Lompat ke konten

Cara Daftar Line Shopping Untuk Berjualan

Cara Daftar Line Shopping Untuk Berjualan

Saat ini ada banyak sekali kanal di dunia pemasaran digital yang bisa Anda manfaatkan untuk menjual barang dagangan ke pembeli. Selain e-commerce, sosial media dan website pada umumnya, kini Anda juga bisa berjualan di Line Shopping. 

Salah satu keunggulan Line Shopping adalah pembeli bisa berinteraksi langsung dengan penjual. Selain itu, umumnya pengguna aplikasi ini juga kalangan anak muda yang cukup melek teknologi. Cara jualan di Line Shopping juga cukup simpel. Anda cukup membuat akun Line Official Account terlebih dahulu lalu membuat akun Line Shopping.

Apa Itu Line Shopping?

Line Shopping adalah lini bisnis e-commerce dari Line Corporation, sebuah perusahaan teknologi yang berbasis di Jepang. Konsep dari Line Shopping ini kurang lebih seperti gabungan antara sosial media dan marketplace. 

Hal ini karena dari sisi pembeli, Line Shopping ini terintegrasi dengan aplikasi layanan pesan Line sehingga di aplikasi tersebut, pembeli bisa berkomunikasi dengan rekannya sekaligus berbelanja. 

Dari sisi penjual, penjual harus mengunduh aplikasi baru bernama Line Official Account (dulu Line@). Dengan menggunakan aplikasi ini, penjual bisa mengunggah barang dagangannya, mencantumkan sosial media lainnya serta berkomunikasi langsung dengan pembeli. 

Line Shopping memiliki beberapa fitur menarik seperti, Greeting dan Broadcast Messages, fitur reward untuk pelanggan setia, penambahan admin pengelola, fitur statistik dan lain sebagainya. 

Cara Daftar di Line Shopping

Membuat akun Line Official Account

Sebelum mendaftar Line Shopping, tentunya Anda harus memiliki akun Line Official Account terlebih dahulu. Berikut ini caranya:

  1. Unduh aplikasi Line Official Account di Google Play Store atau App Store.
  2. Login dengan akun Line (jika sudah punya) atau login dengan email . 
  3. Setelah berhasil login, aplikasi akan menampilkan beberapa rincian data yang harus Anda isi. Silahkan isi data-data tersebut dengan benar. 
  4. Klik Create Account dan Allow. 

Jika proses ini sudah selesai, itu artinya Anda sudah berada di setengah jalan. Dengan membuat akun Line Official Account, Anda bisa melakukan beberapa hal seperti, mengirim broadcast diskon ke setiap pelanggan, menawarkan kupon dan memperoleh data statistik pelanggan Anda. 

Cara Daftar di Line Shopping

Setelah membuat akun Line Official Account di atas, kini saatnya Anda mendaftar sebagai penjual di Line Shopping. Caranya:

  1. Buka aplikasi Line Official Account. 
  2. Pilih menu “@Commerce” dan setujui syarat dan ketentuannya. 
  3. Isi data info akun. Data info akun ini merupakan data yang terkait dengan toko Anda mulai dari nama toko, status badan hukum (korporasi, korporasi perseorangan atau individu), alamat toko dan lain sebagainya. Isian data status badan hukum ini akan menentukan tipe keanggotaan dan  jenis dokumen yang harus diunggah. 
  4. Unggah dokumen yang diperlukan. 
  5. Isi data kontak dan email lalu klik verifikasi email. Setelah klik verifikasi email, segera cek ke email Anda sebab pihak Line akan secara otomatis mengirimkan email verifikasi yang harus Anda setujui. 
  6. Klik simpan.
  7. Pihak Line lantas akan memeriksa dokumen yang Anda unggah sebelum Anda resmi berjualan di aplikasi ini. Proses peninjauan ini memakan waktu kurang lebih 2 hari kerja. Email yang berisi persetujuan pembuatan akun akan dikirim ke email yang telah Anda daftarkan di atas. 
  8. Proses pendaftaran telah selesai dan Anda bisa langsung mengunggah data produk dan penjualan di aplikasi ini. 

Tips Berjualan di Line Shopping

1. Buat Greeting Messages Yang Menarik

Setiap orang tentu ingin disambut dengan ramah ketika sedang berbelanja online. Nah, fitur greeting messages ini adalah salah satu fitur andalan yang bisa Anda manfaatkan untuk menyambut calon pembeli dengan ramah. 

Buatlah greeting messages yang memberikan kesan ramah tapi tidak dibuat-buat, menarik dan dibuat seolah terasa personal. Membuat greeting messages yang terasa personal disini penting untuk membuat pelanggan terasa seperti dilibatkan. 

Caranya seperti, sebut nama panggilan atau nama lengkap pelanggan setelah salam. Dengan demikian meskipun pada dasarnya greeting messages dibuat secara otomatis, pelanggan tidak akan merasa sedang berbicara dengan bot. 

2. Rajin membuat pesan broadcast

Tips yang kedua adalah rajin membuat pesan broadcast. Seperti yang telah disebutkan di atas, Line Shopping adalah aplikasi yang terintegrasi dengan layanan perpesanan. Manfaatkanlah kelebihan ini dengan rajin membuat pesan broadcast entah itu untuk menyebarkan berita diskon atau sekedar menyapa pelanggan. 

Jangan lupa juga, susun pesan broadcast ini semenarik dan sepersonal mungkin supaya pelanggan tertarik untuk membaca dan akhirnya berbelanja kembali ke toko Anda. 

3. Rutin mengunggah konten timeline

Selain melalui pesan, manfaatkan juga timeline Line untuk berpromosi. Caranya, selain dengan terus mengupdate produk ke timeline juga dengan membuat konten-konten sederhana. Konten ini bisa berupa poster saja atau dengan disertai tulisan. 

Dengan memanfaatkan timeline ini, pembeli atau calon pembeli bisa tahu produk atau berita terupdate dari toko Anda. Berikan juga informasi-informasi menarik lainnya untuk tetap menjaga konektivitas pelanggan dengan bisnis Anda. 

4. Manfaatkan komunitas

Keunikan lain dari aplikasi Line adalah Line memiliki fitur OpenChat. Di fitur OpenChat ini, pengguna Line dari manapun yang memiliki ketertarikan bersama bisa bersatu dan membahas hal-hal yang mereka ikuti tersebut. 

Anda bisa memanfaatkan komunitas di OpenChat ini untuk berpromosi. Tentunya Anda tetap harus mengikuti peraturan-peraturan yang dibuat oleh admin komunitas tersebut. Sebab pastinya tidak akan ada orang yang nyaman jika terus dibombardir promosi dengan tanpa kenal waktu dan tempat. 

Selain fitur OpenChat, Anda juga bisa memanfaatkan komunitas yang Anda miliki di Line dan mengajak mereka berbelanja di toko Anda. Caranya seperti dengan mengirim pesan broadcast dan lain sebagainya. 

5. Manfaatkan data statistik

Data statistik konsumen pada aplikasi apapun ada supaya Anda sebagai penjual bisa “mengenal” lebih lanjut karakteristik konsumen. Dengan demikian, Anda bisa membuat strategi promosi yang sesuai dengan karakteristik konsumen tersebut. 

Misalnya, dari data statistik terlihat bahwasanya mayoritas pelanggan Anda adalah wanita berusia 20-30 tahun. Tentu tidak akan cocok jika Anda membuka pesan broadcast atau pesan pembuka dengan kata Bapak atau Ibu. Sebaliknya, sapaan tersebut sebaiknya diganti dengan Kak atau langsung nama sekalian supaya citra toko Anda terasa lebih dekat dan sesuai dengan gaya bahasa pelanggan. 

6. Jangan lupa catat pesanan dengan baik

Jika Anda tidak hanya berjualan di Line Shopping saja tetapi juga di aplikasi marketplace atau di sosial media lain, pastikan Anda merekap data penjualan dan keuangan dengan baik. 

Sebab, tidak jarang penjual yang berdagang di berbagai platform seperti ini kebingungan karena stok sudah habis tapi masih ada penjualan sehingga yang terjadi justru mengecewakan pelanggan.

Nah, itu tadi pembahasan tentang cara daftar line shopping dan tips cara jualan di Line Shopping. Semoga pembahasan kali ini bisa membantu Anda mengenali karakteristik jual beli di aplikasi ini ya.

Farichatul Chusna

Farichatul Chusna

Farichatul Chusna merupakan salah satu finalist PKM-Kewirausahaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional tahun 2016. Selama menjadi mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM, Chusna aktif mencari dan mengeksekusi ide bisnis yang menarik dan inovatif.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *