Lompat ke konten

Strategi Pemasaran Dessert Box dan Contoh Bisnis Plannya

Strategi pemasaran dessert box

Menyelami dunia bisnis kuliner memang tidak pernah ada habisnya. Apalagi bisnis kuliner manis yang disukai oleh semua kalangan. Salah satu inovasi kuliner manis yang sedang naik daun di masyarakat adalah dessert box.

Dessert box merupakan jenis kue kekinian dengan berbagai rasa seperti cokelat, keju, red velvet, tiramisu, biscoff dan berbagai inovasi rasa lainnya. Makanan ini menjadi salah satu makanan kekinian yang diburu masyarakat Indonesia saat ini. 

Nah, sebagai pebisnis, Anda pasti berpikir untuk memanfaatkan peluang ini dengan membuka bisnis dessert box. Tentunya hal ini bisa menjadi ladang bisnis yang menguntungkan.

Sebelum benar-benar membukanya, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu strategi pemasaran dessert box yang tepat dan sesuai dengan perkembangan zaman agar bisnis Anda tidak kalah saing dengan pesaing Anda.

Strategi Pemasaran Dessert Box

Strategi pemasaran merupakan suatu kegiatan yang dimaksudkan untuk mengenalkan produk Anda kepada masyarakat secara luas. Sehingga orang akan tertarik membeli produk Anda. Nah, strategi pemasaran dessert box bisa dikemas dengan cara yang menarik namun tetap informative. Berikut strateginya!

1. Bagi tester gratis

Strategi pertama yang bisa digunakan untuk memasarkan dessert box adalah dengan membagikan tester gratis kepada konsumen potensial yang menjadi target bisnis Anda. Cara ini dilakukan agar konsumen merasa yakin atas rasa dan kualitas produk Anda sehingga kembali membelinya dalam jumlah banyak.

Anda bisa membagikan dessert box Anda kepada orang lain secara cuma-Cuma. Bisa dimulai dari lingkungan terdekat seperti teman, sahabat dan keluarga. Meminta mereka untuk memberikan ulasan melalui media sosial mereka setelah mencobanya. Strategi ini cukup efektif digunakan untuk pebisnis pemula mempromosikan produk barunya.

2. Buat give away 

Strategi yang selanjutnya yang bisa dicoba dalam mempromosikan dessert box sebagai bisnis Anda adalah dengan mengadakan give away kepada para pengikut di media sosial. Selain jitu untuk memasarkan produk, cara ini juga bisa dilakukan agar lebih banyak orang yang mengenal produk Anda. 

Dengan perluasan pangsa pasar, produk Anda akan semakin menarik banyak orang untuk membelinya. Nah, supaya efektif, beri syarat tertentu untuk menjadi kriteria pemenang giveaway, misalnya mengikuti semua kanal media sosial Anda, atau pun mempromosikan produk Anda di media sosialnya.

3. Manfaatkan media sosial untuk promosi secara maksimal

Melalui kecanggihan teknologi yang pesat, saat ini banyak sekali sarana di media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan promosi. Cara promosi ini bisa disebut dengan digital marketing. Digital marketing adalah cara promosi memanfaatkan kecanggihan digital yang saat ini sedang naik daun. Nah, jika Anda bisa membuat konten-konten menarik untuk media sosial bisnis Anda, maka Anda bisa mempersiapkannya sendiri.

Namun, jika Anda merasa belum memiliki kemampuan tersebut, Anda bisa menggunakan jasa social media specialist untuk mengatur konten yang keluar untuk promosi di kanal media sosial Anda. Saat ini sudah banyak yang menyediakan jasa ini, banyak juga yang menyediakan harga terjangkau. Persiapkan saja berapa budget yang bisa Anda keluarkan untuk membayar jasa profesi ini.

4. Menjual dengan tema khas hari tertentu

Strategi pemasaran selanjutnya adalah menjual dessert box dengan tema khas hari tertentu. Misalnya membuat tema warna merah jambu untuk dengan wadah berbentuk hati khusus untuk hari valentine, atau dessert box merah putih untuk memperingati hari kemerdekaan.

Nah, dengan memanfaatkan momen hari tertentu tersebut, Anda bisa mendulang keuntungan berkali-kali lipat. Strategi marketing ini cukup jitu untuk menaikkan penjualan Anda di hari tertentu. 

5. Promosikan di pameran atau event besar 

Mengikuti event besar yang sesuai dengan target pasar Anda bisa menjadi salah satu strategi yang tepat untuk mempromosikan produk Anda. Karena dengan mengikuti pameran atau event besar  Anda akan menemukan konsumen potensial yang belum terjangkau dengan promosi media sosial.

Selain sebagai media pengenalan, cara ini juga bisa dilakukan agar Anda mengetahui selera target pasar Anda, serta produk dessert box seperti apa yang banyak disukai. Dengan begitu, Anda bisa memproduksi dessert box yang sesuai dengan keinginan konsumen serta pelanggan. 

Contoh Bisnis Plan Dessert Box

Setelah mengetahui mengenai strategi, selanjutnya adalah bisnis plan. Bisnis plan merupakan sebuah rancangan perencanaan sebelum mendirikan bisnis. Nah, berikut contoh bisnis plan dessert box yang bisa dijadikan referensi bagi Anda.

Struktur bisnis

Nama perusahaan        : Aurora Dessert Box

Bentuk usaha         :  perusahaan yang dikelola perseorangan

Jenis usaha            : makanan pelengkap

Alamat perusahaan     : Jln Cik Di Tiro No 36 Terban Gondokusuman Yogyakarta

Visi dan misi perusahaan

Visi:

Menjadi perusahaan kuliner manis yang selalu menghasilkan dessert box dengan kualitas terbaik serta mengedepankan kepuasan pelanggan dan pelayanan yang baik untuk semua pelanggan.

Misi:

  • Menghasilkan dessert box dengan rasa lezat yang konsisten.
  • Menjaga kepuasan pelanggan dengan memberikan pelayanan yang ramah dan menyenangkan.
  • Menciptakan lapangan pekerjaan sehingga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat setempat.

Deskripsi usaha

Aurora Dessert Box adalah contoh perencanaan usaha di bidang makanan pelengkap atau kuliner manis. Perusahaan ini memproduksi dessert box dengan bahan-bahan yang dijamin kualitasnya dengan mengeceknya setiap hari.

Adapun kegiatan produksi dan penjualan dilakukan di alamat yang tertera di struktur perusahaan. Kemudian dalam proses produksinya dipekerjakan beberapa karyawan untuk membantu memproduksi produk dengan maksimal.

Salah satu makanan manis kekinian ini menyajikan cita rasa kue yang dikreasikan dengan cream yang memiliki perpaduan rasa yang luar biasa apabila disantap. Perusahaan kami menjunjung tinggi kepuasan pelanggan sebagai salah satu prinsip kami dalam menjalankan usaha. Sehingga kami akan memperbaiki kualitas dan pelayanan agar sesuai dengan keinginan pelanggan.

Keterangan pembuat bisnis plan

Nama                 : Aurora Nur Amalina

Pendidikan terakhir         : S1 Tata Boga 

Pengalaman kerja        : Head chef Bittersweet by Najla selama 2 tahun

Segmentasi pasar

Dalam penjualannya, dessert box menyasar semua kalangan yang menyukai makanan manis, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia. Produk ini disukai oleh semua kalangan karena rasanya yang bisa diterima oleh lidah orang Indonesia. Selain itu variasi rasanya juga masih bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Namun demikian, untuk target pasar khusus, produk ini menyasar para remaja yang menyukai makanan kekinian dengan berbagai varian yang berubah seiring dengan perubahan tren.  Sehingga perubahan rasanya bisa terjadi dengan cepat.

Estimasi Jumlah Produksi

Kisaran harga        : 40.000-75.000/ box

Lokasi penjualan        : booth dan stand, supermarket yang menerima UMKM

Kuantitas            : 150 pcs

Jumlah            : 7.500.000

Keunggulan dan kekurangan

Keunggulan Aurora Dessert Box  adalah sebagai berikut:

  • Memmpunyai banyak variasi rasa yang mengikuti tren
  • Selalu menyajikan produk dengan bahan-bahan yang berkualitas tinggi
  • Harganya terjangkau apabila dibandingkan dengan produk dengan kualitas yang sama.

Sementara kekurangannya adalah sebagai berikut:

  • Masa simpan yang terbatas, harus disimpan di freezer sehingga distribusinya tidak bisa terlalu jauh.
  • Tidak disukai masyarakat yang memiliki penyakit gula dan diabetes

Strategi pemasaran

Strategi pemasaran yang digunakan untuk Aurora Dessert Box adalah sebagai berikut:

  1. Mengadakan giveaway di akun media sosial bagi pengikut yang beruntung
  2. Menyediakan paket bundling atau paket dengan harga yang lebih terjangkau
  3. Menyediakan paket valentine untuk orang terkasih
  4. Mengendorse beberapa selebgram untuk memberikan review sekaligus mempromosikan produk.

Pendapatan

Sekali produksi, Aurora Dessert Box membutuhkan biaya bahan sebesar Rp. 1.000.000. Sedangkan dalam sebulan dilakukan dua kali produksi dan menghasilkan penghasilan bruto sebesar 5.000.000 sehingga keuntungan bersih adalah sebesar Rp.3000.000.

Nah, berikut merupakan strategi pemasaran dan contoh bisnis plan yang bisa Anda terapkan jika hendak membuka usaha dessert box. Selamat mencoba!Nah, berikut merupakan strategi pemasaran dan contoh bisnis plan yang bisa Anda terapkan jika hendak membuka usaha dessert box. Selamat mencoba!

nv-author-image

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota Ayun adalah mahasiswa ekonomi tingkat akhir di UPN Veteran Yogyakarta yang tertarik menulis dengan tema ekonomi dan finansial.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.