan cara memanfaatkan kemampuan, bukan hal mustahil dilakukan. Misalnya jika punya kemampuan dalam merias wajah, cobalah mengambil peruntungan sebagai beauty vlogger. Melakukannya secara konsisten dan membuat konten semenarik mungkin dapat mendatangkan banyak keuntungan, antara lain mendapatkan endorse dari suatu brand, uang dari iklan, dan sebagainya.

7. Menjadi Food Vlogger

Food vlogger sedang syuting makanan

Peluang menjadi populer bukan hanya sebagai beauty vlogger saja, menjadi food vlogger pun memiliki peluang besar. Usaha sebagai food vlogger ini cocok untuk remaja wanita, terutama jika senang hal berbau kuliner maupun memasak.

Memiliki hobi memasak pun dapat menghasilkan uang jika dilakukan dengan benar dan konsisten. Contoh mendapatkan peluang tersebut yaitu membuat konten menarik, rapi, kemudian mengunggahnya ke platform sosial media secara konsisten. Jika konten Anda sudah banyak dikenal, mendapatkan uang dan penawaran menarik dari brand bukanlah hal mustahil lagi.

Selain konten memasak, bisa juga membuat konten berburu macam-macam kuliner kekinian kemudian memberikan ulasan, cocok untuk para remaja wanita yang sangat senang jajan. Mungkin jenis konten ini membutuhkan biaya dan perjuangan, cara mengakalinya bisa mencari diskon terlebih dahulu atau mencari makanan harga terjangkau dekat tempat tinggal namun layak dicoba.

8. Bisnis Kado dan Buket untuk Acara Tertentu

Bisnis kado dan buket banyak diminati karena biasanya diberikan untuk acara tertentu, seperti wisuda, pernikahan, maupun memberikan ucapan selamat atas pencapaian orang lain. Cocok sekali dijalankan oleh remaja wanita, apalagi yang menyukai merangkai sesuatu secara apik.

Bisnis kado ini bisa dijalankan dengan modal ringan dan menggunakan sistem pre order guna meminimalisir kerugian. Sediakan pula jasa custom isian kado atau buket supaya semakin menarik. Promosikan katalognya ke platform sosial media agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

9. Bisnis Aksesoris Buatan Sendiri

Kebanyakan wanita menyukai aksesoris unik dan cantik. Apalagi keberadaan aksesoris ini banyak dicari karena mampu membantu mempercantik penampilan. Oleh karena itu, tak perlu khawatir sepi karena peminatnya cukup banyak.

Macam-macam aksesoris bisa dibuat menggunakan tangan sendiri agar terkesan lebih eksklusif, misalnya gelang, kalung, gantungan kunci, gantungan pintu, dan lain-lain. Banyak referensi desain aksesoris yang bisa dilihat di internet, lalu terapkan ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) tanpa benar-benar menjiplaknya.

10. Membuka Jasa Freelance

Usaha lainnya untuk remaja wanita yaitu membuka jasa freelance atau kerja lepas. Usaha ini cocok dijalankan, terutama jika memiliki keahlian pada bidang tertentu seperti kepenulisan, desain grafis, pemrograman, seni, dan lainnya.

Apabila Anda belum memiliki kemampuan spesifik untuk membuka jasa freelance, Anda dapat mempelajari beberapa keahlian yang mudah dikuasai secara bertahap seperti copy writing dan content writing. Dua keahlian ini cukup mudah dikuasai dan Anda dapat mengakses ribuan sumber belajar gratis baik dari Google dan Youtube, atau platform yang berbayar terjangkau seperti Udemy.

Di internet banyak sekali website freelance dapat dicoba untuk mencari proyek. Menariknya lagi, freelance ini dapat dilakukan secara fleksibel tanpa mengganggu waktu belajar sekaligus dapat membantu mengasah kemampuan. Hasilnya pun bisa terbilang lumayan sebagai tambahan uang jajan.

Itulah macam-macam usaha yang cocok untuk remaja wanita. Mana usaha paling menarik untuk dijalankan?

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.