Ada berbagai cara meningkatkan engagement TikTok agar viral. Cara ini menjadi salah satu strategi digital marketing bagi pebisnis untuk mempromosikan brand atau produk mereka melalui video di TikTok.
Membuat video menjadi viral tetap membutuhkan strategi dan pendekatan yang baik. Untungnya, terdapat beberapa cara yang dapat membantu memandu meningkatkan engagement video TikTok Anda. Simak artikel berikut hingga habis, ya!
1. Ikuti Tren TikTok Saat Ini
Dikutip dari situs Shopify, engagement TikTok adalah pengukuran keterlibatan antar pengguna di TikTok. Sebagai salah satu platform media sosial yang paling digerakkan oleh tren, salah satu cara terpenting untuk mengetahui cara menjadi viral di TikTok adalah dengan mengikuti tren terbaru.
Mengetahui apa yang sedang hangat di kalangan pengguna dapat menginspirasi Anda untuk membuat konten serupa, baik itu tarian tertentu, klip audio, format video, dan sebagainya. Untungnya, mencari tahu apa yang sedang tren di TikTok tidaklah sulit.
Cukup buka halaman ‘For Your Page’, yang merupakan umpan konten hasil kurasi yang dipersonalisasi. Dari situ, Anda akan disambut dengan video dan ide yang tak ada habisnya. Saat Anda menjelajahinya, lakukan identifikasi tren, pertimbangkan apakah itu relevan dengan target pasar Anda.
Jika demikian, buat video sendiri. Perhatikan bahwa tren TikTok cenderung tidak bertahan lebih dari beberapa hari. Jadi, jika memiliki ide yang berpotensi membuat Anda viral, sebaiknya segera lakukan.
2. Gunakan Tagar yang Sedang Tren dan Relevan
Tagar adalah faktor peringkat utama di TikTok dan memungkinkan algoritma TikTok untuk mengkategorikan konten video yang dibuat. Jadi, jika ingin tahu cara viral di TikTok menggunakan tagar, maka harus tahu yang tepat untuk digunakan. Cara ini tak jauh berbeda dengan fungsi hastag di Instagram.
Anda dapat mencari tagar apa yang sedang tren di target pasar brand atau produk yang ditawarkan, di dalam TikTok itu sendiri. Masukkan kata kunci di bilah pencarian (tanpa tagar) dan setelah daftar hasil dimuat, ketuk kolom “tagar”. Di situ akan memuat banyak daftar tagar yang sedang tren dan jumlah penayangan yang diterima oleh video dengan tagar tersebut.
3. Ikuti Audio yang Sedang Tren
TikTok merupakan platform yang sangat menyukai audio. Seluruh koleksi musik dan klip suara yang tersedia hanya untuk kreator, merupakan bukti betapa mereka menghargai audio dalam video mereka.
Memasukkan audio atau lagu ke dalam konten TikTok dapat membawa video tersebut selangkah lebih dekat ke viralitas dan menjadi cara meningkatkan engagement TikTok. Itu karena algoritma platform secara aktif merekomendasikan video yang berisi audio yang sedang tren kepada pembuat konten lain yang sebelumnya terlibat dengan audio tersebut, menjadikannya cara yang bagus untuk meningkatkan jangkauan Anda.
Bahkan, TikTok memudahkan pembuat konten untuk melompat ke klip audio yang sedang tren. Cara yang harus Anda lakukan adalah memilih video TikTok apa pun dengan audionya, ketuk nama klip yang digunakan (biasanya terletak di bawah keterangan kiriman dan di sebelah ikon not musik), maka akan terlihat opsi untuk “gunakan suara ini .”
4. Posting Secara Konsisten dan Teratur
Salah satu faktor yang dilihat algoritma TikTok adalah jumlah aktivitas, mulai dari komentar, suka, bagikan, yang diterima video tertentu. Namun, itu semua tidak mempertimbangkan apakah pengguna memiliki video berperforma tinggi di masa lalu.
Setiap video memiliki peluang yang sama untuk menjadi viral, semakin sering Anda memposting, semakin tinggi peluang untuk sering muncul dan viral. Selain itu, seperti pepatah lama, “latihan menjadi sempurna”. Anda dapat menggunakan setiap peluang video untuk mengasah keterampilan bermain TikTok.
Meskipun demikian, Anda tidak perlu memposting setiap jam, atau setiap dua jam. Pedoman cara meningkatkan engagement TikTok yang baik adalah umur tren TikTok, yang menurut penelitian terbaru adalah tiga hingga lima hari.
5. Posting pada Waktu yang Tepat
Selain sering memposting, melakukannya pada waktu yang tepat juga penting. Lagi pula, menjadi viral berarti mendapatkan sebanyak mungkin perhatian pada video TikTok, artinya, Anda harus memposting ketika mayoritas target audiens aktif di TikTok.
Anda ingin postingan tersebut dipublikasikan selama jam penggunaan puncak karena saat itulah kemungkinan besar akan dilihat oleh pengguna lain. Menurut ahli analisis lebih dari 100.000 postingan TikTok, ada beberapa slot waktu sepanjang hari yang dapat menghasilkan tingkat keterlibatan tinggi.
Secara khusus, hari Selasa pukul 09.00 WIB, Kamis pukul 12.00 WIB, dan Jumat pukul 17.00 WIB adalah tiga waktu terbaik untuk memposting di TikTok karena konten yang dipublikasikan selama jam-jam tersebut cenderung menghasilkan engagement lebih tinggi.
6. Berinteraksi Dengan Pengikut Anda
Mengetahui cara menjadi viral di TikTok juga membutuhkan pemahaman akan pentingnya interaksi dan keterlibatan. Jika Anda serius ingin viral di TikTok, upaya untuk tetap viral tidak boleh diakhiri dengan tombol “posting” saja. Jejaring sosial adalah tempat yang bagus untuk berinteraksi, termasuk platform itu sendiri dan menjadi cara meningkatkan engagement TikTok agar lebih viral.
Selain memposting video, Anda juga ingin terlibat dengan pengikut Anda dan mendorong mereka untuk berinteraksi dengan akun yang digunakan. Membalas komentar di video, dapat menciptakan rasa kebersamaan dan meningkatkan kemungkinan konten tersebut menjadi viral karena algoritma TikTok menghargai interaksi.
7. Berkolaborasi dengan Pembuat Konten Lain
Cara lain untuk membantu meningkatkan engagement video TikTok adalah bermitra dengan pembuat konten populer. Kemitraan yang baik mengarah pada situasi yang lebih baik untuk keduanya, karena membantu kedua belah pihak memperluas jangkauan mereka dan meningkatkan visibilitas konten mereka.
Saat mencari influencer TikTok untuk diajak bekerja sama, pertimbangkan apakah mereka relevan dengan target pasar Anda, karena hal ini memastikan pengguna untuk mendapatkan target yang tepat dan menjadi salah satu cara meningkatkan engagement TikTok.
Mulailah dengan mengikuti influencer yang mungkin suatu hari ingin Anda ajak untuk berkolaborasi. Pahami gaya mereka, dan berinteraksi dengan postingan mereka. Setelah Anda membangun pengikut yang solid, hubungi mereka dengan proposal kolaborasi.
8. Buat Video Durasi Pendek
Cara lain untuk meningkatkan peluang konten TikTok Anda menjadi viral adalah dengan membuat video dengan durasi tetap pendek. Selama bertahun-tahun, rentang perhatian pengguna semakin pendek.
Saat TikTok pertama kali diluncurkan, pengguna hanya dapat mempublikasikan video berdurasi hingga 15 detik. Selama bertahun-tahun, opsi 60 detik dan tiga menit telah ditambahkan, dan baru-baru ini, video berdurasi sepuluh menit .
Meskipun demikian, pengguna TikTok tampaknya masih lebih menyukai video berukuran pendek, dan para ahli merekomendasikan untuk membuat video berdurasi sembilan hingga 15 detik untuk dampak maksimal.
Video pendek dan menarik kini menjadi tren di media sosial, terutama Instagram dan Facebook, dan ini sebagian besar karena pengaruh TikTok. Dengan mempromosikan video TikTok Anda di jejaring sosial lain, maka bisa meningkatkan jangkauan, mendapatkan lebih banyak perhatian pada konten, dan pada saat yang sama, bisa meningkatkan traffic ke TikTok Anda.
Itu dia beberapa cara meningkatkan engagement TikTok agar viral. Lakukan tahap demi tahap di atas untuk kepentingan pribadi maupun bisnis dan brand Anda. Semoga membantu!