Lompat ke konten

Rekomendasi Bootcamp Data Science Terbaik (2022)

rekomendasi bootcamp data science

Banyak pekerjaan baru yang muncul seiring dengan perkembangan internet dan teknologi komunikasi dan informasi lainnya. Selain pekerjaan yang terafiliasi dengan pembuatan konten dan sosial media, ada juga pekerjaan yang berkaitan dengan pengolahan data digital untuk merumuskan kebijakan perusahaan. Salah satunya adalah pekerjaan sebagai data scientist. 

Menurut Wikipedia, data scientist adalah orang yang membuat kode pemrograman dan mengkombinasikannya dengan data-data statistik untuk menghasilkan insight atau wawasan dari data tersebut. 

Seorang data scientist bisa bekerja di bawah manajer pemasaran untuk menghasilkan data yang berguna untuk merumuskan strategi memasarkan produk, bekerja di bawah manajer penjualan untuk menghasilkan data penjualan dari online dan lain sebagainya.

Menurut publikasi dari perusahaan Software Oracle, pekerjaan ini pertama kali muncul pada tahun 2008 dan sejak saat itu, kebutuhan terhadap tenaga data scientist terus meningkat. Sayangnya, peningkatan ini tidak diiringi dengan peningkatan jumlah sumber daya manusia yang memiliki keahlian ini. 

Saat ini, sudah banyak universitas di dunia yang menawarkan data scientist sebagai jurusan atau mata kuliah. Namun jika Anda tidak ingin kuliah lagi, saat ini juga ada institusi pendidikan non-formal yang menawarkan kursus data scientist online maupun offline. Sebagian diantara lembaga kursus tersebut disebut dengan bootcamp.

Berikut ini rekomendasi bootcamp data science terbaik di Indonesia:

1. G2 Academy

G2 Academy adalah lembaga pendidikan non formal khusus teknologi yang didirikan oleh Ferry Sutanto, seorang mantan Head of Technology blibli.com yang juga pernah menjadi engineer di Silicon Valley. 

Untuk mendapatkan kursus data science di lembaga ini, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp17.000.00. Biaya tersebut bisa dibayar tunai di depan atau dibayar dengan cara dicicil selama 12 sampai 24 bulan. Dengan biaya tersebut, Anda bisa mendapatkan:

  • Materi pembelajaran yang komprehensif. Bootcamp data science di G2 Academy akan mengajari Anda data science mulai dari dasar seperti, pemahaman kalkulus, pemahaman machine learning dan lain sebagainya sehingga cocok untuk karyawan dengan basis non-tech yang ingin banting setir ke bidang ini. 
  • Tentor yang ahli di bidangnya. Kursus data science di G2 Academy diajar oleh dua orang yang mana keduanya merupakan data specialist dan telah lama berkecimpung di dunia data dan teknologi. 
  • Kursus intensif selama 8 minggu. Kursus di lembaga ini berlangsung selama 8 minggu yang mana ada 4 kali pertemuan selama 3 jam di setiap minggunya. 
  • Program pendampingan kerja. G2 Academy menawarkan program pendampingan kerja khususnya untuk perusahaan-perusahaan mitra. Program pendampingan kerja ini mulai dari career development, bimbingan saat internship hingga penyaluran tenaga kerja ke perusahaan mitra. 

Selain itu, G2 Academy juga menawarkan community development yang mana dengan fasilitas ini, Anda bisa menjalin komunikasi dengan karyawan yang bekerja di perusahaan lain maupun industri lain.

2. Algoritma

Rekomendasi bootcamp data science selanjutnya datang dari Algoritma. Lembaga kursus ini menawarkan kursus data science yang lengkap secara reguler, lifetime dan spesialisasi. Untuk kursus reguler, biaya yang harus Anda keluarkan adalah sebesar Rp28.000.000 untuk 117 jam pembelajaran sedangkan untuk kelas lifetime biayanya adalah sebesar Rp36.000.000 untuk 168 jam pembelajaran. 

Adapun kelebihan kursus data science di lembaga ini adalah:

  • Ada kelas spesialisasi. Selain kelas data science secara umum secara reguler dan lifetime, Anda juga bisa memilih 3 kelas spesialisasi yaitu: Machine Learning Specialization, Data Analytics Specialization  dan Data Visualization. Oleh karena itu, kursus data science online di algoritma cocok untuk pemula maupun individu yang ingin mengambil kelas lanjutan. 
  • Trainer tersertifikasi. Tidak hanya memiliki pengalaman kerja di bidang data science, trainer-trainer di algoritma juga telah memiliki sertifikasi dari Rstudio. Trainer-trainer ini tidak hanya akan mengajar di dalam kelas, sistem pendidikan di Algoritma juga memungkinkan siswa untuk bertanya secara personal kepada trainer.
  • Kualitas kurikulum terjamin. Dalam laman resminya, Algoritma menyebutkan bahwa kurikulum pembelajaran di lembaga tersebut kini tidak hanya digunakan oleh algoritma saja melainkan juga sudah digunakan oleh institusi lain, termasuk institusi pendidikan yang berasal dari luar negeri. 
  • Penyaluran tenaga kerja. Algoritma juga akan berusaha membantu Anda untuk mendapatkan pekerjaan impian asalkan Anda lulus dari kelas Full Track lembaga ini dengan 80%. Siswa yang terpilih ini akan bisa melakukan demo di acara Data Career Day yang diselenggarakan oleh lembaga kursus ini dengan perusahaan partner.

3. Hacktiv8

Hacktiv8 adalah salah satu lembaga kursus terkemuka yang menyediakan kursus data science online dan offline di Indonesia. Kursus di lembaga yang satu ini sama halnya dengan Anda masuk sekolah lagi dalam 4 bulan. Hacktiv8 juga merupakan salah satu bootcamp digital marketing terbaik di Indonesia.

Sebab, dalam 4 bulan tersebut Anda harus belajar full time dari jam 9.00 pagi sampai jam 18.00 (7 jam). Oleh karena itu, bootcamp di Hacktiv8 kurang cocok untuk pekerja yang masih bekerja di siang hari dan membutuhkan full fokus. 

Untuk mengikuti kursus data science di lembaga ini, biaya yang harus Anda keluarkan adalah sebesar Rp25.000.000 untuk kelas online dan Rp35.000.000 untuk kelas offline. Dengan biaya tersebut Anda akan mendapatkan pembelajaran full day bootcamp selama 4 bulan dan fase persiapan selama 4 minggu. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan berbagai fasilitas berikut ini:

  • Materi yang komprehensif. Kursus data science online dan offline di Hacktiv8 didesain tidak hanya untuk orang dengan latar belakang IT atau Science. Oleh sebab itu, lembaga kursus ini akan mengajarkan kepada Anda hal-hal mengenai data science secara lengkap mulai dari kalkulus dan penggunaan Python dasar sampai penggunaan Big Data Apps dan Final Project. 
  • Kurikulum yang terus di update. Materi-materi yang diajarkan dalam Hacktiv8 akan selalu di update sesuai dengan kebutuhan industri.
  • Instruktur yang berpengalaman dan berkomitmen. Menurut iklan lowongan pekerjaan yang ditampilkan oleh lembaga kursus ini di laman LinkedIn resminya, untuk menjadi instruktur data science di Hacktiv8 diperlukan pengalaman kerja di bidang yang sama selama minimal 3 tahun dan penguasaan terhadap aplikasi-aplikasi terkait. 
  • Pendampingan persiapan kerja. Sama seperti perusahaan penyedia jasa bootcamp lain, Hacktiv8 juga menyediakan layanan pendampingan persiapan kerja pasca bootcamp berlangsung. Pendampingan ini mulai dari review CV, pelatihan wawancara hingga penyaluran tenaga kerja kepada 350 perusahaan mitra. 

4. Purwadhika

Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun sebagai penyedia kursus computer science, Purwadhika terus berinovasi dengan menyediakan berbagai kursus yang relevan dengan industri. Termasuk diantaranya adalah kursus data science online. 

Sama seperti Hacktiv8, Purwadhika juga menyelenggarakan bootcamp secara offline maupun online. Keuntungan kursus data science secara online adalah Anda dapat kursus dimanapun dan kapanpun (untuk teori) asalkan ada internet dan laptop. Selain itu, kelas praktik online Purwadhika juga hanya diselenggarakan di malam hari sehingga cocok untuk karyawan yang kerja di siang harinya.

Sementara  keuntungan kursus secara offline adalah Anda bisa secara langsung berhubungan dengan mentor dan rekan-rekan yang lain. Kekurangannya adalah jadwalnya mirip dengan sekolah biasa, masuk pukul 9.00 pulang pukul 16.00. 

Adapun biaya kursus data science di lembaga ini bervariasi mulai dari Rp17.205.000 sampai Rp46.065.000.

Dengan biaya tersebut Anda akan mendapatkan:

  • Materi lengkap. Materi pendidikan data science di Purwadhika telah disusun sesuai dengan kebutuhan industri. Materi ini bisa Anda ulangi hingga berkali-kali sampai paham. 
  • Jadwal kursus yang komprehensif. Kelas online di Purwadhika diselenggarakan dalam 26 kali pertemuan yang mana setiap pertemuan berlangsung selama 3 jam dari jam 7-10 malam. Adapun untuk kelas offline Anda akan mendapatkan pertemuan sebanyak 59 kali pertemuan dengan masing-masing pertemuan berlangsung selama 7 jam. 
  • Diajar oleh praktisi secara langsung. Mentor-mentor di Purwadhika merupakan praktisi digital science di perusahaan terkemuka. Tidak hanya itu, Anda juga akan berkesempatan untuk diajar oleh tentor khusus yang memiliki kualifikasi sama ketika mengerjakan final project.
  • Program pendampingan kerja. Purwadhika bekerja sama dengan lebih dari 500 perusahaan di Indonesia maupun Asia. Dengan kursus di lembaga ini, Anda berkesempatan untuk disalurkan kerja ke perusahaan-perusahaan besar tersebut.

5. Binar Academy

Platform bootcamp data science yang terakhir ada di Binar Academy. Binar Academy adalah lembaga kursus yang didirikan oleh para alumni Gojek untuk mencetak talenta-talenta digital terbaik di Indonesia. Tidak hanya itu, Binar juga bekerjasama dengan berbagai perusahaan mitra untuk menyediakan lowongan pekerjaan yang hanya bisa diisi oleh alumni akademi ini saja. Menarik bukan?

Untuk belajar data science di Binar Academy, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp6.600.000. Dengan biaya tersebut, Anda akan memperoleh:

  • Kelas online selama 4 bulan alias 16 minggu. Setiap minggunya akan berisi 3 kali pertemuan dengan durasi 3 jam dalam setiap pertemuan. Pertemuan tersebut berlangsung dari pukul 19.00-22.00 sehingga cocok untuk Anda yang ingin belajar data science tapi masih perlu bekerja di siang harinya. 
  • Materi yang komprehensif. Di Binar Academy, Anda akan diajari segala hal tentang data science dari dasar mulai dari aspek fundamentalnya, aspek matematisnya hingga cara menerapkannya ke dalam bahasa pemrograman. 
  • Program pendampingan kerja. Seperti yang telah disebut di atas, Binar juga memiliki ratusan perusahaan mitra yang siap untuk mempekerjakan alumni akademi ini. Tidak hanya itu, Binar Academy juga akan membantu Anda “pitching” ke perusahaan tersebut mulai dari memoles CV dan portofolio, sampai latihan wawancara.

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi bootcamp data science. Meskipun terlihat mahal, namun nyatanya kebutuhan terhadap data scientist membuat perusahaan memberi karyawan dengan posisi ini gaji yang jumlahnya cukup tinggi. 

Menurut data dari Indeed.com, gaji seorang data scientist di Indonesia berkisar antara Rp8.000.000-Rp10.000.000 per bulan. Ini artinya, jumlah modal yang Anda keluarkan untuk bootcamp akan kembali dalam waktu dua sampai 4 bulan saja. Besaran gaji ini tentu akan meningkat seiring dengan pengalaman kerja Anda. Jadi, tunggu apa lagi? Lekas belajar data science sekarang juga.

nv-author-image

Farichatul Chusna

Farichatul Chusna merupakan salah satu finalist PKM-Kewirausahaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional tahun 2016. Selama menjadi mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM, Chusna aktif mencari dan mengeksekusi ide bisnis yang menarik dan inovatif.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.