Lompat ke konten

7 Cara Promosi Warung Makan Baru

Cara Promosi Warung Makan Baru

Menjajal bisnis kuliner adalah ide yang bagus karena semua orang pasti membutuhkan makanan, terutama jika membangun usaha warung makan. Namun, kendala utama dalam memulainya yaitu mencari pelanggan, apalagi saat ini persaingannya semakin ketat dan beragam.

Pemilik usaha harus bisa gencar melakukan promosi supaya warung makan baru miliknya jadi kedatangan ramai pembeli. Lalu ingatlah bahwa bahan-bahan di tempat kuliner tidak bisa tahan dalam waktu lama, sehingga pikirkanlah bagaimana cara menarik banyak pelanggan agar laris manis dan tak ada bahan lain tersisa sampai basi. Jadi, mau tidak mau hal ini juga harus dicegah dari kerugian.

Banyak cara membuat warung makan semakin ramai pembeli, salah satunya dengan menggencarkan kegiatan promosi. Tak harus mahal, hal paling penting harus konsisten dan berkelanjutan. Sebaliknya, jika tak melakukan cara apapun, usaha kuliner milik Anda tak dapat berkembang, bahkan kalah bersaing dengan kompetitor lainnya.

Meskipun butuh perjuangan, ketahuilah cara promosi warung makan baru berikut ini supaya ramai pelanggan.

1. Berikan Penawaran kepada Masyarakat Berupa Promosi dan Diskon

Siapapun pasti senang jika membeli barang dengan harga diskon. Jadi, Anda bisa memberikan penawaran kepada masyarakat berupa promosi dan diskon setiap pembelian menu tertentu di warung makan Anda.

Pada saat pembukaan usaha warung makan baru, cara promosi yang paling disukai adalah memberikan diskon kepada para pembeli. Hal ini penting supaya orang-orang bisa mencoba menu yang dijual, kemudian jika mereka menyukainya kemungkinan besar kembali lagi untuk membeli, walaupun tak lagi dengan diskon.

Pada saat melakukan promosi dan diskon, bukan berarti Anda bisa menurunkan kualitas produk sekaligus cita rasa masakannya. Sebab, saat pembukaan perdana, pembeli menentukan enak atau tidaknya hidangan di warung makan, sehingga dapat mempertimbangkannya untuk kembali lagi di lain waktu.

Promosi bisa dilakukan melalui spanduk ataupun flyer agar orang-orang tahu bahwa ada tempat kuliner baru yang sedang diskon. Manfaatkan pula kecanggihan teknologi seperti sosial media untuk melakukan promosi. Caranya dengan menandai dan meminta bantuan untuk menyebarluaskan postingan promosi warung makan milik Anda ke influencer setempat, ataupun akun tentang kuliner di daerah Anda agar dapat di-repost oleh mereka.

Melakukan promosi di sosial media benar-benar gratis, hanya membutuhkan akses internet. Mintalah bantuan kepada teman, tetangga, atau kerabat untuk membantu mempromosikan dagangan, entah itu mulut ke mulut maupun lewat sosial media.

2. Promosikan Warung Makan Melalui Unggahan Konten di Sosial Media

Saat ini, hampir semua orang di dunia memiliki akun sosial media bukan hanya sebagai ajang eksistensi, tetapi juga untuk mencari berbagai informasi. Salah satunya adalah info kuliner dan diskonnya, supaya bisa membeli produk makanan atau minuman dengan harga murah.

Cobalah memanfaatkan kecanggihan teknologi berupa sosial media untuk membantu menyebarluaskan informasi dan promosi warung makan baru milik Anda, tujuannya agar banyak orang tahu. Sehingga, kemungkinan besar mereka datang karena penasaran untuk mencobanya.

Hal paling penting sebelum mempromosikan warung makan melalui unggahan di sosial media adalah membuat konten baik foto maupun video secara jelas serta professional sesederhana apapun produk yang dijual. Desain konten dengan detail yang jelas, pemilihan warna feeds sesuai juga konsisten akan digemari masyarakat, sehingga mereka mencobanya karena merasa tertarik.

Selain itu, perlu kekonsistenan untuk mengunggah konten ke sosial media, baik Facebook, Instagram, Tik Tok, dan semacamnya. Jangan terlalu sering mengunggah (misalnya setiap 2 jam sekali setiap hari) karena bisa dianggap spam. Namun, jangan pula terlalu lama tidak memperbarui konten sebab bisa jadi mereka mengira bahwa usaha Anda tidak aktif atau sudah tak beroperasi lagi.

3. Bekerjasama dengan Aplikasi Pesan Makanan Online

Apabila masih memulai usaha warung makan baru tetapi bingung cara melakukan promosi ataupun kurang puas dengan hanya mengunggah konten di sosial media, cobalah bekerjasama dengan aplikasi pesan makan online. Apalagi zaman sekarang, adanya kecanggihan teknologi tak jarang membuat banyak orang malah keluar rumah untuk sekedar membeli makan, jadi hanya menunggu ojek online untuk mengantarkan pesanannya.

Di aplikasi biasanya banyak ditawarkan promo diskon menarik. Sehingga, Anda juga bisa memanfaatkannya agar menarik minat banyak pembeli nantinya. Caranya adalah bergabung dengan Shopee Food salah satunya, agar usaha kuliner terdaftar sebagai mitra di Shopee Food.

Cara menarik lebih banyak lagi pelanggan di aplikasi pesan makan online yaitu perhatikan rating ulasan dari para pengunjung. Banyak orang memesan di tempat dengan rating tinggi. Oleh karena itu, tetap pertahankan cita rasa dan kualitasnya supaya pelanggan tidak kapok saat memesan ulang.

4. Manfaatkan Pengaruh dari Influencer untuk Membantu Pemasaran Produk Kuliner

Influencer ataupun selebgram tergolong orang-orang berpengaruh sekaligus memiliki banyak pengikut di sosial media, utamanya dalam bidang kuliner. Sekali saja mereka mempromosikan sesuatu, biasanya toko yang bersangkutan langsung ramai pembeli.

Salah satu cara mempromosikan warung makan baru Anda juga bisa dengan menyewa jasa influencer yaitu food vlogger sosial media. Meskipun harus membayar dengan jumlah tidak sedikit, tapi ketahuilah cara ini sangat efektif daripada hanya melakukan tag pada akun-akun besar karena food vlogger mempromosikannya secara langsung kepada masyarakat luas.

Biasanya, food vlogger memberikan konten menarik sekaligus profesional, berupa foto dan video untuk diunggah ke sosial media. Konten tersebut pasti memiliki banyak pengunjung di internet, sehingga inilah mengapa jika menyewa jasa para food vlogger tidak ada ruginya meskipun harus membayar lebih mahal.

5. Promosikan Warung Makan melalui Kerabat dan Orang Terdekat atau Melalui Mulut ke Mulut

Mempromosikan warung makan baru melalui kerabat, tetangga, dan orang terdekat secara mulut ke mulut atau word of mouth adalah salah satu cara promosi paling efektif karena tidak membutuhkan biaya ketika melakukannya. Hal pertama yang perlu dilakukan, yaitu meminta mereka mencoba menu di warung makan Anda, lalu jadikan sebagai testimoni.

Mintalah tolong pula kepada mereka supaya bisa merekomendasikan usaha warung makan tersebut kepada orang-orang di sekitarnya agar mau mencoba membeli makanan. Tentunya, cara ini juga dapat membuat orang lain cepat percaya dan terpengaruh karena yang berbicara adalah orang terdekatnya sendiri.

Ketika satu orang mengajak beberapa orang lainnya untuk makan di sana, kemungkinan mereka kembali lagi apabila merasa masakan di tempat tersebut enak. Kemudian secara tidak langsung mereka merekomendasikannya kepada teman-temannya untuk mencobanya juga. 

6. Berikan Fasilitas Pendukung agar Menarik Minat Pembeli

Meskipun unggahan di sosial media sebagai bahan promosi sangat penting, tetapi hal paling penting adalah pelayanan yang baik kepada para konsumen. Baik sekaligus profesionalnya pelayanan konsumen, secara tidak langsung bisa menjadi branding dari usaha kuliner. Sebab, mereka akan merekomendasikannya kepada banyak orang karena tempat tersebut selalu ramah kepada setiap pembeli.

Tak hanya itu, berikan pula kepada para konsumen kenyamanan bukan hanya dari segi layanan, namun juga tempat. Pastikan untuk menata warung makan Anda supaya bersih dan membuat orang lain betah supaya ingin terus datang untuk membeli.

7. Gelar Acara untuk Mengenalkan Usaha Kuliner Anda

Menggelar acara untuk mengenalkan usaha warung makan baru ke muka publik juga bisa dilakukan. Mungkin kedengarannya sedikit susah, namun cobalah untuk memanfaatkan peluang dari kondisi sekitar. Contohnya merekomendasikannya kepada kerabat, tetangga, dan orang terdekat jika sedang mengadakan acara kecil-kecilan, dapat dilakukan di tempat makan Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menyediakan jasa katering ketika ada acara tertentu, entah itu pernikahan, ulang tahun, santunan, dan lain sebagainya. Dengan begitu, warung makan Anda bisa menjadi ramai pembeli, terutama jika mengantongi banyak ulasan bagus dari konsumen.

Begitulah cara promosi warung makan baru. Namun, pastikan tetap menjaga kualitas sekaligus cita rasanya supaya konsumen tidak kabur ke kompetitor lainnya. Selain itu, berikan pelayanan baik kepada para pembeli sebagai upaya melakukan branding pada usaha kuliner Anda.

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *