Lompat ke konten

Cara Melamar Kerja di Starbucks Indonesia dan Syaratnya

Cara Melamar Kerja di Starbucks

Starbucks adalah salah satu brand kopi milik asing paling populer yang juga membuka gerai di Indonesia. Mengingat bahwa Starbucks sangat populer, banyak orang bertanya-tanya bagaimana caranya melamar kerja di sana, baik sebagai pekerja penuh waktu (full time) maupun paruh waktu (part time) karena cukup menjanjikan apabila bekerja pada brand ternama seperti itu.

Mungkin tidak banyak informasi yang tersaji di internet mengenai lowongan kerja di Starbucks. Maka, melalui artikel ini akan kami sajikan selengkap-lengkapnya mulai dari syarat, cara melamar, sampai jumlah gajinya. Lihat penjelasannya di sini.

Profil Starbucks Indonesia

Sebelum melamar pekerjaan sebagai barista di Starbucks, Anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti nama perusahaan yang menaungi brand kopi terkenal tersebut. Sebab Anda pun harus memahami mengenai seluk beluknya meskipun hanya sedikit saja supaya dapat menjadi pertimbangan para HRD untuk menerima sebagai karyawan atau tidak.

Perlu diketahui bahwa Starbucks sebenarnya merupakan brand kopi milik asing yang didirikan di Seattle, Washington, Amerika Serikat dan hingga saat ini sudah memiliki banyak cabang yang tersebar luas di 61 negara, salah satunya Indonesia.  Sama pula dengan kedai kopi lainnya, Starbucks pun menjual berbagai minuman coffee maupun non coffee panas dan dingin, makanan ringan, souvenir, serta biji kopi pilihan. Meskipun harganya bagi sebagian orang tidak bisa dibilang terjangkau, tetap banyak diminati karena mempunyai ciri khas tersendiri dan diskon maupun reward menarik.

Starbucks merupakan brand kopi asal Amerika Serikat, seluruh gerainya di Indonesia dinaungi oleh PT Sari Coffee Indonesia sejak tahun 2002 yang kantor pusatnya berada di Jakarta. Terhitung hingga saat ini PT Sari Coffee Indonesia telah mempunyai sebanyak 1000-5000 karyawan di Starbucks, baik penuh waktu maupun pekerja paruh waktu.

Banyak orang tertarik untuk bekerja sebagai barista di Starbucks karena dipastikan akan mendapatkan pengalaman berharga sekaligus menjanjikan. Oleh karena itu, mari bahas lebih lanjut mengenai syarat pendaftaran serta caranya pada poin berikutnya.

Syarat Kerja di Starbucks

Ada beberapa syarat kerja di Starbucks yang harus dipenuhi jika ingin menambah peluang diterima saat mengajukan lamaran. Berikut ini adalah beberapa persyaratannya.

  • Pria atau wanita
  • Usia 18-24 tahun
  • Pendidikan minimal SMA/SMK/sederajat, atau D3/D4/S1 diutamakan dari jurusan perhotelan, ilmu sosial, atau pariwisata
  • Lulusan baru dipersilakan melamar dengan melampirkan ijazah
  • Memiliki pengalaman di bidang F&B (kuliner) atau perhotelan minimal 1 tahun
  • Berpenampilan menarik
  • Berkepribadian baik, bersemangat
  • Bersedia bekerja dalam sistem shift dan siap bekerja di akhir pekan maupun hari libur
  • Mampu bekerja bersama tim

Jika tertarik melamar pekerjaan sebagai barista di sana, pastikan Anda mempunyai kecakapan dalam hal melayani pelanggan, sebab di Starbucks pasti mengutamakan kepuasan dari para konsumennya. Selain itu, usahakan mempunyai pengalaman setidaknya minimal 1 tahun di bidang kuliner, perhotelan, maupun industri pelayanan lainnya.

Siapkan ijazah, surat lamaran, pas foto, serta CV yang ditujukan kepada PT Sari Coffee Indonesia. Anda bisa mengunjungi akun instagram (@ karierstarbucksindonesia) atau dapat langsung mengakses website Starbucks Career untuk mengisi formulir yang tertera pada halaman tersebut. Pada akun instagram mereka sudah tertera pula persyaratan lengkap sekaligus periode pendaftarannya, jadi segera siapkan diri Anda!

Banyak hal yang bisa diperoleh selain pengalaman ketika Anda memilih bekerja di sana, antara lain mendapatkan tunjangan, NPWP, serta karir menjanjikan (terutama jika mau terus belajar sampai bisa naik gaji). Akan tetapi perlu diketahui pula bahwa selama masa kontrak kerja tersebut berlangsung, ijazah ditahan hingga masa kontrak selesai. Oleh karena itu, sebelum berniat melamar sebagai barista di sana, pastikan Anda mempunyai kemauan serta komitmen kuat.

Cara Melamar Kerja di Starbucks

Tertarik bergabung bersama PT Sari Coffee Indonesia? Apabila tertarik, berikut ini kami jelaskan bagaimana cara kerja di Starbucks secara jelas dan rinci. Anda bisa melamar pekerjaan tersebut melalui website resmi ataupun melalui LinkedIn.

Melamar melalui website Sbux Career Indonesia

Cara pertama yaitu melamar melalui website Sbux Career Indonesia. Ini langkah-langkahnya.

  • Akses website career-sbuxindonesia.com untuk mengisi formulir pendaftaran.
  • Pada halaman tersebut ditampilkan formulir yang wajib diisi calon pelamar, meliputi nama lengkap, jenis kelamin, alamat sesuai KTP, alamat saat ini, email (surat elektronik), akun sosial media, NIK, nomor telepon, status (single/menikah/cerai), informasi pendidikan, posisi yang dilamar (full time/part time), serta penempatan daerah.
  • Isi semua data di formulir secara benar dan lengkap.
  • Cek kembali apakah ada data yang kurang atau salah.
  • Klik submit apabila sudah yakin dengan isian data diri pada formulir online Sbux Career Indonesia. Jangan lupa memasukkan kode captcha terlebih dahulu.
  • Tunggu prosesnya sampai dikirimkan balasan melalui email.

Melamar melalui LinkedIn

Selain melamar sebagai barista melalui website resmi Sbux Career Indonesia, bisa juga melakukannya melalui LinkedIn. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Buka LinkedIn, kemudian carilah Starbucks Indonesia. Bisa juga mencari PT Sari Coffee Indonesia.
  • Masuk pada profil Starbucks atau PT Sari Coffee Indonesia, cek pada tab Job untuk mengetahui ada atau tidaknya lowongan kerja di Starbucks.
  • Apabila sedang membuka lowongan, selanjutnya klik lowongan tersebut lalu klik Apply.
  • Setelah klik Apply nantinya akan diarahkan menuju halaman untuk pendaftaran (tetap ikuti instruksinya). Isi formulirnya secara lengkap dan benar.
  • Klik Submit/Kirim.

Itulah cara melamar melalui LinkedIn. Pastikan Anda melengkapi profil pribadi terlebih dahulu dengan cara memasang foto, biografi lengkap, informasi pendidikan, pengalaman kerja dan organisasi, serta informasi pendukung lainnya. Tampilkan pula CV pada bagian Featured.

Informasi Seputar Pekerjaan di Starbucks

Setelah mengetahui syarat melamar di Starbucks beserta cara mengajukan lamarannya, mungkin masih ada sedikit pertanyaan mengenai bekerja di sana. Berikut ini merupakan beberapa penjelasan yang mungkin dapat menjawab kebingungan Anda.

Apakah lulusan SMA bisa kerja di Starbucks?

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, lulusan SMA atau sederajat bisa melamar pekerjaan tersebut, asalkan minimal berusia 18 tahun. Anda bisa mengakses lowongannya melalui website resmi Sbux Career Indonesia atau melalui LinkedIn resmi.

Apa pekerjaan barista Starbucks?

Pekerjaan barista Starbucks tidak hanya menyajikan minuman kepada pelanggan saja, tetapi juga melayani kebutuhan konsumen, menjaga kebersihan gerai, mengoperasikan mesin pembuat kopi dan minuman, serta menggiling biji kopi lalu menyeduhnya. Apabila ada pesanan drive thru (jika ada), maka barista juga harus bersedia melayaninya.

Ketika sudah memutuskan melamar pekerjaan sebagai barista di Starbucks, maka sebaiknya harus siap untuk bekerja dalam jadwal shift. Selain itu, pastikan bahwa Anda siap bekerja meskipun saat hari libur maupun akhir pekan.

Apakah kerja di Starbucks boleh pake kerudung tidak?

Saat ini kebijakan Starbucks Indonesia yang tidak memperbolehkan pegawainya memakai kerudung/hijab masih berlaku. Jadi saat bekerja di sana tidak diperbolehkan mengenakan hijab/kerudung, lalu jika mengenakannya akan dikeluarkan.

Berapa gaji barista di Starbucks?

Mengenai gaji kerja di Starbucks sebenarnya masih belum ada informasi jelas mengenai hal tersebut, namun diperkirakan jika melakukan shift 9 jam pegawai part time dibayar sekitar Rp125.000 sampai Rp200.000. Sedangkan untuk gaji kerja di Starbucks pokok diperkirakan sebesar UMR daerah tersebut, yakni berkisar antara 2,8-8 juta rupiah (tergantung daerah penempatan dan posisi).

Berapa lama kontrak kerja Starbucks?

Sistem kontrak di Starbucks selama 1,5 tahun masa kerja dan ada penahanan ijazah. Ijazah baru dikembalikan apabila kontrak sudah selesai. Jadi, ketika Anda keluar (resign) kurang dari waktu kesepakatan tersebut, akan dikenakan denda atau penalti sebesar Rp5.000.000 untuk pegawai part time, lalu Rp8.000.000 bagi pegawai full time.

Sudah paham mengenai syarat serta cara melamar di Starbucks, juga besaran gajinya? Apabila tertarik dengan pekerjaan tersebut, silakan langsung melamar melalui website resmi ataupun LinkedIn.

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.