Lompat ke konten

Cara Minta Reschedule Interview HRD dengan Sopan

Cara minta reschedule interview

Bagi Anda yang sedang melamar pekerjaan, mka pasti akan senang sekali mendengar panggilan interview atau wawancara. Apalagi yang sudah lama mengimpikan pekerjaan yang diidam-idamkan. Sayangkan, Anda tidak pernah tahu kapan dipanggil untuk interview pekerjaan tersebut.

Terkadang, ada beberapa perusahaan yang memang membutuhkan karyawan atau staff cepat untuk mengisi kekosongan, sehingga proses wawancara menjadi lebih cepat. Ada juga perusahaan yang memang merencanakan perekrutan karyawan secara terstruktur, sehingga proses wawancara bisa bertahap.

Karena tidak diketahui secara pasti kapan calon pelamar diminta untuk menghadiri interview, tak jarang jadwal Anda bertabrakan dengan agenda lain yang tidak bisa ditinggalkan. Sayang sekali jika Anda melepaskan begitu saja kesempatan wawancara. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan reschedule jadwal interview.

Apa sih reschedule itu? Apakah Anda bisa melakukan reschedule interview? Bagaimana mengajukan reschedule interview  kepada HRD dengan sopan? Simak artikel ini sampai akhir untuk menemukan jawabannya!

Arti Reschedule

Reschedule berasal dari bahasa Inggris yang berarti penjadwalan kembali.

Istilah reschedule sering digunakan dalam berbagai kesempatan. Misalnya, saat Anda melakukan pinjaman bank, ketika Anda tidak bisa membayar angsuran karena kesulitan ekonomi yang disetujui bank, maka Anda bisa melakukan reschedule antara debitur dengan pihak bank tersebut. 

Apa Itu Reschedule Interview?

Reschedule interview artinya Anda meminta untuk melakukan penjadwalan ulang untuk melakukan wawancara pekerjaan yang sedang Anda lamar. Dalam dunia kerja, hal ini sah-sah saja dilakukan asal sudah saling sepakat antara calon karyawan dengan HRD. 

Jadi bagi Anda yang tidak bisa menghadiri interview pada waktu yang telah ditentukan oleh HRD, bukan berarti lantas Anda tidak bisa mengikuti wawancara untuk pekerjaan tersebut. Solusinya tentu reschedule interview, dengan begitu Anda tetap bisa memiliki peluang untuk bekerja pada posisi yang sudah dilamar.

Cara Minta Reschedule Interview

Ketika sudah mendapatkan panggilan interview, hindari membatalkannya tanpa memberi tahu. Karena hal ini akan membuat citra Anda menjadi buruk. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah reschedule. Bagaimana cara minta reschedule interview yang tepat dan sopan? Simak secara lengkap berikut ini!

1. Cara minta reschedule interview dengan menghubungi HRD segera

Saat menerima jadwal wawancara, pastikan Anda langsung mengecek kalender agenda Anda. tandai pada bagian tersebut agar tidak lupa dan bisa mempersiapkan dengan baik. Tetapi jika Anda menemukan agenda penting lain yang tidak bisa ditinggalkan, maka Anda bisa langsung menghubungi HRD. 

Hindari menunda-nunda untuk melakukan reschedule karena hal ini akan merepotkan HRD. Selain itu juga membuat lebih sulit menentukan jadwal. Kecuali jika memang dalam kondisi yang mendesak, seperti Anda sedang sakit, atau kecelakaan dan benar-benar tidak bisa datang pada hari tersebut.

2. Ucapkan terima kasih terlebih dahulu

Agar lebih terlihat menghargai dan sopan, sebelum mengajukan reschedule, Anda bisa mengucapkan kalimat terima kasih terlebih dahulu. Ucapkan terima kasih karena telah berkenan mengundang Anda untuk melakukan interview, itu artinya Anda telah selangkah lebih maju dari kandidat lain.

Dengan begitu, citra Anda akan terlihat lebih baik. Contoh kalimat terima kasih yang mungkin bisa Anda gunakan adalah sebagai berikut:

“Selamat siang, Bapak/Ibu HRD PT Citra Kesuma. Senang sekali bisa dapat lolos pada tahap administrasi dan diundang untuk melakukan interview.”

“Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih karena telah memberikan kesempatan berharga untuk datang ke interview pada posisi admin online.”

3. Sampaikan permintaan maaf dan alasan reschedule 

Setelah menyampaikan ucapan terimakasih, selanjutnya cara minta reschedule interview adalah mengucapkan permohonan maaf. Jangan lupa ikuti juga dengan alasan mengapa tidak bisa datang pada hari tersebut. Ingat, berikan alasan yang masuk akal dan memang benar-benar tidak bisa ditinggalkan.

Hindari alasan yang nyeleneh atau tidak masuk akal. Karena hal ini akan membuat HRD menilai Anda sebagai orang yang tidak profesional. Ucapkan sesopan mungkin dengan alasan yang jelas. Hindari permohonan maaf yang terlalu bertele-tele dan tidak pada poinnya.

Contoh permintaan maaf dan alasannya adalah sebagai berikut:

“Tetapi mohon maaf karena saya belum bisa menghadiri interview pada jam yang sudah ditentukan karena bertepatan dengan orang tua sayang sedang sakit dan membutuhkan perawatan yang intensif untuk beberapa saat, sehingga saya harus menemaninya.”

“Saya ucapkan permohonan maaf karena tidak bisa menghadiri undangan interview yang sudah Bapak/Ibu HRD jadwalkan karena pada hari tersebut adalah hari pernikahan saudara kandung saya.”

4. Berikan pilihan waktu lain untuk interview

Tak hanya meminta maaf saja, Anda bisa berinisiatif untuk memberikan hari pengganti untuk interview Anda. Dengan begitu, reschedule interview  ini memang benar-benar Anda inginkan. Berikan alternatif saja, tetapi jangan berkesan mengatur. Beriktu contohnya:

“Jika berkenan, saya menawarkan jadwal interview pada tanggal 17,18,19 Oktober 2022. Karena pada tanggal tersebut saya memiliki banyak waktu luang.”

5. Tutup dengan harapan 

Setelah mengucapkan permintaan maaf, memberikan pilihan waktu lain, maka Anda bisa menutup permohonan reschedule  dengan harapan. Supaya pengajuan reschedule interview Anda dapat diterima oleh pihak HRD perusahaan yang Anda lamar.

Dengan begitu, Anda akan terlihat sopan dan benar-benar menginginkan interview ini. Jangan lupa juga membubuhkan ucapan terima kasih di akhir. Berikut kata-kata yang bisa Anda gunakan.

“Besar harapan saya, Bapak/Ibu HRD bisa mengabulkan permohonan penjadwalan ulang interview saya. Supaya saya masih memiliki kesempatan untuk bergabung bersama perusahaan Anda. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas kesempatan besar yang Bapak/Ibu berikan.”

“Semoga pengajuan permohonan reschedule interview saya berkenan di hati Bapak/Ibu HRD. Sebab pekerjaan ini sangat cocok dengan profil minat bakat dan bidang pekerjaan yang saya inginkan. Mungkin itu saja yang saya sampaikan, sekali lagi saya ucapkan terima kasih.”

6. Kirimkan pada HRD dan tunggu responnya

Anda sudah selesai menyusun permohonan reschedule interview, selanjutnya segera kirim kepada HRD melalui kontak yang sudah menghubungi Anda. ingat, hindari menunda-nunda untuk melakukan penjadwalan ulang ini.

Setelah dikirimkan, kemudian tinggal tunggu respon dari HRD pada pengajuan penjadwalan ulang tersebut. Jika memang Anda merupakan kandidat yang layak, perusahaan tidak akan segan-segan untuk menyetujui permohonan reschedule Anda. Kecuali memang perusahan sedang mencari pekerja dalam waktu dekat. 

Memang, untuk cara minta reschedule interview ini tidak semuanya bisa berhasil, karena ini juga tergantung pada kebijakan perusahaan tempat Anda memasukkan lamaran. Tetapi setidaknya, Anda tidak menghilang tanpa kabar sehingga HRD memberikan citra yang buruk pada diri Anda. kemudian suatu saat hal ini hanya menyusahkan.

Nah, berikut di atas merupakan pengertian reschedule interview dan bagaimana cara minta reschedule interview. Anda bisa menggunakannya jika memang membutuhkan. Jangan segan-segan melakukannya ya!Semangat terus bagi Anda yang sedang melamar pekerjaan, jangan lupa juga rajin-rajin melakukan apply pekerjaan supaya cepat diterima. Dengan usaha yang maksimal, Anda pasti akan segera mendapatkan pekerjaan impian Anda. Selamat mencoba!

nv-author-image

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota Ayun adalah mahasiswa ekonomi tingkat akhir di UPN Veteran Yogyakarta yang tertarik menulis dengan tema ekonomi dan finansial.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.