Lompat ke konten

Rekomendasi Bootcamp Programmer Di Tahun 2022

Rekomendasi Bootcamp Programmer

Di zaman yang serba digital ini ada banyak perusahaan yang berusaha meningkatkan visibilitas mereka di internet. Selain dengan media sosial dan iklan, perusahaan-perusahaan tersebut juga berlomba-lomba untuk membuat aplikasi dan website. Oleh sebab itu, tidak mengherankan apabila kebutuhan terhadap tenaga programmer saat ini meningkat pesat. 

Menurut Indonesia Salary Guide yang dipublikasikan oleh recruitment company, Persol Kelly, besaran gaji seorang IT Programmer dengan latar belakang pendidikan S1 dan pengalaman 3 tahun di Indonesia minimal sebesar Rp. 10.000.000 dan maksimal Rp. 25.000.000 per bulan. 

Jumlah yang menggiurkan bukan? Masalahnya adalah jumlah supply tenaga kerja untuk jawatan ini di Indonesia boleh dibilang cukup terbatas, begitupun sekolah formal yang menyediakan kursus ini. Sebagai solusinya, jika Anda ingin menjadi seorang programmer, Anda bisa mengikuti bootcamp khusus bidang ini. Berikut ini rekomendasi bootcamp programmer di tahun 2022 untuk Anda ingin berpindah karir atau mengembangkan jasa freelance pada bidang ini. 

1. Hacktiv8

Tidak dapat dipungkiri bahwasanya Hacktiv8 merupakan salah satu penyelenggara coding bootcamp yang paling populer di Indonesia. Hal ini bukan tanpa alasan. Sebab, Hacktiv8 menyediakan developer bootcamp yang intensif dengan menggunakan kurikulum terbaik sesuai dengan kebutuhan industri. 

Saat mengambil kursus programming di lembaga ini, Anda akan mendapatkan pengajaran full stack programming dari awal sampai ahli, sehingga kursus programming di Hacktiv8 terbuka untuk siapapun termasuk yang tidak memiliki latar belakang IT. Bahkan di akhir program, Anda harus melakukan presentasi final project di depan hiring partner. 

Maka dari itu, tidak heran jika Anda memerlukan waktu selama 720 jam dalam 16 minggu untuk mengikuti kursus di lembaga ini. 720 jam tersebut dibagi menjadi 9 jam per hari dari jam 9.00-18.00 (untuk kelas offline), setiap Senin-Jumat. 

Anda perlu mengeluarkan biaya kurang lebih Rp35.000.000 (kelas remote) dan Rp40.000.000 (kelas offline) untuk mendapatkan kursus intensif ini. Biaya ini bisa dibayar di muka maupun dicicil saat program berlangsung atau sesudah kerja. Hacktiv8 menyediakan garansi uang 100% kembali jika dalam 1 tahun siswa belum mendapatkan pekerjaan. 

2. Glints Academy

Jika Anda mengira kalau Glints hanyalah aplikasi dan website untuk melamar kerja, maka Anda salah sepenuhnya. Perusahaan yang berbasis di Singapura ini juga membuka layanan edukasi yang bernama Glints Academy. Salah satu program pendidikan yang ditawarkan oleh perusahaan ini adalah bootcamp programming. 

Program pelatihan pemrograman di lembaga ini berlangsung selama 4 bulan. Dalam 4 bulan tersebut Anda akan mendapatkan kurang lebih 80 kali pertemuan. Masing-masing pertemuan akan berlangsung selama 3 jam dari jam 19.00-21.00 sehingga siangnya Anda masih bisa bekerja. 

Sama seperti kuliah, Glints Academy juga menyediakan program peminatan yang bisa Anda pilih yaitu, Backend Web, Frontend Web dan React Native. Terlepas dari apapun peminatan yang Anda pilih, Anda akan mempelajari tools yang kurang lebih sama yaitu:

  • Bahasa pemrograman dalam bentuk HTML, CSS, dan Javascript.
  • NodeJS.
  • MongoDB .
  • Express.
  • Bootstrap 4.

Glints Academy juga menyediakan layanan career development dan bekerja sama dengan berbagai perusahaan untuk membantu siswa mencari pekerjaan. Bahkan, rata-rata lulusan dari akademi ini mendapatkan pekerjaan hanya dalam waktu 2 bulan setelah lulus. 

Biaya untuk mengikuti kursus programming dari Glints ini adalah sebesar Rp28.500.000. Biaya ini dapat dibayar lunas di awal, dicicil 2-18 kali, atau dibayar setelah kerja (income share agreement).

3. Developer School by Codepolitan

Rekomendasi bootcamp coding indonesia yang selanjutnya datang dari Developer School by Codepolitan. Tidak seperti dua kursus lain di atas yang menyediakan kursus programming full stack developer (frontend + backend developer), maka coding bootcamp di Developer School by Cosmopolitan hanya tersedia untuk frontend developer saja. 

Akan tetapi enaknya, kelas di lembaga kursus ini terbagi menjadi dua tahap, yaitu tahap dasar dan menengah, sehingga Anda bisa memilih kelas sesuai dengan kebutuhan. Masing-masing kelas akan diisi oleh maksimal 40 orang dan diajar oleh instruktur yang ahli di bidangnya. Berikut rinciannya:

  1. Kelas dasar. Biaya Rp6.000.000 untuk 15 sesi pembelajaran dan 2 proyek. Masing-masing sesi berlangsung selama 3-5 jam. Kelas ini cocok untuk Anda yang masih awam dalam proses pembuatan website pribadi dan user interface. 
  2. Kelas menengah. Biaya Rp8.000.000 untuk 15 sesi pembelajaran dan 2 proyek. Masing-masing sesi berlangsung selama 3-5 jam. Kelas ini cocok untuk Anda yang sudah punya pengalaman cukup dalam pembuatan web dan aplikasi. 
  3. Kelas lengkap. Biaya Rp12.000.000 untuk 30 sesi pembelajaran dan 2 proyek. Masing-masing sesi berlangsung selama 3-5 jam. Kelas ini cocok untuk Anda yang ingin belajar frontend programming dari awal sampai akhir. 

4. Binar Academy

Penyelenggara bootcamp coding indonesia rekomendasi selanjutnya adalah Binar Academy.  Perusahaan yang berpusat di Tangerang ini menyediakan bootcamp untuk frontend, backend dan full stack web development secara utuh. Berikut ini rincian kelasnya untuk Anda:

  1. Backend engineering. Dengan biaya sebesar Rp5.499.000, Anda akan mendapatkan pengajaran backend dari tentor ahli selama 3 bulan atau sekitar 36 kali pertemuan (3 kali seminggu). Setiap pertemuan akan berlangsung selama 3 jam. Dalam periode tersebut, Anda akan mempelajari Javascript, Node.JS, API Documentation, DBMS, Express JS dan lain sebagainya. 
  2. Frontend engineering. Dengan biaya sebesar Rp5.499.000, Anda akan mendapatkan pengajaran frontend dari tentor ahli selama 4 bulan atau sekitar 48 kali pertemuan (3 kali seminggu). Setiap pertemuan akan berlangsung selama 3 jam. Skill yang akan Anda pelajari adalah dasar HTML dan CSS, React.Js, JavaScript, Redux State Management dan berbagai skill lainnya. 
  3. Kelas Fullstack Web Development. Dengan biaya sebesar Rp6.599.000, Anda akan mendapatkan pengajaran fullstack dari tentor ahli selama 4 bulan atau sekitar 72 kali pertemuan (3 kali seminggu). Setiap pertemuan akan berlangsung selama 3 jam. Dalam program ini, Anda akan mempelajari Javascript Basic, API Design, API Documentation dan lain sebagainya.

Selain fasilitas utama di atas, Binar Academy juga memiliki program pendampingan kerja. Bahkan ada lowongan-lowongan khusus yang disediakan oleh perusahaan ini untuk alumni. Sampai saat ini, Binar Academy masih menyelenggarakan kursus secara online dan kursus tersebut dilaksanakan di malam hari, sehingga coding bootcamp di lembaga ini cocok untuk Anda yang masih harus bekerja di siang harinya. 

5. Purwadhika

Ada orang yang lebih mudah belajar secara online, tetapi juga ada yang akan lebih paham kalau belajar secara offline. Jika Anda adalah tipe yang kedua, maka developer bootcamp offline lain yang bisa Anda ikuti selain di Hacktiv8 adalah program belajar programming dari Purwadhika. 

Purwadhika adalah lembaga kursus ilmu komputer yang sudah berpengalaman sejak tahun 1987 dan diakui oleh Pemerintah Indonesia. Oleh sebab itu, kualitas kurikulum, pengajaran dan tenaga pengajar di lembaga ini sudah tidak perlu diragukan lagi. 

Purwadhika tidak hanya menyediakan kelas offline di BSD dan Jakarta, akan tetapi juga menyediakan kelas online yang tentunya dengan biaya bootcamp yang berbeda dan dengan materi pembelajaran yang sama.

Beberapa platform yang akan dipelajari di Purwadhika coding bootcamp adalah HTML dan CSS, React Native, Node.JS, Mongodb, GitHub, Express, Next.JS, MySQL dan lainnya. Program pembelajaran dalam lembaga kursus ini akan berlangsung selama 55 kali pertemuan (kelas offline) dan 32 kali pertemuan (kelas online). 

Untuk kelas offline akan berlangsung selama 6 jam (3 jam teori, 3 jam praktek) sementara kelas online hanya tersedia kelas teori saja dan siswa diminta untuk belajar praktek secara mandiri. Biaya untuk kelas offline adalah sebesar Rp39.065.000-Rp46.065.000, sedangkan biaya untuk kelas online sebesar Rp17.205.000-Rp23.865.000. Biaya tersebut sudah termasuk fasilitas career development dan peluang diterima kerja di perusahaan hiring partner.  

Selain program developer bootcamp berbayar di atas, Anda juga bisa mengakses program bootcamp IT gratis. Biasanya program pelatihan IT gratis ini diselenggarakan oleh pemerintah dalam program Prakerja dan Digitalent Scholarship atau diselenggarakan oleh perusahaan teknologi besar, seperti Google, Microsoft atau Facebook. 

Bedanya dengan program pelatihan berbayar adalah, dalam program gratis ini Anda dituntut untuk bisa belajar online secara mandiri dan program-program ini tidak memiliki fasilitas pendampingan persiapan kerja. Jadi, silahkan dipilih sesuai dengan preferensi yang Anda miliki ya.

nv-author-image

Farichatul Chusna

Farichatul Chusna merupakan salah satu finalist PKM-Kewirausahaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional tahun 2016. Selama menjadi mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM, Chusna aktif mencari dan mengeksekusi ide bisnis yang menarik dan inovatif.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.