Lompat ke konten

7 Alasan Kenapa Wanita Harus Berbisnis

Alasan Wanita Harus Berbisnis

Setiap wanita tentu memiliki pilihan sendiri dalam hidupnya. Entah memutuskan untuk menjadi rumah tangga, maupun wanita karir. Kedua pilihan tersebut sama baiknya, juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Meskipun sudah memiliki penghasilan sendiri sebagai wanita karir, banyak alasan kenapa wanita harus berbisnis. Meskipun waktunya tidak sebanyak ibu rumah tangga, memiliki suatu bisnis meskipun kecil sangat disarankan karena banyak pelajaran hidup sekaligus keuntungan jika menjalaninya.

Baik wanita karir maupun ibu rumah tangga harus berbisnis karena menyangkut kemandirian dari sisi kehidupan maupun finansial. Sebab hidup tidak selalu berada pada posisi aman. Ada kalanya berbagai ujian membutuhkan sikap mandiri setiap individu supaya lebih siap dalam menghadapi berbagai masalah.

Tidak perlu bimbang mengenai keputusan untuk menjalankan sebuah usaha. Ini adalah alasan kenapa wanita harus berbisnis.

7 Alasan Kenapa Wanita Harus Berbisnis

Memilih hidup menjadi wanita karir maupun ibu rumah tangga, keduanya disarankan untuk berwirausaha. Banyak pertimbangan yang bisa dijadikan alasan mengapa wanita harus berbisnis, salah satunya melatih sikap kemandirian agar terbiasa menghadapi berbagai permasalah dalam kehidupan.

Jadi berikut ini merupakan bahasan mengenai alasan wanita berbisnis.

1. Menjadi wanita mandiri dengan penghasilan sendiri

Menjadi wanita mandiri dengan penghasilannya sendiri tentu merupakan suatu hal penting bagi wanita karir maupun ibu rumah tangga. Sebab tujuannya supaya tidak mudah bergantung kepada orang lain serta pandai bersikap ketika sedang menghadapi permasalahan ataupun konflik.

Tak hanya itu, menjadi wanita mandiri dapat meningkatkan rasa percaya diri. Terutama ketika sudah menikah, memiliki penghasilan sendiri membuat Anda bisa membeli segala barang keinginan sendiri tanpa perlu bergantung kepada suami. Bahkan dalam segala situasi, Anda dapat diandalkan.

Bagi wanita yang belum berumah tangga, pentingnya berbisnis supaya tidak terlalu bergantung kepada pasangan. Misalnya mampu membayar segala tagihan sendiri tanpa harus menunggu ditraktir, sehingga membuat pasangan semakin bangga.

2. Tak selalu pernikahan berakhir bahagia

Wanita harus berbisnis terutama ketika sudah menikah karena perlu diketahui fakta bahwa tak selalu pernikahan berakhir bahagia. Banyak kasus perceraian sebaiknya dijadikan pelajaran, di mana setelah berpisah tentu harus menjadi wanita mandiri secara finansial dan kepribadian.

Setelah bercerai, secara otomatis wanita tentu harus mencari cara bagaimana melanjutkan hidup karena biasanya selalu mengerjakan banyak hal bersama pasangan dan mendapatkan nafkah pula darinya, terutama jika sehari-hari merupakan seorang ibu rumah tangga. Sehingga, wanita harus berbisnis demi mencukupi kebutuhan pribadi dan anak-anak.

Wanita berbisnis akan lebih mudah dalam menghadapi segala kesulitan hidup, terutama perihal finansial. Sebab dirinya lebih mampu bertahan karena sudah memiliki pegangan uang untuk melanjutkan kehidupannya.

3. Memiliki pegangan untuk kondisi darurat

Ketika wanita berbisnis, pasti memiliki penghasilan tambahan di luar gajinya maupun nafkah dari suaminya. Adanya penghasilan tambahan tersebut nantinya berguna saat menghadapi keadaan darurat atau saat kekurangan uang untuk memenuhi kebutuhan.

Maka dari itu, pentingnya wanita berbisnis agar bisa diandalkan dalam segala situasi, termasuk kondisi darurat. Kondisi tersebut misalnya saat terjadi pemutusan hubungan kerja, suami sakit sampai tak mampu lagi bekerja, ataupun memenuhi kebutuhan darurat lainnya.

Memiliki pegangan uang saat kondisi darurat tentu sangat membantu suami apabila sudah berumah tangga karena lebih meringankan bebannya. Ketika melajang, pegangan uang saat kondisi darurat berguna untuk mencukupi kebutuhan diri sendiri dan tak perlu bingung berhutang sana-sini sebab sudah pandai mengatur keuangan.

4. Memiliki kebebasan dalam hal keuangan

Menjadi wanita yang pandai berbisnis, artinya memiliki kebebasan atau kendali sendiri dalam hal keuangan. Artinya, Anda dapat mengelola keuangan sendiri entah itu untuk mencukupi kebutuhan maupun membeli barang kesukaan.

Seorang wanita harus berbisnis, sebab dengan begitu dapat mengatur jumlah penghasilannya sendiri sekaligus menjalankan strategi untuk meningkatkan penghasilannya. Selain itu, menjadi wanita entrepreneur tentunya jadi lebih menghargai uang. Meskipun bebas mengelolanya, bukan berarti boros dan semaunya sendiri saat menggunakannya.

Memiliki kebebasan dalam hal keuangan membuat Anda tidak mudah bergantung maupun menunggu orang lain untuk bisa memenuhi keinginan pribadi. Sebab, Anda bisa membeli apapun dengan uang sendiri tanpa perlu mengemis secara halus.

5. Membanggakan pasangan maupun diri sendiri

Wanita mandiri karena pandai berbisnis merupakan hal paling membanggakan, baik itu bagi dirinya sendiri maupun pasangannya. Hal ini karena ia pandai dalam mengatur keuangan, punya penghasilan sendiri, dan tidak mudah bergantung kepada orang lain.

Pria manapun pasti bangga ketika wanitanya pandai berwirausaha karena merasa dapat diandalkan di segala situasi. Sifatnya pun cenderung mandiri, tidak manja, sekaligus pintar mengelola keuangan.

Anda pun patut berbangga karena memiliki bisnis. Sebab dari sanalah bisa mendapatkan penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan maupun keinginan diri sendiri, sehingga tak perlu meminta kepada orang lain.

6. Membantu perekonomian keluarga

Keadaan perekonomian keluarga tidak selalu berada di posisi aman atau paling atas. Sewaktu-waktu pasti ada kondisi di mana perekonomian keluarga menjadi susah, bahkan dalam hal memenuhi kebutuhan pokok.

Oleh karena itu, pentingnya wanita berbisnis yaitu supaya dapat membantu perekonomian keluarga di saat genting. Sebab, ia memiliki penghasilan tambahan yang sewaktu-waktu diharapkan bisa menjadi dana darurat ketika perekonomian keluarga sedang sulit.

Tentunya Anda pun ingin mencegah terjadinya kesulitan ekonomi. Jadi, berusahalah untuk menabung rutin agar memiliki dana tambahan di saat situasi sedang susah.

7. Menambah wawasan baru

Alasan selanjutnya akan menjelaskan bahwa keuntungan berwirausaha khususnya bagi wanita, selain menambah penghasilan juga berguna menambah wawasan baru. Sebab saat menjalankan bisnis, pasti menghadapi berbagai macam karakter orang.

Sering menghadapi banyak orang mampu membentuk pola pikir sekaligus kepribadian. Sebab, dari sanalah Anda akan belajar banyak hal tentang cara memahami orang lain, menyelesaikan masalah, maupun memandang segala sesuatu melalui sudut pandang yang berbeda. Sehingga, wawasan Anda pun semakin luas karena banyak mendapatkan pengalaman baru.

Bingung Ingin Usaha Apa untuk Wanita/Ibu Rumah Tangga?

Baik wanita karir maupun ibu rumah tangga disarankan untuk menjalankan bisnis agar mampu memberikan penghasilan tambahan, membentuk sikap mandiri, serta mampu diandalkan ketika situasi sulit. Bingung ingin menjalankan usaha seperti apa bagi wanita atau ibu rumah tangga? Ini beberapa rekomendasinya.

1. Membuka online shop

Salah satu bisnis paling direkomendasikan, bahkan bisa dimulai dengan modal ringan yaitu membuka online shop. Apabila ingin memulainya dengan modal sedikit, Anda bisa menjadi reseller ataupun dropshipper.

Banyak hal dapat dijual di online shop, misalnya pakaian, aksesoris, peralatan rumah tangga, hijab, dan lain sebagainya. Menjalankan usaha ini secara konsisten, pendapatan tambahannya bisa dibilang sangat besar. Tak heran jika banyak wanita, terutama ibu rumah tangga lebih senang melakukannya karena keuntungan menjalankan bisnis online yaitu dapat dikerjakan kapan saja dan di mana saja.

2. Membuka jasa catering atau usaha warung makan

Rekomendasi ide bisnis selanjutnya untuk wanita maupun ibu rumah tangga adalah membuka jasa catering atau usaha warung makan. Peluang usaha ini dapat dilakukan, terutama jika Anda senang memasak dan rasanya enak.

Membuka jasa catering atau usaha warung makan penghasilannya bisa dibilang besar, apalagi jika sudah bekerjasama dengan jasa event organizer atau memiliki reputasi baik pada banyak pelanggan. Supaya semakin laris dan dikenal masyarakat luas, maka Anda pun sebaiknya perlu mengetahui cara promosi warung makan atau jasa catering.

3. Berjualan tanaman hias

Mempunyai banyak koleksi tanaman tetapi juga digemari oleh banyak orang? Jadikan saja sebagai peluang bisnis yang menjanjikan karena berjualan tanaman hias hampir tidak pernah sepi peminat, khususnya para ibu-ibu dan kolektor.

Sebelum memulai usaha jual tanaman hias, Anda pun perlu mempelajari teknik budidaya yang tepat agar usaha ini bisa berkelanjutan sekaligus semakin meningkatkan pendapatan. Kemudian promosikan dagangan Anda melalui sosial media maupun mulut ke mulut agar semakin dikenal.

4. Berjualan pulsa, voucher, dan paket data internet

Tidak diragukan lagi, berjualan pulsa, voucher, dan paket data internet merupakan bisnis yang cukup menjanjikan karena peminatnya tak pernah sepi.  Sebab, semua orang pasti membutuhkan koneksi internet untuk berkomunikasi secara virtual.

Memulai usaha berjualan pulsa, voucher, dan paket data internet tak perlu modal besar. Anda bisa melakukannya ketika luang dan dimana saja, hal inilah yang membuat bisnis ini banyak digemari untuk mencari penghasilan tambahan.

5. Menjual kue kering dan dessert box

Memiliki hobi bereksperimen dengan berbagai makanan manis atau jenis cemilan lainnya bisa dijadikan sebagai usaha selingan guna mendapatkan uang tambahan bagi wanita ataupun ibu rumah tangga. Saat ini dessert box dan kue-kue kering banyak digemari, khususnya oleh anak muda.

Banyak resep cara membuat kue kering maupun dessert box di internet. Setelah itu, cobalah melakukan eksperimen supaya layak untuk dijual ke konsumen. Setelah itu, promosikan usaha ini melalui sosial media maupun mulut ke mulut agar menarik banyak pembeli.

Jadi, seperti itulah penjelasan mengenai alasan kenapa wanita harus berani berbisnis. Sebab, wanita yang pandai berbisnis kepribadiannya cenderung mandiri, mudah diandalkan, serta pintar dalam mengatur keuangan.

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *