Lompat ke konten

Rekomendasi Bootcamp Digital Marketing Terbaik (2022)

digital marketing bootcamp

Dalam artikel sebelumnya, penulis telah membahas mengenai pentingnya strategi pemasaran digital pada era internet sekarang ini. Cakupan kerja tim digital marketing yang luas membuat kursus atau bootcamp untuk bidang ini menjadi salah satu jenis kursus yang banyak diminati.

Di antara sekian banyak lembaga jasa kursus di Indonesia, berikut rekomendasi bootcamp digital marketing bootcamp terbaik di tahun 2022:

1. RevoU

Rekomendasi kursus digital marketing online yang pertama adalah RevoU.

Terdapat beberapa alasan mengapa RevoU merupakan salah satu dari yang terbaik, yaitu:

  1. Kurikulum yang dihadirkan lengkap. RevoU menghadirkan kursus digital marketing dengan materi lengkap mulai dari social media advertising, SEO hingga content marketing semuanya lengkap. 
  2. Tersedia online. Ini artinya, kursus RevoU bisa Anda ikuti dimanapun asalkan ada laptop dan koneksi internet yang stabil. 
  3. Diajar oleh ahli di bidangnya. Tim pengajar pemasaran digital di RevoU datang dari praktisi-praktisi pemasaran yang saat ini sudah bekerja di perusahaan-perusahaan startup di Indonesia. 
  4. Kuliah malam hari. Kursus di RevoU didesain untuk pekerja. Oleh sebab itu, kursus disini tersedia di malam hari sehingga tidak mengganggu pekerjaan utama Anda. 
  5. Program pendampingan kerja. RevoU juga menyediakan program pendampingan kerja. Bahkan pelajar dengan nilai baik akan dibantu untuk direkomendasikan kepada perusahaan-perusahaan mitra. 

Adapun biaya kursus pemasaran digital di RevoU bervariasi antara Rp13.000.000-Rp.16.000.000 untuk 3 bulan sampai 6 bulan program. Meskipun tampak besar, namun Anda tidak perlu khawatir. Lembaga ini menyediakan program cicilan pembayaran biaya kursus hingga 18 bulan. 

2. Hacktiv8

Perusahaan penyedia bootcamp digital marketing lain yang direkomendasikan adalah Hacktiv8. Meskipun program utama lembaga kursus ini adalah developer, namun ternyata Hacktiv8 juga membuka kursus pemasaran digital.

Berikut ini beberapa keunggulan dari belajar pemasaran digital melalui lembaga ini:

  1. Materi kursus lengkap. Disini Anda bisa belajar mengenai social media marketing hingga cara membaca dan menganalisis data-data dari Google Analytic dan SERP secara lengkap. 
  2. Pembelajaran intensif. Salah satu ciri khas yang terkenal dari Hacktiv8 adalah sistem pembelajarannya yang intensif. Siswa akan diberikan berbagai tugas untuk diselesaikan. Bahkan untuk kelulusan, siswa juga akan diberikan final project. 
  3. Dilengkapi dengan pelatihan karir. Siswa lembaga kursus ini akan dilengkapi dengan pembekalan karir mulai dari membuat CV hingga dihubungkan dengan perusahaan-perusahaan rekanan. 
  4. Ada sertifikat kelulusan

Adapun kursus digital marketing online di Hacktiv8 tersedia dalam format online dengan waktu belajar setiap hari Senin-Jumat pukul 9.00 sampai 16.00 (7 jam sehari, 40 jam seminggu). Untuk mendapatkan kursus intensif ini, Anda perlu mengeluarkan biaya senilai Rp17.000.000-Rp25.000.000 dengan beberapa program cicilan tersedia.

3. Purwadhika

Purwadhika adalah lembaga kursus ilmu pengetahuan tentang dunia komputer dan digital yang berdiri sejak tahun 1987. Dalam 35 tahun berdirinya, perusahaan ini telah berhasil mencetak lebih dari 20.000 siswa yang bekerja di berbagai perusahaan ternama di Indonesia. 

Saat ini, Purwadhika tidak hanya menyediakan kursus komputer saja, tetapi juga pemasaran digital dan banyak lainnya. Adapun kelebihan kursus yang disediakan oleh perusahaan ini adalah:

  1. Tersedia kursus online dan offline. Bagi Anda yang merasa kurang cocok belajar online, maka bootcamp di Purwadhika adalah pilihan yang tepat sebab kursus di lembaga ini tersedia dalam format online dan offline yang mana untuk opsi terakhir sejauh ini masih tersedia di Jakarta dan Tangerang. 
  2. Materi kursus lengkap. Mulai dari dasar-dasar digital marketing, SEO, SEM dan lain sebagainya ada di Purwadhika. Tidak hanya itu, sistem pembelajaran di lembaga ini juga membagi rata antara praktik dan teori. 
  3. Pengajar yang kompeten. Dewan pengajar lembaga kursus ini diisi oleh orang-orang ahli di bidangnya yang sudah bekerja di berbagai perusahaan ternama di Indonesia. 
  4. Bimbingan persiapan kerja. Purwadhika siap membantu siswa didiknya untuk bersiap kerja entah itu di 500 perusahaan mitra di Indonesia dan Asia maupun perusahaan-perusahaan lainnya. 

Biaya untuk kursus di lembaga ini adalah sebesar Rp17.205.000-Rp46.065.000 tergantung jenis bootcamp class yang Anda pilih (online atau offline). Dengan biaya tersebut, Anda akan mendapatkan kursus sebanyak 174 jam dalam 58 kali pertemuan yang mana 84 jam diantaranya akan dialokasikan untuk praktik dan 84 jam sisanya untuk teori. 

Kelas ofline akan diselenggarakan siang hari sementara sesi praktik kelas online akan diselenggarakan malam hari dengan materi teori hadir dalam bentuk video yang bisa diputar kapanpun dan dimanapun.

4. Dibimbing

Platform kursus digital marketing bootcamp terbaik selanjutnya adalah Dibimbing. Dengan belajar pemasaran digital di  lembaga ini, Anda akan mendapatkan:

  1. Materi digital marketing yang komprehensif mulai dari dasar hingga bagaimana cara mengaplikasikan data-data pemasaran untuk menciptakan kampanye marketing yang menarik. 
  2. Mempelajari digital marketing melalui berbagai tools seperti, Google Analytics, Mailchimp, Canva dan lain sebagainya. 
  3. Mendapat pengajaran dari guru yang ahli di bidangnya. Tentor di lembaga ini merupakan tim pemasaran digital di salah satu perusahaan startup di Indonesia. 
  4. Dibimbing hingga persiapan kerja mulai dari cara membuat CV, persiapan interview dan lain sebagainya. 
  5. Kelas online weekend. Kelas digital marketing di Dibimbing didesain untuk para pencari kerja baik itu fresh graduate maupun orang yang berpengalaman yang ingin pindah kerja. Oleh sebab itu, kelas di Dibimbing diselenggarakan secara online setiap weekend sehingga tidak mengganggu pekerjaan utama siswa. 

Untuk mengikuti bootcamp digital marketing di Dibimbing, Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp7.000.000-Rp12.000.000 untuk 50 kali pertemuan. Dibimbing juga telah menyediakan berbagai program cicilan yang bisa Anda ikuti untuk membantu meringankan biaya kursus ini. 

5. Binar Academy

Rekomendasi bootcamp digital marketing yang terakhir adalah dari Binar Academy. Lembaga kursus yang didirikan oleh para “alumni Gojek” ini menawarkan kursus digital marketing dengan berbagai kelebihan sebagai berikut.

  1. Materi kursus digital marketing yang lengkap mulai dari proses perencanaan hingga manajemen iklan khususnya iklan di Facebook.
  2. Pengajar yang kompeten di bidangnya. Pengajar atau fasilitator di Binar Academy merupakan individu yang berpengalaman di dunia pemasaran digital dan kini telah menempuh karir sebagai ahli di perusahaan startup.
  3. Kursus diselenggarakan secara online 3 kali dalam seminggu. Sama seperti program lainnya, bootcamp mengenai digital marketing di Binar Academy juga didesain untuk para karyawan sehingga dibuat dengan format online dengan jadwal fleksibel. 

Biaya untuk kursus digital marketing di Binar Academy adalah sebesar Rp6.600.000. Dengan biaya tersebut Anda bisa mendapatkan kursus 3 kali seminggu dalam jangka waktu 4 bulan (kisaran 48 kali pertemuan) dan setelahnya akan dibantu untuk menemukan pekerjaan yang cocok. 

Nah, itu tadi beberapa penyedia bootcamp di bidang digital marketing. Selain dengan model bootcamp, Anda juga bisa belajar digital marketing melalui kursus dengan model pembelajaran lainnya seperti, live video, video learning di YouTube, LinkedIn atau lembaga kursus lainnya.

nv-author-image

Farichatul Chusna

Farichatul Chusna merupakan salah satu finalist PKM-Kewirausahaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional tahun 2016. Selama menjadi mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM, Chusna aktif mencari dan mengeksekusi ide bisnis yang menarik dan inovatif.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.