Lompat ke konten

Daftar Bootcamp Gratis Untuk Menambah Skill Di Tahun 2022

Daftar Bootcamp Gratis

Pepatah menyebutkan bahwa belajar adalah hal yang dilakukan seumur hidup. Belajar tidak hanya bisa dilakukan di sekolah atau pada usia sekolah saja, tetapi juga bisa dilakukan ketika Anda sudah bekerja. Bahkan dengan tetap belajar saat bekerja, Anda tidak hanya berpeluang untuk mendapatkan ilmu tambahan, tetapi juga pendapatan tambahan. 

Salah satu cara belajar yang saat ini sedang ngetrend adalah dengan mengikuti bootcamp atau sejenis kursus tapi yang lebih intensif dan biasanya ada potensi penempatan kerja. Meskipun banyak bootcamp yang berbayar (dan bahkan mahal), ada juga bootcamp gratis yang bisa Anda ikuti. Berikut ini daftar bootcamp gratis untuk menambah skill di tahun 2022:

1. Google

Kelas “bootcamp gratis” yang pertama datang dari Google. Salah satu perusahaan search engine terbesar di dunia menyelenggarakan berbagai pelatihan gratis yang bisa diakses pengguna untuk meningkatkan skill digital mereka. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Google Skillshop. Dalam kursus ini, Anda akan mempelajari berbagai keahlian yang dibutuhkan agar bisa bekerja maksimal dengan Google, mulai dari membaca dan menganalisis Google Analytics, strategi digital marketing, memaksimalkan Google Ads, menggunakan Waze dan lain sebagainya. Tidak ketinggalan, Anda juga bisa mendapatkan sertifikat yang bisa Anda gunakan untuk melamar kerja
  2. Google Data Analytics. Google bekerja sama dengan platform coursera juga menyelenggarakan kursus gratis di bidang data analytics. Dalam kursus ini Anda akan belajar mengolah dan menganalisis big data dari dasar-dasarnya, sehingga cocok untuk Anda yang tidak memiliki background di bidang statistic maupun ilmu komputer. Tidak hanya itu, Anda akan diajar oleh mentor-mentor dari perusahaan ini. Adapun aplikasi yang akan Anda pelajari adalah aplikasi presentasi, spreadsheets, SQL, Tableau and R.
  3. Google juga bekerja sama dengan banyak pihak ketiga lainnya untuk menyelenggarakan kursus di berbagai bidang. Salah satunya adalah kerjasama Google, GoTo, Traveloka, dan program Kampus Merdeka untuk menyediakan kursus khusus di bidang teknologi pada tahun 2022. Program ini bernama Bangkit Academy. 

2. Code Academy

Code academy adalah salah satu platform yang menyediakan kursus programming dan data science secara gratis dan berbayar. Untuk yang kelas gratis, Anda akan bisa mengakses berbagai pembelajaran coding dasar secara interaktif dengan tanpa proyek untuk praktek.

Fasilitas proyek praktek dan career development hanya bisa diakses oleh pengguna berbayar. Adapun besaran biaya yang perlu Anda keluarkan untuk mendapatkan fasilitas ini adalah sebesar 11,9 USD hingga 19,9 USD tergantung dengan metode pembayaran yang Anda pilih, apakah per bulan atau per tahun. 

Mata pelajaran yang disediakan oleh platform ini terbilang lengkap, mulai dari HTML dan CSS untuk frontend developer, sampai topik mengenai cybersecurity.

3. Khan Academy

Rasanya tidak bisa menyebut kursus gratis dengan tanpa menyebut Khan Academy. Khan Academy memang merupakan sebuah organisasi nirlaba (NGO) yang bertujuan untuk menyediakan akses pendidikan gratis yang bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing individu. 

Mata pelajaran yang tersedia dalam platform ini sangat bervariasi mulai dari mata pelajaran anak-anak SD, persiapan ujian SAT sampai hal-hal mengenai coding dan personal finance. Anda tidak perlu khawatir perihal biaya, sebab sumber utama pendapatan lembaga ini berasal dari donasi individu maupun institusi kecil dan besar. 

Khusus untuk hal-hal mengenai computing, skill yang akan Anda pelajari melalui platform ini adalah:

  1. JavaScript.
  2. SQL.
  3. HTML dan CSS.
  4. Cybersecurity dan berbagai skill lainnya. 

Akan tetapi untuk mengakses semua mata pelajaran ini, Anda harus membuka situs Khan Academy yang versi Bahasa Inggris. Sebab sejauh ini, situs Khan Academy yang berbahasa Indonesia masih membuka kursus untuk matematika anak SD saja. 

4.  Microsoft Certifications

Perusahaan besar lain yang menyediakan kursus gratis adalah Microsoft. Perusahaan besutan Bill Gates ini menyelenggarakan bootcamp untuk berbagai posisi di bidang teknik seperti developer, data scientist, data engineer, security engineer dan banyak lainnya. Semua kursus ini diselenggarakan secara online dan bersertifikat. 

Sertifikat tersebut bisa Anda gunakan untuk melamar pekerjaan dan bisa diperbaharui secara gratis.

5. AWS Training and Certification

Amazon tidak hanya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang online commerce. Sejak tahun 2022, perusahaan yang didirikan oleh Jeff Bezos ini juga mengembangkan layanan cloud computing milik mereka sendiri yang bernama Amazon Web Services (AWS). Untuk menunjang bisnis cloud computing ini, lantas Amazon mengembangkan berbagai program pembelajaran yang bisa diikuti oleh individu, perusahaan dan universitas. 

Kursus yang mereka selenggarakan ini bervariasi mulai dari Developer, Data Science, Arsitek, hingga sistem keamanan digital. Setelah lulus dari bootcamp ini, Anda juga bisa mendapatkan sertifikat yang tentunya bisa dipakai untuk melamar pekerjaan.

6. FreeCodeCamp

Ingin belajar coding secara gratis? FreeCodeCamp adalah salah satu website belajar coding gratis yang bisa Anda coba. Materi yang disediakan dalam kursus ini mulai lengkap mulai dari Web Design, JavaScript, Machine Learning dan berbagai topik coding lainnya. 

Anda juga bisa mendapatkan sertifikat dari kursus di lembaga ini. Syaratnya adalah Anda sudah menyelesaikan 5 proyek yang diminta dan lulus dalam semua test. Sertifikat ini juga bisa Anda pakai untuk melamar pekerjaan dan dicantumkan dalam profil LinkedIn Anda. Bahkan, perusahaan ini mengklaim 40.000 alumninya telah mendapatkan pekerjaan, termasuk di perusahaan teknologi besar seperti, Microsoft, Google dan Apple. 

7. LinkedIn Learning

Platform lain yang bisa Anda gunakan untuk belajar secara intensif adalah LinkedIn Learning. LinkedIn adalah aplikasi yang menggabungkan media sosial, platform pencarian kerja dan pembelajaran. Pada LinkedIn learning, Anda bisa mempelajari banyak topik mulai dari, coding, machine learning hingga storytelling dan bahasa. 

Sistem pembelajaran di platform ini memungkinkan siswa untuk belajar secara intensif dengan tidak hanya belajar teori, tetapi juga berbagai tes yang harus dilewati. Sertifikat dari LinkedIn learning bisa diperoleh apabila siswa telah menyelesaikan semua teori dan lulus semua tes yang diujikan. Karena platform ini terintegrasi langsung dengan media sosial, maka Anda bisa langsung mengunggah sertifikat tersebut ke akun LinkedIn milik Anda. 

Selain dari beberapa platform di atas, Anda juga bisa mengikuti bootcamp gratis yang difasilitasi oleh pemerintah seperti program Prakerja, Digital Talent Scholarship, atau difasilitasi oleh perusahaan tempat Anda bekerja. Sebab, banyak dari platform di atas yang menyelenggarakan kursus untuk karyawan sebuah perusahaan yang bekerja sama dengan mereka. 

Nah, itu tadi beberapa platform kursus atau bootcamp gratis yang bisa Anda gunakan untuk menambah skill Anda di tahun 2022.

nv-author-image

Farichatul Chusna

Farichatul Chusna merupakan salah satu finalist PKM-Kewirausahaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional tahun 2016. Selama menjadi mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM, Chusna aktif mencari dan mengeksekusi ide bisnis yang menarik dan inovatif.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.