Lompat ke konten

Cara Jualan di TikTok dan Tips Agar Cepat Laris

Cara jualan di tiktok

Sejak diluncurkan pada 17 April tahun 2021 lalu, TikTok Shop kini menjadi salah satu platform belanja online paling tren di Indonesia. Platform ini menghadirkan fitur social commerce yang dapat dijangkau oleh pengguna sambil pengguna tersebut mengakses konten-konten di TikTok. 

Dengan fitur ini, penjual bisa mempromosikan produknya dalam format video sepanjang 15 sampai 30 detik. Pembeli yang tertarik bisa langsung memberikan komentar pada post tersebut dan bisa langsung membeli barang yang dijual dengan tanpa berpindah ke aplikasi lain. 

Dengan kemudahan ini, tidak heran jika berjualan di TikTok semakin menarik minat banyak pengguna. Menurut Influencer Marketing Hub, pemasaran melalui influencer mikro di TikTok memiliki engagement rate sebesar 17,96% atau lebih tinggi dibandingkan media sosial lainnya. Sedangkan menurut Adweek 49% pengguna TikTok langsung belanja begitu melihat iklan atau ulasan di aplikasi ini. 

Lalu, bagaimana cara jualan di TikTok dan apa tipsnya supaya cepat laris? Simak selengkapnya berikut ini:

Cara Jualan di TikTok 

1. Cara Jualan di TikTok Shop

Terdapat beberapa syarat yang harus Anda penuhi ketika Anda ingin membuka akun TikTok Shop. Beberapa syarat tersebut antara lain:

  • Pengguna aplikasi TikTok non-lite. 
  • Memiliki follower minimal 2.000 akun. 
  • Aktif mengunggah video selama 28 hari terakhir dan masing-masing video telah ditonton oleh lebih dari 50 orang pengguna. Oleh sebab itu, cara memulai jualan di TikTok Shop pertama kali adalah dengan konsisten membuat konten selama 1 bulan. Promosikan konten tersebut di media sosial Anda supaya lebih cepat mendapatkan 50 views.
  • Pengguna berusia minimal 18 tahun yang dibuktikan dengan KTP atau paspor. 
  • Menjual barang dan jasa yang sesuai dengan ketentuan layanan aplikasi ini. 

Setelah syarat-syarat tersebut dipenuhi, maka berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mendaftar TikTok shop:

  • Buka aplikasi TikTok.
  • Klik menu Profile.
  • Pilih ikon titik tiga garis yang berada di pojok kanan atas.
  • Lalu pilih opsi Creator Tools.
  • Pilih opsi Monetization lalu klik TikTok Shop.
  • Baca syarat dan ketentuan, jika sudah sesuai maka klik apply. 
  • Tunggu proses verifikasi selama beberapa saat. 
  • Badge TikTok shop sudah bisa dibuka dan akan tertera di akun Anda. 
  • Selesai. Silakan promosikan produk barang dan jasa yang Anda jual.

2. Cara jualan di TikTok Live

Selain bisa membuka toko online di TikTok, Anda juga bisa menjual produk dengan menyelenggarakan live streaming di aplikasi ini. Namun sebelum memulai live streaming, pastikan Anda sudah memiliki akun TikTok Shop dan memiliki follower minimal 1.000 akun. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Klik tombol (+) di aplikasi TikTok Anda. 
  • Geser ke kanan lalu klik tombol Live. 
  • Lalu, klik ikon produk di sebelah kanan. 
  • Setelah itu, akan muncul pop up Belanja Live. Tambahkan produk dari toko Anda dengan cara klik tambah dari toko. 
  • Masukkan produk yang ingin dipromosikan.
  • Klik back dua kali.
  • Masukkan deskripsi dan pengaturan penonton di menu pengaturan. 
  • Tambahkan judul di pojok kiri atas.
  • Pilih topik yang sesuai dengan produk yang Anda jual.
  • Lalu, klik tombol ‘Mulai Siaran Langsung’. 

3. Cara jualan di TikTok Keranjang Kuning

Keranjang kuning adalah fitur yang digunakan untuk “menggiring” penonton konten TikTok Anda ke produk tertentu yang ada di akun TikTok Shop. Oleh sebab itu, membuat keranjang kuning adalah cara jualan di TikTok Shop untuk pemula yang memiliki follower kurang dari 10.000 pengguna. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buat akun TikTok Shop terlebih dahulu dan tambahkan produk. 
  2. Produk yang Anda unggah akan melalui proses review terlebih dahulu. 
  3. Setelah proses verifikasi selesai, ikon keranjang akan muncul di profil TikTok Anda. 
  4. Klik masuk lalu memulai dan izinkan. 
  5. Pilih postingan yang akan ditambahi keranjang kuning. 
  6. Tambahkan deskripsi yang menarik dan hashtag. 
  7. Klik tambahkan tautan, lalu klik produk. 
  8. Pilih produk yang akan dipromosikan dengan klik tambah.
  9. Klik posting. 
  10. Lihat preview konten Anda. 

Tidak jarang, ikon keranjang kuning ini tidak segera muncul di layar pengguna lain. Namun, Anda tidak perlu khawatir, sebab lama kelamaan ikon ini akan muncul dengan sendirinya. 

4. Cara Jualan TikTok Affiliate

Tiktok affiliate adalah program di TikTok yang memungkinkan Anda mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara mempromosikan produk milik orang lain yang ada di aplikasi tersebut. Cara ini juga cocok untuk pengguna TikTok dengan follower kurang dari 10.000 pengguna. Caranya adalah:

  1. Buat akun TikTok Shop terlebih dahulu, unggah data-data yang diperlukan.
  2. Download aplikasi TikTok Seller.
  3. Masuk menggunakan akun TikTok Shop Anda. 
  4. Pilih menu pengaturan di bagian kanan bawah. 
  5. Lalu pilih akun pemasaran dan masukkan username akun TikTok Anda.
  6. Masuk ke akun TikTok utama. Pada bagian aktivitas, klik permintaan monetisasi, lalu klik terima. 
  7. Tautkan akun TikTok Anda dengan akun TikTok Shop dengan mengklik “Tautkan Akun”.
  8. Klik memulai, lalu pilih jangan sekarang. 
  9. Klik “Komisi” lalu tambahkan produk. 
  10. Sebelum menambahkan produk, pastikan nama akun TikTok Anda sesuai dengan nama pemilik rekening yang akan mendapatkan komisi.
  11. Pilih produk yang ingin Anda iklankan lalu klik tambahkan. 
  12. Tambahkan produk tersebut pada setiap konten yang Anda buat. 

Komisi akan Anda dapatkan jika ada pengguna yang membeli produk Anda melalui link afiliasi yang telah Anda cantumkan dalam setiap konten.

Tips Agar Jualan di TikTok Cepat Laris

1. Konsisten membuat konten

Algoritma media sosial saat ini cenderung mendukung creator yang konsisten dalam membuat konten. Anda bisa membuat konten seminggu dua kali atau seminggu sekali saja asalkan konsisten maka lambat laun bisa dikenal publik juga. Saat ini ada banyak aplikasi atau software yang bisa Anda gunakan untuk mengunggah konten secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu terus menatap layar ponsel Anda. 

Selain konsistensi dalam waktu pembuatan konten, sebaiknya Anda juga konsisten membuat konten yang berkualitas. Pastikan tidak hanya kualitas gambar yang bagus, tetapi juga isi konten yang menarik. Konten ini bisa Anda isi dengan topik edukasi, proses pembuatan produk (behind the scene), challenge yang sesuai dan masih banyak lainnya. 

2. Manfaatkan hashtag, filter dan lagu yang sedang viral

Tidak hanya challenge, Anda juga bisa memanfaatkan hashtag, filter dan lagu yang sedang viral di tiktok untuk meningkatkan kemungkinan orang akan melihat konten Anda. Namun demikian, pastikan fitur-fitur yang digunakan sesuai dengan nilai-nilai  brand Anda, supaya tidak terkesan alay dan ikut-ikutan saja.

3. Lengkapi konten dengan multimedia yang mendukung

Untuk mendorong pengguna lain melakukan pembelian, Anda memang bisa memanfaatkan kolom deskripsi maupun suara yang keluar dari mulut Anda sendiri. Namun dalam beberapa jenis produk, suara dan tulisan ini tidak cukup. Sebagai tambahan, Anda bisa menuliskan transkrip perkataan Anda di dalam video. Dengan demikian, pengguna yang memiliki disabilitas pendengaran bisa tetap tertarik membeli produk Anda. 

4. Bekerja sama dengan influencer

Jika akun TikTok Shop Anda sudah cukup besar, maka cara jualan online di TikTok lain yang bisa Anda coba adalah dengan bekerja sama dengan influencer. Manfaat menggaet influencer untuk mempromosikan produk adalah mengenalkan produk Anda kepada follower influencer tersebut, sehingga jika produk Anda menarik, mereka bisa membelinya. 

Akan tetapi sebelum menggaet influencer, pastikan Anda memilih influencer yang tepat tidak hanya dari budget, tetapi juga dari citra. Sebab, citra influencer tersebut sedikit banyak juga merefleksikan selera orang-orang yang mengikutinya dan kedepannya bisa berpengaruh pada citra brand Anda. 

5. Promosikan TikTok Shop Anda di media sosial lain

Untuk mendongkrak followers dan penjualan, Anda bisa mencantumkan tautan profil  TikTok Shop Anda ke media sosial lain, entah itu Instagram, WhatsApp maupun Twitter. Dalam banyak kasus, konten TikTok Anda juga bisa dibagikan ke media sosial tersebut meskipun dengan tanpa keranjang kuning. Sebagai gantinya, Anda bisa mencantumkan link penjualan di bagian deskripsi. Dengan demikian, orang yang mengenal Anda melalui media sosial lain tersebut bisa membeli produk Anda di TikTok.

Farichatul Chusna

Farichatul Chusna

Farichatul Chusna merupakan salah satu finalist PKM-Kewirausahaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional tahun 2016. Selama menjadi mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM, Chusna aktif mencari dan mengeksekusi ide bisnis yang menarik dan inovatif.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *